Breaking News

bisnis digital marketing

10 Cara Bisnis Digital Marketing yang Harus Dikuasai

Menjalankan bisnis zaman sekarang dengan terdahulu sangat berbeda, jika zaman dahulu masih menggunakan cara door-to-door sebagai strategi pemasaran, kini dengan semakin berkembangnya teknologi, bisnis digital marketing menjadi strateginya. Lalu, seperti apa caranya ya bisnis dengan digital marketing saat ini?

10 Cara Bisnis Digital Marketing

Sebelumnya kita perlu tahu yang dimaksud dari metode pemasaran ini. Bisnis digital marketing adalah strategi bisnis dengan menggunakan media promosi berupa website, email, media sosial dan aplikasi. Ada beberapa cara untuk memulai metode marketing modern ini agar mudah diterapkan!

Pilih SDM

Ini hal pertama dan penting yang perlu anda lakukan, terutama bagi yang memang membutuhkan kerja sama tim. Dimana sumber daya manusia yang berkompeten sangat dibutuhkan demi kelancaran bisnis anda.

Karena memiliki tim yang kompeten, akan mempermudah dalam pemasaran dan dapat membantu bisnis yang anda jalan semakin berkembang.

Memilih sumber daya manusia yang tepat tentunya juga menjadi salah satu bentuk investasi. Selain itu ketika anda merekrut dengan tepat, ini juga merupakan langkah terbaik untuk mematahkan langkah kompetitor. Apalagi ketika bersaing pada sebuah produk digital yang segmented, tentunya persaingan terhadap pemilihan sumber daya manusia akan menjadi sangat ketat.

Penentuan Segmentasi

Cara berikutnya adalah menentukan target pasar untuk bisnis anda, hal ini penting dikarenakan akan jadi penentuan metode marketing modern seperti apa yang akan anda jalankan.

Penentuan target pasar bisa dengan menargetkan anak – anak, remaja, dewasa, orang tua, khalayak umum atau untuk kalangan tertentu. Semua keputusan ditentukan oleh anda.

Sangat mudah untuk menetapkan segmentasi dengan metode digital. Anda bisa mendapatkan beberapa sumber secara digital agar bisa memasarkan produk dengan tepat. Selain itu program promo yang akan anda sebarkan juga bisa terarah dengan efektif menggunakan jasa layanan pihak ketiga.

Pemahaman terhadap segmentasi ini sangatlah penting dan menjadi salah satu cara terbaik untuk memberikan efektivitas pada proses pemasaran hingga penjualan.

Checking Sistem Penjualan

Sebagai seorang yang akan berbisnis anda perlu cek sistem penjualan dan pemasaran dari bisnis yang anda geluti. Apakah bisa menggunakan digital marketing atau belum memungkinkan.

Apabila bisnis yang dijalankan belum menggunakan sistem digital marketing, tentu anda bisa menjadi orang pertama yang menggunakannya.

Mempergunakan sistem secara online tentunya juga akan memudahkan kita dalam memanfaatkan aplikasi. Penyedia aplikasi untuk sistem checking barang atau dalam bentuk administratif tentunya sudah sangat diperlukan. Ini adalah salah satu cara terbaik agar kita mengetahui bagaimana cash flow dari penjualan sebuah produk hingga keberhasilan pemasaran.

Pahami Kebutuhan Konsumen

Ketika anda sudah memulai bisnis digital marketing, anda perlu memahami dan mengerti akan kebutuhan konsumen yang sudah menjadi pelanggan. Jangan sampai kebutuhan pelanggan anda tidak terpenuhi, karena hal tersebut bisa membuat bisnis yang anda bangun akan mengalami penurunan.

Sebuah produk dan jasa yang optimal tentunya akan membuat para marketers mudah untuk menjualnya. Walaupun marketers memiliki keahlian yang tinggi, namun jika produk tersebut tidak valueable tentunya juga akan sangat sulit dijual.

Maka dengan demikian, menciptakan sebuah produk ataupun jasa yang menjadi sebuah solusi akan menjadi pilihan terbaik. Dan memahami product knowledge dan value di dalamnya adalah keahlian utama para pekerja marketing secara digital maupun konvensional.

Mengiklankan Bisnis

Nah, ketika anda mengiklankan bisnis dengan menggunakan konten, pastikan bahwa konten tersebut berkualitas. Ingat Konten yang berkualitas akan meningkatkan kualitas dan kredibilitas bisnis anda.

Dengan menggunakan digital marketing tentunya kita akan jauh lebih mudah untuk melakukan pemasaran. Di era modern saat ini tentunya proses pemasaran ini bisa berlangsung dengan cepat dan tepat. Mengiklankan sebuah bisnis dalam bentuk produk ataupun jasa, harusnya dilakukan secara optimal dengan memilih media dan metode digital campaign yang sesuai.

Strategi Marketing Digital

Selain tim kompeten dan paham akan bisnis digital marketing, anda sebagai orang pertama yang menggeluti bidang tersebut, anda perlu memahami dasar dan strategi dari bisnis tersebut.

Anda bisa mengikuti kelas kursus digital marketing, atau bertanya kepada kenalan yang lebih paham atau dapat belajar melalui media youtube, dimana saat ini banyak ditemukan channel para pakar digital marketing dalam platform tersebut.

Sangat penting untuk mempelajari dasar dari strategi marketing digital. Terutama Anda harus memperhitungkan bahwa 4 elemen marketing(product, place, price & promotion) berubah lebih dinamis dengan elemen place menjadi akun media sosial. Namun penyesuaiannya juga harus diterapkan secara optimal terkait dengan teritorial penjualan yang telah anda tetapkan pada produk maupun jasa.

Pilihlah Media Pemasaran

Saat ini banyak sekali media sosial atau aplikasi telah disediakan, pilih media atau aplikasi yang tepat untuk bisnis pemasaran digital milik anda. Anda bisa menggunakan google ads, facebook ads, Instagram, Marketplace, online aplication marketing atau aplikasi digital marketing lainnya.

Banyak sekali media pemasaran di era digital saat ini yang bisa kita pergunakan. Anda bisa memilih beberapa diantaranya atau mempergunakan seluruhnya. Tentunya hal tersebut juga harus memiliki perencanaan yang efektif agar bisa dikembangkan secara rasional di masa depan.

Bagan perkembangan dalam media sosial ini wajib untuk diikuti oleh para pelaku bisnis pada bidang digital marketing. Karena nantinya perkembangan tersebut bisa menuntut perubahan dalam sebuah strategi pemasaran.

Riset Kompetitor

Cobalah cek harga pasar produk bisnis pemasaran digital lainnya yang memiliki produk yang sama dengan milik anda. Hal itu diperlukan agar anda dapat menentukan harga untuk produk anda sendiri. Bukan hanya harga, anda juga harus jeli dalam melihat strategi kompetitor.

Melakukan riset harga kompetitor sangatlah penting agar anda bisa face-to-face dengan mereka. Sebaiknya juga harus memperhitungkan kemampuan bisnis anda dalam menyasar pangsa pasar yang sama. Anda harus sangat realistis dalam koridor ini!

Jangan sampai salah dalam menentukan harga kompetisi, kita bisa saja memberikan bentuk promo namun tidak boleh untuk merubah harga karena ini adalah peperangan untuk mengambil hati konsumen!

Penetapan Harga

Harga dari produk bisnis pemasaran digital anda akan membawa lebih banyak konsumen kepada anda. Seorang konsumen akan mencari harga yang bagi mereka tepat dan dapat dijangkau.

Berikan harga yang tidak terlalu murah, namun tidak juga terlalu mahal agar anda dapat menarik konsumen. Namun ingat, anda perlu memahami harga pasar dari produk yang anda pasarkan.

Penetapan harga sendiri sangatlah penting bagi Anda yang bergelut dibidang digital saat ini. Sebagaimana kita perhatikan bersama harga pasaran dari setiap produk bisa saja menurun karena kebutuhan pada biaya produksi hingga distribusi makin menurun. Dan dengan begitu Anda harus benar-benar memperhatikan biaya pokok dan biaya variabel.

Agar bisa bersaing dengan kompetitor secara langsung, anda harus benar-benar memperhatikan perhitungan dan penetapan harga. Karena nantinya di masa depan sebuah target marketing tentu dilihat dari pencapaian income perusahaan. Strategi marketing yang baik pastinya juga menghasilkan banyak income bagi manajemen.

Service : After Sell

Konsumen adalah orang yang turut membantu anda dalam pengembangan bisnis pemasaran digital. Berikan pelayanan terbaik untuk mereka, dan pastikan mereka merasa puas dengan yang didapatkan.

Setelah konsumen membeli produk Anda, yang terpenting adalah memberikan layanan after sell agar mereka kembali melakukan pembelian. Menjaga konsumen anda untuk tetap loyal tentunya sangatlah penting. Berbagai program promosi marketing secara digital tersebut juga harus gencar dilakukan.

Itu dia cara bisnis digital marketing yang saat ini harus anda kuasai. Pastikan untuk memperhatikan 10 hal tersebut sebelum anda terjun langsung pada persaingan pasar.

Baca Juga: Alasan Perlu Memakai Jasa Digital Marketing?

Leave a Reply

Your email address will not be published.