Breaking News

Kesalahan WordPress Yang Harus Dihindari

9 Kesalahan WordPress Yang Harus Dihindari

Apakah Anda memiliki WordPress untuk menulis blog? Terkadang menggunakan WordPress untuk pertama kali itu membingungkan, oleh karena itu Anda perlu mengetahui beberapa kesalahan wordpress yang harus dihindari.

Beberapa kesalahan memang tidak menimbulkan dampak yang fatal, akan tetapi meminimalisir kesalahan adalah solusi mengefisienkan pekerjaan. Tentu saja pekerjaan Anda bisa lebih lancar tanpa harus memperbaiki kesalahannya.

Selain menghindari kesalahan yang mungkin terjadi, sebaiknya Anda juga tidak lelah untuk mempelajari WordPress. Semakin memahami WordPress, maka tampilan blog atau website sepertinya bisa jauh lebih baik.

Kesalahan WordPress Yang Harus Dihindari

Simak ulasan lengkap di bawah ini mengenai apa saja kesalahan yang dimaksud itu? Perhatikan! Anda pernah mengalami kesalahan yang nomor berapa?

1. Salah pilih platform

Kesalahan wordpress yang harus dihindari yang pertama adalah kesalahan memilih platform.

Sebenarnya ada dua platform penting yang harus Anda bedakan, WordPress.com dan WordPress.org. Lantas, apa perbedaan dari kedua platform tersebut? meskipun pada dasarnya memiliki kesamaan sebagai platform pembuatan website gratis.

Memilih WordPress.com membuat Anda tidak leluasa untuk memilih ekstensi domain. Artinya domain Anda malah diikuti oleh embel-embel WordPress, sebagai contoh www.namadomainanda.wordpress.com.

Selain itu tidak bisa memasang iklan, jika Anda ingin mendapatkan uang dari iklan sebaiknya gunakan WordPress.org. Apalagi Anda juga diberikan kebebasan untuk membuat kreasi yang menarik ketika membuat website dari WordPress.

2. Tidak membuat kategori dan tag yang benar

Untuk bisa meningkatkan interaksi antara pengguna dengan situs blog atau website Anda, maka gunakan kategori dan tag dengan benar. Masukkan artikel yang sesuai ke dalam kategori dan tag agar pembaca semakin penasaran berada website Anda.

Justru jika posting web atau blog tidak dilengkapi dengan tag dan kategori, bisa mengakibatkan kehilangan peringkat di mesin pencari. Tentunya Anda tidak mau bukan? Pada WorPress, Anda bisa dengan mudah membuat tag dan kategori.

3. Link eksternal yang tidak relevan

Kesalahan wordpress yang harus dihindari berikutnya adalah link eksternal yang tidak relevan. Perlu perhatian yang lebih untuk memastikan bahwa link tersebut sudah relevan agar website/blog tetap berada dalam konteks.

Search engine biasanya memperhatikan dengan teliti link yang Anda bagikan ke situs lain. Kemudian secara otomatis membandingkan isi tematik untuk menilai keterkaitan dari link tersebut.

Maka tahapan pemeriksaan link eksternal sebelum artikel dipublish merupakan keharusan. Link keluar harus sesuai atau relevan dengan artikel yang sedang dibahas pada website/blog Anda.

4. Kesalahan memilih tema

Ada banyak tema yang bisa Anda pilih, bahkan tema WordPress yang tersedia bisa berjumlah ribuan tema. Anda mau pilih yang seperti apa?

Setiap orang memiliki selera yang beragam, biasanya pemilihan tema berdasarkan empat hal penting seperti kompatibel untuk semua perangkat, mudah dikustomisasi, plugin yang sesuai dengan tema dan tema yang tidak memperlambat loading.

Dengan memilih tema sesuai kriteria penting di atas berarti Anda mengetahui kesalahan WordPress yang harus dihindari. Dengan begitu bisa mendapatkan performa website yang bagus.

Apapun selera tema yang akan dipilih pada WordPress, sebaiknya jangan lupakan keempat kriteria tersebut.

5. Sembarangan menginstall plugin

Keberadaan plugin bisa memudahkan berbagai fitur yang ada di website/blog, oleh karena itu perlu plugin yang tepat untuk dipasang di WordPress. Kesalahan WordPress yang harus dihindari dalam memasang plugin bisa berakibat fatal.

Plugin yang bisa diinstall adalah plugin yang berasal dari direktori resmi WordPress.org agar keamanannya bisa lebih dipercaya. Untuk menemukan plugin yang tepat maka cek review dari kolom review WordPress atau berbagai forum lain.

Perlu diingat juga, hati-hati dengan tawaran plugin yang berharga murah bahkan gratis. Plugin tersebut lebih beresiko membahayakan website/blog Anda, mau website/blog Anda jadi mengalami gangguan?

Baca Juga : Alasan Pentingnya Website Maintenance untuk Bisnis

6. Mengubah domain sembarangan

Agar kesalahan yang satu ini tidak terjadi, sebaiknya pastikan sejak awal nama domain Anda sudah benar. Sehingga di kemudian hari tidak terlintas pikiran untuk mengubah nama domain ke nama domain yang lebih layak.

Gunakan metode yang tepat ketika Anda mau mengganti nama domain. Sembarangan mengganti domain akan menimbulkan kerugian bagi Anda, bagaimana bisa? Tentu, karena Anda bisa kehilangan traffic yang sudah Anda dapatkan pada domain sebelumnya.

Sebaiknya menggunakan Redirect 301 untuk bisa pindah domain ke domain baru agar tidak kehilangan traffic. Kesalahan WordPress yang harus dihindari mengenai domain di atas harus diperhatikan dengan baik.

Kesalahan WordPress Yang Harus Dihindari
Kesalahan WordPress Yang Harus Dihindari

7. Backlink yang tidak berkualitas

Hindari kesalahan dalam menggunakan backlink karena Anda ingin cepat-cepat menaikkan peringkat website/blog di mesin pencari. Beberapa blogger sengaja membeli backlink dari peternakan backlink, padahal backlink-nya itu bisa saja berkualitas rendah.

Justru, sebelum menaruh backlink Anda harus melihat nilai DA dan PA sebagai pertimbangannya. Backlink berkualitas akan meningkatkan kesan yang bagus untuk website/blog Anda di mata mesin pencari.

8. Asal memasukkan kode snippet ke file tema

Ini merupakan kesalahan WordPress yang harus dihindari oleh siapapun. Menambahkan kode snippet di file functions.php merupakan kesalahan mendasar karena bukanlah  tempat yang ideal.

Justru modifikasi tema yang telah Anda lakukan kemudian menggunakan tema lain akan hilang dengan mudah. Anda lebih disarankan untuk menambahkan kode pada function file dengan tujuan untuk mengganti beberapa bagian yang khusus pada tema tersebut, bukan untuk kode snippet!

Kesalahan lain yang berhubungan dengan function file adalah mengeditnya di Admin Area. Fitur editor tema dan plugin memang sangat memudahkan untuk melakukan aktivitas editing tema namun fitur ini tidak direkomendasikan, terutama untuk pemula karena dikhawatirkan belum mengerti sepenuhnya.

Perlu kehati-hatian yang ekstra ketika error akibat salah mengedit kode plugin atau tema, maka resikonya adalah terkunci dari dashboard WordPress. Maka agar error tidak terjadi, Anda bisa menonaktifkan fitur editor tema dan plugin.

Ada cara yang lebih aman untuk mengedit tema atau plugin. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengeditnya melalui file yang diunduh melalui FTP Client.

9. Menggunakan Fitur Uncategorized

Kesalahan WordPress yang harus dihindari ini memang terbilang sederhana, namun jika menggunakannya malah terkesan bahwa website/blog jadi terlihat tidak profesional.

Uncategorized merupakan kategori default bawaan WordPress, Anda tidak bisa menghapus kategori ini.

Lalu bagaimana solusinya? Anda masih bisa mengubah nama kategori menjadi nama lain yang lebih sesuai dengan konten yang ada. Caranya yaitu bukalah dashboard WordPress lalu klik Post – Categories.

Selanjutnya klik Edit pada bagian bawah Uncategorized, ubah namanya sesuai keinginan Anda. Kini Anda sudah memiliki kategori baru.

Adanya ulasan di atas diharapkan bisa menjadi warning untuk Anda agar tidak melakukan berbagai kesalahan. Bagaimana kinerja website/blog bisa meningkat?Jika Anda sendiri sering melakukan kesalahan.

Selain 9 Kesalahan WordPress Yang Harus Dihindari tersebut, Anda juga perlu melakukan beberapa langkah optimasi untuk meningkatkan kinerja website/blog. Terutama bagi Anda yang sudah memiliki penghasilan dari website/blog tersebut.

Nah, bicara tentang meningkatkan SEO ataupun maintenance website/blog, salah satu rekomendasi yang bagus adalah Maxsol. Maxsol menyediakan berbagai jasa yang sangat berguna untuk mengoptimalkan website/blog. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai jasanya melalui Maxsol.

Leave a Reply

Your email address will not be published.