Breaking News

Cara Menggunakan OpenVPN

Cara Menggunakan OpenVPN di Android dan Windows

Bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang caranya mengakses berbagai situs web yang terblokir, OpenVPN bisa jadi merupakan jawaban yang selama ini Anda cari-cari. Pelajari cara menggunakan OpenVPN agar bisa membuka berbagai situs web yang diblokir oleh pemerintah.

Sebenarnya, OpenVPN mempunyai berbagai fungsi lain selain membuka situs web yang terblokir. Temukan info lengkap tentang aplikasi yang satu ini dan bagaimana cara memakainya dengan benar. Seluruh informasi mengenai OpenVPN tersedia di bawah ini.

Apa Sebenarnya Aplikasi OpenVPN Itu

OpenVPN adalah sebuah aplikasi atau software yang sifatnya open source. Aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk mengakses internet dengan menggunakan virtual private networking atau VPN. Software yang sifatnya open source ini beroperasi dengan menciptakan sambungan khusus.

Sambungan yang diciptakannya adalah PTP Tunnel atau Point to Point Tunnel yang sudah terenkripsi. Software OpenVPN sendiri memanfaatkan private keys serta certificate untuk bisa bekerja dengan baik. Dibutuhkan username dan password untuk melaksanakan otentikasi pembangunan koneksi internet.

Cara Menggunakan OpenVPN di Perangkat Android

Aplikasi OpenVPN ini merupakan salah satu aplikasi lintas platform. Artinya, Anda bisa menggunakannya di perangkat dengan sistem operasi yang berbeda. Pengguna bisa memakai OpenVPN di perangkat Android maupun di perangkat Windows.

Jika Anda merupakan salah satu pengguna perangkat Android, pastikan untuk memahami cara memakai aplikasi yang sangat berguna ini dengan benar. Ikuti petunjuk atau cara-caranya di bawah ini.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi OpenVPN Connect dari Play Store. Pastikan untuk mengunduh aplikasinya dari Play Store yang menjamin keamanan setiap aplikasi yang Anda gunakan.
  2. Kemudian unduh config OpenVPN yang aktif. Anda bisa mencari config ini di salah google atau di berbagai grup Facebook. Anda juga bisa mencoba menciptakan sendiri config OpenVPN. Temukan petunjuk untuk membuat config sendiri di YouTube.
  3. Cara menggunakan OpenVPN yang berikutnya adalah memasang serta menjalankan aplikasi OpenVPN setelah config OpenVPN yang aktif tersedia dan siap digunakan.
  4. Setelah aplikasi terbuka, buka ikon tiga titik yang ada di bagian kanan atas layar smartphone Anda. Kemudian pilih Import lalu sentuh pilihan Import Profile from SD Card.
  5. Sekarang temukan lokasi config yang akan Anda gunakan dan pastikan formatnya .ovpn. Selanjutnya tinggal sentuh tombol Select untuk memuat config tersebut.
  6. Cara menjalankan config tersebut adalah dengan menyentuh tombol Connect. Langkah berikutnya adalah menunggu hingga tersambung. Kalau proses ini berhasil dilakukan, notifikasi Connected akan muncul di layar.

Setelah mengikuti keenam cara menggunakan OpenVPN di atas, coba lakukan browsing dan kunjungi berbagai situs web yang tadinya tidak bisa diakses karena diblokir oleh pemerintah Indonesia. Jika situs web tersebut berhasil dimuat, maka OpenVPN bisa bekerja dengan baik.

Cara Menggunakan OpenVPN di Perangkat Windows

Kalau Anda lebih suka mengembara di dunia maya menggunakan komputer, beberapa langkah yang harus dilakukan untuk bisa menggunakan OpenVPN cukup berbeda dibandingkan dengan cara yang sudah dijelaskan di atas. Ikuti petunjuknya di bawah ini.

  1. Download OpenVPN hanya dari situs web resminya, yaitu https://openvpn.net/community-downloads/. Sebelum melakukan pemasangan, cara menggunakan OpenVPN yang sangat penting adalah mengganti settingan menjadi Run as Admin.
  2. Kemudian unduh config OpenVPN disini dan memilih salah satu server yang paling Anda inginkan. Anda juga boleh mencari link download config sendiri dari Google. Cukup masukkan kata kunci atau keyword download config OpenVPN.
  3. Selanjutnya, extract link config hingga mendapatkan file OpenVPN. Anda pun akan memperoleh folder dan file OpenVPN di dalam PC atau laptop yang akan digunakan untuk mengakses berbagai situs web yang terkunci.
  4. Berikutnya, pindahkan folder atau file OpenVPN ke OpenVPN/config yang terdapat di Program Files di Data C. Kalau ternyata ada file selain OpenVPN di lokasi tersebut, pindahkan file itu ke lokasi yang lainnya.
  5. Cara menggunakan OpenVPN yang berikutnya adalah memakai internet seperti biasa, baik menggunakan modem atau WiFi. Kemudian coba setel port sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya, Anda bisa melakukan inject dengan memasukkan 8080. Jangan lupa mengklik Start.
  6. Kemudian klik Start, buka All Programs, dan pilih OpenVPN. Saat muncul beberapa pilihan, buka OpenVPN GUI yang letaknya di bagian kanan bawah, berdekatan dengan tempat jam digital berada.
  7. Klik kanan OpenVPN GUI lalu pilih Setting kemudian klik Manual Configuration. Lalu pilih HTTP Proxy dan di bagian address ketikkan angka 127.0.01. Untuk bagian port ketikkan angka yang sama dengan langkah 5 (misalnya 8080). Lalu klik pada tombol OK.
  8. Cara menggunakan OpenVPN yang berikutnya adalah mengklik kanan OpenVPN GUI lagi lalu mengklik Connect. Masukkan password serta username yang sudah dibuat di situs web khusus untuk download config. Tunggu hingga warna icon OpenVPN menjadi hijau.

Berbagai Manfaat Memakai OpenVPN

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, aplikasi OpenVPN sebenarnya mempunyai banyak sekali fungsi. Artinya, aplikasi yang satu ini sangat bermanfaat dan tidak dirancang hanya untuk membuka berbagai situs web yang terblokir. Berbagai manfaat OpenVPN antara lain:

  1. Browsing atau surfing secara anonym

Dengan adanya sambungan atau akses melalui VPN, maka alamat IP Anda yang asli bisa tetap terlindungi dan aman dari pengamatan berbagai pihak lain. Bagaimana ini bisa terjadi? Saat menerapkan cara menggunakan OpenVPN, IP address Anda tidak akan terekspos.

IP address yang Anda pakai untuk mengembara di dunia maya adalah IP address yang dikeluarkan oleh server OpenVPN. Karena IP address Anda tidak diketahui oleh pihak lain, maka Anda bisa berselancar dengan lebih nyaman dan merasa aman. Privasi Anda terjamin keamanannya.

  • Akses internet tanpa kuota dan pulsa

Salah satu manfaat lain yang disukai oleh banyak orang dari OpenVPN adalah pengguna bisa melakukan browsing tanpa membayar menggunakan pulsa maupun kuota. Sebenarnya, hampir seluruh provider Indonesia memungkinkan akses gratis dengan VPN.

Tapi kecepatan browsing dengan menggunakan VPN tetap bergantung pada jaringan atau sinyal dan pada padat atau tidaknya traffic di BTS yang ada di area Anda.

  • Meningkatkan keamanan

 Manfaat lain mempelajari cara menggunakan OpenVPN adalah meningkatkan keamanan pengguna. Keamanan perangkat, yang meliputi keamanan semua data dalam perangkat serta sistem yang ada di dalamnya, akan terjamin ketika Anda menggunakan jaringan publik seperti WiFi umum.

Internet gratis seperti WiFi umum terbuka bagi banyak orang sehingga rentan dengan berbagai aksi peretasan serta masuknya malware yang berbahaya. OpenVPN bisa menjadi salah satu cara yang terbaik untuk melindungi perangkat dari berbagai hal tersebut.

  • Mencegah akses dari pihak lain

Anda pasti tidak ingin dipantau oleh pihak lain saat mengakses dunia maya. Dengan mempelajari cara menggunakan OpenVPN dan memanfaatkan aplikasi ini, koneksi Anda pun bisa terenkripsi sehingga pengiriman data dan riwayat penelusuran hanya bisa dilihat oleh Anda.

Baca Juga: Mengenal Layanan DNS Google, Google Public DNS

Leave a Reply

Your email address will not be published.