Breaking News

cara memasang google analitycs

Cara Memasang Google Analytics di Website

Sebelum mempelajari cara memasang Google Analytics di website Anda, pelajari dulu “Apa itu Google Analytics”.

Google Analytics adalah seperangkat tool gratis yang menganalisis data di situs web atau aplikasi seluler bisnis Anda. Google merancang tool serba ada ini untuk membantu eksekutif seperti Anda memahami apa yang dilakukan pengunjung di situs Anda.

Dengan Google Analytics, Anda akan memantau strategi pemasaran konten Anda, lebih memahami pengguna Anda, membuat keputusan yang lebih cerdas, dan melacak kinerja penjualan.

Dengan mengakses wawasan unik Google, Anda dapat melihat saluran mana yang mendorong sebagian besar pengunjung Anda, memaksimalkan data Anda, dan memberikan hasil yang meningkatkan lalu lintas situs web Anda.

Cara Mendaftar Akun Google Analytics

Memulai Google Analytics adalah proses yang sederhana. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti langkah berikut.

Pertama, siapkan akun Google. Jika Anda menggunakan Gmail atau Google Drive, itu berita bagus. Anda sudah memiliki akun Google. Masuk ke akun Anda, lalu lanjutkan ke langkah nomor dua.

Jika Anda tidak memiliki akun, mudah untuk menyiapkannya akun Google terlebih dahulu.

Kedua, Setelah Anda masuk ke akun Google, ikuti proses tiga langkah untuk menyiapkan akun analitik. Anda perlu waktu sekitar satu menit untuk menyiapkan platform. Klik tombol daftar dan mulai dengan memberikan informasi tentang diri Anda, bisnis Anda, dan bagaimana Anda berencana menggunakan Google Analytics.

Ketiga, Setelah Anda membuat akun Google Analytics, Google akan memberi Anda kode pelacakan. Kode ini memungkinkan alat inovatif ini untuk mengumpulkan data dari pengunjung situs Anda.

Cara Memasang Google Analytics di Situs Web Anda

Sekarang setelah Anda memiliki nomor ID pelacakan Google Analytics, ada tiga cara populer untuk memasang platform di situs web Anda. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah:

1. Gunakan Plugin WordPress

Jika Anda telah membangun situs web Anda menggunakan WordPress, selamat. Sangat mudah untuk menginstal Analytics menggunakan plugin, seperti Yoast atau Paket SEO All-in-One.

Jika tidak, Anda dapat mencari halaman plugin WordPress untuk “Google Analytics” untuk berbagai opsi. Sekarang, pasangkan ID pelacakan Google Analytics Anda ke dalam plugin.

2. Tambahkan Tracking Code (ID) Google Analytics

Anda dapat dengan cepat memasang kode pelacakan Google Analytics di situs web Anda. Begini caranya:

  • Pada Google Analytics, buka admin (admin), lalu info pelacakan (tracking info), lalu kode pelacakan (tracking code).
  • Salin (copy) tag Situs (global site tag snippet).
  • Selanjutnya di WordPress, buka penampilan (appearance), lalu editor tema (theme editor).
  • Pilih Judul Tema (theme header).
  • Tempel (paste) cuplikan Google Analytics setelah tag pembuka.
  • Simpan perubahan.
  • Tambahkan kode Anda ke setiap halaman situs web Anda, atau tambahkan ke header atau footer untuk melacak seluruh situs Anda sebagai satu entitas.

3. Manfaatkan Google Tag Manager

Jika Anda telah memasang Google Tag Manager di situs web Anda, mudah untuk menghubungkan kedua alat tersebut. Ikuti tujuh langkah berikut untuk cara memasang Google Analytics:

  • Buka Google Tag Manager, lalu buka “Tag”, lalu “Baru”.
  • Berikan mana pada tag baru tersebut.
  • Di bagian Konfigurasi Tag, pilih Google Analytics, lalu Universal Analytics.
  • Buat variabel baru yang memungkinkan tag mengirim data ke akun Analytics Anda.
  • Pilih variabel baru dari menu dropdown dan pilih pengaturan variabel (variable setting).
  • Pilih “Semua Halaman” di bawah opsi pemicu (triggering option).
  • Terakhir, simpan tag baru Anda.

Bagaimana Anda Menyiapkan Dasbor Google Analytics?

Sekarang setelah Anda menyiapkan akun Google Analytics, berikan platform 24 jam untuk mengumpulkan data dan membuat laporan pertama Anda. Untuk melihat angka-angka ini, Anda harus mengakses dasbor Google Analytics. Bagian ini adalah tempat Anda akan menemukan alat yang Anda butuhkan untuk menavigasi platform.

Dasbor ini menyediakan ratusan metrik dan dimensi unik yang dapat Anda gunakan untuk menggali setiap aspek statistik situs web Anda. Dengan semua informasi yang Anda inginkan, ini bisa menjadi sedikit berlebihan, jadi mulailah dengan enam panel kontrol utama ini:

Dasbor Overview

Halaman beranda dasbor Google Analytics dikenal sebagai dasbor “Ringkasan” (Overview). Sisi kanan jendela menampilkan pandangan pertama ke data situs Anda. Di sisi kiri dasbor terdapat tautan ke laporan tertentu.

Panel kontrol ini menampilkan grafik, tabel, dan snapshot lain dari data Anda. Dari sini, Anda juga dapat mengakses salah satu dari lima dasbor tambahan, masing-masing dengan berbagai informasi akurat, termasuk waktu nyata, pemirsa, akuisisi, perilaku, dan konversi.

Dasbor Real-Time

Dasbor Real-Time menyerupai halaman ikhtisar utama. Temukan dengan mengklik opsi pertama di menu sebelah kiri. Bagian Google Analytics ini memberikan pelaporan langsung dari semua pengunjung yang saat ini berada di situs web Anda, memungkinkan Anda untuk memantau aktivitas saat itu terjadi.

Visualisasi data ini diperbarui dalam hitungan detik saat situs atau aplikasi Anda menangkap hit baru. Laman ini memungkinkan Anda memantau lalu lintas ke konten baru atau yang diperbarui dan apakah iklan peka waktu benar-benar mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.

Manfaatkan keempat widget waktu nyata untuk memvisualisasikan data kinerja Anda dengan baik, termasuk penghitung, garis waktu, peta geografis, dan tabel.

Dasbor Audiens

Dasbor Audiens adalah halaman yang ideal untuk dikunjungi jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan Anda. Dengan mengenal pengunjung situs Anda, seperti perangkat pilihan mereka dan di mana mereka berada, Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran Anda dengan pengguna individual Anda.

Pelajari berapa lama pengunjung berada di situs web Anda, berapa banyak halaman yang mereka kunjungi, ditambah usia dan jenis kelamin pengunjung Anda.

Anda bahkan dapat mengumpulkan informasi seperti berapa banyak orang yang mengunjungi situs Anda lebih dari sekali dan apakah audiens Anda berkinerja dengan memberikan pengguna yang konsisten yang terlibat dan berkonversi.

Dasbor Akuisisi

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana pengunjung Anda menemukan situs web Anda? Dengan dasbor Akuisisi, Anda akan menemukan wawasan berharga ini dan banyak lagi. Anda akan mempelajari tentang pengguna yang diperoleh situs Anda dari saluran yang berbeda sehingga Anda dapat membedah data ini dalam berbagai cara.

Cari tautan berjudul “Semua Lalu Lintas” (All Traffic). Bagian ini berisi laporan mendalam yang memberikan gambaran lengkap tentang perolehan audiens bulanan Anda di luar ringkasan ringkasan.

Salah satu manfaat paling signifikan dari mengawasi data ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemirsa Anda mencapai situs Anda melalui pencarian organik. “Search Console” mengungkapkan kueri penelusuran mana yang mereka gunakan untuk tiba di situs atau aplikasi Anda.

Dasbor Behavior

Dapatkan informasi yang dapat ditindaklanjuti tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs Anda dengan dasbor behavior (perilaku). Hal ini memberikan data komprehensif yang berguna untuk menilai kinerja berbagai halaman di situs Anda, khususnya analisis “Konten Situs”.

Dasbor khusus ini juga mengungkapkan beragam metrik, termasuk tampilan halaman, waktu rata-rata di halaman, dan rasio pentalan. Metrik ini sangat bermanfaat untuk menentukan konten Anda yang paling populer.

Sangat mudah untuk mengetahui halaman mana yang paling banyak dilihat dan yang paling lama menarik perhatian pengunjung Anda. Angka-angka ini memberikan wawasan luar biasa Anda tentang konten apa yang menjadi fokus upaya Anda dan jika Anda perlu meningkatkan atau menghapus bagian yang berkinerja buruk.

Dasbor Konversi

Layar analitik utama terakhir adalah dasbor Konversi. Area platform Google Analytics ini menampilkan seberapa sering pengunjung melakukan tindakan di situs Anda.

Perangkat lunak analitik melihat efisiensi konten Anda dibandingkan dengan sasaran situs Anda, seperti penjualan atau pendaftaran buletin. Metrik keterlibatan pemasaran, seperti rasio klik-tayang, dapat membantu Anda memverifikasi bahwa audiens yang Anda tuju menerima pesan Anda.

Sekarang Anda siap untuk mulai melacak data situs web Anda dengan Google Analytics. Sekarang setelah Anda siap, wawasan Google Analytics ini ada di ujung jari Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.