Breaking News

Cara menggunakan Google Trends

Cara Menggunakan Google Trends, Strategi Konten Tingkatkan Performa

Cara menggunakan Google Trends itu bervariasi tergantung dengan penggunaannya untuk apa. Pasalnya, manfaat layanan Google Trends ini banyak sekali. Bisa untuk riset kata kunci, melihat hal-hal yang sedang trending, dan sebagainya.

Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat untuk perkembangan proses SEO dalam melakukan digital marketing via website. Tujuan para pemilik website adalah adanya banyak pengunjung, apalagi jika sudah berkaitan dengan AdSense.

Akan tetapi untuk mendapatkan pengunjung tidak mudah. Apalagi melihat banyaknya para kompetitor yang juga memiliki harapan sama dengan Anda. bahkan banyak konten bukan berarti membuat jumlah pengunjung bisa naik.

Bisa jadi karena Anda salah dalam menentukan topik yang sedang trending. Sehingga pengunjung enggan mengklik konten website Anda. Lantas bagaimana caranya?

Salah satu tools yang akan membantu memudahkan proses website Anda banyak orang kunjungi adalah Google Trends. Berikut ini akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan Google Trends.

Apa Itu Google Trends?

Google Trends merupakan salah satu tools yang berguna untuk melakukan riset kata kunci di internet. Selain itu Google Trends akan menemukan banyak topik hangat yang bisa pengguna pilih untuk menelusurinya.

Menggunakan Google Trends erat kaitannya dengan pekerjaan bisnis online, lebih tepatnya untuk digital marketing. Yakni sebagai proses melakukan SEO pada suatu konten agar bisa menaikkan trafik website bisnis.

Google Trends sendiri merupakan salah satu produk dari Google untuk menunjang aktivitas penggunanya. Perlu pengguna ketahui bahwa Google merupakan tools yang banyak orang gunakan untuk melakukan pencarian.

Sehingga menggunakan Google Trends akan lebih tepat dalam melakukan riset kata kunci. Nantinya pengguna akan mendapatkan kata kunci yang relevan dan membuat mesin pencari Google mudah menemukan konten di website Anda.

Lantas bagaimana cara menggunakan Google Trends untuk melakukan banyak hal tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Cara Menggunakan Google Trends

Sebagaimana fungsinya Google Trends memiliki banyak kegunaan. Masing-masing kegunaannya memberikan cara menggunakan Google Trends yang berbeda.

Mencari informasi untuk kata kunci serta ide konten menggunakan tools ini sebenarnya cukup mudah. Dan akan lebih mudah jika pengguna melakukan penentuan topik terlebih dahulu.

Tentukan topik apa yang relevan dengan bisnis atau website. Setelah itu lakukan rekomendasi untuk pencarian kata kunci menggunakan Google Trends. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang bisa pengguna lakukan dengan Google Trends beserta caranya.

1. Untuk Buka Google Trends Menggunakan Akun Google

Gunakan akun Google maka bisa membuka layanan Google Trends. Caranya dengan menuliskan Google Trends pada mesin pencarian. Nantinya pada bagian bawah pengguna akan menemui tampilan terkait contoh peta pencarian kata kunci.

Pada bawahnya lagi ada bagian untuk melihat kata kunci yang mengalami tahap peningkatan. Dari halaman tersebut pengguna bisa melakukan filter dengan memilih negara, waktu, kategori, dan sebagainya.

Sehingga nantinya kerja Google Trends bisa lebih fokus untuk menemukan apa yang Anda butuhkan. Pilih tanda garis 3 pada halaman Daily Search Trends di pojok kiri atas. Kemudian pilih Trending Searches untuk melihat topik trending saat itu.

2. Penggunaan Sebagai Riset Keywords Menggunakan Google Trends

Perlu mengetahui berbagai fungsi dari Google Trends tersebut supaya lebih mudah dalam mengoperasikan. Fungsi utamanya adalah sebagai alat untuk melakukan riset kata kunci.

Anda bisa menemukan berbagai kata kunci yang sesuai dan relevan dengan apa yang Anda cari. Tuliskan topiknya di kolom Enter a Search Term or a Topic atau Add a Search Term.

Misalnya jika pengguna menuliskan topik tentang bisnis foto wedding. Maka nantinya Trends akan memunculkan informasi lengkap terkait topik tersebut. Seperti jumlah pengguna yang melakukan pencarian pada Google Search.

Selain itu pengguna juga bisa melakukan pencarian terhadap ketertarikan pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci. Hal ini bisa berdasarkan daerah. Nah, itulah cara menggunakan Google Trends untuk riset keywords.

3. Membandingkan Keywords Lewat Google Trends

Cara menggunakan Google Trends untuk melakukan pencarian kata kunci tentunya mudah. Nah, setelah itu langkah apa yang bisa pengguna lakukan lagi dengan tools ini? Yakni dengan membandingkan potensi kata kunci yang pengguna temukan.

Apakah kata kunci tersebut memiliki potensi yang lebih baik daripada yang lainnya? Google Trends akan membandingkan kata kunci Anda dengan 5 kata kunci lainnya melalui fitur pembanding.

Fitur tersebut memberikan hasil perbandingan dengan berbentuk grafik, peta wilayah, maupun kueri yang terhubung. Selain itu fitur tersebut bisa membaca kata kunci yang sudah Anda filter berdasarkan lokasi, waktu dan sebagainya.

Selain itu hasil perbandingan tersebut bisa pengguna unduh untuk nantinya langsung membagikan ke yang lain. Yaitu memakai fitur unduh yang nantinya bisa membagikannya secara langsung.

4. Memakai Opsi Pencarian yang Efektif

Kegunaan Google Trends bukan saja untuk melakukan analisa terhadap hasil pencarian pengguna pada mesin pencarian saja. melainkan juga pada YouTube. Dengan menggunakan halaman yang sama pengguna bisa melakukan pencarian untuk trendings YouTube.

Apabila pengguna melakukan klik pada Youtube maka secara otomatis Google Trends akan mengubah tampilan grafik untuk YouTube. Meskipun kata kunci sama, namun pencarian Google dan YouTube berbeda.

Pasalnya layanan yang keduanya berikan juga tidak sama. YouTube lebih mengarah ke pencarian video. YouTube Search menjadi salah satu fitur yang cukup populer apabila memang ingin menargetkan pengunjung.

5. Melakukan Prediksi Tren

Cara menggunakan Google Trends selanjutnya adalah sebagai tools untuk memprediksi tren. Nantinya Google Trends akan memberikan informasi yang cukup lengkap.

Sehingga dengan mencari tahu lewat Google Trends maka pengguna bisa mendapatkan topik konten yang tepat. Nantinya bisa membuatnya semenarik mungkin agar peminatnya banyak.

Proses permasalahannya adalah tentang bagaimana pengguna bisa memandang data untuk membuat konten. Perlu pengguna ingat bahwa pengguna Google Trends bukan hanya satu dua orang.

Melainkan banyak orang dari berbagai belahan dunia, yang barangkali mereka juga merupakan kompetitor Anda. Yang perlu Anda garis bawahi adalah tidak semua orang bisa membaca data dengan baik dan benar.

Bahkan saat seorang pengguna melakukan analisis suatu data yang sama, maka kemungkinan hasilnya akan berbeda.

6. Cara Menemukan Tambahan Insight pada Top Chart

Berbeda dengan tren, Top Chart merupakan salah satu fitur yang orang gunakan untuk melihat topik dari berbagai kategori. Misalnya hewan terpopuler saat ini adalah ikan. Selain itu ada juga hal populer lain yang bisa pengguna temukan.

Tentunya hal ini akan bermanfaat untuk Anda yang hendak menemukan berbagai jenis topik menarik perkategori.

7. Penggunaan untuk Memposisikan Produk

Pada poin ini pengguna bisa untuk melihat siklus yang mungkin saja terjadi. Misalnya kapan waktu seseorang tersebut akan mencari kata kunci. Misalnya kata kunci terkait dengan parcel lebaran, maka kebanyakan pencarian mereka lakukan menjelang lebaran.

Hal ini bisa pengguna manfaatkan untuk menawarkan berbagai produk yang berhubungan dengan lebaran. Seperti parcel lebaran, kue kering, dan sebagainya. Jadi bisa menyasar kata kunci yang tepat.

Demikian beberapa informasi terkait dengan cara menggunakan Google Trends. Semoga memberikan manfaat untuk perkembangan bisnis Anda. Dapatkan berbagai informasi bisnis lainnya di halaman Diginews.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.