Breaking News

Pekerjaan masa depan metaverse

Tren Pekerjaan Masa Depan Metaverse, Bersiaplah Menyambutnya

Pekerjaan masa depan metaverse mungkin akan menjadi suatu hal yang mungkin saja terjadi di masa depan nanti. Menilik dari pandemi yang telah terjadi secara global di seluruh wilayah dunia, menyebabkan proses adaptasi semakin cepat.

Salah satunya adalah peran teknologi sangat membantu sekali untuk menunjang segala aktivitas saat pandemi. Konsep metaverse mungkin masih terdengar futuristik, namun hal tersebutlah yang menjadi impian para developnya.

Metaverse memberikan pengalaman untuk membuka dunia baru di masa depan. Yang mana dunia tersebut dapat orang jelajahi atau bisa kita sebut lingkungan online.

Teknologi metaverse mewakili peluang dalam berinovasi sesuatu yang sebelumnya belum pernah orang lihat. Selain itu metaverse juga bisa mempengaruhi cara seseorang melakukan bisnis, seperti berdagang, seni, real estate, dan sebagainya.

Menyambut Pekerjaan Masa Depan Metaverse, Bersiaplah

Istilah metaverse memang tercipta di tahun 1992 lalu oleh seorang novelis ilmiah, Neal Stephenson. Namun istilah tersebut mulai populer dan mendunia saat Facebook Inc mengubah namanya menjadi Meta Inc.

Perusahaan teknologi raksasa tersebut membawa popularitas metaverse semakin menarik minat masyarakat dunia. Secara spesifik metaverse memiliki arti luas. Tidak ada definisi tunggal dalam memaknai metaverse itu sendiri.

Nantinya akan ada banyak sekali metaverse yang mengubah pengalaman dalam bermain sosial media. Bahkan hingga berkembang ke aktivitas yang tidak dalam ranah hiburan saja.

Seperti proses perdagangan elektronik, transaksi online, kolaborasi tim, dan banyak lagi lainnya. Oleh karenanya penting sekali untuk para pemimpin dalam memahami proses perkembangan teknologi baru tersebut.

Zaman baru bahkan setelah masa pandemi, proses kerja sistem jarak jauh dan hibrida menjadi semakin menarik. Nantinya metaverse akan mewakili zaman baru untuk melakukan hibrida yang sesungguhnya.

Berbekal teknologi AR dan MR, serta kacamata pintar, manusia bisa mengubah sistem kerja yang dalam skala yang dasar saja. Misalnya proses percakapan video akan diubah ke dalam model percakapan dengan bentuk avatar, hologram, atau hal lain yang ingin Anda temukan.

Apabila masa depan metaverse berhasil, maka nantinya akan bermunculan berbagai peluang yang tidak terbatas. Banyak pekerjaan yang akan tersedia dan kemungkinan bisa terselesaikan dengan praktik kreatif saja tanpa benar-benar menggunakan.

Seperti perancang busana digital, profesional medis yang bisa memeriksa rangkap digital tubuh manusia, dan sebagainya.

Profesi Pekerjaan Masa Depan Metaverse yang Akan Tersedia

Mungkin saat ini Anda sudah memiliki karir yang terbilang mapan dan cukup potensial. Tapi, tetap saja penting bagi Anda untuk mengetahui tren pekerjaan masa depan metaverse berikut sebagai referensi.

Akan lebih baik, jika keahlian untuk pekerjaan masa depan juga turut Anda pelajari sebagai alat bantu adaptasi di masa mendatang. Karena bukan tidak mungkin jika berbagai pekerjaan yang ada saat ini akan tergerus perkembangan dan kemudian hilang.

Berikut ini beberapa tren pekerjaan masa depan metaverse yang mungkin akan menjadi sangat potensial nantinya.

1. Pemandu Wisata

Dunia metaverse dapat dikatakan sebagai replika dunia nyata atau dunia baru. Sehingga di dalamnya perlu hal-hal seperti yang terjadi dalam dunia nyata. Anda bisa membayangkan bagaimana seseorang bisa memandu wisatawan berkeliling tempat-tempat yang luar biasa.

Sama halnya dengan pemandu wisata fisik, Anda bisa menjadi tour guide virtual di dalam dunia metaverse.

2. Arsitek Konstruksi

Konstruk di dalam dunia metaverse merupakan suatu elemen perkembangan di awal. Misalnya pengalaman, suatu objek, tempat, dan sebagainya. Untuk membuat hal tersebut di dalam dunia metaverse membutuhkan keahlian atau keterampilan khusus.

Oleh karenanya pengembang maupun desainer akan sangat potensial di masa depan. Utamanya untuk pekerjaan di dunia metaverse.

3. Pengacara Kontrak Pintar

Nantinya di dalam dunia metaverse akan ada berbagai transaksi yang tentunya membutuhkan suatu legalitas. Untuk memastikan legalitas benar-benar asli, maka perlu adanya pengacara/notaris seperti di dunia nyata.

Teknologi blockchain dan notaris virtual bisa menjadi salah satu pekerjaan masa depan metaverse yang cukup penting.

4. Software Engineer (AR)

Pandemi dan berbagai hal membuat perkembangan teknologi semakin terasa manfaatnya. Bertemu dengan orang lain saat ini, tidak harus melakukannya dengan tatap muka seperti zaman dahulu.

Selain dalam hal pekerjaan, teknologi juga memberikan peran penting untuk hal lainnya. Misalnya saja hiburan dalam bentuk game. Konsep game inilah yang juga melatarbelakangi metaverse untuk terus berkembang.

Ke depannya akan ada banyak sekali game yang menggunakan konsep metaverse. Nah, oleh karena itu dalam pembuatan game butuh seorang ahli yaitu software engineer yang memiliki profesionalitas tinggi.

5. Desain Game dan Fashion Digital

Seperti informasi sebelumnya akan muncul pekerjaan seperti desain fashion digital, maka bukan hanya keahlian merancang busana saja. Desainer juga perlu keahlian desain grafis untuk membuat rancangannya bisa dinikmati secara virtual di dunia metaverse.

Bukan hanya itu, desainer untuk melakukan rancangan desain game juga penting di dunia metaverse nantinya.

6. Blockchain Engineer

Merupakan layanan eksplorasi blok bitcoin atau lebih tepatnya seperti dompet digital untuk mata uang kripto. Engineer blockchain nantinya akan membantu dalam mengimplementasikan secara nyata serta menciptakan blockchain digital untuk bisnis.

Namun profesi blockchain engineer akan bergabung dengan profesi software engineer untuk mengembangkan software. Mereka akan bekerja sama dalam platform blockchain.

7. NFT Strategist

Perkembangan metaverse beriringan dengan pertumbuhan Non Fungible Token (NFT). Ketika hal tersebut banyak orang butuhkan, maka akan banyak membutuhkan ahli dalam menciptakan konsepnya.

Untuk bisa bekerja sebagai NFT Strategist maka seseorang harus bisa memahami secara mendalam tentang teknologi blockchain dan konsepnya. Seperti menciptakan program dan juga sekalian melakukan analisis untuk strategi menarik pengguna.

Apabila Anda Bekerja di Metaverse

Sebuah pertanyaan penting saat hendak berpikir untuk masuk dan bekerja di metaverse. Tentunya hal ini bisa terlihat dari semenjak pandemi covid-19 menyerang seluruh belahan dunia.

Manfaat nyata teknologi semakin terasa. Begitu juga metaverse yang akan membantu memberikan solusi berupa pengalaman baru untuk kemudahan dalam berbagai kegiatan.

Jika memang berhasil nantinya akan banyak sekali peluang pekerjaan baru di dunia metaverse. Tentunya bukan tidak mungkin Anda akan masuk dan bergabung di dalamnya.

Apabila bekerja di metaverse, maka seseorang akan memiliki pengalaman selangkah lebih maju dari apa yang ada di dunia nyata. Hal-hal yang mungkin bisa orang dapatkan saat bekerja di metaverse.

1. Bekerja di Metaverse Bisa Atasi Tantangan Kerja Remote

Pekerjaan masa depan metaverse akan membantu seseorang untuk mengatasi tantangan dalam melakukan pekerjaan dengan jarak jauh. Hal ini akan sangat memberikan banyak sekali manfaat bagi perusahaan maupun pekerja.

Efisiensi yang cukup besar. Metaverse akan menciptakan ruang kerja virtual yang imersif seperti halnya di dunia nyata.

2. Dapat Memvisualisasikan Penyelesaian Masalah dalam 3D

Pekerja di metaverse akan menjadi lebih maju karena dapat menyelesaikan tugas dan permasalahan bisnis secara visual. Dan hal tersebut mungkin tidak bisa dilakukan di dunia nyata.

3. Memiliki Ruang yang Tidak Terbatas

Selain itu, orang akan mempunyai ruangan yang tidak ada batasannya. Pasalnya berbagai fitur tersedia dan bisa pengguna pakai. Sehingga bisa mendapatkan pengalaman kolaborasi yang lengkap dan tepat.

4. Meminimalisir Ketergantungan dengan Perangkat Keras

Efektifitas dan efisiensi bekerja di dunia metaverse akan mendorong seseorang untuk mengurangi berbagai ketergantungan dengan perangkat keras. Seperti papan tulis, alat tulis, ruang kerja, dan lainnya, karena semua tersedia secara digital.

Itulah beberapa informasi penting terkait dengan referensi pekerjaan masa depan metaverse yang bisa jadi pengetahuan Anda. Semoga membantu.

Sumber:

1. https://www.workplace.com/blog/how-we-work-in-the-metaverse

2. https://workplaceinsight.net/the-metaverse-will-shape-the-future-of-work-heres-how/

3. https://www.wjs.com/articles/why-the-metaverse-will-change-the-why-you-work-11644229800

Leave a Reply

Your email address will not be published.