Breaking News

strategi digital marketing

Panduan Strategi Digital Marketing Lengkap

Strategi digital marketing merupakan salah satu langkah yang tepat untuk membantu perkembangan bisnis di era sekarang. Pasalnya persaingan bisnis semakin kesini semakin ketat. Apalagi beriringan dengan perkembangan teknologi digital yang terus melaju cepat.

Lantas kenapa bisa strategi digital marketing itu penting? Hal ini karena pemasaran digital tidak membutuhkan proses yang rumit. Akan tetapi dalam prakteknya perlu memakai strategi yang tepat agar hasilnya bisa terlihat.

Apa Itu Digital Marketing?

Sebelum berangkat untuk mengupas bagaimana strategi yang cocok untuk digital marketing, bisa memahami terlebih dahulu apa itu digital marketing. Pemasaran digital atau digital marketing merupakan upaya untuk memasarkan suatu produk dengan media digital.

Media digital yang kami maksudkan seperti berbagai platform atau software yang dapat orang akses dengan jaringan internet. Contohnya Google, Facebook, Website, Whatsapp Bisnis, dan banyak lagi lainnya.

Banyaknya pengguna internet yang tersebar di seluruh dunia, menyebabkan cara pemasaran melalui digital sangat cocok. Jangkauan target pasar juga lebih luas namun biaya operasional pemasaran jauh lebih murah.

Strategi Digital Marketing Tepat Bantu Tingkatkan Performa Bisnis

Melakukan pemasaran secara digital memang lebih murah dan mudah, namun jika terburu-buru melakukan bisa tidak maksimal. Ada beberapa strategi yang perlu pebisnis pahami dalam melakukan teknik jitu pemasaran secara digital.

Supaya lebih mudah, Anda bisa mengikuti beberapa langkah-langkah berikut ini sebagai suatu strategi digital marketing untuk bisnis.

1. Tentukan Target Market yang Tepat

Menentukan target market yang pas akan membantu pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien. Salah satunya ialah mencari tahu persona pembeli yang akan membantu strategi digital marketing berhasil.

Persona pembeli merupakan suatu profil yang mewakili target pasar suatu produk bisnis. Strategi marketing yang tepat dapat tersusun dari data hasil penentuan persona pembeli.

Dalam melakukannya tidak bisa asal main tunjuk saja. Ada beberapa hal yang harus pebisnis pertimbangkan. Misalnya dengan melakukan riset secara mendalam, mengenali masalah pelanggan, tujuan mereka, dan kemudian bagaimana produk bisa jadi solusi.

Data-data tersebut akan membantu pebisnis dalam menentukan strategi pemasaran yang sesuai.

2. Melakukan Identifikasi untuk Kebutuhan Pasar

Salah satu kunci sukses dalam melakukan strategi pemasaran digital selanjutnya adalah dengan mengidentifikasi kebutuhan pasar. Kebutuhan persona pembeli seperti apa yang ingin Anda penuhi..

Sebelum menawarkan kepada pelanggan, pastikan produk milik Anda merupakan salah satu produk penting yang menjawab permasalahan pelanggan. Bagaimana langkah-langkahnya untuk menentukan hal tersebut?

Anda bisa dengan terjun langsung ke lapangan melakukan riset pasar, bergabung dengan Twitter Spaces, atau bisa juga membuat forum diskusi grup, dan sebagainya.

3. Rencana Pemasaran Susun

Langkah selanjutnya setelah mengetahui target pasar, maka jangan langsung memasarkan produk secara berlebihan. Pasalnya sebagus apapun suatu produk jika teknik pemasaran tidak tepat bisa mengalami risiko kegagalan.

Oleh sebab itu, lakukan perencanaan strategi pemasaran yang bisa mencapai tujuan bisnis dalam periode jangka tertentu. Misalnya menyusun rencana pemasaran dengan membagi setiap bagian sesuai proporsinya.

Dengan begitu seluruh strategi promosi dapat menjadi lebih terarah dan efisien. Pasalnya Anda akan mengerti mana yang perlu dikerjakan dan tidak, serta bagaimana langkah mencapainya.

4. Memanfaatkan Berbagai Media untuk Melancarkan Aksi Digital Marketing

Beriringan dengan perkembangan digital, teknik pemasaran juga terdukung oleh teknologi. Ada banyak sekali media yang bisa pebisnis gunakan untuk proses pemasaran digital, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

Beberapa media yang bisa orang manfaatkan untuk mengembangkan bisnis adalah sebagai berikut.

  1. Whatsapp Bisnis;
  2. Situs website;
  3. SEO dan SEM;
  4. Google Bisnisku;
  5. Email pemasaran;
  6. Blog;
  7. Media sosial;
  8. Pemasaran afiliasi;
  9. Pemasaran video, dan banyak lagi yang lainnya.

Terkait penjelasan pada masing-masing media bisa Anda pelajari secara mendalam masing-masingnya. Pada pembahasan ini masih sebatas terfokus untuk strateginya saja.

Manfaatkan layanan tersebut dalam menunjang teknik digital marketing yang efektif dan maksimal.

5. Menerapkan Strategi Copywriting

Seluruh media digital untuk pemasaran di dunia ini semuanya sama, yakni membutuhkan kata-kata. Baik untuk tampilan di dalam artikel blog, caption Instagram, hingga dialog video.

Semua membutuhkan kata-kata yang menarik dan tepat. Meski sekilas terlihat sepele karena hanya sebatas tulisan, namun tidak semua bisa menarik pelanggan. Ada teknik khususnya dalam meramu kata untuk menyampaikan maksud suatu produk.

Nah, inilah yang orang sebut dengan copywriting. Lebih tepatnya merupakan suatu teknik untuk membuat pembaca bisa tertarik dan mengikuti perintah Anda. Entah itu untuk melakukan transaksi, mendaftar, download sesuatu, dan sebagainya.

Sampaikan pesan bisnis dengan baik dan tepat supaya pasar dapat menangkap berbagai manfaat dari layanan yang Anda berikan.

6. Memakai Tools Pemasaran untuk Bisnis

Perkembangan teknologi mendukung berbagai aktivitas digital, termasuk pemasaran. Apakah gambaran di kepala Anda sudah memusingkan terkait cara melakukan teknik digital marketing tersebut?

Tidak perlu overthinking dahulu, karena ada berbagai tools yang akan membantu prosesnya. Ada banyak sekali alat pemasaran yang bisa mengatur proses pemasaran dengan lebih mudah.

  1. Canva, untuk membuat desain grafis berupa branding produk dengan mudah;
  2. Unsplash, menyediakan berbagai konten foto secara visual untuk website ataupun iklan;
  3. Google Ads, bantu iklan di mesin pencarian dengan bentuk teks, gambar, dan video;
  4. Yoast SEO, tools untuk melakukan optimasi website dengan baik;
  5. Google Analytics, merupakan alat untuk menilai performa dan gambaran pengunjung website.

Selain yang kami sebutkan di atas, masih banyak tools lainnya yang juga berperan membantu proses digital marketing lebih sukses.

7. Melakukan Pemasaran dan Evaluasi

Proses untuk melakukan strategi digital marketing perlu membarengi dengan kinerja yang maksimal juga. Anda bisa mencari tahu sejauh mana strategi yang diterapkan bisa memberikan dampak untuk bisnis secara efektif dan maksimal.

Bisa jadi, strategi yang Anda gunakan ternyata terlalu berlebihan dan hasilnya juga kurang maksimal. Sehingga tidak sepadan dengan keuntungannya. Dari hal tersebut pebisnis bisa melakukan evaluasi dan mengubah rencana agar lebih efektif.

Tips Mudah Menerapkan Strategi Marketing Secara Digital

Dari keseluruhan strategi di atas, bisa perlu pebisnis garis bawahi jika semua media, tools dan langkah di atas saling terintegrasi. Sehingga tidak bisa memilih salah satunya saja. Perlu melakukan secara beriringan dan mengevaluasi bagian mana yang kurang cocok.

Berikut ini adalah beberapa tips menerapkan strategi marketing secara digital dengan tepat.

  1. Apabila bisnis yang Anda jalani merupakan bisnis baru, maka silakan memfokuskan diri untuk meningkatkan performa secara organik. Seperti pembuatan website, halaman arahan, melakukan optimasi SEO, blog, dan media sosial;
  2. Bangun komunikasi dengan target pasar secara lebih baik. Pebisnis bisa memanfaatkan Google Bisnisku, Whatsapp Bisnis, email marketing, media sosial, dan sebagainya;
  3. Apabila sudah memiliki banyak modal, silakan menggunakan layanan digital marketing berbayar. Misalnya seperti Search Engine Marketing, native advertising, dan pay per click;
  4. Perluas jangkauan dengan mencoba layanan affiliate marketing serta optimasi secara digital dengan lebih maksimal.

Memadukan berbagai teknik digital marketing akan lebih menambah peluang berhasil bagi bisnis. Pasalnya semua lebih otomatis dan mudah untuk menjangkau pasar yang tepat.

Namun bagi pemula pasti akan membutuhkan usaha ekstra, namun semua pun sebenarnya juga demikian. Itulah beberapa strategi digital marketing yang bisa membantu untuk meningkatkan bisnis Anda.

Baca Juga:Google Analytics untuk Digital Marketing, Bantu Kembangkan Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published.