Breaking News

pengaruh metaverse terhadap digital marketing

Pengaruh Metaverse Terhadap Digital Marketing, Seperti Apa?

Pengaruh metaverse terhadap digital marketing merupakan suatu hal penting selama beberapa dekade mendatang. Utamanya bagi para ahli pemasar, perlu menilik seberapa besar pengaruh metaverse untuk bisnis.

Apalagi di tahun 2022 ini, metaverse sudah mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat dunia. Tidak lain hal ini karena perubahan nama yang dilakukan oleh Facebook Inc menjadi Meta Inc menjelang akhir tahun 2021 lalu.

Misinya tidak lain ialah karena ingin mengembangkan metaverse itu sendiri. Dan benar saja, tidak lama perubahan terjadi, banyak yang mulai mengenal dan mencari tahu dunia metaverse yang dimaksudkan Meta Inc seperti apa.

Tidak jarang juga ada yang sudah sempat menjajal pengalaman baru memasuki dunia virtual tersebut. Lantas seperti apa metaverse berperan dalam dunia bisnis, tepatnya untuk marketingnya?

Bagaimana Pengaruh Metaverse Terhadap Digital Marketing?

Metaverse bisa bernilai lebih besar pada beberapa waktu mendatang. Pertimbangan tersebut berdasarkan bahwa semesta virtual akan memungkinkan sebagai masa depan internet yang lebih baru dan semakin bagus.

Itulah kenapa metaverse memberikan dampak besar pada berbagai media digital serta penjualan online. Utamanya dalam hal pemasaran. Pengaruh metaverse terhadap digital marketing memberikan andil yang cukup besar.

Berbagai elemen penting pada promosi tradisional mungkin akan terlihat mustahil saat melihat dunia virtual. Meskipun demikian bisa melakukan beberapa hal untuk tetap membuat pengguna bisa nyaman akan hal tersebut.

Dalam kasus ini suatu game akan memberikan peranan yang cukup penting dalam dunia virtual. Nantinya masa depan game akan terlihat lebih sedikit iklan pengganggu dan semakin terpusat pada tampilan pengalaman yang menarik dan seru.

Berdasarkan adanya dunia baru metaverse ini, para pebisnis dipaksa untuk memikirkan kembali terkait permasalahan pada bisnisnya. Utamanya pada produk, layanan, serta bagaimana cara melakukan digital marketing.

Namun tentunya semua membutuhkan proses adaptasi yang tepat dan secara bertahap untuk bisa mendapatkan keuntungan dan tetap berada pada puncak.

Proses penggabungan antara dunia fisik dengan dunia digital bisa menjadi cara mempengaruhi orang dalam hal pekerjaan, bermain, sosialisasi, berbelanja antara satu dengan yang lainnya.

Alasan Penting Kenapa Metaverse Memiliki Peran dalam Pemasaran Digital

Pengaruh metaverse terhadap digital marketing cukup signifikan di era ini. Berkat pandemi dan proses perubahan nama perusahaan teknologi besar Facebook Inc ke Meta Inc, membuatnya jadi bahan bicaraan.

Kepopuleran metaverse semakin mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Pasalnya mereka juga turut serta menjajal pengalaman dunia virtual tersebut dan membuat banyak masyarakat lain terpacu.

Dari banyaknya minat tersebut, tentunya pengaruh metaverse terhadap digital marketing akan sangat baik. Lebih spesifiknya berikut beberapa alasan peran metaverse dalam membangun pemasaran digital.

1. Konsumen Mencari Pengalaman Baru

Saat ini banyak sekali konsumen yang bosan dengan tampilan video hanya sebatas status saja. Muncul di dalam website atau di berbagai media sosial begitu saja. Mayoritas dari mereka mendambakan video yang imersif dan interaktif.

Pasalnya dipandang sebagai salah satu yang menarik ketimbang lainnya. Para pebisnis kini bukan hanya sebatas memasarkan suatu produk saja. Namun dunia pemasaran justru lebih memilih berperan dalam mendefinisikan merek, mendefinisikan peran produk, dan sebagainya.

Dalam kasus ini metaverse dibangun untuk hal semacam ini, memberikan pengalaman baru bagi para konsumen. Yang mana dunia virtual yang lebih luas dan tidak terbatas.

Konsumen bukan hanya sebatas menonton dunia metaverse dan mengambil bagian di dalamnya. Namun juga mengubah berbagai hal dari yang besar hingga kecil. Metaverse menggantikan dunia web yang kecil menjadi lebih luas dan tidak terbatas.

Metaverse memberikan pengalaman 3D bahkan di beberapa kasusnya ada yang menggunakan 4D. Di dalamnya terlihat seperti suatu hal yang nyata tanpa aturan fisika yang mengganggu.

2. Semua Pengalaman Pelanggan Bisa Terjadi dalam Dunia Metaverse dan Lebih Mudah

Merupakan saluran perubahan dengan paradigma sebelumnya. Yaitu seperti pada pencarian di media sosial pada umumnya yang melayani para pelanggan dalam menjalani kehidupannya.

Contohnya seperti melakukan penelusuran yang sangat bagus untuk mengidentifikasikan prospek channel pemasaran menengah. Membantu dalam meningkatkan kesadaran dan persepsi pada bagian atas channel.

Metaverse memberikan peranan secara menyeluruh kepada para penggunanya dengan cara yang efektif dan efisien. Menggunakan metaverse memungkinkan pengguna dapat menjangkau pasar dengan lebih mudah menggunakan cara baru.

Sehingga memungkinkan untuk menggali dan mempelajari secara lebih dalam dan selanjutnya melakukan pembelian dalam satu pengalaman yang kohesif.

3. Kebutuhan Co-Creation Tingkat Lanjut

Ahli digital marketing telah berusaha melibatkan konsumen dalam melakukan pembuatan konten. Hal tersebut merupakan istilah yang diharapkan untuk membuat konsumen bisa menerbitkan berbagai konten dalam menampilkan merek mereka.

Suatu tantangannya adalah bagaimana bisa mendorong penciptaan secara bersama-sama agar semakin terasa otentik dan memiliki makna. Di dalam metaverse memungkinkan pengguna dan pemasar bisa membuat konten secara bersama-sama.

Caranya mungkin belum pernah ada dan terjadi sebelumnya dengan cara yang belum pernah ditemukan. Perpaduan dunia virtual, avatar, dan era baru UCG menjadi hal yang mungkin akan menakjubkan.

4. Bisa Memperkuat Keberagaman

Dalam kasus ini konsumen berharap merek bisa dipasarkan menggunakan keragaman dan inklusi dalam iklan online. Namun mayoritas konsumen masih merasa tidak puas karena harapannya belum sepenuhnya terwakilkan.

Metaverse menciptakan pengalamannya sendiri serta semuanya menjadi terpusat pada dunia digitalnya sendiri. Metaverse memungkinkan pemasar memasukkan merek mereka dalam sebuah pengalaman.

Bukan hanya sebatas bisa melihat artis atau idola menggunakan merek pakaian yang hendak Anda beli. Melainkan di metaverse semua bisa menjajal merek baju tersebut. Apabila menyukainya nanti pihak perusahaan akan mengirimkannya.

Langkah ini akan lebih melibatkan konsumen di dalam proses transaksi ketimbang hanya menampilkan tampilan model yang tidak dikenal secara pribadi. Mereka bisa menggunakan secara langsung ketimbang hanya sebatas melihat saja.

Seperti channel pemasaran yang lainnya, merek yang sudah ada di dalam metaverse untuk pertama kalinya akan menempati posisi terbaik. Dalam hal ini sudah banyak sekali para pemasar yang mulai terjun ke dunia metaverse untuk menjajal.

Memanfaatkan Peluang Metaverse, Strategi Menjangkau Konsumen

Setelah mengetahui berbagai pengaruh metaverse terhadap digital marketing, ulasan selanjutnya akan membahas bagaimana strategi menjangkau konsumen dengan memanfaatkan peluang metaverse?

1. Menempatkan Produk Secara Virtual

Perusahaan bisa dengan mulai menempatkan produknya secara virtual. Yakni dengan mulai membuat yang versi digitalnya. Bagaimana bisa menempatkan produk dan karakter secara virtual dan bisa menceritakan kisah secara digital.

Alasan menggunakan strategi tersebut karena memang konsumen sedang mengikuti tren online yang berkembang saat itu. Dan metaverse merupakan cerminan perilaku manusia di dunia nyata yang tergambar secara visual.

2. Menceritakan Lewat Deskripsi Produk

Di dalam penjualan online, deskripsi merupakan salah satu komponen penting yang harus ada. Pasalnya calon konsumen akan melihat secara detail apa yang ada di dalam deskripsi sebelum benar-benar memutuskan membeli.

Membuat deskripsi berisikan teks persuasif yang menarik dan seakan-akan pemasar menceritakan produk, maka akan lebih mengena kepada calon konsumen.

3. Menjalin Mitra dengan Merek Virtual

Kolaborasi dengan merek lain secara fisik maupun virtual akan membantu untuk menarik minat pasar menjadi lebih baik. Konsumen akan mendapatkan pengalaman baru yang lebih baik.

Itulah informasi tentang pengaruh metaverse terhadap digital marketing yang bisa jadi referensi dan pertimbangan di masa kini dalam menunjang bisnis lebih baik.

Sumber:

1. https://www.adweek.com/media/the-metaverse-will-reshape-digital-marketing-for-decades-to-come/#aoh=16449530080411&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fwww.adweek.com%2Fmedia%2Fthe-metaverse-will-reshape-digital-marketing-for-decades-to-come%2F

2. https://www.kompas.com/parapuan/read/533075093/manfaatkan-fenomena-metaverse-3-strategi-menjangkau-konsumen-ini-perlu-dicoba

3. https://sasanadigital.com/apa-itu-metaverse-dan-pengaruhnya-bagi-perkembangan-bisnis/

Leave a Reply

Your email address will not be published.