Breaking News

cara kerja SEO

Cara Kerja SEO, Penting Bisa Bersahabat dengan Algoritma

Cara kerja SEO merupakan suatu sistem yang akan membantu Anda untuk bersahabat dengan algoritma. Nantinya dapat membantu peran bisnis dalam hal pemasaran dengan baik dan tepat.

Search Engine Optimization (SEO) merupakan usaha optimasi pada situs mesin pencarian supaya bisa mendapatkan peringkat pertama di mesin pencari. Namun mesin pencari memiliki algoritma tersendiri untuk mengurutkan situs website sesuai dengan peringkatnya.

Disinilah SEO bekerja, bagaimana membuat mesin pencari bisa mendeteksi situs web untuk bisnis dan membuatnya nangkring di halaman utama. Sehingga ketika target pasar melakukan pencarian, nantinya bisa menemukan situs bisnis tersebut.

Manfaat SEO untuk Apa Saja?

Sebelum berbicara tentang cara kerja SEO ada baiknya mengetahui beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. Dampak positifnya secara umum bagi para pemilik website sebenarnya tergantung dengan tujuan situs tersebut.

Apabila website untuk keperluan bisnis dan dikaitkan dengan SEO maka performanya bisa meningkat. Ada banyak kunjungan dari calon konsumen dan banyak lagi lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan manfaat SEO untuk apa saja.

  1. Website jadi ramai dengan para pengunjung karena memiliki kata kunci yang relevan;
  2. Bisa mendapatkan pelanggan yang terus berdatangan karena kata kunci bisa sesuai dengan mesin pencarian;
  3. Website bisnis akan menjadi semakin bekembang dan maju;
  4. Cache penelusuran mesin pencarian menjadi yang paling utama;
  5. Bagi yang menjalankan program affiliate akan mendapatkan timbal balik ke website affiliate produk;
  6. Semakin besar peluang produk diperoleh pasar;
  7. Memberikan investasi jangka panjang untuk membangun suatu website dan membuat branding pribadi.

Mengenal Jenis-Jenis SEO

SEO merupakan salah satu usaha yang paling relevan untuk membuat situs web memiliki traffic yang bagus. Itulah kenapa banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan SEO sebagai model pemasaran secara digital.

Seorang digital marketing yang ingin melakukan optimasi website dengan baik, perlu memahami berbagai hal tentang SEO. Salah satunya adalah mengenal jenis-jenis SEO yang bisa digunakan. Berikut jenis-jenisnya.

1. SEO On Page

Merupakan jenis SEO yang sering pemasar digital lakukan untuk optimasi website di bidang konten kreator. Lebih tepatnya mengacu untuk melakukan optimasi secara organik dari dalam dapur website itu sendiri.

Contohnya seperti melakukan optimasi keyword, membuat konten yang bagus, teknik copywriting, meta description, dan sebagainya. Proses menggunakan jenis SEO on page ini harus perlu jeli, karena bagaimana melakukan riset dengan tepat.

Sehingga hasilnya nanti bisa maksimal untuk optimasi situs web.

2. SEO Off Page

Jika SEO on page merupakan jenis optimasi situs web dari dapur webs itu sendiri, maka ini kebalikannya. Yakni melakukan optimasi SEO dari luar. Seringkali jenis SEO off page dimanfaatkan oleh perusahaan ternama.

Optimasinya sejatinya bukan tentang apa yang ada di dalam situs web, melainkan apa yang ada di luarnya. Metode inilah yang mendorong kredibilitas pada situs web untuk membuat pelanggan atau pengunjung percaya dan yakin dengan situs tersebut.

SEO off page ini terfokus pada proses link building dan praktik membuat situs website yang populer menautkan link Anda. Sehingga membantu kredibilitas situs website menjadi lebih baik.

Akhirnya akan memberikan dampak pada banyaknya pengunjung dan jika diterapkan pada website bisnis pasti akan menghasilkan performa yang mantap.

3. Technical SEO

Jenis technical SEO ini sering digunakan oleh para profesional yang ahli dalam digital marketing. Strategi pada jenis ini bertindak dalam membantu mesin pencari merayapi situs web tersebut serta membantu meningkatkan pengalaman pengguna.

Cara kerja mesin pencarian dan algoritmanya akan terus melakukan perubahan dari waktu ke waktu. Itulah kenapa SEO juga ikut melakukan perubahan seiring dengan hal tersebut.

Technical SEO ini memastikan bahwa tidak ada permasalahan yang terjadi dengan crawlability dan UX situs. Tidak hanya itu, perusahaan juga bisa memperbaiki kecepatan website, mobile friendly, dan struktur lain yang mendukung kenyamanan pengguna.

4. Local SEO

Jenis terakhir yang sering perusahaan manfaatkan adalah local SEO. Merupakan variasi yang bersifat terfokus pada lokasi bisnis. Pasalnya mengacu pada proses kehadiran online situs daerah bisnis tersebut. Serta melakukan promosi produk dan layanan kepada pelanggan lokal.

Dari hal ini pihak marketing bisa memasukkan alamat, deskripsi, jam buka, ulasan, foto, dan hal lain untuk membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan. SEO jenis ini lebih menekankan pada letak geografis ketimbang yang lainnya.

Cara Kerja SEO

Seperti yang Anda tahu, SEO merupakan usaha dalam melakukan optimasi pada suatu website agar bisa mendapatkan hasil pertama dalam pencarian. Pasalnya mesin pencarian menggunakan algoritma tertentu untuk menguatkan situs website sesuai dengan peringkat.

Lantas bagaimana cara kerja SEO? Spesialis SEO perlu mengetahui bagaimana cara kerja search engine optimasi tersebut. Sehingga bisa melakukan strategi secara lebih tepat.

1. Crawling

Proses perayapan yang merupakan pengumpulan informasi dari semua halaman situs web yang terhubung pada situs web lainnya. Sehingga bisa terhubung dari halaman satu ke halaman lain atau dari link satu ke link lain.

Proses ini merupakan tahapan awal pada cara kerja SEO. Tugas tersebut dilakukan oleh perangkat lunak dengan sebutan crawler pada mesin pencari Google.

2. Melakukan Pengindeksan

Proses selanjutnya yakni melakukan pengindeksan. Yaitu mengetahui berbagai hal dari kata-kata serta tulisan untuk menjadikan halaman bisa masuk dalam database mesin pencarian.

Sehingga ketika proses crawling, nantinya web crawler akan melakukan penyimpanan informasi ke dalam database atau entry list (indeks). Oleh karenanya crawling dan indexing merupakan dua hal yang tidak bisa terpisahkan.

3. Processing

Cara kerja SEO selanjutnya adalah melakukan processing setelah mesin pencarian menerima permintaan dari pada pengguna. Misalnya mengetikkan keyword jual motor pada kolom mesin pencarian.

Nantinya mesin pencari akan membandingkan hasil keyword jual motor ke permintaan halaman pencarian dengan halaman website berbagai situs. Yang mana merupakan halaman yang sudah terindeks oleh database mesin pencarian.

4. Calculating Relevancy

Satu halaman dalam website pasti akan memiliki lebih dari jumlah kata kunci yang diinput dalam mesin pencarian. Misalnya saja contoh kata kunci baju gamis pada mesin pencarian.

Nantinya pada saat proses pencarian akan menghitung relevansi atau keterkaitan dari setiap halaman yang terindeks pada setiap kata kunci yang diterima.

5. Retrieving Result

Cara kerja SEO terakhir adalah mengambil result yang paling relevan atau kata kunci yang sudah diproses sebelumnya. Selanjutnya ditampilkan dalam daftar hasil mesin pencarian atau search engine yang ada di dalam browser.

Hasil selanjutnya akan diperingatkan dan ditampilkan secara berurutan sesuai dengan pencarian yang paling relevan. Setiap tahunnya, mesin pencarian terus melakukan pembaruan algoritmanya terkait dengan relevansi dalam menampilkan hasil search.

Semua dilakukan supaya hasil pencarian yang muncul benar-benar menampilkan hasil yang akurat dan relevan sesuai kata kunci yang diinput. Meskipun dasarnya semua mesin pencari itu sama, namun tetap ada perbedaan.

Yaitu terdapat pada relevansi yang digunakan dan akhirnya menyebabkan hasil pencarian yang sesuai.

Itulah beberapa informasi terkait dengan cara kerja SEO untuk membantu melakukan optimasi website Anda. Dengan begitu jika situs web untuk bisnis akan membantu meningkatkan performanya.

Sumber:

1. https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-cara-seo-dan-cara-kerjanya/#.Yg2ved_P1ME

2. https://idwebhost.com/blog/pengertian-manfaat-dan-cara-kerja-seo/

3. https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-seo/

Leave a Reply

Your email address will not be published.