Breaking News

index

Google Sedang Menguji Protokol IndexNow

Protokol IndexNow sedang Google uji terkait dengan efisiensi dan efektifitas yang tampaknya akan menjadi kecocokan baru. Hal tersebut sudah dikonfirmasi langsung oleh seorang juru bicara Google untuk proses perayapan dan pengindeksan.

Microsoft Bing telah mengumumkan terkait pengembangan protokol perayapan baru bernama IndexNow. Yang mana mereka menjanjikan untuk proses pengindeksan secara lebih efisien dan efektif.

Layanan IndexNow merupakan open source terbuka untuk semua search engine yang berpartisipasi. IndexNow adalah inisiatif dari perusahaan teknologi besar Microsoft dan didukung oleh Yandex.

Apa Itu Protokol IndexNow?

Secara detail penjelasannya, IndexNow adalah protokol baru yang dibuat oleh Microsoft Bing dan Yandex. IndexNow memungkinkan mesin pencari untuk lebih mudah dalam menelusuri konten pada situs website.

Setelan yang ada pada mesin pencari diberitahu tentang berbagai pembaruan dengan lebih cepat merayapi situs website. Terutama dalam mengindeks dan menemukan hasil pencarian.

Secara sederhana, IndexNow merupakan ping praktis yang bisa membuat mesin penelusuran mengetahui bahwa URL dan kontennya ditambahkan, diperbarui, serta dihapus.

Dalam hal ini mesin pencarian akan lebih cepat untuk menyesuaikan berbagai perubahan dalam setiap hasil penelusuran. Pasalnya tanpa IndexNow, mesin pencarian memerlukan waktu berhari-hari dan bisa lebih lama lagi untuk mengetahui konten berubah.

Menggunakan IndexNow akan membuat mesin pencari mengetahui URL yang sudah berubah. Serta membatasi perayapan organik dalam menemukan konten dengan waktu yang tidak efektif.

Metode Pengindeksan Search Engine

Terdapat dua metode yang digunakan oleh search engine dalam mendapatkan data halaman website. Keduanya adalah pull (tarik) dan push (dorong). Lantas apa itu pull dan push? Berikut ini penjelasan detailnya.

1. Pull

Metode pull ialah suatu proses atau cara yang mesin pencari lakukan saat merayapi dan mengunjungi situs website. Metode tersebut menggunakan cara menarik data dari server situs web. Hal tersebut merupakan cara umum yang dilakukan oleh mesin pencarian seperti Google.

2. Push

Sedangkan metode push menggunakan cara kerja sebaliknya. Yang mana pemilik kontenlah yang melakukan push atau mendorongnya agar terlihat oleh mesin pencari. Sehingga search engine akan tahu adanya perubahan pada konten mereka.

Metode push juga menjadi cara yang digunakan oleh IndexNow dari sisi mesin pencari. Nantinya IndexNow akan memberi tahu search engine saat konten telah terbit maupun melakukan pembaruan.

Sehingga search engine akan langsung merayapi konten tersebut dan kemudian mengindeksnya ke dalam database. Hal ini akan membuat audiens dalam melakukan pencarian menjadi lebih mudah.

Selain itu pembuat konten tidak lagi perlu untuk menunggu mesin pencari dalam merayapi dan menemukan konten.

Baca Juga: Apa Itu Email Marketing dan Strategi Implementasinya

Dukungan dari Berbagai Pihak

Ada banyak sekali situs website besar yang sudah mengadopsi API pengiriman URL Webmaster Microsoft Bing, serta hendak merencanakan perpindahannya ke IndexNow.

Website besar tersebut seperti eBay, LinkedIn, MSN, GitHub, Bizapedia, dan banyak lagi lainnya. Sedangkan untuk saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang sudah mendapat klaim dari IndexNow pada mesin pencari Bing.

1. Content Management System (CMS)

Protokol IndexNow telah menyatakan bahwa pihaknya akan mendorong semua CMS mengadopsi layanan tersebut. Yang mana untuk membantu pengguna agar konten pada situs website segera terindeks. Selain itu juga membantu meminimalkan beban dalam proses perayapan situs website.

Ada tiga nama CMS besar yang akan bersinergi dengan IndexNow. Berikut beberapa daftarnya.

  1. Wix, berencana untuk terintegrasi dengan IndexNow;
  2. Duda, mendukung IndexNow dalam beberapa waktu;
  3. WordPress, Microsoft Bing menyediakan kode open source dalam mendukung IndexNow. Nantinya untuk membantu WordPress dan CMS lainnya dalam mengadopsi IndexNow.

Menilik dari beberapa dukungan tersebut, Microsoft memberikan usulan untuk memasukkan integrasi IndexNow dalam WordPress Core. Akan tetapi hal tersebut masih belum berhasil.

2. Content Delivery Network (CDN)

Beberapa dukungan untuk IndexNow juga terdapat pada Content Delivery Network. Berikut beberapa perusahaan yang mendukungnya seperti berikut ini.

  1. Cloudflare, pada moment Impact Week yang diadakannya, perusahaan tersebut mengumumkan melakukan pembaruan pada perayap. Saat ini Cloudflare akan mendukung Protokol IndexNow serta berkolaborasi dengan Microsoft Bing dan Yandex;
  2. Akamai, juga berencana untuk melakukan dukungannya kepada layanan IndexNow.

3. Perusahaan SEO

Ada beberapa perusahaan SEO yang turut serta dalam mendukung Protokol IndexNow. Berikut beberapa perusahaan tersebut.

  1. Botify, berencana akan mengintegrasikan diri dengan IndexNow pada solusi FastIndex-nya, hal tersebut merupakan bagian dari rangkaian aktivasi Botify;
  2. On Crawl, melakukan rencana untuk mengintegrasikan dalam IndexNow di penawarannya;
  3. Yext, telah berencana untuk melakukan integrasi dengan IndexNow di dalam penawaran mereka.

Sayangnya semua perusahaan yang kami sebutkan di atas dalam memberikan dukungan terhadap IndexNow masih sebatas rencana. Hal ini karena IndexNow juga masih dalam proses yang baru saja rilis.

Serta belum mendapatkan dukungan dari pihak search engine terbesar, Google. Itulah mengapa belum ada yang benar-benar memberikan dukungan kepada IndexNow.

Proyek dari Microsoft untuk Efisiensi Indeks Konten

Protokol IndexNow merupakan salah satu proyek Microsoft sebagai suatu evolusi yang besar untuk mesin pencarian mengindeks konten. IndexNow sendiri tidak hanya Microsoft buat untuk keperluan produk anakannya saja.

Seperti search engine Microsoft Bing, namun juga untuk semua mesin pencarian termasuk Google. Yandex merupakan salah satu pendukung utama dari produk layanan IndexNow.

Pertama kali layanan tersebut diumumkan adalah pada tanggal 18 Oktober 2021 lalu di situs resmi mesin pencarian Bing. Ketika konten terbit atau diperbarui dalam suatu situs web, maka IndexNow akan memberitahukannya kepada mesin pencari.

Sehingga proses pengindeksan akan lebih cepat dan efektif. Selain itu pemilik situs website hanya cukup sekali saja dalam memberikan sinyal untuk membantu mesin telusur melakukan perayapan URL.

Google Sedang Menguji Protokol IndexNow

Tampaknya Google saat ini masih belum berpartisipasi dalam inisiatif layanan IndexNow. Meski pihak Google mengetahui inisiatif dari IndexNow yang meminta untuk berpartisipasi secara aktif. Namun saat ini Google bukan peserta aktif di dalam IndexNow.

Sebenarnya bagaimana protokol IndexNow tersebut bekerja adalah cukup sederhana. Yang perlu orang lakukan adalah dengan membuat kunci pada server, kemudian memposting URL ke mesin pencarian. Langkah-langkahnya secara detail adalah sebagai berikut.

  1. Bikin kunci yang didukung oleh protokol memakai alat pembuat kunci online;
  2. Host kunci dalam file teks bernama nilai kunci pada root di situs web;
  3. Mulai dengan mengirimkan URL ketika sudah diperbarui, ditambahkan, dan dihapus. Pengguna bisa mengirimkan satu URL atau satu set URL per panggilan API.

Apabila ingin melihat instruksi secara lebih detail lagi bisa mengunjungi situs Microsoft Bing IndexNow atau situs web protokol IndexNow.

Misalnya ingin menggunakan Bing, maka Yandex dan Microsoft Bing akan melakukan pembaruan. Pengguna tidak lagi perlu untuk mengirimkan URL Bing maupun Yandex. Cukup memilih salah satu dan semua mesin pencari yang menjadi bagiannya akan menerima perubahan.

Meski Google belum memberikan secara aktif terkait dengan ketergabungan bersama IndexNow, namun sudah banyak perusahaan besar lain yang hendak mendukung.

Nah, itulah beberapa informasi terkait dengan peluncuran protokol IndexNow oleh Microsoft. Dapatkan berbagai Informasi yang lain mengenai perkembangan dunia digital hanya di Diginews.id secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.