Breaking News

Digital Skill

8 Digital Skill yang Banyak dicari Perusahaan

Di kemajuan zaman yang begitu pesat, digital skill menjadi elemen esensial bagi semua lini industri. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang sedang meniti karier. Perusahaan cenderung lebih senang merekrut tenaga kerja yang memiliki pengalaman lintas industri dan digital skill mumpuni.

Pandemi Covid-19 terbukti mampu mempercepat transformasi bisnis perusahaan untuk bergerak di medium digital. Hal ini sesuai dengan preferensi kebanyakan pelanggan yang lebih senang untuk mencari informasi dan bertransaksi di kanal online.

Berikut ini 8 digital skill yang banyak dibutuhkan hingga masa-masa mendatang:

1. Programmer dan App Developer

Inti dari produk digital adalah coding. Kemampuan analisis coding menjadi pembeda antara satu programmer dan yang lainnya. Beberapa bahasa pemrograman yang biasa dipakai adalah JavaScript, PHP, Java, MySQL, jQuery, dan Bootstrap.

Demand yang tinggi terhadap programmer juga diakui oleh jejaring sosial para profesional LinkedIn. Programming menjadi salah satu keahlian yang paling banyak dicari perusahaan. Terlebih lagi saat ini hampir semua lini bisnis sudah bertransformasi ke ranah digital.

Programmer yang baik mampu menguasai 1-2 bahasa lain untuk mendukung satu bahasa pemograman utama. JavaScript merupakan salah satu pilihan bahasa terbaik untuk dikuasai karena JavaScript cukup banyak digunakan dan dibahas di forum.

2. Desainer Digital

Ada banyak aplikasi dan website yang tersedia di dunia, tetapi tidak semuanya memiliki user interface (UI) berkualitas. Desainer kreatif yang mampu menciptakan user experience (UX) dinamis akan menjadi pemenang.

Visual merupakan elemen penting dalam sebuah aplikasi dan website. Desain UI yang user friendly dapat memudahkan pengguna dalam mencerna informasi yang diberikan. Agar pesan tersampaikan, tampilan sebuah aplikasi atau website harus ringkas, jelas, mudah dipahami, konsisten, menarik, dan efisien. 

Mengingat saat ini semakin banyak orang yang mengakses website menggunakan ponsel, maka tampilan website sebaiknya juga mobile friendly. Anda bisa mengombinasikan ikon dan warna yang eye-cathcing agar penampilan website dapat menarik target audiens. Hindari menggunakan desain atau fitur yang tidak jelas fungsinya.

3. Analis Bisnis Digital

Analis bisnis digital membantu perusahaan dalam membuat keputusan bisnis berdasarkan analisis dalam aspek digital. Bisa dikatakan profesi ini berperan penting dalam aktivitas transformasi digital mengingat mereka menentukan strategi pemasaran.

Analis disini bertindak seperti pada bisnis offline, termasuk memetakan analisis SWOT perusahaan, yakni strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman).

Seorang analis bisnis digital yang baik mampu menerjemahkan kebutuhan konsumen dan menginterpretasikan dalam website. Bersama dengan product owner, mereka memantau dan mengevaluasi segala sesuatunya untuk memastikan kepuasan pelanggan.

4. Manajemen Proyek Digital

Manajemen proyek digital didefinisikan sebagai proses manajerial sebuah produk digital, mulai dari konsep hingga eksekusi, dengan mempertimbangkan budget dan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Produk digital disini wujudnya beragam, seperti website, aplikasi mobile, game, event, SEO, dan media sosial.

Seorang project manager yang baik mampu menyelesaikan proyek secara tepat waktu dan sesuai budget. Project manager bertugas untuk menyatukan isi kepala tim teknis, desain, marketing, keuangan, dan legal. Mereka tetap perlu memiliki latar belakang IT agar dapat memahami core business dengan menyeluruh.

Selain skill dasar seorang pebisnis, project manager yang handal dibentuk oleh pengalaman. Anda juga dapat mengikuti training manajemen proyek agar memiliki pemahaman dan sudut pandang yang cukup untuk menilai keadaan proyek.

5. Digital Marketing

Digital marketing adalah proses promosi barang dan jasa dengan menggunakan media digital atau elektronik. Jika penjualan dilakukan secara digital, maka pelaku sales disini memiliki title sebagai telemarketer.

Digital marketing merupakan metode pemasaran yang semakin banyak digunakan dalam satu dekade terakhir. Pasalnya, pendekatan iklan dan marketing konvensional sudah tidak lagi efektif dalam mengejar target penjualan.

Meski tidak dilakukan secara face to face, tetapi teknik digital marketing menawarkan banyak kelebihan, khususnya dapat menghemat dana dan waktu. Digital marketing juga mampu menjaring market dengan jangkauan yang lebih luas. Lingkungan kerja digital marketing sangat cocok dilakukan saat kondisi pandemi seperti saat ini karena bisa bekerja dari mana saja.

Metode digital marketing menghasilkan statistik yang dapat dilacak dan diukur karena Anda mendapatkan analisis web dan alat metrik online lainnya. Oleh karena itu, perusahaan dapat mengukur efektivitas kampanye dan membuat perencanaan jangka panjang.

Seorang digital marketer yang baik mampu melihat kondisi dengan helicopter view, maksudnya mampu melihat proyek dari pandangan luas dan memilih tools marketing yang tepat. Beberapa media digital marketing yang sering digunakan adalah website, sosial media, content marketing, SEO, email marketing, dan Google Ads.

6. Spesialis Media Sosial

Seorang spesialis media sosial fokus dalam menciptakan konten digital yang menarik dan kreatif pada platform media sosial sebuah perusahaan. Aktivitas ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, engagement dengan pelanggan, dan mendorong angka penjualan.

Setiap platform media sosial memiliki karakteristiknya sendiri. Konten di Twitter tidak bisa mentah-mentah diposting ulang di Instagram dan Facebook. Disinilah seorang spesialis media sosial berperan dibantu dengan digital marketer. 

Keahlian ini tidak diajarkan di bangku sekolah. Maka dari itu, seorang spesialis media sosial bisa besar berkat jam terbang. Beberapa digital skill yang harus dimiliki adalah komunikasi story telling, desain, mampu berpikir cepat, dan tidak gagap teknologi.

Spesialis media sosial bertugas untuk membuat content plan (biasanya bulanan), berkomunikasi dengan para followers, serta menggunakan tool analitik seperti Google Analytics dan Facebook Insights. Tidak jarang spesialis media sosial juga menjalin kerja sama dan mengatur program dengan para influencer.

7. Data Analyst

Ribuan data pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan tidak akan ada artinya tanpa kehadiran seorang data analyst yang mampu menerjemahkannya. Data analyst bertugas mengolah data dan menjadikannya sebagai bahan laporan ke manajemen.

Selain menganalisis, data analyst juga harus mampu berkomunikasi dan membaca arah bisnis dengan tepat. Segala pengambilan keputusan akan memberi dampak bagi perusahaan. Tidak lupa, seorang data analyst juga perlu bekal kemampuan teknis, seperti bisa mengoperasikan bahasa pemrograman dan visualisasi data.

8. Content Writer

Content writer bertugas menulis artikel menarik pada blog dan media sosial perusahaan. Seorang penulis yang baik harus memiliki wawasan luas, pemahaman SEO, kemampuan editorial, dan melakukan riset traffic.

Seperti halnya spesialis media sosial, seorang content writer juga bertanggung jawab dalam meningkatkan brand awareness perusahaan serta engagement dengan pengguna. Tujuan akhirnya tentu saja untuk melipatgandakan angka penjualan produk. Jika spesialis media sosial menjamah semua variabel, termasuk gambar dan video, maka content writer hanya fokus pada tulisan. Bila anda tertarik untuk menjadi freelance content writer, silakan hubungi business @maxsol.id

Ada beragam aliran content writer, yaitu SEO, generalist (menulis sebanyak-banyaknya tanpa ada tema tertentu), dan technical (tulisan teknis untuk pembaca awam). Seorang content writer dituntut untuk memiliki kemampuan story telling dan mampu menulis dalam beragam style.

Itulah 8 digital skill yang banyak dibutuhkan saat ini. Jika tertarik untuk melakukan transformasi karier ke ranah digital, Anda bisa mendalami salah satu diantaranya. Tuliskan beberapa keahlian tersebut agar membuat CV Anda lebih menarik di mata perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.