Breaking News

pengertian Analisis SWOT

Pengertian Analisis SWOT dan Cara Menggunakannya

Bisnis tidak bisa dijalankan tanpa persiapan yang sangat matang. Salah satu bentuk persiapan bisnis yang matang adalah memahami pengertian analisis SWOT serta cara untuk menggunakan analisis tersebut. Ada bisnis yang mengalami kegagalan tanpa diketahui penyebab jelasnya.

Bisa jadi, kegagalan yang dialami oleh bisnis tersebut disebabkan oleh tidak adanya analisis SWOT yang dijalankan. Analisis SWOT merupakan sebuah faktor yang sangat penting untuk menganalisa ancaman, peluang, kekurangan, dan kelebihan suatu bisnis.

Pengertian Analisis SWOT Lengkap dan Jelas

Setiap bisnis yang akan dijalankan membutuhkan perencanaan yang sangat matang. Menentukan produk, budget, dan nama brand bukanlah satu-satunya hal penting yang wajib dipersiapkan. Pemilik bisnis juga sebaiknya memperkirakan posisinya diantara para pesaing.

Untuk bisa memperkirakan posisi tersebut, pemilik bisnis wajib mengetahui apa itu analisis SWOT. Analisis ini merupakan suatu metode yang sederhana tapi mempunyai peranan yang sangat besar, khususnya dalam mengembangkan berbagai strategi bisnis untuk meraih keuntungan.

SWOT sendiri merupakan singkatan dari empat kata, yaitu Strength, Weakness, Opportunity, serta Threat. Analisis yang satu ini mempunyai tujuan untuk mengetahui berbagai aspek utama dari suatu bisnis yang meliputi kelebihan serta kekurangan bisnis, serta kesempatan dan ancaman yang ada.

Dengan menerapkan analisis ini, Anda bisa menciptakan strategi yang paling tepat sehingga bisnis yang dijalankan bisa menjadi lebih unggul daripada bisnis yang dimiliki oleh para pesaing. Selain mengetahui pengertian analisis SWOT, cari tahu juga manfaat dari analisis ini.

Analisis SWOT dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Secara umum, analisis SWOT mempunyai kegunaan utama untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis. Tapi ada juga berbagai kegunaan lain analisis ini. Beberapa kegunaan atau manfaat analisis SWOT ada di bawah ini.

  1. Mengoptimalkan strength atau kelebihan suatu bisnis dengan tujuan memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar dan maksimal.
  2. Mengatasi weakness atau kelemahan yang nantinya bisa jadi akan mengurangi keuntungan suatu bisnis.
  3. Sesuai dengan pengertian analisis SWOT, analisis ini juga mampu mengidentifikasi opportunities atau peluang yang bisa memajukan bisnis dan meningkatkan keuntungan.
  4. Mencegah dan mengantisipasi terjadinya kendala atau kerugian bisnis karena adanya threats atau ancaman.

Segera setelah mengetahui berbagai manfaat atau kegunaan dari analisis SWOT, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan analisis ini. Memahami pengertian analisis SWOT dan manfaatnya akan percuma saja jika analisis yang sangat berguna ini tidak diterapkan.

Ada lima langkah yang sangat mudah untuk menerapkan SWOT. Pelajari seluruh caranya di bawah ini dan terapkan dengan seksama agar bisa segera menikmati hasilnya.

Cara Menggunakan Analisis SWOT dengan Tepat

Anda telah memperoleh gambaran tentang analisis SWOT. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencoba menerapkan teknik atau analisis tersebut sehingga bisnis Anda bisa berkembang dengan lebih baik.

1. Ciptakan matrik atau visualisasi diagram analisis SWOT

Pertama-tama, Anda perlu menciptakan diagram SWOT dengan bentuk persegi yang kemudian dibagi menjadi empat bagian. Beri label setiap kotaknya berdasarkan elemen SWOT. Tempatkan strength serta weakness di bagian atas persegi. Letakkan opportunities dan threats di bagian bawah.

2. Siapkan tujuan yang jelas

Langkah lain yang perlu dilakukan setelah memahami pengertian analisis SWOT dan manfaatnya adalah menentukan tujuan bisnis yang sangat jelas. Identifikasikan strategi yang ingin dikembangkan, kemudian gunakan strategi tersebut untuk menetapkan tujuan yang sejelas-jelasnya.

Tanpa tujuan, bisnis Anda akan melaju tanpa terarah dan tidak bisa meraih keuntungan sebanyak yang Anda harapkan. Tetapkan tujuan di awal dan selalu pegang teguh tujuan ini selama melaksanakan analisis SWOT dan saat berusaha mengembangkan dan memajukan bisnis Anda.

3. Brainstorming mempunyai peran penting

Kumpulkan seluruh anggota tim Anda untuk mengadakan brainstorming. Kegiatan ini harus diadakan sebelum Anda melaksanakan analisis SWOT dengan perwakilan tim atau orang terkait. Dengan melaksanakan sesi brainstorming, Anda bisa menemukan daftar untuk setiap elemen SWOT.

4. Masukkan hasil brainstorming ke diagram

Setelah menetapkan tujuan dari analisis SWOT serta mengumpulkan masukan dari seluruh anggota tim, Anda bisa segera melaksanakan analisis SWOT dengan cara mengisi keempat elemen SWOT dalam diagram yang telah disiapkan tadi.

Ada beberapa pertanyaan yang bisa Anda gunakan sebagai patokan atau panduan ketika akan mengidentifikasi setiap elemennya. Pastikan untuk memahami seluruh pertanyaan panduan berikut ini setelah mengerti sepenuhnya tentang pengertian analisis SWOT.

StrengthsWeaknesses
Fitur manakah dari produk Anda yang cocok dengan target pasar?Apakah para pelanggan merasa puas dengan semua produk Anda?
Apa yang membuat Anda berbeda dari para pesaing?Apakah para pelanggan telah memahami brand perusahaan Anda?
Apa cadangan uang kas perusahaan cukup untuk membuat bisnis berjalan dengan lancar?Apakah bisnis Anda sudah mempunyai tujuan yang sangat jelas?
Apa USP Anda?Adakah area bisnis yang harus ditingkatkan?
OpportunitiesThreats
Adakah permintaan baru yang belum bisa Anda penuhi?Keunggulan apa saja yang dimiliki oleh para pesaing dan belum Anda miliki?
Apakah ada sumber daya lainnya yang bisa Anda gunakan?Apa para supplier Anda bisa diandalkan ataukah Anda perlu mencari supplier lain?
Apakah ada trend terbaru yang masih belum Anda manfaatkan sepenuhnya?Apa ada perubahan dalam perekonomian yang bisa berdampak buruk pada bisnis?
Apakah ada peluang bagi bisnis Anda untuk semakin berkembang?Apa ada hambatan yang menjadi penghalang untuk mencapai tujuan?

Agar pemahaman Anda mengenai pengertian analisis SWOT semakin lengkap, Anda wajib memahami cara kerja analisis ini. Tabel di atas bisa menjadi panduan bagi Anda untuk melakukan analisis terhadap keempat elemen penting dalam SWOT.

5. Menyusun strategi yang tepat dan terbaik

Segera setelah Anda memahami pengertian analisis SWOT  dan selesai melakukan pemetaan dan mengidentifikasi setiap elemen SWOT (kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman), sudah waktunya Anda melakukan analisis terhadap seluruh komponen tadi serta menyusun strategi terbaik.

Manfaatkan berbagai hal yang ada di kolom strength sehingga bisa menghilangkan kolom weakness. Misalnya, kekuatan bisnis Anda adalah mempunyai reputasi yang baik di mata para konsumen dewasa dan kelemahan Anda ada pada strategi pemasaran yang kurang menarik bagi para anak muda.

Maka salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah meningkatkan daya Tarik. Anda bisa mendorong para konsumen dewasa agar menyebarkan produk atau brand Anda di kalangan anak-anak mereka. Selanjutnya Anda perlu memanfaatkan peluang agar bisa menetralisir adanya kemungkinan ancaman.

Sesuai dengan pengertian analisis SWOT, kedua elemen ini saling berhubungan. Anda bisa memanfaatkan teknologi khusus untuk membuat produk atau perusahaan Anda lebih unggul dibandingkan dengan perusahaan yang lainnya.

Salah satu caranya adalah dengan menyewa salah satu tenaga ahli untuk mengatasi berbagai ancaman yang bisa jadi disebabkan oleh para pesaing, khususnya yang sedang meningkatkan pangsa pasar. Pastikan untuk benar-benar memahami pengertian analisis SWOT dan menerapkannya dengan tepat.

Baca Juga : Kafka adalah Salah Satu Analytics Tools yang Perlu Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *