Breaking News

mengenal layanan dns google

Mengenal Layanan DNS Google, Google Public DNS

Istilah DNS sudah sangat familiar dan sering didengar. Apa sebenarnya DNS? Mengenal layanan DNS Google lebih dalam akan membuat Anda lebih memahami layanan khusus yang bernama DNS publik yang juga dikenal dengan istilah Google Public DNS.

DNS sendiri adalah sebuah singkatan dari Domain Name Server. Yang perlu Anda ketahui adalah DNS merupakan salah satu hal yang sangat mendasar dalam dunia internet. Saat menggunakan smartphone dan mengakses internet serta mengecek email, Anda sebenarnya memakai DNS.

Mengenal Layanan DNS Google Lebih Dalam

Google mempunyai layanan DNS gratis yang bernama Google Public DNS. Layanan yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk mengubah DNS bawaan dari ISP atau Internet Service Protocol. Google telah merilis layanan ini sejak 3 Desember 2009.

Perilisan layanan DNS ini adalah salah satu cara yang sengaja dilakukan oleh pihak Google agar bisa melayani penggunaan www dengan lebih cepat. Sejak diluncurkan, Google DNS telah menjadi layanan DNS yang diminati oleh banyak orang.

Layanan yang disediakan oleh Google ini memang terkenal menyediakan pelayanan yang jauh lebih cepat dan stabil sehingga disukai oleh banyak orang.

Berbagai Manfaat Layanan DNS dari Google

Saat akan mengenal layanan DNS Google lebih dalam, Anda perlu mengetahui berbagai manfaat yang ditawarkan oleh layanan ini. Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan Google DNS. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan Google Public DNS.

Performa yang lebih baik

Berbagai layanan DNS publik biasanya belum mendukung output atau input serta caching dengan volume yang tinggi. Kebanyakan layanan DNS juga seringkali tidak sanggup menyeimbangkan beban diantara berbagai server yang ada.

Google DNS mempunyai kelebihan dibandingkan dengan berbagai layanan tersebut karena google menggunakan lalu lintas dan cache yang skalanya besar sehingga performa pun bisa ditingkatkan dan kecepatan koneksi bisa seolah-olah ditingkatkan.

Layanan DNS Google dan keamanannya

Dengan menggunakan DNS public, komputer menjadi lebih rentan terkena serangan spoofing. Serangan yang satu ini bisa meracuni cache name server. Pengguna biasanya akan diarahkan untuk berkunjung ke situs web yang berbahaya.

DNS public juga mempunyai resiko lain yaitu disalahgunakan untuk meluncurkan serangan DDoS atau denial of service pada sistem yang lainnya. Untungnya, Google Public DNS sudah menyediakan berbagai solusi untuk mengatasi permasalahan ini.

Google Public DNS mampu memutuskan apakah akan menyelesaikan proses dan membuka domain tertentu. Sehingga penyalahgunaan pun bisa dihindari. Cara ini dilakukan agar para pengguna bisa terlindung dari berbagai ancaman keamanan.

Ketepatan yang lebih akurat

Ketika akan mengenal layanan DNS Google, Anda perlu mengenali manfaat lainnya yaitu ketepatan. Ketepatan yang disediakan oleh Google Public DNS sangat sesuai standar DNS.

Sebagai contoh, jika Anda melakukan kesalahan dalam mengetikkan nama domain atau menuliskan domain yang ternyata tidak terdaftar, Google akan menjawab dengan menampilkan pesan kesalahan serta menyatakan bahwa domain itu tidak bisa dibuka atau diakses.

Layanan DNS Google dan Kelebihannya

Google telah menciptakan implementasi pengembangan dari berbagai segi serta kemungkinan, seperti keamanan dan performa, sehingga terciptalah DNS yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang telah disesuaikan. Infrastruktur Google sudah sangat tersebar dan terkenal.

Google Public DNS mempunyai banyak sekali kelebihan yang bisa Anda nikmati dibandingkan dengan berbagai layanan DNS yang lainnya. Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Google Public DNS pada para penggunanya antara lain:

Meningkatkan kecepatan browsing

Google Public DNS memanfaatkan layanan jaringan pada server anycast. Pemanfaatan jaringan ini dilakukan secara global sehingga memungkinkan Google Public DNS untuk mencari atau melacak server yang paling dekat dengan para penggunanya.

Dengan begitu, proses pencarian domain pada server DNS pun bisa dipercepat. Selain itu, Google juga melaksanakan suatu metode yang berguna untuk menurunkan tingkat latency. Tingkat latency ini merupakan waktu jeda yang dibutuhkan untuk memproses pengiriman data.

Layanan DNS Google yang menyediakan keamanan

Google Public DNS tidak sekedar menawarkan kecepatan belaka. DNS yang satu ini juga menyediakan rasa aman untuk para penggunanya. Masalah yang paling sering dihadapi oleh para penyedia DNS yang bersifat umum atau public adalah kemungkinan terkena serangan denial of service.

Serangan amplification juga bisa terjadi. Agar masalah yang berbahaya ini bisa segera diatasi, maka Google Public DNS menyediakan fitur yang bisa melindungi penggunanya dari berbagai jenis serangan, khususnya bagi para pelanggan yang memakai perangkat versi lawas.

Bisa memproses request tanpa adanya redirection

Kelebihan yang juga diunggulkan oleh Google Public DNS adalah proses redirect yang tidak ada sama sekali saat situs web yang diakses ternyata tidak berwujud atau tidak ada. Hal ini membuat Google Public DNS berbeda dari DNS ISP yang melaksanakan redirect secara otomatis.

Dengan mengenal layanan DNS Google dan kelebihannya, Anda bisa mengetahui seberapa unggul layanan ini. DNS dari ISP akan langsung melakukan redirect secara otomatis setelah membaca domain atau situs tertentu yang dituju ternyata tidak tercatat.

DNS dari Google tidak melaksanakan redirect melainkan hanya menyediakan query result yang bisa menyesuaikan keadaan asli. Sehingga ketika Anda salah mengetikkan alamat domain atau suatu alamat domain tidak tersedia, akan muncul kode NXDOMAIN.

Kode tersebut muncul untuk menginformasikan kepada pengguna bahwa pengguna telah mengakses situs web atau domain yang tidak dikenal. Dengan mengenal layanan DNS Google, Anda akan memahami DNS yang satu ini tidak bekerja seperti kebanyakan domain.

Mempunyai cakupan yang luas

Selain Google Public DNS, Google juga menyediakan private DNS yang cakupannya sedikit bermasalah. Tapi Public DNS dari Google memerlukan server yang saling atau lebih berdekatan antara server dengan user sehingga latency pun bisa dikurangi.

Jika server dan user berada di lokasi yang berseberangan jauh, potensi latency pun akan semakin tinggi. Hal ini disebabkan oleh DNS yang memilah server yang terdekat dengan lokasi server web. Tapi Public DNS sudah ada di berbagai data center yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Layanan DNS Google dan Cara Memakainya

Untuk bisa memasang Public DNS dari Google, Anda bisa masuk ke halaman pengaturan network atau jaringan seperti ketika Anda mengatur perangkat komputer yang lainnya. Yang perlu Anda ketahui adalah setiap sistem operasi mempunyai pengaturan yang berbeda.

Anda perlu menyesuaikan pengaturan jaringan dengan pengaturan di setiap sistem operasi. Setelah masuk ke bagian pengaturan network, hapus DNS yang lama kemudian ganti dengan DNS dari Google dengan alamat di bawah ini:

IPv4 Google Public DNS8.8.4.4 8.8.8.8
IPv6 Google Public DNS2001:4860:4860::8844 2001:4860:4860::8888

Setelah mengubah pengaturan tersebut, langsung saja klik OK atau Save dan nikmati akses yang lebih aman, cepat, dan leluasa dengan menggunakan Google Public DNS. Pastikan untuk mengenal layanan DNS Google sedalam-dalamnya sebelum menggunakan DNS ini.

Baca Juga: Tips Memilih Layanan Cloud Computing, Ratakan Akses Digital Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.