Breaking News

acebook hapus iklan topik sensitif

Facebook Hapus Iklan Topik Sensitif, Bukan Sekarang, Masih Tahun Depan

Facebook hapus iklan topik sensitif merupakan salah satu kabar hangat dari perusahaan yang sudah mengubah namanya ini. Setelah mengubah nama menjadi Meta, kini Facebook melakukan banyak perubahan.

Perubahan tersebut tentu merupakan salah satu hal yang perusahaan pikirkan untuk melakukan segala perbaikan. Facebook hapus iklan topik sensitif seperti berbagai topik agama, ras, kesehatan, seksual, dan politik.

Hal ini bermaksud untuk membuat para pengguna lebih aman dan nyaman. Serta melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaan yang pengiklan lakukan. Nantinya perusahaan ini akan hapus layanan tersebut untuk berbagai aplikasi di bawah naungannya.

Seperti Instagram dan Facebook. Perusahaan tidak akan lagi menawarkan pilihan khusus kepada pengiklan yang ingin menargetkan hal berkaitan dengan topik tersebut.

Kabar ini merupakan kabar hangat yang muncul bersama dengan kabar terbaru dari rebranding yang Facebook lakukan.

Mengenal Apa Itu Iklan Facebook

Banyaknya pengguna internet terutama media sosial, menjadikan platform tersebut cocok untuk melakukan iklan. Karena memang ada banyak sekali target pasar dari berbagai kalangan yang tentunya bisa membuat bisnis banyak dijangkau.

Facebook Ads atau iklan Facebook merupakan media layanan untuk beriklan di platform Facebook. Yang mana target marketnya adalah para pengguna Facebook. Sebenarnya Anda sudah sering melihat berbagai iklan yang muncul di halaman Facebook.

Biasanya muncul pada halaman beranda atau sidebar. Saat ini bisa juga terpampang pada halaman marketplace di Facebook. Ada berbagai macam iklan yang tersedia pada layanan Facebook Ads.

Bila menilik dari bentuknya ada layanan iklan bentuk gambar dan iklan bentuk video. Selain itu ada juga beberapa jenis kategori iklan yang bisa pengguna lihat dari sisi tujuannya.

Seperti impression, traffic, lead dan sebagainya. Iklan di Facebook banyak orang gunakan karena memberikan banyak sekali hasil nyata untuk bisnis. Hal ini karena platform ini merupakan aplikasi yang digunakan oleh hampir semua orang di dunia.

Bahkan dari tahun ke tahun penggunanya terus meningkat dari berbagai kalangan daripada platform lainnya. Apalagi kini fiturnya semakin berkembang lebih baik dan lebih bagus lagi.

Terakhir Facebook hapus iklan topik sensitif untuk membuat para pengguna lebih nyaman. Sehingga Anda bisa beriklan dengan lebih maksimal alias peluang iklan terbaca akan lebih banyak.

Manfaat Menggunakan Iklan Facebook

Setiap bisnis pasti memerlukan iklan untuk memasarkan suatu produk agar lebih banyak mendapatkan jangkauan pasar. Dahulu mungkin beriklan orang lakukan secara offline, namun kini bisa dengan cara online.

Salah satunya memakai layanan Facebook Ads. Kenapa harus menggunakan layanan dari platform Facebook? Ada banyak sekali manfaat yang bisa orang peroleh dari penggunaan layanan tersebut. Simak ulasan berikut ini.

1. Jumlah Pengguna Facebook yang Banyak dan Terus Meningkat

Sejak pertama kali rilis hingga saat ini, Facebook merupakan platform dengan pengguna yang banyak dan beragam. Mulai dari kalangan remaja, dewasa, hingga mereka yang sudah berumur 40 tahun ke atas.

Platform yang memiliki berbagai fitur mudah, sehingga banyak yang bisa memakainya. Pada tahun 2018 saja sudah tercatat ada lebih dari 2 miliar pengguna Facebook dari berbagai negara di dunia.

Indonesia menjadi negara nomor 4 terbanyak yang menggunakan Facebook sebagai media sosial mereka. Hal ini tentunya menjadi salah satu faktor penting untuk bisa beriklan dengan lebih efektif.

Selama ini mungkin ada banyak sekali iklan random yang muncul dan mungkin Anda menemukannya saat memakai platform tersebut.

Namun beberapa waktu lalu, layanan iklan di Facebook diperbarui. Salah satunya adalah Facebook hapus iklan topik sensitif yang sering mengganggu tampilan. Dan akan semakin memprioritaskan iklan dengan topik yang lebih sehat.

Tentunya hal ini memberikan potensi yang bagus untuk mendapatkan peluang beriklan dengan maksimal di Facebook.

Programmer and graphic designer characters create website. Man with laptop and woman with tablet develop web content or user interface. Software or app design and programming, Cartoon vector concept

2. Layanan Jasa Facebook Ads Bisa Menjangkau Hingga Internasional

Karena memiliki banyak sekali pengguna dari berbagai penjuru dunia, membuat iklan disini jauh lebih efektif. Karena bisa menjangkau ke banyak wilayah secara luas di seluruh dunia.

Facebook juga menyediakan layanan beriklan dengan target wilayah tertentu yang ingin pengguna sasar. Misalnya memiliki bisnis jasa di wilayah Yogyakarta, dan ingin hanya mempromosikan di wilayah tersebut.

Maka Facebook memberikan layanan tersebut untuk memudahkan penggunanya. Atau jika ingin lebih global lagi hingga menjangkau para masyarakat di negara lainnya.

3. Sistem Penargetan Detail

Salah satu keunggulan Facebook adalah memiliki sistem penargetan pasar yang detail. Selain melakukan penargetan berdasarkan lokasi, bisa juga berdasarkan usia, jenis kelamin, minat/hobi, hingga perangkat yang pengguna pakai.

Seperti yang Anda ketahui bahwa memiliki data audiens merupakan salah satu hal penting untuk membantu melakukan strategi marketing yang lebih maksimal. Seperti menargetkan konten yang sesuai untuk pasar atau yang lainnya.

4. Facebook Ads Memberikan Efek Berantai

Saat beriklan di media digital, seringkali efek yang pengguna dapatkan hanya untuk saat itu saja. Namun berbeda dengan iklan pada Facebook Ads. Hal tersebut tidak akan terjadi, karena sifat dari layanan Facebook Ads adalah berantai.

Jadi misalnya seseorang melihat iklan, maka akan melakukan like pada fans page. Dan perlu Anda ketahui bahwa tindakan tersebut bisa berdampak pada teman media sosialnya yang akan melihat iklan fanspage tersebut.

Tidak hanya itu saja, orang yang sudah melakukan like pada fanspage akan bisa melihat update terbaru di fanspage tersebut. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan termasuk untuk jangka panjang.

5. Mudah Memakai Gambar Maupun Menggunakan Video

Menurut Anda dan hampir dari semua orang, tentu iklan bergambar adalah salah satu hal yang paling menarik. Ketimbang menggunakan iklan yang hanya berbentuk teks saja.

Salah satu kelebihan dari iklan di Facebook adalah bisa menggunakan gambar dengan teks dengan lebih powerfull. Menariknya Facebook juga menyediakan layanan untuk melakukan editing gambar yang hendak Anda gunakan untuk iklan.

6. Lebih Cepat dan Efektif

Promosi iklan secara manual tentunya sudah banyak orang tinggalkan. Pasalnya hal tersebut cukup menyita banyak waktu dan ribet. Apalagi jika menggunakan papan iklan yang besar pasti membutuhkan banyak dana.

Namun dengan menggunakan layanan iklan Facebook Ads, pengguna akan lebih banyak memperoleh manfaat. Yakni akan lebih efektif dan efisien serta lebih cepat dalam menyasar target market.

Mulai dari budget iklan yang terjangkau dan bisa pengguna atur sesuai dengan budget masing-masing. Selain itu penargetan juga lebih spesifik dan cepat menjangkau pasar. Hal tersebut karena memang pengguna Facebook cukup banyak.

Rencana Facebook Hapus Iklan Topik Sensitif

Salah satu layanan promosi Facebook Ads melakukan perubahan penting. Yang mana perubahan ini masih akan pihaknya lakukan di tahun 2022 mendatang. Yaitu terkait dengan Facebook hapus iklan topik sensitif.

Mungkin dahulu semua jenis iklan bisa tampil dan tertayang di beranda atau tampilan Facebook yang lain. Namun nanti jika layanan sudah aktif pasti tidak lagi bisa melakukan iklan dengan sembarangan.

Hal tersebut Facebook lakukan untuk menghindari penyalahgunaan layanan iklan. Jadi bukan hanya platform Facebook saja, melainkan platform lain di bawah naungan Meta/Facebook Inc, seperti Instagram.

Iklan sensitif yang dimaksud adalah yang berkaitan dengan konten kesehatan, ras, etnis, afiliasi politik, orientasi seksual, dan tokoh masyarakat. Mulai 19 Januari 2022 kebijakan tersebut akan mulai berlaku.

Efek lain yang bisa menjadi dampak pada dari hal ini adalah membuat para organisasi sosial akan lebih sulit. Misalnya kelompok yang ingin melakukan penggalangan dana, dan sebagainya.

Meski demikian ada banyak sekali manfaat yang bisa pengguna dapatkan dari kebijakan Facebook hapus iklan topik sensitif. Terutama untuk para pebisnis yang dapat melakukan iklan dengan lebih maksimal.

Demikian beberapa informasi terkait dengan kabar Facebook hapus iklan topik sensitif yang akan mulai berlaku di tahun 2022 bulan Januari mendatang. Dapatkan informasi menarik lainnya secara gratis di situs Diginews.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.