Breaking News

Deretan Fitur Terbaru Telegram, Salah Satunya Mirip dengan Fungsi Zoom

Fitur terbaru Telegram telah rilis setelah proses pembaruannya beberapa waktu yang lalu oleh developer. Pembaruan dari berbagai fitur tersebut bisa pengguna nikmati dari berbagai versi smartphone.

Seperti iOS maupun Android bisa menikmati fitur terbaru Telegram tersebut. Tentunya dengan melakukan pembaruan pada aplikasinya melalui Google Play Store atau lewat App Store.

Mengenal Aplikasi Telegram

Telegram merupakan salah satu aplikasi chatting yang bisa membantu penggunanya untuk mengirim pesan. Mirip dengan aplikasi WhatsApp, Telegram bisa mengirimkan pesan dengan terenkripsi secara end to end.

Sehingga memberikan keamanan tambahan yang bisa menjaga pesan tersebut hanya dua pihak yang membacanya. Yakni si pengirim dan si penerima pesan. Selain mengirimkan pesan Telegram juga bisa mengirimkan pesan berupa video, gambar, dan lainnya.

Banyak masyarakat berpendapat, nantinya Telegram akan menggeser aplikasi WhatsApp untuk pengiriman pesan. Terlebih kini Telegram terus melakukan pembaruan berbagai fiturnya demi kenyamanan pengguna.

Pengguna Telegram semakin ke sini semakin banyak peminatnya. Apalagi fitur barunya memberikan berbagai kemudahan sebagai solusi permasalahan saat ini.

Fitur Terbaru Telegram Apa Saja?

Pada bulan Juli 2021 lalu Telegram telah merilis fitur barunya melalui blog resminya. Ada beberapa fitur terbaru Telegram yang bisa pengguna nikmati layanannya. Berikut ulasan informasinya.

1. Panggilan Video Grup yang Mirip Aplikasi Zoom

Fitur terbaru Telegram yang rilis adalah terkait dengan fitur panggilan video grup. Yang mana berbeda dengan fitur yang pesaingnya miliki (WhatsApp), ada keunggulannya sendiri pada fitur Telegram.

Yakni jumlah audiens panggilan video grup Telegram bisa mencapai 1.000 audiens. Berbeda dengan WhatsApp yang hanya bisa maksimal 8 orang saja. Fitur ini bisa pengguna manfaatkan untuk berbagai hal.

Seperti melakukan meeting kerjaan, melakukan kuliah atau sekolah daring, dan sebagainya. Fitur ini terus Telegram perbarui untuk membuat pengguna lebih nyaman.

Model panggilan video yang Telegram rilis pada fitur baru disebut sebagai fitur yang mirip dengan aplikasi Zoom. Namun demikian Telegram tetap berpikir positif untuk terus memberikan pelayanan terbaiknya.

2. Pesan Video dengan Versi 2.0

Lewat pesan video atau video message inilah pengguna bisa membagikan berbagai rekaman pada lokasi kegiatannya. Bahkan membagikan tanpa perlu menyimpan videonya ke galeri.

Hal ini membuat kapasitas memori lebih aman. Selain itu pesan video juga memiliki resolusi yang tinggi untuk membuat gambar lebih jelas. Pengguna yang menerima pesan video bisa melakukan percepatan atau memundurkan pemutaran video tersebut.

Bila ingin memberikan pesan video bisa melakukan ketuk pada lambang mikrofon di bagian bawah. Tekan dan tahan untuk mengubah dari rekaman suara ke mode rekaman video. Artinya pemutaran video tetap bisa pengguna lakukan sambil mendengarkan musik.

3. Kecepatan Pemutar Video

Pada fitur terbaru Telegram, pihaknya menambahkan opsi untuk memberikan layanan pemutar video cepat. Kecepatan yang mendukungnya saat itu adalah 0,5X, 1,5X, serta 2X ketika video sedang pengguna putar.

Khusus bagi pengguna Android, Telegram memberikan opsi kecepatan 0,2X untuk melakukan pemutaran video. Bagi pengguna yang hendak melakukan kecepatan pemutaran video bisa mengklik ikon titik 3 ketika menonton mode layar penuh.

4. Fitur Hapus Pesan Otomatis

Sebelumnya pengguna Telegram hanya bisa menghapus pesan otomatis setelah waktu yang pengguna pilih. Yakni satu hari atau satu bulan. Namun kini tersedia pilihan secara langsung 1 bulan.

Sehingga pengguna bisa mengatur untuk melakukan penghapusan pesan yang orang kirim secara otomatis.

Keunggulan Telegram Daripada WhatsApp

Aplikasi perpesan yang populer dan banyak orang gunakan saat ini adalah Whatsapp. Namun seiring perkembangannya Telegram kini menjadi rival dari WhatsApp. Apalagi kini ada banyak fitur terbarunya yang semakin memberikan kenyamanan pengguna.

Kenapa pengguna Telegram banyak? Hal ini karena berbagai keunggulan yang dimiliki Telegram daripada WhatsApp. Berikut informasi lengkapnya.

1. Layanan Penyimpanan Cloud

Keunggulan utama yang ada pada Telegram daripada WhatsApp adalah terkait fitur penyimpanan cloudnya. Sehingga semua pesan teks, video, gambar, audio dan file lainnya tersimpan di sana.

Bahkan pengguna bisa melakukan logout dan login dari berbagai perangkat dengan mudah tanpa takut kehilangan data. Berbeda dengan data pada aplikasi WhatsApp, pengguna harus melakukan pencadangan dan pengembalian file setelah login/logout.

Meski demikian layanan cloud dari Telegram ada batasannya yakni hanya 1,5 GB untuk setiap filenya.

2. Mudah Mengirim File Asli atau Kompres

Jika pada aplikasi WhatsApp saat melakukan pengiriman gambar atau video, maka resolusinya akan otomatis mengecil. Sehingga penerima akan mendapati kualitas foto yang kurang bagus.

Sedangkan untuk mengirim file asli dengan resolusi besar, maka pengguna harus melakukan pengiriman dengan fitur dokumen. Hal ini tidak perlu pengguna lakukan pada aplikasi Telegram.

Pengguna bisa bebas memilih apakah ingin mengirimkan file dengan resolusi tinggi (file asli) atau dengan mengkompresnya.

3. Kapasitas Anggota Grup Lebih Besar

Sama dengan WhatsApp untuk telegram juga punya fitur untuk grup. Namun pada WhatsApp fitur grup hanya memiliki kapasitas anggota sebanyak 256 saja. Sedangkan Telegram hanya mampu sekitar 200 orang saja.

Namun demikian pengguna bisa melakukan perbesaran kapasitas anggota grup dengan menggunakan fitur Super Group. Untuk kapasitasnya bisa mencapai 5.000 orang.

Cocok untuk pembuatan grup alumni sekolah atau untuk keperluan lainnya. Misal untuk workshop dan seminar nasional.

4. Ada Fitur Secret Chat

Terkait dengan keamanan Telegram memiliki fitur secret chat untuk membuat berbagai fitur menjadi lebih privat. Fitur ini ada pada dua perangkat saja. Sehingga pesan Anda tidak akan diakses oleh perangkat lainnya.

Bahkan penyimpanan seperti cloud tidak menyimpan pesan Anda. Selain itu fitur ini akan berkaitan dengan fitur login pada perangkat. Apabila melakukan proses keluar masuk, maka pengguna akan kehilangan percakapan pada fitur secret chat sebelumnya.

Pesan tersebut akan secara otomatis terhapus dengan menggunakan layanan timer. Tentunya terkait keamanan sangat bagus dan tidak akan bisa diretas.

5. Dapat Memasukkan Banyak Nomor Sekaligus

Kelebihan Telegram daripada WhatsApp lainnya adalah bisa memasukkan banyak nomor sekaligus. Bahkan tidak perlu takut dengan risiko kehilangan obrolan atau kontak.

Sehingga pengguna tidak perlu melakukan transfer kontak pada nomor baru. Jadi, pengguna bisa mengubah nomor Telegram melalui menu pengaturan kemudian ketik nomornya. Klik ubah nomor dan ikuti langkah selanjutnya.

6. Dapat Melakukan Pengunggahan Foto Profil Lebih Banyak dalam Satu Waktu

Keunggulan Telegram yang tidak ada pada WhatsApp adalah kemampuan memiliki foto profil lebih dari satu. Sehingga pengguna bisa menggunakan lebih dari satu foto untuk profilnya.

Foto yang terlihat pada kontak merupakan foto terbaru yang pengguna unggah. Akan tetapi untuk melihat foto lainnya maka bisa dengan menggeser ke samping.

7. Punya Fitur Chat Bot

Mungkin fitur ini adalah fitur biasa menurut sebagian orang. Namun ternyata ada banyak hal yang bisa orang lakukan dengan menggunakan fitur ini. Seperti pengguna akan memperoleh berbagai pemberitahuan terkait berita, cuaca, dan penerjemahan.

Demikian beberapa informasi terkait dengan fitur terbaru Telegram yang bisa pengguna manfaatkan. Untuk mendapatkan lebih banyak lagi informasi seputar teknologi dan bisnis bisa melihatnya di Diginews.id. Selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.