Breaking News

target SEO

Apa saja Target Dari Menggunakan SEO? Ini Daftar Lengkapnya

Search Engine Optimization (SEO) merupakan teknik optimasi website dengan menargetkan keyword tertentu sehingga website menempati berada di halaman teratas Search Engine Result Page (SERP). Dari sekian banyak strategi digital marketing yang ada, SEO termasuk salah satu yang paling ampuh dan mulai banyak digunakan oleh perusahaan. Bagi para pemula, mungkin masih kebingungan apa target dari menggunakan SEO dan tujuan utamanya. Untuk itu, kami akan membahas lebih jauh lagi tentang penerapan SEO dalam bisnis Anda.

Apa target dari menggunakan SEO?

1. Menghasilkan traffic

Target pertama dari penggunaan SEO adalah menghasilkan traffic kepada website Anda secara langsung dari mesin pencarian. Dalam konteks ini, biasanya tujuannya dibagi lagi menjadi tiga, yaitu:

  • Membagikan konten yang berkualitas
  • Mendapatkan traffic langsung
  • Mendapatkan tautan rujukan

Pasalnya, semakin banyak orang yang menemukan, menggunakan, dan menikmati produk atau jasa Anda, traffic yang dihasilkan akan semakin besar. Traffic ini nantinya akan digunakan untuk beriklan, membuat konten, program afiliasi, atau strategi marketing lainnya.

Namun lebih disarankan agar Anda memanfaatkan traffic untuk memonetisasi atau mendapatkan penghasilan dari layanan penyedia iklan, seperti Google Ads atau yang lainnya. Terutama jika website Anda tidak melayani transaksi keuangan secara langsung.

Kemudian, untuk menghasilkan traffic yang besar, Anda harus menargetkan banyak kata kunci dan menghasilkan konten yang berkualitas. Jadi sebaiknya, gunakan optimasi kata kunci untuk melengkapi konten yang Anda buat sehingga dapat ditemukan oleh banyak orang.

Selanjutnya, perhatikan juga struktur halaman pada website Anda. Caranya adalah dengan menggunakan struktur kategori dan sub-kategori yang terperinci sehingga pengunjung akan mudah menemukan konten yang dibutuhkan.

2. Meningkatkan penjualan

Target lain yang bisa kamu capai dengan memanfaatkan SEO adalah meningkatkan penjualan, baik melalui e-commerce maupun website Anda langsung. Traffic yang dihasilkan dari optimalisasi SEO dapat mendatangkan target audiens yang tepat.

Pasalnya, pengguna mencari informasi di mesin pencari dengan tujuan yang spesifik. Jadi ketika mereka mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan produk atau jasa Anda, mereka akan menemukan website Anda. Saat mereka merasa cocok dengan produk atau jasa yang Anda tampilkan, mereka tidak akan ragu untuk melakukan pembelian. Tentu saja, target ini hanya bisa dicapai jika Anda memiliki produk atau jasa yang dapat dijual langsung melalui website.

Umumnya cara yang digunakan untuk meningkatkan penjualan melalui SEO adalah dengan memanfaatkan iklan pay-per-click (PPC). Sebab, PPC dapat diaktifkan atau dimatikan kapan saja, jadi lebih efektif untuk menguji efektivitas konten yang Anda buat.

Konten di sini contohnya seperti landing page khusus yang tujuan utamanya untuk menghasilkan konversi. Dengan begitu, pengunjung akan lebih fokus mencari informasi tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.

3. Membangun brand awareness

Salah satu target penggunaan SEO yang tidak banyak dilakukan adalah membangun brand awareness. Padahal SEO merupakan strategi yang cukup kuat untuk melakukannya. Buktinya, banyak sekali blogger, content creator, media digital, media sosial, dan situs web yang mendapatkan pelanggan setelah muncul di halaman teratas mesin pencarian.

Prosesnya sama seperti yang dilakukan oleh pengiklan tradisional, yaitu memastikan website selalu berada di halaman teratas mesin pencari secara konsisten sehingga pengunjung menyadari bahwa brand Anda dapat dipercaya dan layak untuk dipertimbangkan.

Target ini lebih cocok untuk perusahaan yang membutuhkan akuisisi serta partisipasi anggotanya, komunitas-komunitas sosial, atau blog personal. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk fokus pada kualitas konten daripada penargetan kata kunci.

Manfaatkan kata kunci untuk mendatangkan target audiens yang spesifik dan sesuai dengan brand Anda. Selebihnya, biarkan konten Anda memikat mereka sehingga mereka menjadi pengunjung tetap atau pelanggan.

4. Mendapatkan pelanggan secara langsung (offline)

Target dari menggunakan SEO yang keempat adalah untuk mendapatkan pelanggan secara langsung. Artinya, Anda memanfaatkan SEO untuk mengundang pengunjung datang langsung ke kantor.

Hal ini biasanya dilakukan oleh penyedia layanan seperti konsultan hukum, pinjaman komersial, atau yang lainnya. Dengan mengoptimalisasi website menggunakan SEO, Anda dapat mengundang pengunjung untuk bertanya melalui halaman kontak pada website.

Karena target nya adalah mendapatkan pelanggan secara langsung, maka lebih disarankan untuk menerapkan strategi PPC agar website Anda bisa muncul di halaman teratas dengan lebih cepat.

Salah satu tantangan dari target yang keempat ini adalah memastikan konten di website selalu update dan sesuai dengan yang ada di lapangan. Jika tidak, pengunjung mungkin akan merasa kecewa. Terlebih jika mereka mencari layanan yang tersedia di website namun saat datang langsung ke kantor ternyata layanan tersebut sudah tidak lagi diberikan.

5. Manajemen reputasi

SEO dapat menjadi salah satu strategi manajemen reputasi perusahaan Anda. Caranya dengan memanfaatkan konten dan juga promosi. Namun target ini lebih menantang karena Anda harus mengoptimalkan banyak kata kunci, bukan fokus pada satu saja.

Strategi ini biasanya digunakan ketika Anda ingin melindungi brand dari hasil negatif atau menghilangkan persepsi negatif dari masyarakat. Untuk mengoptimalkan strategi ini, Anda harus memanfaatkan tools keywords research agar bisa membidik kata kunci yang sedang populer.

Tidak seperti strategi lainnya, manajemen reputasi lebih fokus mengoptimalkan konten pada beberapa domain yang berbeda sehingga hasil pencarian di SERP lebih maksimal lagi. Misalnya Anda dapat bekerja sama dengan media digital, membangun profil di media sosial, atau bekerja sama dengan blogger.

Dengan begitu, reputasi brand Anda perlahan-lahan akan membaik dan menjadi salah satu brand yang dipercaya oleh banyak orang.

6. Membangun opini publik

Target dari menggunakan SEO yang terakhir adalah untuk membangun opini publik terkait topik tertentu. Dengan menempatkan konten website Anda di halaman teratas mesin pencarian, Anda dapat “mempengaruhi” persepsi pengunjung tentang topik tertentu.

Sayangnya, penargetan kata kunci dalam strategi ini sedikit sulit karena Anda harus memilih kata kunci yang banyak dicari dan sesuai dengan brand Anda. Misalnya, Anda ingin mempromosikan sepatu yang bahannya benar-benar baru dan kurang dikenal oleh masyarakat.

Untuk meningkatkan penjualan, Anda harus membangun persepsi bahwa bahan yang Anda gunakan berkualitas baik, kuat, dan nyaman digunakan. Jika tidak, Anda akan kesulitan mendapatkan pelanggan.

Strategi ini termasuk yang paling klasik, namun masih tetap efektif untuk dilakukan saat ini. Hanya saja, Anda akan terlibat dalam persaingan “ideologis” di halaman teratas pencarian. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan kerjasama dengan media digital atau blogger agar dapat menjangkau lebih banyak orang.

Kesimpulan

Pada akhirnya, target dari menggunakan SEO yang paling utama adalah mendapatkan conversion atau transaksi. Apalagi jika budget untuk beriklan terbatas. Dengan memenangkan persaingan di halaman teratas hasil pencarian, Anda dapat tetap menjadi Top of Mind dalam waktu yang lama dengan budget yang minimal.

Itulah penjelasan mengenai target dari menggunakan SEO yang harus Anda ketahui. Setelah memahami setiap targetnya, segera pikirkan strategi terbaik yang dapat Anda lakukan. Karena biar bagaimanapun, SEO membutuhkan waktu relatif lama untuk mendatangkan hasil yang Anda inginkan.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan SEO dan SEM dalam Digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *