Breaking News

email marketing

Apa Itu Email Marketing dan Strategi Implementasinya

Email marketing adalah salah satu alat strategi pemasaran yang banyak digunakan oleh perusahaan kecil hingga menengah. Sayangnya, beberapa dari mereka belum mengetahui dan paham apa itu email marketing dan implementasinya secara langsung.

Untuk itulah, kali ini kami akan membagikan panduan dan tips cara menggunakan email marketing yang tepat untuk bisnis kamu. 

Apa Itu Email Marketing?

Email marketing adalah salah satu alat pemasaran secara langsung dengan menggunakan email sebagai medianya. Selain mendapatkan penjualan yang meningkat, email marketing juga dapat meningkatkan keterlibatan dan kesadaran merek perusahaan kamu kepada pelanggan.

Biasanya, perusahaan menggunakan email marketing dengan memberikan penawaran eksklusif, promosi produk, dan buletin bulanan secara langsung kepada pelanggan setia mereka.

Seberapa Efektif Email Marketing?

Email marketing merupakan alat pemasaran yang terbilang paling hemat biaya. Meskipun hanya mengeluarkan dana yang relatif murah, studi yang dikeluarkan oleh DMA pada tahun 2020 mengemukakan bahwa setiap  £1 yang dibelanjakan memiliki rata-rata ROI sebesar £35,41.

Strategy Untuk Memulai Email Marketing

1. Mengumpulkan Daftar Email Pelanggan

Langkah pertama untuk memulai email marketing adalah memiliki daftar email pelanggan. Ada banyak strategi email marketing yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan daftar email pelanggan, berikut caranya:

Membuat Formulir Pendaftaran di Website

Cara pertama untuk mendapatkan daftar email pelanggan adalah membuat formulir pendaftaran. Kamu bisa menyematkan formulir ini pada situs web bisnis.

Biasanya, konsumen akan mencari tahu informasi lebih lengkap mengenai bisnis kamu melalui website atau media sosial. Ketika mereka sedang berkunjung dan mempelajari produk atau layanan yang kamu miliki dan timbul rasa ketertarikan dengan bisnis kamu.

Ketika konsumen sudah ada pada tahap seperti ini, biasanya mereka akan mencari info lebih lengkap untuk mengenal merek atau bisnis kamu seterusnya. Dengan begitu, mereka akan sukarela membagikan alamat email dan data pribadi lainnya kepada kamu.

Biar lebih maksimal, kamu bisa menggunakan fitur pop-up untuk registrasi email campaign kamu. Dengan begitu, pengunjung website kamu tidak perlu berputar-putar mencari laman hanya untuk mendaftar newsletter.

Baca Juga:Influencer Marketing, Pilihan Tepat Menjangkau Konsumen Baru

Bagikan Formulir Pendaftaran di Media Sosial

Lalu, bagaimana jika bisnismu belum memiliki website? Jangan khawatir, kamu tetap bisa membagikan formulir pendaftaran newsletter kamu melalui media sosial bisnis.

Biar semakin banyak orang mendaftarkan email mereka, kamu bisa membuat kontes atau tawaran diskon menarik khusus untuk para pelanggan yang terdaftar saja. Dijamin, akan semakin banyak pengikut di media sosial yang akan mendaftarkan diri mereka pada formulir tersebut.

Membagikan Konten Eksklusif

Cara terakhir untuk mendapatkan email pelanggan adalah dengan membuat dan membagikan konten eksklusif.

Konten eksklusif ini bisa berupa permintaan unduh konten, panduan, free trial, webinar dan ebook secara gratis. Pasti kamu pernah bukan melihat beberapa penyedia jasa atau layanan yang menawarkan ketiga hal ini secara gratis?

Ya, itu adalah salah satu strategi mereka untuk menarik perhatian calon pelanggan mereka untuk mendaftarkan diri mereka ke newsletter kamu. Semakin relevan konten yang kamu bagikan kepada audiens, semakin banyak pula email yang akan kamu dapatkan.

2. Personalisasi Pesan

Ini bukan berarti kami menyuruh kamu untuk mengirimkan email individual ke setiap pelanggan kamu. Cara manual tersebut sangat tidak efisien.

Tapi, jika kamu menggunakan email marketing tools, kamu dapat membuat personalisasi pesan secara otomatis. Jadi, kamu tidak lagi menyebutkan “Pelanggan yang terhormat,” tetapi “Bapak Thomas yang terhormat.”

Selain itu, kamu juga bisa menyunting pesan berdasarkan sejarah pembelian setiap konsumen.

Jadi, kamu bisa menyapa konsumen dengan nama mereka dan memberikan promosi yang sesuai dengan ketertarikan mereka.

Mungkin ini terlihat sepele, namun pelanggan sangat menyukainya. Mereka akan merasa diperhatikan oleh merek yang mereka sukai.

3. Buat Subject Menarik

Subjek ini bisa kita bilang semacam kop surat. Jadi, kalimat subject inilah yang akan menentukan nasib dari email campaign kamu. Makannya, kamu harus berhati-hati dalam memilih kalimat pada subjek email.

Cobalah membuat email subject yang singkat, jelas, dan terarah, atau membuat kalimat misterius yang membuat subscribe kamu membuka email campaign kamu.

4. Mobile Friendly

Zaman sekarang apapun bisa diakses dengan mudah melalui smartphone, begitu pula dengan email campaign kamu.

Sumber: Unsplash/ Alt Text: Apa Itu Marketing Untuk Bisnis

Berdasarkan laman Email Monday, sebanyak 68,9% penerima email campaign membukanya lewat smartphone 2-3 hari per minggunya. Berdasarkan fakta ini, kamu harus memastikan email campaign yang telah kamu buat sudah mobile-friendly. Dengan begitu, pelanggan kamu dapat melihat dan membaca konten yang telah kamu kirimkan dengan baik.

Memilih Email Marketing Tools

Saat ini sudah banyak email marketing tools yang dapat membantu kamu membangun dan mengelola email campaign. Tools yang akan kami bagikan adalah alat yang dapat membantu kamu mencapai efektivitas email campaign yang akan kamu lakukan. Berikut daftarnya:

KIRIM.EMAIL

Email marketing tools yang satu ini merupakan layanan email marketing yang paling populer dan banyak digunakan oleh pebisnis online Indonesia. Saat ini, pengguna KIRIM.EMAIL sudah memiliki 12.000 pengguna aktif.

Layanan ini memiliki tampilan yang sangat sederhana dan bersahabat, sehingga bagi para pengguna baru yang ingin belajar mengenai email marketing dapat beradaptasi dengan cepat dengan layanan ini.

Fitur yang mereka tawarkan terbilang banyak, mulai dari broadcast email, autoresponder, landing page builder, drag and drop email marketing, dan dapat kamu integrasikan ke banyak platform media sosial lainnya seperti WordPress, WooCommerce, dan Facebook Ads.

MailChimp

Selanjutnya ada MailChimp yang merupakan platform email marketing yang sangat populer di kalangan digital marketeers dunia.

Buat para pengguna baru MailChimp dapat mempelajari fitur-fitur yang ada karena tampilannya yang sangat mudah dipahami. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan platform ini secara gratis untuk 2000 pelanggan yang berlangganan.

Jika kamu memiliki lebih dari 2000 subscriber, kamu bisa upgrade ke versi berbayar. Tentunya, dengan fitur berbayar ini kamu bisa meningkatkan pemasaran kamu menjadi lebih kreatif.

HubSpot

Terakhir, ada HubSpot yang menawarkan all-in-one marketing software untuk penggunanya. Platform ini bisa kami katakan memberikan banyak keuntungan daripada kedua tools yang kami jelaskan sebelumnya.

HubSpot benar-benar membuat aplikasinya dengan sempurna, bahkan aplikasi mereka memiliki banyak fitur-fitur penting yang bisa digunakan oleh perusahaan berskala kecil hingga besar.

Sayangnya, aplikasi HubSpot ini tidak cocok untuk kamu yang memiliki dana terbatas karena biaya untuk berlangganan atau mengakses aplikasi ini terbilang mahal. Meskipun menawarkan harga yang mahal, kualitas yang mereka tawarkan sebanding dengan harganya.

Jadi itulah semua tentang apa itu email marketing. Semoga setelah kamu membaca artikel ini, kamu bisa mulai mengembangkan strategi pemasaran bisnis kamu dengan email campaign ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.