Breaking News

belajar kotlin

4 Tips Cepat Belajar Kotlin

Anda memerlukan tips cepat belajar Kotlin jika tertarik untuk membuat suatu aplikasi untuk perangkat Android. Kotlin sendiri merupakan bahasa pemrograman yang bersifat open source dan termasuk salah satu yang paling banyak dicari. Bahasa pemrograman ini pertama kali dirilis pada Februari 2016.

Tapi Kotlin baru mulai terkenal pada tahun 2017 dan mulai banyak digunakan oleh para developer. Popularitas Kotlin meningkat setelah Google mengumumkannya sebagai bahasa pemrograman resmi yang bisa dipakai untuk menciptakan aplikasi Android.

Beberapa Tips Cepat Belajar Kotlin

Bahasa pemrograman Kotlin mempunyai sifat interoperability. Maksudnya, programmer bisa berpindah ke Kotlin dari bahasa pemrograman Java tanpa membutuhkan waktu lama. Saat ini, statistic Google menunjukkan bahwa hampir sebanyak 80% dari 1000 aplikasi paling atas di Play Store dibuat menggunakan bahasa pemrograman Kotlin.

Tertarik untuk mempelajari Kotlin dan mulai menciptakan beberapa aplikasi Android dengan lebih mudah? Ini dia beberapa tips cepat belajar Kotlin yang bisa Anda terapkan.

1. Pahami dulu dasar-dasarnya

Hal paling utama yang perlu Anda lakukan untuk mempelajari Kotlin adalah memahami dulu berbagai dasarnya. Ada beberapa hal mendasar yang perlu Anda pelajari, yaitu:

  • Keywords

Kotlin mempunyai dua jenis keywords, yaitu soft keywords serta hard keywords. Soft keywords hanya digunakan di beberapa konteks tertentu dan fungsi utamanya adalah untuk mengidentifikasi. Sedangkan hard keywords tidak bisa dipakai untuk mengidentifikasi.

  • Variables

Seperti keywords, variable Kotlin juga terbagi dalam dua jenis, yaitu immutable dan mutable. Immutable mempunyai nilai variabel yang tidak bisa diubah, nama lainnya adalah read only variable. Sedangkan nilai variabel mutable bisa diubah.

  • Type casting

Type casting merupakan proses mengubah suatu tipe data menjadi tipe lainnya. Contohnya adalah mengonversi long menjadi double, mengkonversi int menjadi long, dan sebagainya.

  • Operators

Tips cepat belajar Kotlin berikutnya adalah memahami apa itu operator. Dalam Kotlin, ada beberapa operators yang digunakan untuk melaksanakan perhitungan.

  • Input dan output

Lalu ada juga beberapa fungsi yang perlu dipahami saat menulis kode dalam Kotlin. Contoh fungsi yang perlu dipelajari adalah redLine() yang fungsinya adalah untuk membaca string yang nantinya akan dimasukkan ke dalam console.

  • Comments

Bagian comments adalah bagian yang penting karena bisa membuat kode yang telah dibuat menjadi lebih mudah dibaca dan dipahami.

Berbagai informasi dasar Kotlin di atas bisa dengan mudah dipelajari dari berbagai video tutorial, buku, ataupun berbagai situs web khusus mengenai bahasa pemrograman Kotlin.

2. Tips cepat belajar Kotlin dengan ikut bootcamp

Ikut bootcamp juga menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk mendalami Kotlin. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang kurang suka belajar secara otodidak atau belajar sendiri. Dengan mengikuti bootcamp, Anda bisa langsung belajar Kotlin dari mentor yang ahli di bidang ini.

Selain memperoleh berbagai materi yang sangat berguna, bootcamp juga memungkinkan para pesertanya untuk melakukan praktik secara langsung dan menciptakan proyek sungguhan. Jadi setelah selesai mengikuti bootcamp, Anda akan mempunyai portofolio.

Hasilnya, Anda jadi lebih siap untuk terjun ke dunia kerja secara langsung dan bekerja sebagai seorang Android Developer.

3. Bergabung dengan komunitas

Tips cepat belajar Kotlin berikutnya adalah dengan masuk ke komunitas khusus developer. Ada banyak sekali komunitas yang siap membantu Anda memperdalam pemahaman mengenai Kotlin. Dengan masuk ke salah satu komunitas, Anda bisa bertemu dengan banyak developer yang minatnya sama.

Jadi Anda bisa melakukan diskusi dengan mudah dan leluasa, terutama ketika menemui kesulitan saat mengembangkan suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman Kotlin. Bahkan ada juga peluang kerja yang baru ketika Anda bergabung dengan komunitas.

4. Latihan tanpa henti

Meskipun Anda sudah mempelajari Kotlin mulai dari yang paling mendasar hingga mendapatkan banyak pemahaman, ilmu yang Anda miliki akan lebih berkembang jika selalu dipraktekkan. Praktik serta latihan yang berkelanjutan adalah cara untuk belajar Kotlin yang paling efektif.

Tips cepat belajar Kotlin yang perlu diingat adalah sebanyak apapun materi yang Anda kuasai, semuanya harus terus dipraktekkan. Anda perlu berlatih secara terus menerus untuk menuliskan kode secara langsung sehingga bisa mengetahui mana yang tidak berfungsi dan mana yang berfungsi.

Manfaat Mempelajari Tips Cepat Belajar Kotlin

Ada banyak keuntungan menguasai Kotlin. Dengan menguasai bahasa pemrograman ini, Anda bisa mendapatkan banyak sekali manfaat, terutama dalam mengembangkan aplikasi. Beberapa keuntungannya adalah:

  • Mudah untuk digunakan

Kotlin merupakan suatu bahasa yang bersifat fungsional serta bisa dipelajari dengan sangat mudah. Sintaks yang ada dalam Kotlin menyerupai Java sehingga lebih mudah untuk diingat. Selain itu, Kotlin juga lebih ekspresif sehingga nantinya kode Anda bisa lebih mudah dipahami dan dibaca.

  • Lebih ringkas

Seperti disebutkan sebelumnya, Kotlin yang berdasarkan JVM sangat fungsional. Dengan memakai bahasa pemrograman ini, Anda bisa mengurangi banyak sekali kode plat boiler yang biasanya dipakai di berbagai bahasa pemrograman yang lainnya.

  • Interoperabilitas

Bahasa pemrograman Kotlin cukup matang dalam membangun suatu aplikasi yang nantinya bisa digunakan dengan cara yang lebih mudah dan tidak terlalu sulit.

  • Cocok untuk para pemula

Kotlin merupakan bahasa pemrograman baru yang menyediakan permulaan yang baru untuk para developer. Tapi Kotlin bukanlah pengganti Java walaupun pengembangannya melalui JVM. Kotlin diterima sebagai salah satu bahasa resmi yang pertama untuk mengembangkan Android.

Jadi bisa disimpulkan bahwa Kotlin merupakan Java yang dilengkapi dengan berbagai fitur baru dengan pembaruan ekstra. Kotlin juga lebih disukai oleh para developer aplikasi karena mempunyai runtime yang lebih kecil dan membawa performa yang lebih baik.

Kenapa Wajib Mempelajari Kotlin?

Mengapa Anda sebaiknya mempelajari tips cepat belajar Kotlin dengan seksama? Sejak beberapa tahun yang lalu, Kotlin sudah menjadi bahasa pemrograman yang didukung oleh Google secara resmi dan bisa digunakan dengan Android Studio.

Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya mulai mempelajari bahasa pemrograman Kotlin.

  • Ekosistemnya sudah matang

Kotlin telah melalui berbagai tahapan yang panjang sebelum akhirnya memasuki versi 1.0 yang stabil pada tahun 2016. Artinya, Kotlin sudah menjadi bahasa pemrograman yang benar-benar matang. Kotlin tidak lagi berada di tahap alpha maupun beta tapi telah dinyatakan stable.

Anda bisa menggunakannya dalam production. Setiap harinya, ada library baru yang bisa mendukung proses pembuatan berbagai aplikasi Android. Selain itu, Anda juga tetap bisa menggunakan library Java yang telah ada.

  • Integrasi dengan Android Studio

Alasan lain Kenapa harus mempelajari tips cepat belajar Kotlin adalah Kotlin merupakan produk pengembangan JetBrains yang merupakan perusahaan pembuat Intellij, basis awal dari Android Studio. Jadi Kotlin bisa terintegrasi dengan lebih baik di Android Studio karena keduanya merupakan hasil dari satu perusahaan.

Pastikan untuk mempelajari seluruh tips cepat belajar Kotlin dengan seksama agar Anda bisa segera menciptakan aplikasi Android yang lebih baik dengan lebih mudah.

Baca Juga :Full Stack Developer dan Tanggung Jawabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.