Breaking News

Pentingnya-Website-Maintenance-untuk-Bisnis

Alasan Pentingnya Website Maintenance untuk Bisnis

Website Anda bukan hanya merupakan wajah digital dari brand Anda. Bahkan, website memiliki peranan yang sangat penting dalam online marketing. Oleh karena itu, website maintenance menjadi salah satu faktor kunci paling penting untuk bisnis Anda.

Banyak pemilik bisnis mengerti bahwa memiliki website itu penting. Tujuannya untuk mengelola bisnis secara online. Jadi, membuat website menjadi langkah pertama yang harus dilakukan. Selanjutnya, target pembuatan website adalah menempatkannya pada peringkat satu di Google.

Seringkali Website Terabaikan Begitu Saja

Sayangnya, setelah bulan-bulan berlalu biasanya website ini jadi terabaikan. Bahkan, ada yang lupa bahwa mereka memiliki website. Jadi, setelah 6 bulan hingga setahun kemudian, tidak ada hasil yang didapat dari website tersebut. 

1

Bahkan, terlebih lagi, ada elemen website yang tidak berfungsi seperti misalnya customer tidak bisa langsung menghubungi tim marketing melalui informasi kontak yang tersedia. Bisa-bisa terjadi juga hal yang lebih buruk yakni website tersebut kena hack. Lantas, semua upaya pembuatan website jadi terasa sia-sia.

Baik bisnis Anda maupun customer sama-sama dirugikan. Apalagi, jika sebenarnya Anda sudah mendapatkan banyak customer potensial. Namun, mereka mengurungkan niat untuk menggunakan produk dan layanan Anda, karena website Anda loading lama, lalu tampilannya di mobile tidak jelas, atau macet setiap kali pembeli ingin checkout sambil melakukan pembayaran.

Mengapa Website Maintenance Wajib Dilakukan?

Tentu saja. Setelah menyadari risiko menurunnya performa website yang terabaikan, maka Anda perlu mengelola website bisnis Anda secara rutin. Maintenance tidak dilakukan secara asal sewaktu-waktu Anda mau. Akan tetapi, lakukan dengan terjadwal agar Anda bisa segera mengatasi masalah yang terjadi.

Berikut alasan website maintenance untuk bisnis sangat penting dan apa yang harus Anda lakukan:

1. Menunjukkan Kualitas Bisnis Anda

Ketika Anda tidak melakukan pengelolaan website secara rutin, maka pengaruhnya yang paling besar dan utama adalah bisa berimbas kepada bisnis Anda. Sebab, bagaimanapun juga, website menjadi hal pertama yang dilihat customer saat mereka mencari tahu tentang brand Anda melalui Google.

Jadi, mulai dari tampilannya sampai semua fitur di setiap halamannya sangat menentukan kualitas bisnis Anda. Pastikan juga website Anda selalu terlihat modern dan profesional, sehingga tidak membuat orang mempertanyakan kredibilitasnya.

2. Memberikan Pelayanan Customer dengan Baik

Lebih dari segalanya, penting sekali menyadari bahwa website yang kita buat bukan semata-mata untuk bisnis kita sendiri. Namun, website tersebut dibuat untuk customer, agar mereka bisa menemukan bisnis kita, melalui semua informasi yang mereka tahu, dan website juga memudahkan mereka untuk menghubungi kita, atau membeli produk dan jasa kita.

Maka dari itu, Anda perlu mengikuti tren desain website yang terbaru, dan periksa ulang apakah website Anda sudah sesuai dengan tren tersebut. Aspek yang paling penting untuk saat ini adalah tampilan mobile website. Sebab, lebih dari ¾ orang menggunakan perangkat mobile saat belanja online atau mencari produk melalui browsing internet. Jadi, tampilan mobile website Anda harus responsif.

3. Mengoptimalkan Performa Website

Hal paling penting dalam memberikan pelayanan customer yang baik adalah dengan memaksimalkan performa website Anda. Menurut penelitian, lebih dari 40% pengunjung meninggalkan website jika waktu loading-nya melebihi 3-4 detik. Sepenting itulah performa website dalam mendapatkan customer.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi performa website. Faktor tersebut di antaranya yakni kualitas rancangan website, perusahaan hosting-nya dan website maintenance secara rutin. Jika semua faktor tersebut dapat dioptimalkan, maka website Anda juga akan memiliki performa yang maksimal.

4. Meningkatkan Keamanan Website

Ini termasuk salah satu yang amat sangat penting. Jika Anda sudah mengamankan website secara optimal hingga saat ini, berarti Anda telah melakukannya dengan baik. Namun, ada hal-hal yang tetap perlu diingat. Apalagi, jika Anda menggunakan CMS atau platform website seperti WordPress yang paling populer sehingga banyak orang yang menjadikannya sasaran cyber crime.

Sama seperti alasan mengapa di Windows ada lebih banyak virus jika dibandingkan dengan MacOS atau Linux. Selain itu, pastikan Anda himbau customer untuk tidak menggunakan password pasaran seperti 123456, jangan pernah.

Sementara, untuk keamanan website-nya, seringkali website WordPress kena hack karena software yang sudah kedaluarsa. Apalagi jika website tersebut tidak pernah dikelola sama sekali. Maka dari itu, hal yang perlu Anda lakukan adalah selalu memperbarui website Anda. Periksa apakah ada pembaruan. Kalau ada, langsung perbarui dan jangan diabaikan. Sebab, keamanan website Anda bergantung kepadanya.

5. Melindungi Aset dan Menyelamatkan Bujet Anda

Ini benar, website maintenance bisa membantu menyelamatkan bujet Anda dalam jangka panjang. Lebih spesifik lagi, Anda perlu melakukan backup website sesering mungkin. Sebab, risiko kena hack atau tidak sengaja menghapus file penting bisa terjadi sewaktu-waktu. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk melakukan back up website secara rutin.

Idealnya, Anda perlu mem-back up website setiap hari karena masalah bisa terjadi kapan saja. Jika Anda rutin melakukan back up, maka Anda bisa menghindari website hacker, website down karena ada update, serta human error yang mungkin dilakukan oleh tim Anda.

6. Tetap Bertahan di Peringkat Atas Google

Anda perlu kembali mengingat tujuan awal Anda membuat website. Tentu untuk mengembangkan bisnis Anda, bukan? Sementara, Google menjadi mesin pencarian yang paling besar dan populer, sehingga Anda berkesempatan untuk menempatkan website Anda di peringkat setinggi mungkin di Google. Jadi, makin banyak orang yang datang mengunjungi website Anda.

Untuk mencapainya, Anda harus melakukan banyak hal, seperti memberikan customer experience yang baik, melakukan website maintenance secara keseluruhan, menjaga performa website terutama kecepatan loading-nya, serta memaksimalkan keamanan website.

Gunakan Layanan Profesional untuk Mengelola Website Anda

Demikian pentingnya website maintenance untuk bisnis Anda. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda menyerahkan pengelolaannya kepada pihak profesional. Maxsol siap membantu Anda dengan optimal. Percayakan pengelolaan website Anda seluruhnya kepada Maxsol. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kontak yang tertera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *