Breaking News

tren digital marketing 2022

Tren Digital Marketing 2022, Pemilik Bisnis di Indonesia Wajib Adaptasi

Tren digital marketing 2022 bisa menjadi salah satu pedoman dalam mengembangkan bisnis di masa kini. Mumpung masih di awal tahun, sebaiknya para pebisnis segera bersiap dan beradaptasi.

Pembaruan di tahun 2022 ini merupakan pengembangan dari tren digital marketing 2021. Jadi, tetap fokus dan memulai melakukan pembaruan tersebut. Bisnis bukan hanya sebatas merencanakan strategi pemasaran digital saja, tapi juga harus memanfaatkannya.

Lantas apa saja yang menjadi salah satu tren untuk pemasaran digital di tahun 2022 ini? Simak ulasan berikut ini.

Beberapa Tren Digital Marketing 2022 yang Penting untuk Perkembangan Bisnis

Seiring dengan teknologi yang terus berubah dan berkembang, pebisnis perlu terus beradaptasi untuk strategi pemasarannya. Strategi digital marketing berguna untuk menjaring konsumen yang nantinya dapat memberikan imbal bagus untuk bisnis.

Baca JugaPrediksi Tren Media Sosial Tahun 2022 untuk Marketing

Sebagai langkah awal, mari simak beberapa daftar tren digital marketing 2022 yang bisa Anda terapkan untuk pemasaran bisnis.

1. Email Channel

Salah satu saluran penting dalam dunia pemasaran digital adalah email. Memberikan tiga aspek kontribusi secara prioritas untuk memasarkan bisnis dengan personalisasi, otomatisasi, dan privasi.

Strategi marketing menggunakan email merupakan langkah yang dinamis dan interaktif. Tahun-tahun sebelumnya sudah menggunakan email sebagai upaya melakukan pemasaran digital. Hasilnya juga memberikan dampak besar.

Tren digital marketing 2022 ini masih memanfaatkan email channel sebagai salah satu bagian pentingnya.

2. Membership Programs

Pemberian royalti yang tepat akan membawa seseorang mau untuk bergabung ke dalam membership programs. Yang mana di dalam program keanggotaan pebisnis bisa menggiring para anggota untuk melakukan transaksi dan menyukai produk Anda.

Tentu langkah ini tidak serta merta melakukannya dengan cara hard, ada skill khusus bagaimana proses penawaran dikemas secara halus tanpa membuat calon pasar merasa tertekan.

Pemberian royalti akan membantu menarik konsumen masuk di dalamnya. Hal ini berdasarkan sifat naluri asli manusia untuk menyukai berbagai hal yang bisa menguntungkan.

Pada tahun 2022 ini untuk memberikan nilai pada suatu produk adalah dengan membuat target pasar ikut dalam program membership. Program tersebut akan dibuat sangat menarik sehingga pelanggan mau membayar agar bisa bergabung di dalamnya.

3. Melakukan Perbaikan dari Masa Lalu dan Memprioritaskan Tujuan Masa Depan

Seorang pebisnis bisa melihat ke belakang untuk melakukan perbaikan, melihat kesalahan demi pembaruan yang lebih baik. Namun kesalahan di masa lalu tidak boleh menjadi suatu fokus utama.

Justru yang terpenting adalah bagaimana melihat masa depan dengan lebih baik lagi. Semakin dekat dengan konsumen, seperti memberikan akses secara langsung. Sehingga konsumen tidak akan lama menunggu umpan balik tentang penawaran iklan yang Anda buat.

Menggunakan langkan tersebut maka pebisnis bisa menghindari berbagai kontroversi antara penjual dan pembeli. Karena mereka akan melakukan transaksi secara sistematis dan langsung lewat teknologi.

Sehingga faktor-faktor seperti kontroversi yang bisa berdampak pada target tidak jadi membeli akan terminimalisir. Menggunakan langkah tersebut bukan tidak mungkin untuk bisa gagal.

Namun setidaknya di tahun 2022 ini pebisnis bisa melihat lebih banyak hal yang terlewatkan. Serta mengubah hal-hal buruk untuk menjadi yang lebih baik di masa mendatang.

4. Menawarkan Nilai dari Produk Ketimbang Diskon

Tahun ke tahun perkembangan dalam memberikan nilai suatu produk ternyata lebih tepat menyasar market ketimbang menggunakan diskon. Diskon mungkin tetap diminati namun imbasnya bagi pebisnis hanya sementara.

Bagaimana mungkin seseorang terus menjual barang dengan harga diskon? Hal ini justru kurang efektif untuk membuat produk dikenal pasar. Tren digital marketing tahun 2022 masih mempertahankan value produk sebagai komponen penting dalam pemasaran.

Menunjukkan bahwa produk bernilai lebih ketimbang kompetitor, dan memberikan solusi untuk permasalahan konsumen akan lebih diminati. Serta melekat di hati masyarakat.

Diskon secara menyeluruh tidak bisa membuat pembeli bertahan untuk terus menggunakan produk Anda. Memberikan nilai jual yang unik dan pengalaman pembeli yang menyenangkan akan membuat pasar bertahan pada produk Anda.

5. Menggunakan Video Sebagai Bahan Penting

Video saat ini menjadi salah satu komponen penting yang perlu ada di dalam promosi. Pasalanya merupakan aset statis yang menjadi landasan kampanye untuk suatu strategi pemasaran yang tepat.

Platform media sosial menjadi salah satu sarana yang mulai memperkenalkan video sebagai alat periklanan. Bahkan beberapa brand telah melibatkan para pelanggan dalam penggunaan video untuk mengarahkan pada pendapatan.

6. Strategi Digital Storytelling

Perlu sekali memfokuskan promosi bisnis menggunakan sistem digital storytelling. Bagaimana perusahaan telah berjuang untuk menceritakan dirinya kepada pasar untuk membantu mengangkat produknya.

Penceritaan secara persuasif bisa perusahaan manfaatkan dan dengan membuat konten digital, maka akan menciptakan nilai yang saling berhubungan untuk mendongkrak pembelian produk.

7. Mulai Menggunakan Metaverse

Merupakan salah satu teknologi berupa dunia virtual baru yang akan menjadi tempat berbisnis di masa depan nantinya. Yang mana para pebisnis bisa mempromosikan produknya secara virtual di masa mendatang.

Mereka yang bergerak di bidang promosi perlu memahami dunia virtual metaverse seperti apa. Bagaimana peran di dalamnya yang bisa Anda manfaatkan, serta melakukan berbagai pertimbangan dalam integrasi realitas secara virtual.

Dengan begitu para pelanggan bisa menikmati pengalaman yang lebih dan berbeda dalam menggunakan suatu brand. Selain itu melalui dunia virtual metaverse, pebisnis bisa mengeluarkan produk berbentuk Non Fungible Token (NFT).

8. Digital Marketing yang Mengutamakan Penggunaan Sistem Seluler

Peran seluler merupakan yang paling penting. Hampir semua masyarakat menggunakan ponsel seluler mereka untuk melakukan berbagai aktivitas. Terlebih saat ini sudah dibekali teknologi yang semakin canggih, yakni smartphone.

Lalu lintas terbesar di dalam internet berasal dari ponsel pintar tersebut. Oleh karenanya mobile merupakan salah satu tren digital marketing 2022 yang perlu orang perhatikan.

Selain melakukan desain yang bagus untuk para target pasar, maka pebisnis juga perlu mendesain agar tampilan UX pada bisnisnya bisa nyaman. Utamanya untuk para pengguna smartphone. Contohnya saja penggunaan website berbasis mobile friendly.

9. Pencarian Secara Visual

Saat ini pencarian melalui internet bukan hanya menggunakan informasi teks saja. melainkan juga bisa memakai visual search. Pasalnya teknologi semakin canggih dan memberikan peranan penting untuk melakukan pemasaran.

Pengguna akan terbantu dengan berbagai fitur pencarian barang dengan menggunakan foto yang serupa. Pasalnya kadang juga tidak semua orang tahu kata kunci yang tepat untuk suatu produk.

Fitur tersebut bisa pengguna temukan pada Google Lens dan Pinterest. Oleh karenanya sebagai pemasar digital, maka pastikan produk Anda dapat ditemukan pengguna melalui all text dan lain sebagainya.

10. Chatbots dan Asisten Suara

Berdasarkan penglihatan proyek industri, nilai pasar belanja dengan menggunakan suara semakin meningkat. Sudah banyak bisnis yang menggunakan chatbots untuk membantu melakukan optimasi berbagai kebutuhan layanan pelanggan secara efisien.

Menggunakan chatbots dapat membantu pelanggan lebih cepat dalam melakukan kontak langsung dengan admin. Sehingga tidak perlu menunggu lama, untuk mendapatkan respon balik. Hal tersebut memberikan pengalaman yang bagus untuk pelanggan secara personalisasi.

Perkembangan tren digital marketing di tahun 2022 ini tidak terlalu banyak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Namun terjadi perkembangan lebih untuk menyasar konsumen dengan lebih tepat dan menyesuaikan tren yang ada.

Sumber:

1. https://glints.com/id/lowongan/tren-digital-marketing-2022/#.YgyndGmySNx

2. https://www.wordstream.com/blog/ws/2022/01/13/digital-marketing-trends-2022

3. https://www.business2community.com/digital-marketing/5-digital-arketing-trends-you-need-to-know-for-2022-02427038

Leave a Reply

Your email address will not be published.