Breaking News

e-commerce terbaik

Sederet Aplikasi E-Commerce Terbaik untuk Membantu Meningkatkan Eksistensi Toko Online

Aplikasi e-commerce terbaik bisa memberikan banyak manfaat untuk bisnis Anda. Apalagi masa perkembangan digital yang membuat pola hidup konsumen lebih banyak menggunakan teknologi.

Dengan bantuan aplikasi e-commerce terbaik maka toko online Anda akan lebih eksis dan mudah konsumen temukan. Tentunya pemilik bisnis pada toko online tersebut harus bersaing dengan kompetitor lainnya yang jumlahnya banyak.

Nah, untuk itu kami merekomendasikan beberapa aplikasi e-commerce terbaik yang bisa masyarakat gunakan. Berbagai aplikasi berikut sudah banyak orang gunakan dan menjadi tempat bertemunya penjual/pembeli dari berbagai wilayah.

10 Aplikasi E-Commerce Terbaik yang Bantu Tingkatkan Eksistensi Toko Online

Banyak generasi milenial masa kini yang lebih memilih menggunakan aplikasi e-commerce untuk melakukan belanja. Selain simpel dan mudah, banyak toko yang juga menjual produk-produk murah dan bagus.

Pelaku e-commerce kali ini cukup beruntung pasalnya mereka beruntung dengan perilaku masyarakat masa kini. Sehingga menjual produk menjadi lebih mudah, bahkan tidak harus memiliki toko offline yang menghabiskan banyak modal.

Ada beberapa aplikasi e-commerce yang bisa Anda pilih dan memiliki popularitas bagus. Selain itu, aplikasi ini bisa membantu meningkatkan eksistensi toko online sehingga penjualan meningkat.

1. Lazada

Menjadi salah satu pusat perbelanjaan online dengan berbagai jenis produk dari berbagai wilayah. Mulai dari berbagai jenis produk makanan, fesyen, elektronik, buku, mainan anak, dan sebagainya.

Lazada berdiri sejak tahun 2012 menjadi salah satu retail online yang memberikan kemudahan kepada masyarakat. Kini Lazada memiliki jumlah pengunjung mencapai 21,2 juta pada setiap bulannya.

2. Matahari Mall

Sebelum memiliki layanan e-commerce, Matahari Mall memang sudah berdiri menjadi salah satu pusat perbelanjaan besar. Kini tren teknologi dalam dunia bisnis membuat Matahari Department Store membuka bisnis online.

Suntikan dana sebesar 6,5 triliun rupiah menjadi salah satu faktor ekspansi bisnis Matahari ke ranah online. Suntikan dana tersebut merupakan investasi dari Direktur Lippo Group, John Riady.

Akhirnya hal tersebut memberikan hasil yang cukup bagus. Dalam satu semester Matahari mengalami pertumbuhan rata-rata hingga 97 persen. Untuk setiap bulannya tercatat pertumbuhannya sekitar 201 persen.

3. Blibli

Produk pertama milik PT Global Digital Niaga adalah Blibli. Aplikasi ini mendapatkan sambutan baik dari masyarakat. Perusahaan ini merupakan salah satu anak perusahaan Djarum yang bergerak di bidang digital.

Pendirian Blibli sejak tahun 2010 yang menjadi salah satu tempat belanja online ala mall. Komitmen Blibli adalah ikut aktif memberikan kontribusi dengan mendukung dan memberdayakan creativepreneurs lokal.

4. Zalora Indonesia

Salah satu situs unggulan Indonesia yang menyediakan berbagai model fesyen. Ada lebih dari 500 merek lokal maupun internasional yang bergabung di dalam Zalora.

Selain itu Zalora juga menjadi salah satu online fashion yang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Mulai berdiri sejak tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari perusahaan Rocket Internet GmbH.

5. JD Indonesia

Pertama kali yang beroperasi adalah JD.com pada tahun 2015. Kemudian akhirnya berkolaborasi dan menghasilkan JD Indonesia yang sering orang kenal dengan JD.id.

Untuk JD.com sendiri adalah layanan toko B2C online yang cukup besar di China. JD.com merupakan salah satu pesaing dari Alibaba yang kuat.

Kini di Indonesia perkembangan JD,id cukup pesat. Jumlah pengunjung dalam satu semester mengalami peningkatan yaitu sebesar 135 persen.

6. Tokopedia

Aplikasi e-commerce terbaik selanjutnya adalah Tokopedia.com. Merupakan mall online dari Indonesia yang mengusung konsep marketplace. Bahkan siapapun (penjual online) bisa mendaftar dan membuat tokonya dengan gratis.

Bisa orang katakan bahwa Tokopedia merupakan pihak ketiga dalam proses transaksi jual-beli. Tokopedia menjadi penghubung antara penjual dan pembeli bisa bertemu secara online dengan mudah.

Kini Tokopedia terus melakukan perkembangannya. Pasalnya sudah menjadi e-commerce nomor satu di Indonesia.

7. Elevenia

Selain Tokopedia, aplikasi e-commerce terbaik lainnya adalah Elevenia yang juga menggunakan konsep marketplace. Sebelumnya Elevenia berada di bawah naungan perusahaan XL dan SK Planet.

Rupanya tidak bertahan lama, kini Elevenia berada di bawah grup Salim. Kesuksesan Elevenia salah satunya karena memiliki jumlah pengunjung yang cukup banyak.

Jumlah pengunjung meningkat 12 persen dan jumlah tersebut masih stabil hingga saat ini. Yakni masih pada kisaran 12 juta pengunjung.

8. Shopee

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi ini? Hampir semua orang memiliki aplikasi Shopee. Meski terbilang sebagai salah satu pendatang baru, namun jumlah pengunjungnya cukup fantastis.

Yang mana secara signifikan jumlah pengunjung sekitar 767 persen meningkat. Shopee menjadi salah satu aplikasi berbasis mobile marketplace yang pertama dengan menggunakan model customer to customer.

Hampir semua masyarakat Indonesia menyebut aplikasi e-commerce adalah Shopee. Ini karena popularitas Shopee untuk belanja online.

9. Bukalapak

Seperti Tokopedia, Bukalapak merupakan salah satu marketplace buatan anak negeri. Menjadi salah satu pasar online oleh PT. Bukalapak. Achmad Zaky merupakan founder dari Bukalapak yang berdiri pada awal tahun 2010 lalu.

Meskipun tidak sebanyak yang lainnya, dengan jumlah pengunjung 10 juta orang Bukalapak adalah aplikasi populer. Hampir semua masyarakat Indonesia juga mengenal aplikasi Bukalapak ini.

10. Qoo10

Aplikasi e-commerce terbaik yang terakhir dari rekomendasi kami adalah Qoo10. Merupakan situs online dengan bentuk giosis. Yang mana telah menjadi platform pasar online terbesar di Asia.

Qoo10 bekerja sama dengan perusahaan Ebay sehingga menjadi salah satu layanan marketplace yang kuat. Peningkatan jumlah pengunjung mencapai 586 persen.

Baca Juga : Dampak Positif E-Commerce saat Pandemi Covid-19 di Indonesia

Strategi Pemasaran Bisnis Online Supaya Penjualan Toko Meningkat

Perkembangan teknologi memang mengubah banyak hal yang menjadi kebiasaan masyarakat. Seperti belanja misalnya, kini tidak perlu lagi pergi ke pasar/toko. Siapapun cukup membuka ponsel dan menemukan berbagai produk yang orang butuhkan dengan mudah.

Tidak hanya para pembeli namun juga mereka para pebisnis, perlu sekali memanfaatkan momen ini. Sehingga bisnisnya bisa maju dan meningkat melalui sistem online.

Berikut adalah beberapa strategi pemasaran online shop yang bisa untuk mendongkrak eksistensinya. Dan juga bisa membuat penjual tertarik membeli produk.

1. Gunakan Situs Online Shop untuk Halaman Pencarian

Mesin pencarian kini banyak orang gunakan dalam melakukan pencarian terhadap sesuatu. Termasuk dalam menemukan suatu produk yang orang butuhkan. Jadi, strategi bisnis online pertama adalah gunakan situs online shop untuk halaman pencarian.

Sehingga nantinya pengguna akan mudah dalam menemukan toko Anda. Caranya bisa dengan menyewa jasa SEO yang akan bantu tingkatkan trafik web untuk perkembangan bisnis.

2. Memaksimalkan Digital Marketing dan Gunakan Konten Marketing Menarik

Gunakan strategi digital marketing dengan maksimal. Seperti membuat berbagai jenis konten marketing yang bagus dan menarik. Hal ini akan bermanfaat untuk menjaring para pelanggan agar mau minimal berkunjung dahulu ke toko Anda.

Jangan berhenti di situ, lakukan pengembangan lagi agar konsumen melakukan prosesnya hingga berhasil membeli produk. Yang lebih penting lagi kepuasan mereka juga bisa memberikan dampak untuk marketing yang bagus.

3. Gabung dengan Marketplace

Seperti yang sekarang lagi tren, bahwa perilaku masyarakat yang sudah banyak berubah. Maka dari itu, gunakan marketplace untuk membantu menjajakan produk Anda dengan tepat di pasar online.

Menariknya banyak orang yang mempercayai marketplace sebagai salah satu transaksi jual beli aman. Jadi, manfaatkan kesempatan tersebut untuk perkembangan bisnis.

Demikian beberapa informasi terkait aplikasi e-commerce terbaik yang bisa bermanfaat untuk eksistensi toko online. Sehingga membantu meningkatkan penjualan dengan tepat sasaran. Semoga informasi teknologi tersebut membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.