Breaking News

Bank digital terbaik di Indonesia

Bank Digital Terbaik di Indonesia, Nasabahnya Mayoritas Kalangan Muda

Bank digital terbaik di Indonesia ada beberapa yang akhir-akhir ini memiliki banyak peminat. Bukan tanpa alasan, perkembangan teknologi, keadaan, dan faktor lain yang membuat hal tersebut harus terjadi.

Banyak kalangan anak muda yang mendominasi menjadi nasabah bank digital tersebut. Anak muda masa kini sudah mulai beralih dari bank konvensional ke bank digital.

Alasannya ada berbagai fitur menarik serta kebijakan biaya yang lebih ringan. Sehingga kalangan anak muda lebih menyukainya dan sebagian orang dewasa juga sudah menggunakan bank digital terbaik di Indonesia tersebut.

Apa Itu Bank Digital?

Bank digital merupakan bank yang menyediakan serta menjalankan layanan berbasis perbankan dengan sistem online. Bisa berupa saluran elektronik, atau perangkat digital lainnya.

Bank digital merupakan suatu sistem end to end dalam sebuah platform, Yaitu mencangkup pelayanan front end yang nasabah lihat, dan back end yang pihak bank lihat lewat servernya. Middlewarelah yang menghubungkan keduanya.

Selain itu menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bank digital adalah suatu bank yang berbadan hukum Indonesia dan menyediakan serta menjalankan layanan berupa kegiatan usaha khususnya lewat saluran elektronik tanpa adanya kantor fisik atau kantor fisiknya terbatas.

Bisa juga bank digital merupakan layanan perbankan yang ikut dari bank indukannya, yakni bank konvensional. Jadi, tidak semua bank konvensional menjalankan bank digital.

Di negara ini sendiri ada banyak sekali bank digital terbaik di Indonesia yang bisa Anda manfaatkan layanannya. Mengingat banyak sekali kemudahan dan keuntungan yang bisa nasabah dapatkan dari layanan bank digital tersebut.

Keuntungan Menggunakan Bank Digital

Adanya bank digital tersebut bukan tanpa alasan. Nasabah bisa mendapatkan berbagai keuntungan dalam menggunakan layanan tersebut. Seperti memiliki fitur yang memudahkan nasabah dalam mengakses tabungan, melakukan pengajuan pinjaman hingga melakukan investasi.

Bahkan hal-hal umum yang seringkali bikin ribet seperti membuka rekening, transfer uang, melakukan deposit, bisa nasabah lakukan dengan mudah saat menggunakan bank digital.

Lantas apa saja keuntungan dalam menggunakan bank digital terbaik di Indonesia? Coba simak ulasan berikut ini.

1. Nasabah Bisa Melakukan Transaksi Kapan dan di Mana pun

Bank digital berbasis online. Sehingga nasabah bisa melakukan segala layanan keuangan dengan cara online. Tanpa harus pergi ke kantor cabang untuk mengurus sesuatu.

Sehingga lebih efektif dan efisien dalam hal waktu maupun hal lainnya. Oleh karenanya nasabah tidak harus menunggu antrean panjang di teller atau cs suatu kantor bank.

Semua layanannya bisa pengguna dapatkan dari aplikasi ponsel dengan lebih fleksibel kapanpun dan dimanapun asalkan ada koneksi internet.

2. Biaya Admin Lebih Terjangkau Bahkan Bisa Gratis

Model sistematika layanan bank digital adalah bisa melayani nasabah secara daring. Sehingga hal tersebut bisa memangkas berbagai biaya operasional yang cukup besar untuk suatu industri bank.

Oleh karena itu, biaya operasional akan berkurang banyak dan seringkali bank digital memiliki biaya admin yang lebih rendah ketimbang bank konvensional. Bahkan ada juga beberapa yang menawarkan bebas tanpa biaya admin.

3. Punya Bunga Lebih Besar

Apabila Anda meluangkan waktu untuk melakukan riset tentang bank digital di Indonesia, maka nasabah akan mendapatkan penawaran bunga yang cenderung lebih tinggi dari bank konvensional.

Bunga tersebut yakni untuk produk tabungan atau produk deposito. Rata-rata mampu menawarkan bunga di atas 4%. Sedangkan bank konvensional seringkali bunganya di bawah 3%.

4. Layanan Tersedia Selama 24 Jam

Layanan pada bank digital tersedia selama 24 jam nonstop, karena tidak ada keterikatan jam kerja bank. Apapun kebutuhan pengguna bisa diakses di dalam aplikasi atau platform pada ponsel.

Namun beberapa hal seperti layanan konsultasi atau berhubungan dengan customer service mungkin membutuhkan jam kerja. Yakni menggunakan jam kerja sebagaimana aturannya.

5. Bisa Mendapatkan Banyak Reward dan Promo Khusus

Model bisnis di bidang perbankan seperti ini terbilang baru, sehingga masih banyak yang menawarkan promo dan reward kepada para nasabahnya. Seperti mendapatkan diskon, cashback, hingga memperoleh poin yang bisa ditukar dengan berbagai voucher diskon.

Daftar Bank Digital Terbaik di Indonesia

Ada beberapa bank digital terbaik di Indonesia yang bisa Anda manfaatkan layanannya. Sudah banyak digunakan oleh pengguna di seluruh Indonesia untuk berbagai keperluan.

Menawarkan berbagai fitur menarik dengan memberlakukan banyak kebijakan biaya yang relatif rendah. Berikut beberapa daftar bank digital terbaik di Indonesia tahun 2022.

1. Blu By BCA Digital

Merupakan produk perbankan digital dari bank konvensional terbesar di Indonesia, BCA. BCA digital masih menjadi bagian dari BCA Group dengan basis aplikasi tanpa kantor cabang.

Konsep tersebut tidak lain adalah supaya mampu bersaing dengan berbagai bank digital lain yang cukup populer. Proses pendaftaran Blu by BCA Digital tersebut bisa dengan sistem video call dan transaksi selanjutnya lewat aplikasi saja.

Selain itu, aplikasinya cukup user friendly dan sesuai dengan gaya anak muda masa kini. Menggunakan mekanisme tersebut seluruh nasabah Blue by BCA Digital tidak lagi harus mengantre seperti halnya di bank konvensional.

Mengusung konsep cardless, yang mana pengguna tidak lagi perlu untuk memiliki kartu debit sama sekali. Walau demikian proses penarikan tunai tetap bisa nasabah lakukan di berbagai ATM Bank BCA.

2. Bank Jago

Sebelumnya bank Jago memiliki nama bank Artos yang sahamnya sudah diakuisisi oleh Jerry Ng dan pihak Gojek. Selanjutnya aplikasi tersebut beralih nama menjadi bank Jago. Mengusung konsep berorientasi pada kehidupan sehari-hari.

Yakni menggunakan fitur yang memudahkan terhadap pengaturan finansial pengguna. Bank Jago merupakan bank digital terbaik di Indonesia saat ini dengan berbagai fitur yang membantu serta layanan cepat.

Bukan hanya itu, bank Jago juga memiliki bunga tabungan yang tinggi dan tidak ada aplikasi banking lain yang setara dengan bank Jago. Itulah kenapa banyak yang menggunakan aplikasi tersebut dan memanfaatkan layanan bank digital.

3. Jenius

Sebelum kemunculan bank digital lainnya, Jenius sempat menduduki daftar bank digital terbaik di Indonesia. Meski demikian, saat ini Jenius tetap menjadi bank yang memberikan pelayanan terbaiknya untuk nasabah dan rekomended sekali.

Merupakan anak usaha bank BTPN yang sukses meraih hati jutaan nasabah. Merupakan bank populer saat ini meskipun masih terbilang baru saja muncul. Kaya dengan berbagai fitur dan kebijakan biaya yang fleksibel.

Awalnya Jenius memberikan layanan gratis kepada penggunanya, namun mulai Januari 2021 lalu ada biaya bulanan administrasi sebesar Rp10.000. Pengguna bisa melakukan berbagai aktivitas finansial seperti menabung, transaksi, hingga investasi deposito.

4. Digibank

Bank digital terbaik di Indonesia tahun 2022 selanjutnya adalah Digibank. Merupakan perbankan digital DBS yang memiliki sasaran nasabah cukup spesifik. Yaitu menyasar para nasabah dengan pekerjaan profesional.

Misalnya seperti pegawai negeri, pengusaha, hingga pegawai swasta. Proses pembuatan rekening juga bisa nasabah lakukan lewat aplikasi namun perlu pergi ke agen bank atau booth DBS. Sayangnya saat ini agen tersebut masih tersedia di kota-kota besar saja.

Aplikasi Digibank merupakan platform yang user friendly sekali. Memiliki tampilan fitur yang ramah dan rapi untuk pengguna pakai.

Apakah Anda sudah menggunakan bank digital untuk keperluan sehari-hari Anda? Jika belum silakan mencobanya.

Dapatkan berbagai informasi pengetahuan tentang bisnis, teknologi, keuangan, dan hal lainnya secara gratis hanya di Diginews.id. Silakan berlangganan secara gratis melalui situsnya.

Demikianlah artikel terkait dengan daftar bank digital terbaik di Indonesia tahun 2022 saat ini. Semoga informasi tersebut memberikan manfaat untuk Anda.

Sumber:

1. https://koinworks.com/blog/bank-digital-adalah/

2. https://duwitmu.com/bank-digital/aplikasi-bank-digital-terbaik-indonesia

3. https://investbro.id/bank-digital-terbaik/

Leave a Reply

Your email address will not be published.