Breaking News

kebiasaan sehat programmer

Anda Seorang Programmer? Kebiasaan Sehat Ini Wajib Ikuti

Kebiasaan sehat programmer sebaiknya Anda ikuti. Pasalnya, kesehatan menjadi faktor yang penting terutama untuk seseorang yang menghabiskan sebagian besar waktunya di depan layar monitor. Seorang programmer, akan mengerjakan kode dengan ketelitian yang tinggi.

Oleh sebab itulah, perlu fokus dan intensif dalam melakukan pekerjaan sebagai programmer. Hal tersebut mengakibatkan seorang programmer mengabaikan atau melupakan bagaimana kebiasaan yang sehat.

Bagi Anda yang seorang programmer atau Anda yang sama-sama menghabiskan banyak waktu di depan monitor. Simak apa saja kebiasaan sehat berikut.

10 Kebiasaan Sehat Programmer

Terlepas dari apa pekerjaan Anda, faktanya setiap pekerjaan memiliki risiko. Tukang bangunan berisiko kecelakaan, programmer berisiko pening luar biasa di kepala dan menurunnya interaksi sosial hingga ketajaman penglihatan.

Kebiasaan sehat programmer berikut ini dapat Anda ikuti untuk meminimalisir risiko tersebut.

1. Memenuhi Kebutuhan Air Putih

Sekarang masih pukul tujuh pagi, melanjutkan pekerjaan programmer, kemudian lihat jam lagi sudah pukul 11. Waktu yang terasa amat cepat membuat seorang programmer sering melupakan minum air putih. Anda tidak perlu khawatir sering kencing, penuhi kebutuhan air putih Anda meskipun pekerjaan membutuhkan peran aktif.

Memenuhi kebutuhan air putih di sini bukan serta merta langsung minum 8 liter sekali teguk. Melainkan bertahap, atur jam untuk minum air putih. Misalnya setiap 3 jam sekali minum 1 gelas air putih. Hal ini akan mendukung kesehatan fisik Anda stabil.

2. Menyempatkan Olahraga secara Teratur

Bagaimana cara seorang programmer olahraga? Yang terpenting dalam olahraga adalah gerak. Beberapa olahraga yang bisa seorang programmer lakukan antara lain: lari pagi, senam, push up, sit up, dan pull up.

Atau bagi Anda yang amat memperhatikan pada bagian olahraga, alangkah lebih baik membuat jadwal khusus untuk pergi ke gym.

3. Tidur yang Cukup

Inilah yang paling sering programmer abaikan: tidur. Alih-alih tidur di malam hari, programmer sering tidur pagi hingga siang hari. Mirip kelelawar yang beraktivitas malam hari dan tidur siang hari.

Cobalah untuk membuat perubahan dalam kebiasaan Anda. Aktivitas sejak pagi hingga siang, menikmati hidup pada sore hari, dan melanjutkan sedikit pekerjaan malam hari. Jangan tidur lebih dari pukul 12 agar waktu tidur Anda cukup.

4. Liburan di Akhir Pekan

Akhir pekan menjadi waktu yang banyak dinantikan oleh orang-orang, tetapi bukan untuk programmer. Faktanya bagi seorang programmer, setiap hari adalah akhir pekan. Mereka bisa libur kapan saja, dan bekerja kapan saja.

Tetapi pada intinya, sempatkan waktu setidaknya 1 atau 2 hari dalam seminggu untuk liburan. Bebas pada hari apa. Jagalah mental Anda agar tetap sehat dengan liburan yang menyenangkan.

5. Pastikan Posisi Duduk Sehat

Kebiasaan sehat programmer yang paling penting bisa Anda mulai dari memperbaiki posisi duduk. Rata-rata manusia bisa duduk adalah 7 jam sehari. Bayangkan kalau Anda seorang programmer, bisa duduk lebih lama lagi.

Nyeri otot, sakit pinggang, perut buncit, ambeien, sakit punggung, dan lain-lain membayang-bayangi programmer. Cobalah mencari kenyamanan dengan mengganti tempat duduk (tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi) dan istirahat setelah 1-2 jam.

6. Terhubung dengan Orang Sekitar di Dunia Nyata

Seorang programmer sering dikenal sebagai orang yang asosial lantaran jarang berinteraksi dengan sekitar. Lebih parah lagi, mungkin para tetangga Anda menganggap Anda memelihara tuyul atau pesugihan babi ngepet karena tidak tahu apa yang Anda lakukan.

Meskipun hanya dengan berada di ruang kerja dalam rumah Anda dapat menghasilkan banyak uang. Alangkah lebih baik tetap terhubung dengan orang sekitar, terlebih tetangga. Kiat pertama untuk terlihat dan diakui keberadaannya adalah mengikuti kegiatan masyarakat.

Berkumpul dengan tetangga di tongkrongan sambil mengerjakan program tertentu juga pilihan yang baik. Anda dapat suasana baru, orang-orang mengetahui apa pekerjaan Anda, dan hubungan sosial terjalin dengan baik.

7. Mengatur Jadwal Bekerja

Programmer yang bekerja di perusahaan mempunyai jadwal kerja yang jelas. Misalnya Anda adalah programmer sebuah aplikasi/game, maka Anda harus standby selama 8 jam kerja. Mulai pukul 7 hingga 4 sore, istirahat 1 jam.

Lantas bagaimana untuk programmer freelance yang kerja lepas? Anda adalah tuan yang mengatur jadwal kerja sendiri. Buatlah jadwal bekerja yang sesuai dengan aktivitas Anda yang lain. Kemudian menerapkan jadwal yang sudah Anda buat sebagai kebiasaan sehat programmer.

Nyatanya, tidak sedikit programmer yang kerja dur-duran, atau tanpa melihat jam, tanpa punya jadwal. Mereka bekerja selama tubuh masih bisa diajak kerja. Mereka bekerja selama pikiran masih bisa memahami apa yang mereka kerjakan.

Tetapi kebiasaan yang semacam itu justru kurang baik untuk kesehatan programmer. Bagaimana jika tiba-tiba ada acara mendadak yang bersifat mendadak? Otomatis pekerjaan Anda terhambat, terjeda, atau bahkan terlambat dari deadline.

Membuat jadwal akan mengantisipasi jika Anda mempunyai acara mendadak. Programmer bisa mengalokasikan waktu berdasarkan kebiasaan dari bekerja. Memiliki skala prioritas sendiri juga menjadi pendukung dalam membuat jadwal ini.

8. Menghindari Alkohol

Anda suka mabuk-mabukan dan kurang gerak? Ginjal Anda senyum-senyum.

Pusing memikirkan kode-kode, tulisan-tulisan, dan pekerjaan yang kian mepet membuat seseorang ingin melepaskan semuanya sebentar. Cara instan melepaskan semuanya dengan mabuk, tetapi ini adalah kebiasaan buruk. Anda harus berani menghindari serta menolak ajakan untuk mabuk.

9. Mengurangi Kafein

Pagi minum kopi, siang minum kopi, sore minum kopi, malam minum kopi. Full kafein, lambung Anda senyum-senyum apalagi kalau belum sarapan. Setidaknya jangan minum minuman yang mengandung kafein pada malam hari di atas pukul 8 malam.

Menghilangkan kebiasaan minum minuman yang mengandung kafein tidak bisa langsung. Sebaiknya Anda menguranginya, jika biasanya minum 5 gelas sehari, kurangi jadi 4. Lambat laun Anda akan menemukan berapa gelas kafein sehari yang mampu ditampung oleh tubuh Anda.

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, di sisi lain kafein menjaga mata Anda tetap terjaga, serta pikiran tetap fokus. Pertimbangkan kebutuhan akan pentingnya kafein dengan kadar yang bisa tubuh Anda tampung.

10. Mengurangi Merokok

Merupakan hal yang paling umum bagi sebagian besar orang yang bekerja di depan laptop atau komputer. Lihatlah ketika pagi asbak masih kosong, mendekati sore hari sudah penuh, malam hari sudah tumpah-tumpah.

Beruntung jika Anda adalah programmer yang tidak doyan merokok. Tetapi kalau Anda adalah perokok aktif, mulailah mengurangi kegiatan ini dengan cara fokus lebih dulu pada pekerjaan. Semakin cepat selesai semakin bagus, fokus pekerjaan akan mengurangi kegiatan merokok Anda.

Satu hal lagi sebagai tambahan, kebiasaan sehat programmer yang wajib Anda ikuti adalah menjaga kebersihan ruang kerja. Tidak jarang banyak sampah menumpuk di sana. Pasalnya, ruang kerja itu juga menjadi tempat makan, tempat tidur, bahkan tempat sampah.

Demikian beberapa kebiasaan sehat programmer yang kami ambil berdasarkan pengalaman orang-orang. Sebenarnya Anda menyadari apa kebiasaan itu baik atau buruk, tetapi belum mau berhenti melakukan kebiasaan buruk selama belum muncul dampaknya, kan?

Baca Juga: Istilah Programming yang Penting untuk Dipahami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *