Breaking News

Kepuasan Pelanggan

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Teknologi, Yuk Simak Peran dan Tipsnya!

Tingkat kepuasan pelanggan bisa digunakan untuk mengukur seberapa bagus produk atau jasa tertentu. Semakin tinggi tingkat kepuasannya, maka hal tersebut menggambarkan bahwa produk atau jasa tertentu semakin bagus. Maka dari itu tingkat kepuasan sering dijadikan sebagai salah satu kunci untuk menarik pelanggan baru.

Berdasarkan survey yang pernah dilakukan PwC kepada pelanggan, ada sebanyak 70% pembeli mengira bila kenyamanan, kecepatan, dan konsistensi pelayanan adalah hal penting untuk menilai tingkat kepuasan pelanggan. Maka dari itu dibutuhkan sebuah teknologi untuk menyempurnakan pelayanan kepada pelanggan.

Peran Teknologi dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan

Sekarang ini penerapan teknologi begitu penting bagi sebuah perusahaan untuk meningkatkan produktivitas sekaligus memenangkan persaingan. Maka dari itu, pembangunan teknologi begitu penting untuk sebuah sistem. Hal ini disesuaikan terhadap kekuatan sumber daya perusahaan.

Dalam penerapannya, rencana teknologi selalu disesuaikan dengan perusahaan. Maka dari itu kebutuhan efisiensi biaya dan waktu sangat dibutuhkan oleh perusahaan sehingga merka membutuhkan peran teknologi di lingkungan kerja. Dengan adanya penerapan teknologi, hal ini membuat kebiasaan kerja menjadi berubah. Berikut peran tekologi untuk menciptakan kepuasan pelanggan, antara lain:

Manual menjadi otomatis

Teknologi bisa mengubah proses kerja dari manual menjadi otomatis. Jadi biaya untuk kertas, tenaga kerja, alat tulis, dan sejenisnya menjadi berkurang. Misalnya saja bila mulanya pekerjaan dalam proses packing dilakukan secara manual menggunakan tenaga manusia, maka teknologi membuat prosesnya semakin cepat karena menggunakan mesin untuk melakukannya.

Efisiensi waktu

Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas semakin cepat berkat peran teknologi. Karena teknologi membuat pekerjaan lebih cepat dan sederhana. Dengan begitu hal tersebut membuat perusahaan lebih mudah dalam melakukan pekerjaan sesuai kebutuhan.

Teknologi bisa memperpendek rantai sebuah birokrasi. Sehingga bila mulanya pekerjaan bisa diselesaikan 1 minggu, maka dengan bantuan teknologi membuat prosesnya dapat diselesaikan dalam waktu 1 hari. Sehingga dengan cara ini membuat proses produksi semakin cepat dan lebih produktif lagi.

Kecepatan pengambilan keputusan

Berkat teknologi membuat proses pengambilan keputusan semakin cepat. Karena dengan bantuan teknologi membuat semua data yang dibutuhkan semakin cepat didapat. Hal ini membuat sebuah perusahaan semakin kompetitif menghadapi segala tantangan yang sedang marak terjadi saat ini. Dengan begitu hal ini bisa meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan tertentu.

Hemat biaya

Teknologi membuat biaya untuk kegiatan pemasaran dan promosi lebih hemat. Karena setiap metodenya bisa dilakukan via website sehingga lebih mudah bagi calon konsumen untuk mencari tahu profil perusahaan dari internet. Dengan begitu hal ini membuat Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Kecepatan informasi

Dengan adanya teknologi membuat sistem lebih mudah terintegrasi dengan perusahaan. Jadi respon perusahaan lebih cepat dan pihak manajemen juga semakin cepat mengetahui seperti apa kondisi perusahaan tanpa mengunjungi kantor cabangnya.

Tips Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Menggunakan Teknologi

Di era yang serba modern seperti saat ini membuat pemakaian teknologi semakin erat digunakan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Karena teknologi membuat operasional usaha semakin terbantu dan pengalaman, serta kepuasan pelanggan juga meningkat. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan menggunakan teknologi, antara lain:

1. Maksimalkan Kegiatan Pemasaran Online

Metode pemasaran yang dilakukan secara online lewat digital marketing membuat kinerja bisnis semakin maksimal. Sehingga usaha Anda bisa menjangkau target pasar yang semakin tepat sasaran dan lebih luas lagi. Bagaimanapun juga, strategi pemasaran bisa membuat kebutuhan pelanggan terpenuhi. Sehingga kepuasan pelanggan semakin meningkat.

Kegiatan pemasaran yang dilakukan secara online berguna untuk menawarkan jasa dan produk secara personal. Dengan begitu tingkat kepuasan pelanggan lebih terjaga. Demi mengembangkan sebuah usaha, maka dibutuhkan loyalty  rewards atau feedback dan review langsung dari para pelanggan demi perkembangan bisnis.

Maka dari itu demi meningkatkan kepuasan pelanggan, sebaiknya maksimalkan kegiatan pemasaran pelanggan dengan baik. Sehingga akan membantu membuat target pemasaran lebih tepat.

2. Siapkan Sarana Komunikasi Demi Kepuasan Pelanggan

Komunikasi adalah kunci utama untuk membangun kepercayaan para pelanggan terhadap bisnis Anda. Maka dari itu, setiap pelaku bisnis harus menyiapkan sarana komunikasi yang baik, responsive, cepat, dan mudah demi meningkatkan pengalaman para pelanggan ketika sedang berbelanja di tempat Anda.

Dengan cara ini pula membuat citra dan brand image semakin meningkat dan lebih baik untuk bisnis Anda. Bagaimanapun juga citra dan brand image itu penting sekali untuk membuat calon pelanggan merasa puas dan lebih percaya terhadap produk Anda tersebut.

Sebaiknya maksimalkan sarana komunikasi lewat berbagai macam platform digital seperti melalui SMS, email, dan social networking sites. Sehingga hal tersebut akan membantu Anda lebih mudah menjangkau para pelanggan secara tertarget.

3. Siapkan Banyak Pilihan Metode Pembayaran

Peran teknologi saat ini menjadikan metode pembayaran baru semakin mudah dan modern. Sehingga hal ini membuat kegiatan transaksi antara pemilik usaha dengan pelanggan semakin mudah dan praktis.

Terlebih perkembangan metode pembayaran non tunai saat ini semakin besar dan luas. Segala transaksinya bisa dilakukan melalui kartu kredit, kartu debit, dan dompet digital e-wallet. Sedangkan dompet digital itu sendiri terdiri atas banyak macam seperti OVO, dana, shopee pay, dan masih banyak yang lainnya.

Maka dari itu, dengan menyiapkan banyak pilihan metode pembayaran sekaligus membuat kegiatan transaksi semakin cepat dan nyaman. Sehingga kepuasan pelanggan semakin meningkat ketika melakukan transaksi di tempat Anda.

4. Siapkan Sistem Keamanan yang Tinggi

Fakta membuktikan bahwa teknologi bisa membuat kepuasan pelanggan semakin meningkat saat melihat dari segi keamanan. Keamanan sendiri adalah faktor utama untuk pengusaha online dan pengoperasian sistem informasi perusahaan.

Bayangkan bila Anda punya teknologi yang mengedepankan keamanan, hal tersebut membuat pelanggan semakin aman dan merasa lebih nyaman ketika melakukan transaksi di sebuah perusahaan tertentu.,

Saat pelanggan merasa nyaman dan aman, hal tersebut akan membuat pelanggan semakin puas dengan pelayanan Anda. Maka dari itu, berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan supaya lebih puas. Karena akan lebih bagus jika manfaatkan teknologi dengan baik demi keamanan pelanggan.

Salah satu contoh untuk memberikan sistem keamanan yang tinggi adalah dengan menggunakan kamera CCTV. Sehingga hal tersebut membuat pelanggan yang berbelanja merasa semakin aman saat berbelanja di tempat Anda.

5. Siapkan Kegiatan Operasional

Dengan adanya teknologi menjadikan pemilik usaha bisa mengelola operasional semakin mudah dan juga akurat. Misalnya bila Anda mengetahui berbagai macam sistem pengelolaan usaha seperti integrasi pembayaran, sistem kasir, pencatatan laporan usaha harian otomatis, dan mendukung sistem keamanan supaya bisa diakses lebih mudah dan cepat.

Jadi peran teknologi bisa digunakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan atau memberikan nilai tambah tersendiri kepada konsumen. Selain itu, teknologi juga bisa membuat tingkat kepuasan pemilik usaha semakin tinggi dalam menjalankan operasional sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.