Breaking News

google analytics 4

Google Analytics 4 (GA4) pada Tahun 2023: Apa Kelebihannya?

Google mengumumkan bahwa Universal Analytics (UA) tidak akan digunakan lagi pada tahun 2023. Tepatnya, pada 16 Maret 2022, Google mengumumkan bahwa mereka akan mulai menghentikan Universal Analytics mulai Juli 2023. Itu berarti semua orang harus menyiapkan dan menggunakan Google Analytics 4 paling lambat pada tanggal tersebut.

Sudah beberapa bulan sejak Google mengumumkan rilis Google Analytics 4 (GA4), dan kami masih melihat banyak kebingungan seputar perbedaan utama antara GA4 dan Universal Analytics yang lebih lama.

Mengapa Google menggantikan UA?. “Universal Analytics dibangun untuk generasi pengukuran online yang berlabuh di web desktop, sesi independen, dan data yang lebih mudah diamati dari cookie, namun metodologi pengukuran ini dengan cepat menjadi usang.

Google Analytics 4 (GA4) berbeda dari pendahulunya karena beroperasi di seluruh platform, tidak bergantung pada cookie, dan menggunakan model data berbasis peristiwa untuk pengukuran. GA4 juga tidak menyimpan alamat IP, yang dapat membantu merek tetap patuh terhadap peraturan privasi.

Sangat penting untuk menjadi jelas tentang hal ini. Ini lebih dari sekadar pengumuman bahwa Google akan berhenti mendukung Universal Analytics. Dalam konteks ini, penghentian berarti bahwa UA akan berhenti memproses klik sepenuhnya pada tanggal yang tercantum di atas. Dengan kata lain, jika Anda masih mengumpulkan data dengan UA saat tanggal penghentian tiba, penerapan UA Anda akan berhenti berfungsi.

Apa yang terjadi setelah penghentian UA? Setelah UA berhenti memproses klik, properti UA Anda akan menjadi “hanya-baca”. Anda masih dapat mengakses data historis untuk analisis, tolok ukur, dan sebagainya. Namun, sebaiknya Anda juga mengekspor data UA ke gudang data seperti BigQuery agar dapat lebih mudah digabungkan dan diselaraskan dengan data GA4, bersama dengan set data lainnya.

Apa perbedaan Google Analytics 4 dengan Google Universal Analytics?

Model Pengukuran yang Berbeda

Perbedaan terbesar antara Universal Analytics dan GA4 adalah model pengukuran yang mereka gunakan. Universal Analytics menggunakan model pengukuran berdasarkan sesi dan tampilan halaman.

Sesi adalah sekelompok interaksi pengguna (hit) dengan situs web yang berlangsung selama jangka waktu tertentu. Sesi dapat berisi beberapa tampilan halaman, peristiwa, dan transaksi eCommerce.

Sebaliknya, Google Analytics 4 menggunakan model pengukuran berdasarkan peristiwa dan parameter. Prinsipnya di sini adalah bahwa setiap interaksi dapat ditangkap sebagai sebuah peristiwa. Akibatnya, semua jenis klik Universal Analytics diterjemahkan ke peristiwa di GA4.

Yang dapat membingungkan adalah bahwa di Universal Analytics (dan semua versi GA sebelumnya) suatu peristiwa memiliki kategori, tindakan, dan label serta merupakan jenis kliknya sendiri. Pada GA4 tidak ada kategori, tindakan, atau label. Setiap hit adalah peristiwa dan peristiwa dapat (tetapi tidak harus) berisi parameter.

Misalnya di GA4 ada event yang disebut page_view dan event ini berisi parameter page_location (URL halaman), page_referrer (URL halaman sebelumnya) dan page_title.

Jika disimpulkan, GA4 membawa beberapa hal baru, seperti:

  1. Peristiwa yang dikumpulkan secara otomatis –Peristiwa yang dilacak secara otomatis saat Anda memasang kode dasar GA4. Mereka termasuk acara seperti page_view, first_visit dan session_start
  2. Peristiwa Pengukuran yang Disempurnakan – Juga dikumpulkan secara otomatis di samping kode dasar, tetapi Anda dapat diaktifkan atau dinonaktifkan bergantung pada fungsionalitas situs web Anda. Peristiwa ini mencakup pengguliran, klik keluar, penelusuran situs, dan keterlibatan video.
  3. Acara yang Direkomendasikan – Ini adalah acara yang direkomendasikan Google untuk Anda siapkan dan telah dibagi menjadi jenis industri. Selain acara yang direkomendasikan eCommerce, acara yang direkomendasikan dari Google sepertinya hanya rekomendasi luas dan konvensi penamaan tidak penting
  4. Peristiwa Khusus – Ini adalah peristiwa dan parameter yang dapat Anda buat dan terapkan sendiri berdasarkan persyaratan situs web. Batas saat ini (dan ini dapat berubah di masa mendatang) adalah 500 peristiwa yang diberi nama jelas

Penghapusan Batas Klik Bulanan

Perbedaan signifikan lainnya antara Universal Analytics dan GA4 adalah penghapusan batas klik bulanan. Versi gratis Universal Analytics memiliki batas bulanan 10 juta klik.

Sebaliknya, GA4 memiliki batasan jumlah peristiwa berbeda yang dapat ditangkap. Ada, pada saat penulisan, tidak ada batasan untuk volume hits yang dapat dikumpulkan. Hal ini mengakibatkan sejumlah klien telah memilih pendekatan GA4-first untuk analitik mereka.

Koneksi Gratis ke BigQuery

Perbedaan terakhir yang akan dibahas adalah koneksi gratis GA4 ke BigQuery. Sebelumnya fitur ini hanya tersedia untuk pelanggan GA360 (dan merupakan salah satu pembeda besar antara versi GA gratis dan berbayar).

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan istilah ini, BigQuery memungkinkan kumpulan data yang sangat besar dan kompleks untuk dikueri dengan sangat cepat. Jika Anda pernah mencoba membuat segmen kompleks di GA, Anda akan menyadari masalah yang dapat ditimbulkan oleh pengambilan sampel pada kemampuan Anda menganalisis data.

BigQuery mengeluarkan data dari GA dan memberi Anda kemampuan untuk menginterogasinya tanpa masalah pengambilan sampel.

Apa yang harus dipersiapkan?

Pengumuman dari Google ini tentunya memberi sinyal kepada bisnis bahwa mereka harus mulai beralih ke GA4 lebih cepat daripada yang seharusnya, menjadikan ini saat yang tepat bagi merek untuk menyiapkan properti GA4 mereka jika mereka belum melakukannya.

Produk analitik unggulan baru Google adalah Google Analytics 4 (GA4), juga dikenal sebagai Google Analytics Baru. Organisasi yang belum menerapkan GA4 harus mulai merencanakan migrasi mereka dari UA ke GA4 sesegera mungkin. Meskipun GA4 dan UA memiliki beberapa kesamaan, penting untuk dicatat bahwa GA4 bukanlah iterasi inkremental dari UA. GA4 adalah pembuatan ulang Google Analytics dari awal, jadi pastikan Anda meluangkan waktu untuk membiasakan diri dengan perubahan utama untuk merencanakan migrasi yang teratur dan membangun keakraban dengan platform baru.

Organisasi yang telah menerapkan GA4 harus bekerja untuk memastikan bahwa setiap kasus penggunaan yang masih mengandalkan UA memiliki rencana untuk beralih ke GA4. Misalnya, pastikan bahwa setiap peristiwa khusus atau data lain yang diteruskan ke UA tetapi bukan GA4 juga diterapkan di GA4.

Catat Tanggal Penting Berikut:

  1. 1 Juli 2023: Semua properti Universal Analytics standar akan berhenti memproses klik baru.
  2. 1 Oktober 2023: Semua properti 360 Universal Analytics akan berhenti memproses klik baru.

Jelas, ada beberapa perbedaan penting antara Google Analytics 4 (GA4) dan Universal Analytics. Dan Anda harus memahami ini sepenuhnya sebelum beralih. 

Google telah membuat langkah signifikan dengan GA4, bahkan hanya dalam beberapa minggu terakhir. Misalnya, integrasi antara GA4 dan Google Optimize sekarang aktif, begitu pula integrasi antara GA4 dan Display & Video 360. Integrasi serupa lainnya akan diluncurkan di masa mendatang, begitu pula fitur utama perusahaan yang saat ini hanya tersedia di Universal Analytics. Meskipun persyaratan setiap organisasi berbeda-beda, tidak diragukan lagi bahwa GA4 semakin berfitur lengkap.

Baca Juga : Cara Memasang Google Analytics di Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.