Breaking News

ISO 27701

ISO 27001 vs ISO 27701: Mana yang Lebih Urgen?

Jika Anda mempertimbangkan untuk berkarir di bidang keamanan dan privasi data, ini adalah tahun untuk mulai mengerjakannya. Hampir setiap posisi IT telah menjadi posisi cybersecurity. Apalagi dengan banyaknya ancaman keamanan yang muncul setelah beralih bekerja dari jarak jauh dan menggunakan sistem berbasis cloud.

Namun, jangan melamar salah satu dari 3,5 juta posisi terbuka keamanan siber yang diharapkan tahun ini dulu. Ada satu hal yang harus Anda miliki yaitu sertifikasi.

Mendapatkan sertifikasi menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan yang dicari oleh pemberi kerja. Bahkan jika Anda mendapatkannya dalam lingkungan pendidikan daripada di tempat kerja. Dan sertifikasi tertentu dapat memberi Anda keunggulan dibandingkan pelamar lain dengan pengalaman terbatas dan tanpa kredensial.

International Organization for Standardization (ISO) dan International Electrotechnical Commission (IEC) diakui secara internasional sebagai otoritas dalam sistem manajemen dan praktik terbaik.

Dua sertifikasi yang sangat dibutuhkan dan membuktikan pengetahuan Anda adalah ISO 27001 (Sistem Manajemen Keamanan Informasi) dan ISO (Sistem Manajemen Privasi).

Mengenal ISO 27001

ISO 27001 adalah standar Manajemen Keamanan Informasi internasional. Untuk organisasi, hal ini membuktikan kemampuan mereka untuk membangun, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi.

Selain itu, ISO 27001 memungkinkan organisasi untuk secara efektif meninjau keamanan informasi mereka. Akibatnya, mereka dapat memastikan keandalan sambil memberikan nilai dengan layanan mereka.

Untuk individu, kredensial ISO 27001 menunjukkan pengetahuan mereka tentang pendekatan praktis yang terkait dengan penerapan sistem manajemen keamanan informasi. Akibatnya, pemegang sertifikasi dianggap berwenang dalam menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi.

Memiliki sertifikat ISO 27001 semakin membuktikan kemampuan Anda untuk menerapkan kebijakan dan prosedur keamanan informasi yang disesuaikan yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, sertifikat ini lebih lanjut menjamin kemampuan Anda untuk mengintegrasikan sistem manajemen keamanan informasi ke dalam proses organisasi dan mencapai hasil yang diinginkan.

Berikut adalah beberapa sertifikasi yang dapat membuktikan kompetensi di bidang sistem manajemen keamanan informasi berdasarkan ISO 27001:

  1. Lembaga ISO 27001: Kredensial ini membuktikan kemampuan Anda untuk menerapkan dan mengelola sistem manajemen keamanan informasi sebagaimana yang telah ditentukan dalam ISO 27001. Kredensial ini menunjukkan pengetahuan Anda tentang modul sistem manajemen keamanan informasi serta metodologi dasar, persyaratan, dan pendekatan manajemen.
  2. Pelaksana Utama ISO 27001: Pelaksana Utama ISO 27001 ditargetkan untuk manajer proyek, konsultan, dan profesional implementasi sistem manajemen keamanan informasi. Hal ini memberi tahu atasan Anda tentang pemahaman Anda tentang praktik terbaik dalam perencanaan, penerapan, pengelolaan, pemantauan, dan pemeliharaan sistem manajemen keamanan informasi.
  3. Auditor Utama ISO 27001: Dengan sertifikasi Auditor Utama ISO 27001, para profesional dapat membuktikan kemampuan mereka untuk melaksanakan audit sistem manajemen keamanan informasi. Sertifikasi lebih lanjut menjamin kemampuan mereka untuk mengelola program dan tim audit, berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan, dan menyelesaikan konflik.

Mengenal ISO 27701

Diterbitkan pada tahun 2019, standar ISO 27701 adalah standar internasional pertama untuk manajemen informasi privasi. Standar ini memandu organisasi dalam membangun, memelihara, dan meningkatkan sistem manajemen informasi privasi.

Sistem manajemen informasi privasi meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi organisasi yang ada. Perusahaan dapat menilai, menyelesaikan, dan mengurangi risiko yang terkait dengan pengumpulan, pemeliharaan, dan pemrosesan informasi pribadi. Selain itu, standar ini memastikan kepatuhan organisasi terhadap peraturan ketat yang berkaitan dengan keamanan data.

Untuk menunjukkan pengetahuan dan keterampilan Anda tentang ISO 27701, Anda dapat memilih dari sertifikasi di bawah ini berdasarkan aspirasi dan peran Anda saat ini:\

  1. Lembaga ISO 27701: Sertifikasi ini mengakui pemahaman Anda tentang konsep dan prinsip dasar sistem manajemen informasi privasi. Ini lebih lanjut menunjukkan pemahaman Anda tentang standar dan strukturnya.
  2. Pelaksana Utama ISO 27701: Jika Anda seorang manajer, penasihat ahli, atau profesional yang bertanggung jawab atas informasi pribadi, sertifikat Pelaksana Utama ISO 27701 sangat ideal. Selain membuktikan kemampuan Anda untuk menerapkan sistem manajemen informasi privasi, sertifikasi ini membuktikan pengetahuan Anda tentang praktik terbaik manajemen informasi privasi, dan menjaga kesesuaian dengan persyaratan privasi data.
  3. Auditor Utama ISO 27701: Auditor, manajer, dan konsultan yang terlibat dalam audit sertifikasi sistem manajemen informasi privasi akan mendapat manfaat dari kredensial Auditor Utama ISO 27701. Sertifikasi ini membuktikan bahwa Anda memiliki keterampilan yang diperlukan untuk melakukan audit sistem manajemen informasi privasi. Sertifikasi ini juga menunjukkan bahwa Anda mendapat informasi yang baik tentang melindungi privasi data pribadi, mengelola program dan tim audit.

Manakah yang lebih urgen?

Setelah melihat secara menyeluruh standar dan sertifikasi yang tersedia untuk praktisi, inilah saatnya untuk membantu Anda membuat pilihan yang tepat.

Pertama, Anda harus memahami ISO 27701 adalah perpanjangan dari ISO 27001. Manajemen privasi adalah bagian integral dari sistem manajemen keamanan informasi, bukan sistem independen.

ISO 27701 memperluas cakupan ISO 27001 dalam hal keamanan informasi. Sementara privasi dan perlindungan data pribadi adalah bagian dari ISO 27001, standar yang lebih baru memperluas cakupan untuk memasukkan “perlindungan privasi yang berpotensi terpengaruh oleh pemrosesan pengidentifikasian informasi pribadiā€ yang dilakukan organisasi.

Oleh karena itu, seperti standar lainnya seperti ISO 27003 (Teknologi Informasi) dan ISO 27005 (Manajemen Risiko Teknologi Informasi), ISO 27701 memastikan sistem manajemen keamanan informasi organisasi dirancang dan dikelola secara efektif.

Dengan pemikiran ini, idealnya Anda harus memilih sertifikasi ISO 27001 sebelum beralih ke ISO 27701. Meskipun Anda dapat melompat ke sertifikasi ISO 27701 secara langsung, Anda mungkin kesulitan memahami manajemen privasi secara keseluruhan dan dari perspektif sistem manajemen keamanan informasi.

Sebagai perpanjangan dari ISO 27001, ISO 27701 memiliki potensi untuk mengurangi risiko terkait pelanggaran privasi dan informasi. Dengan mengintegrasikannya ke dalam sistem manajemen keamanan informasi Anda saat ini, Anda menunjukkan bahwa organisasi Anda memiliki sistem yang efektif untuk melindungi data pelanggan dan pemangku kepentingan.

Hubungan antara keduanya membuat implementasi ISO 27001 dengan ISO 27701 menjadi mudah. Standar ISO internasional mendukung penguatan sistem manajemen informasi Anda dengan sistem keamanan tambahan.

Manfaat memiliki sertifikasi ISO 27701 bagi Organisasi

  1. Meningkatkan Privasi data dan kepatuhan terhadap General Data Protection Regulation (GDPR). ISO 27701 memberikan jaminan bahwa organisasi Anda mematuhi GDPR sekaligus memungkinkan Anda menggunakan standar yang sama untuk peraturan dan persyaratan privasi lainnya.
  2. Integritas: Organisasi Anda dapat melakukan aktivitas seperti biasa dengan keyakinan bahwa Anda dapat mengelola risiko keamanan seputar informasi pihak yang diinvestasikan.
  3. Lebih menghemat waktu. Dengan ISO 27701, Anda akan dapat membalas kuesioner keamanan, mematuhi peraturan keamanan, dan meyakinkan individu bahwa Anda memiliki sistem manajemen risiko.
  4. Kesiapsiagaan, ISO 27701 akan membantu mempersiapkan organisasi Anda untuk pengembangan lebih lanjut dari peraturan terkait perlindungan data.

Dari penjelasan singkat di atas, baik ISO 27001 dan ISO 27701 keduanya sama-sama penting. Khususnya saat segala hal berkaitan dengan digitalisasi, keamanan data menjadi salah satu jaminan utama yang harus dimiliki organisasi. Selain itu, bagi profesional IT, memiliki kedua sertifikasi tersebut merupakan nilai tambah yang diperlukan bagi setiap organisasi. 

Baca Juga :Langkah Kunci Membuat Strategi Manajemen Data

Leave a Reply

Your email address will not be published.