Breaking News

featured snippets

Cara Membuat Featured Snippets, Bantu Konten di Pencarian Utama

Cara membuat featured snippets merupakan salah satu pengetahuan penting bagi mereka para spesialis digital marketing. Kenapa? Pasalnya bisa membantu menaikkan konten untuk berada di pencarian utama.

Mayoritas orang menggunakan Google sebagai mesin pencarian untuk menemukan berbagai hal yang ingin dicari. Berbicara Google, pasti perhatian Anda akan tertuju pada hasil pencarian teratas atau disebut dengan featured snippets.

Hasil pencarian itu ternyata tidak hanya memberikan manfaat kepada para pengguna saja. Namun juga para pelaku digital marketing dalam memasarkan produk mereka.

Pertanyaannya adalah bagaimana bisa konten berada di posisi atas? Padahal banyak sekali pesaingnya di seluruh dunia.

Pada dasarnya sebelum membahas mengenai cara membuat featured snippets, Anda bisa mengenal terlebih dahulu pengertiannya. Jadi, featured snippets adalah area khusus yang muncul atau terlihat pada urutan paling awal dalam mesin pencari.

Lebih tepatnya adalah hasil dari pencarian yang muncul di halaman utama atau puncak teratas. Hasil pencarian tersebut berdasarkan dari kata kunci yang relevan.

Maksud dari hasil pencarian adalah jawaban ringkas dari website, judul halaman, link halaman, dan URL. Menilik dari mesin pencarian terpopuler, Google sudah memastikan untuk menampilkan kotak pilihan tersebut dari hasil pencarian.

Yakni berdasarkan algoritma yang sesuai dengan sistemnya. Apabila suatu konten memenuhi kriteria dan bisa memberikan informasi yang tepat kepada pengguna, maka akan muncul dan masuk dalam featured snippets.

Saat melakukan pencarian, pengguna akan melakukan klik di hasil pencarian bagian atas. Hal ini tentunya menjadi lumrah dan manusiawi. Oleh karenanya banyak sekali situs web yang berlomba-lomba agar bisa nangkring di puncak pencarian.

Featured snippets ini akan membantu website menjadi banyak sekali pengunjung. Ketika memiliki pengunjung web yang lumayan banyak, maka akan membuat traffic pada web meningkat. Nantinya akan berpengaruh pada SEO website tersebut

Fitur snippets ini berada pada bagian awal sebelum hasil pencarian organik lainnya. Bahkan situs web bisa berhasil pada tampilan unggulan dan konten Anda bisa berada di puncak mengalahkan peringkat satu pencarian Google.

Karena hal tersebut, nantinya situs web pada halaman tertuju bisa nangkring di posisi awal dan berpotensi diklik oleh target pasar. Selanjutnya pemilik web bisa mengarahkan agar pengunjung melakukan reaksi hingga transaksi secara berkelanjutan.

Penting memahami cara membuat featured snippets untuk membuat website bisa nangkring jadi yang paling unggul. Namun sebelumnya perhatikan terlebih dahulu bagaimana cara kerjanya.

Featured snippets akan muncul apabila sistem berhasil mendeteksi situs web dan memberikan lebih banyak kemudahan. Sehingga bisa menjawab berbagai pertanyaan pengguna.

Cara kerja featured snippets yaitu secara otomatis yang mana hasil cuplikannya bisa diambil dari daftar yang ada di dalam hasil pencarian. Meski demikian konten yang masuk pada halaman kotak snippets bukan hanya halaman yang ada pada urutan satu saja.

Pasalnya Google lebih memilih memprioritaskan isi konten yang memiliki relevansi lebih baik dengan pertanyaan penggunanya.

Anda bisa mengenali berbagai jenis cuplikan unggulan untuk melakukan hal terkait cara membuat featured snippets. Berikut ini adalah beberapa jenisnya yang bisa menjadi pilihan dan gambaran dalam mengoptimasi situs website Anda.

1. Definisi Kolom

Merupakan suatu cuplikan yang berisi pengertian kata kunci oleh pengguna. Jadi, pengguna melakukan pencarian berdasarkan kata kunci dan definisi kolom akan menampilkannya.

Sehingga dengan begitu pengguna bisa mendapatkan informasi penjelasan dengan lebih cepat terhadap suatu hal.

2. Tabel

Bukan hanya berisikan definisi saja, featured snippets juga berbentuk tabel yang merupakan hasil dari suatu pencarian unit konversi. Lewat tabel tersebut pengguna dapat mengetahui secara lebih lengkap terkait nilai dan turunannya.

3. Daftar Urutan

Jenis featured snippets selanjutnya adalah berupa cuplikan unggulan dalam daftar urutan. Yang mana berarti daftar yang ditampilkan bisa sesuai dengan nilai atau urutan berdasarkan waktunya.

Seperti contoh saat Anda melakukan pencarian kata kunci cara membuat kopi. Maka nanti hasilnya akan tampil secara berurutan seperti halnya dalam urutan langkah-langkah membuat kopi.

4. Daftar Tak Berurutan

Tidak jauh berbeda dengan daftar berurutan pada jenis sebelumnya. Yang menjadi pembeda adalah pada bagian secara nilai atau urutan waktunya. Seperti contoh, apabila pengguna mengetikkan kata kunci tools untuk melakukan pencarian keyword.

Nantinya hasil yang muncul merupakan daftar tools namun tidak berurutan sesuai dengan huruf abjad.

Featured snippets merupakan cuplikan unggulan, pasalnya berada di posisi paling atas. Bahkan bisa berada sebelum rangking satu di halaman pertama, yaitu berada di posisi 0.

Featured snippets ini bisa Anda dapatkan dengan cara instan. Jadi setelah melakukan publish artikel dan bagian halaman sudah di crawl oleh Google, maka Anda akan langsung bisa melihat hasilnya.

Namun demikian, berbeda pengalaman akan memberi hasil yang tidak sama juga. Featured snippets ini memiliki keuntungan yakni mendatangkan traffic dan memperoleh peringkat 0 di Google.

Agar mendapatkan featured snippets maka pastikan ada di halaman pertama Google. Berikut ini cara membuat featured snippets untuk mendapatkan berbagai manfaat.

Cara pertama adalah dengan menargetkan keyword tutorial atau melakukan cara untuk menggunakan format pertama.

  1. Bikin paragraf pembuka;
  2. Subtitle/H2 berisi target keyword;
  3. Sedikit kalimat pembuka pada subtitle;
  4. Numbered List atau Bulleted List;
  5. Kalimat penutup

Selanjutnya bisa juga dengan menggunakan format kedua sebagai berikut ini.

  1. Paragraf pembuka;
  2. Tag H2 dengan target keyword;
  3. Numbered List atau Bulleted List;
  4. Kalimat penutup.

Perbedaannya hanya sedikit, namun cara tersebut berhasil mendapatkan featured snippets dari Google dengan keyword how to.

2. Target Keyword

Saat seseorang sedang berselancar di internet memakai Google dalam mencari informasi berupa definisi, maka akan sering melihat featured snippets. Struktur penulisannya adalah sebagai berikut.

  1. Paragraf pembuka;
  2. Heading 2 target keyword;
  3. Penjelasan.

3. Cara Alternatif Lainnya

Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan featured snippets. Oleh karenanya perlu sekali melakukan berbagai percobaan membuat artikel secara lebih tersusun dengan tepat.

Beberapa kata kunci dari blog renovasi akan memperoleh featured snippets, yaitu seperti berikut ini.

  1. Ide bisnis pelajar yang menjanjikan (dengan list);
  2. Pengertian Googleweblight (jawaban dari suatu pengertian);
  3. Cara melakukan sesuatu (menggunakan list);
  4. dan masih banyak lagi yang lainnya.

Secara spesifiknya cara membuat featured snippets pada konten Anda adalah dengan trik. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan berdasarkan pengalaman kami.

  1. Menggunakan tag heading 2 berisi target kata kunci;
  2. Terdapat penjelasan, bisa berupa list, tabel, dan juga heading 3;
  3. Ada sedikit penjelasan di bagian bawah heading 3;
  4. Melakukan koreksi kata dan menghindari typo;
  5. Usahakan minimal memakai 5 list yang bersifat opsional;
  6. Jangan menggunakan heading 3 apabila tidak ada heading 2.

Itulah beberapa informasi dan cara membuat featured snippets untuk situs web Anda. Semoga informasi tersebut bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan traffic website.

Sumber:

1. https://glints.com/id/lowongan/featured-snippet-adalah/#.YgzN4GmySNx

2. https://marketigonline.id/optimize-featured-snippets/

3. https://www.garuda.website/blog/google-featured-snippets/

Leave a Reply

Your email address will not be published.