Breaking News

Tips dan Rekomendasi Pekerjaan Freelance di Masa Pandemi

Akibat pandemi corona membuat banyak orang harus rela kehilangan pekerjaannya. Namun siapa sangka bila ternyata dengan kondisi yang tidak terduga seperti ini justru melahirkan banyak pekerjaan baru untuk mereka. Keterbatasan ruang gerak dan berinteraksi terhadap masyarakat membuat orang-orang harus bisa beradaptasi terhadap kondisi tersebut.

Itulah kenapa banyak muncul jenis pekerjaan freelance secara online dimana pekerja tidak harus bertatap muka langsung dengan kliennya. Sehingga hal tersebut cocok sekali di tengah anjuran pemerintah untuk melakukan pembatasan sosial.

Tips menjadi Freelancer Online di Masa Pandemi

Freelancer atau yang disebut dengan pekerja lepas ini mulai dilirik banyak orang di tengah pandemi corona seperti sekarang ini. Karena orang tidak perlu lagi datang ke kantor untuk menghasilkan banyak uang. Semuanya bisa dikerjakan dari rumah secara online. Berikut adalah rahasia menjadi seorang freelancer sukses di era pandemi corona, antara lain:

Sebaiknya pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan skill Anda

Ini adalah modal dasar supaya hasil pekerjaan Anda bisa memuaskan pelanggan. Jadi cobalah bekerja sesuai pengalaman juga. Maka dari itu tidak ada salahnya bila manfaatkan dengan baik pengalaman kerja Anda dari kantor tempat Anda bekerja untuk mencari pekerjaan lepas seperti ini. Karena hal tersebut dapat mendukung tingkat kepuasan pelanggan.

Tunjukkan portofolio terbaik di situs Anda

Karena biasanya para perkrut kerja selalu membaca portofolio sebelum merekrut calon freelancer. Maka dari itu buat portofolio sebaik mungkin sambil melampirkan hasil pekerjaan Anda sebelumnya. Hal tersebut bisa menjadi poin plus tersendiri untuk mendukung rasa kepercayaan klien terhadap diri Anda. Karena mereka bisa mempelajari seperti apakah skill yang Anda tawarkan tersebut.

Cari situs perekrutan para freelancer terpercaya

Umumnya para freelancer baru yang masih pemula kerap tertipu oleh situs fiktif. Sehingga hasil pekerjaannya tidak dibayar sesuai dengan yang dijanjikan. Beruntungnya sekarang ini sudah ada banyak situs yang menyiapkan wadah perekrutan para freelancer terpercaya. Sehingga hal tersebut akan membantu para pekerja lepas untuk menemukan pekerjaan freelance yang sesuai dengan keahliannya.

Cobalah melakukan setiap pekerjaan dengan sungguh-sungguh

Karena hal tersebut nanti bisa menjadi nilai tambah portofolio Anda ketika ingin menawarkan sebuah jasa kepada calon konsumen Anda. Saat pelanggan merasa puas terhadap hasil kerja Anda, otomatis mereka pasti kembali lagi memakai jasa Anda untuk melakukan pekerjaan serupa. Sehingga hal ini tentunya akan menguntungkan Anda sendiri.

Mengingat waktu yang dibutuhkan untuk merekrut para freelancer itu ada yang sebentar, tapi juga ada yang lama hingga berbulan-bulan, sebaiknya bersabarlah. Bila penawaran Anda ditolak atau bahkan tidak dijawab oleh sang pencari freelancer, sebaiknya bersabarlah dan cobalah mencari pekerjaan lepas yang sejenis. Sehingga ketika Anda berhasil menemukan pekerjaan yang tepat, maka hal tersebut hasilnya bisa memuaskan.

Supaya bisa menemukan pekerjaan lepas yang tepat sesuai keahlian, sebaiknya perluas jaringan pertemanan Anda. Sehingga ketika ada yang butuh jasa dan keahlian Anda, maka mereka pasti menghubungi Anda dan meminta bantuan kepada Anda. Jadi cobalah ciptakan citra terbaik di depan mereka semua dan selalu jaga tutur kata dan sikap dengan baik. Supaya mereka senang menggunakan jasa Anda.

Daftar Rekomendasi Pekerjaan Freelance selama Pandemi

Ada banyak pilihan pekerjaan freelance yang dapat dicoba selama pandemi corona. Maka dari itu bila tertarik untuk menjadi seorang freelancer, sebaiknya simak sedikit ulasan di bawah ini supaya dapat mengenal dengan baik macam-macam pekerjaannya. Berikut adalah contoh pekerjaannya, antara lain:

Digital marketing officer

Ini adalah salah satu pekerjaan freelance yang cocok sekali untuk Anda yang gemar menggunakan media sosial. Sehingga cocok sekali memanfaatkan hal tersebut sebagai media pemasaran digital untuk menghasilkan banyak uang.

Penulis lepas

Pekerjaan freelance yang satu ini cocok sekali untuk orang yang punya kemampuan dasar menulis sebelumnya, maka mereka bisa menjadi penulis lepas. Beberapa jenis pekerjaan penulis lepas yang bisa ditawarkan kepada calon konsumen adalah review, script writing, dan content writing. Bila anda tertarik untuk menjadi freelance content writer, silakan hubungi business@maxsol.id

Editor

Pekerjaan ini cocok sekali untuk orang yang punya keahlian menjadi editor. Sehingga cocok sekali dimanfaatkan sebagai alternatif terbaik meningkatkan karir di masa pandemi.

Copywriter

Pekerjaan lepas ini membuat sebuah karya tulis bertema pemasaran. Sehingga berbeda sekali dengan content writing yang lebih fokus pada konsep branding dan engagement. Mengingat bisnis e-commerce sedang maju, hal ini membuat pekerjaan sebagai copy writer sangat dibutuhkan sekali.

Konsultan Bisnis

Jika sebelumnya Anda pernah menjadi manajer dan berpengalaman dalam mengelola bisnis, tidak ada salahnya mencoba menjadi seorang konsultan bisnis. Yaitu bertugas menyiapkan strategi khusus demi perkembangan bisnis dan solusinya.

Graphic designer

Seperti yang diketahui bahwa di era digital seperti ini desain konten sangat dibutuhkan sekali untuk menarik minat para pengunjung dan pembaca. Mengingat konten adalah raja, jadi tidak ada salahnya menjadi seorang graphic designer demi kesempurnaan sebuah konten.

Voice Over Talent

Pekerjaan yang satu ini cocok sekali untuk pemilik suara yang berkarakter atau pernah menjadi MC sebelumnya. Ada banyak industri advertising yang butuh voice over talent sebuah iklan dalam jumlah banyak.

Konsultan SEO

Optimasi SEO adalah poin penting dalam pembuatan konten agar ramah pada mesin pencari. Itulah sebabnya kehadiran konsultan SEO sangat penting bagi seorang content writer.

Baca juga : Wajib Tahu! 7 Tren SEO 2020 yang Bisa Maksimalkan Bisnis

Guru Online

Saat ini semua pelajar diharapkan belajar menggunakan aplikasi online saat belajar di rumah. Maka dari itu tidak ada salahnya menjadi seorang guru online. Karena Anda bisa mengajarkan kepada mereka secara online. Dengan begitu cara kerjanya lebih santai dan praktis karena bisa dikerjakan di rumah.

Online Entrepreneur

Online entrepreneur merupakan salah satu pekerjaan freelance yang cukup menarik dan cocok sekali untuk menemani gaya hidup modern masa kini. Maka dari itu tidak ada salahnya membuka bisnis online dalam skala kecil-kecilan dulu. Jadi gunakan sumber daya yang ada dulu untuk memulainya pertama kali.

Penerjemah

Penerjemah adalah salah satu pekerjaan freelance yang sedang dicari banyak orang. Cocok sekali untuk Anda yang pandai menggunakan bahasa asing, maka bisa menjadi seorang penerjemah demi mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk buku yang bisa diterjemahkan bisa bermacam-macam. Yaitu jurnal ilmiah, literature, dokumen, deskripsi produk impor, dll.

Selain itu, ada banyak penyedia situs freelance online seperti Fastwork.id, Sribulancer.com, Fiverr.com, Projects.co.id, Freelancer.com dan banyak lagi situs lainnya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.