Breaking News

Samsung Galaxy Z Fold4

Ini Dia Plus Minus dari Samsung Galaxy Z Fold4

Akhirnya ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold4 telah dihadirkan di Tanah Air tercinta, yaitu di Indonesia. Namun sebelum membelinya, sebaiknya kenali dulu kelebihan dan kekurangannya. Sehingga Anda tidak menyesal Ketika sudah memesannya jauh-jauh hari.

Seperti yang diketahui bahwa ponsel Samsung terus menciptakan varian ponsel layer lipat terbaru untuk pasar global. Itu karena perusahaan ini menyadari bahwa saat ini tingkat persaingan industry sudah semakin kuat dan ketat.

Jadi masing-masing produsen HP harus bisa mengimbanginya dengan cara memberikan fitur yang handal dan berbeda dari yang lainnya. Tidak heran bila kemudian dengan kemunculan ponsel lipat ini membawa kabar baik bagi pecinta gadget.

Karena mereka bisa menikmati sensasi serunya menggunakna ponsel yang layarnya bisa dilipat. Sehingga rasanya lebih unik, karena tidak semua hp memiliki fasilitas mumpuni seperti itu. Belum lagi soal harga juga perlu dipikirkan dengan matang.  

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold4

Meski digadang-gadang menawarkan harga jual yang mahal hingga Rp31 jutaan untuk versi yang paling bagus (varian tertinggi), namun hal tersebut sebanding dengan apa yang ditawarkan untuk para penggunanya. Di bawah ini adalah kelebihan dari ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold4, antara lain:

1. Layar Dynamic AMOLED (Refresh Rate 120Hz)

Sesuai dengan harga jualnya, kali ini Samsung menawarkan layer utama menggunakan Dynamic AMOLED 2X Infinity Flex Display. Ponsel ini memiliki layer berukuran sebesar 7,6 inch dengan tingkat resolusi sebesar QXGA+ LTPO, Sedangkan untuk rasionya adalah 21.6:18, dan refresh rate bisa mencapai hingga 120Hz.

Kemudian untuk layer sekundernya, Ketika dilipat didukung oleh layer dynamic pada cover screennya. Dimana layer cover screen ini memiliki teknologi AMOLED 2X yang berukuran sebesar 6,2 inch. Sedangkan reolusinya sudah HD+ dan refresh rate adaptifnya bisa sampai 120 Hz dengan rasio berukuran sebesar 23,1:9. 

Menariknya lagi adalah di bagian panel belakang dan layer penutupnya juga lebih kuat. Karena sudah didukung oleh Corning Gorilla Glass Victus+. Jadi benar-benar lebih aman dari benturan atau apapun.

2. Performa Maksimal (Chip Snapdragon 8+ Gen 1)

Sama halnya dengan ponsel baru flagship pada umumnya, Samsung Galaxy Z Fold4 ini juga menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8+ generasi 1. Chipset ini bisa berjalan sampai dengan kapasitas sebesar 3,2 Hz.

Sedangkan untuk ukuran GPU dan CPU lebih cepat 10% dan besaran performanya juga lebih baik hingga 20% daripada versi terdahulunya jika dihitung per watt. Itu karena ponsel pintar Samsung Galaxy Z Fold4 ini sudah didukung oleh mesin berteknologi AI pada processornya.

Selain itu teknologinya berbentuk rendering volumetric. Jadi dengan teknologinya itulah membuatnya bisa menangkap rekapan menggunakan HDR 8K dan terdapat bokeh engine pada videonya.

Sedangkan sensor kameranya sudah sampai 200 Mp dan ada juga model X65 5G yang kualitasnya tinggi serta tingkat keamanan perangkat sangat baik dan sempurna. Karena system keamanannya didukung oleh perangkat bawaan Qualcomm secure.

3. Kapasitas Memori sampai 1 TB

Kapasitas RAM serta memori ponsel ini sangat besar, jadi dijamin Anda tidak akan khawatir bisa kehabisan. Karena tersedia RAM 12 GB lengkap dengan pilihan berupa memori penyimpanan sebesar 3.1. Jadi pilihan kapasitas memorinya dimulai dari 256Gb sampai dengan 1 TB. Bisa dibilang bahwa ukuran kapasitas ram memori sebesar 1 TB itu tentu saja sangat besar sekali.

4. Kamera Sempurna 

Dilihat dari segi kameranya sudah sangat bagus, karena terdapat 5 kamera sekaligus pada belakang dan depan layarnya. Ketiga kameranya ada dalam belakang ponsel karena masih menggunakan peningkatan Galaxy Fold 3.

Kamera utamanya berukuran sebesar 50 Mp lengkap dengan aperture f/1.8 dengan dukungan teknologi dual pixel autofocus, OIS, dan juga mempunyai bdaing pandang sebesar 85 derajat. Tidak hanya itu saja, masih ada lagi kamera ultrawide berukuran 12 Mp.

Bidang pandangnya berukuran sebesar 123 derajat dan memiliki kamera ultrawide berukuran sebesar 12 Mp. Ketiga kameranya tersebut ada telephoto sebesar 10 Mp dengan bukaan lensa berukuran sebesar f. 2.4.

Jadi sangat mendukung optical zoom hingga 3x lipat. Sedangkan space zoom berukuran sampai 30x lipat dari ukuran normal, OIS dan ada juga teknolgoi AI Super Resolution. Selanjutnya kamera depannya mempunyai 4 sensor Mp dan bukaan f/1.8 serta kamera depan pada cover sprei juga memiliki sendor 10 mp sekaligus.

5. Didukung dengan Samsung S Pen

Pengguna ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold4 akan selalu dimanjakan dengan adnaya tambahan aksesoris S pen. Jadi pengguna lebih mudah membca, menggambar, dan menulis. Disamping itu, ada juga masalah multi tasking yang dimilikinya tersebut.

6. Body Kokoh

Untuk bodynya sendiri sangat kuat dan kokoh. Ukuran dimensinya sebesar 155,1 x 130,1 x 6,3 mm jadi dijamin lebih aman. Karena berat ponsel pintar Samsung Galaxy Z Fold4 ini sebesar 263 gr atau jauh lebih ringan dari terdahulunya.

Selanjutnya untuk bezelnya menggunakan alumunium serta penutup engselnya lebih kuat. Jadi cocok sekali untuk Anda yang sedang mencari ponsel pintar yang unik tapi super canggih seperti ini.

Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold4

Meskipun digadang-gadang memiliki banyak sekali kelebihan, namun ternyata tetap saja ponsel lipat ini memiliki kelemahan di dalamnya. Penasaran seperti apa kelemahannya? Di bawah ini adalah 2 kekurangan yang ada dalam ponsel lipat ini yang bisa dijadikan sebagai sumber referensi dan pertimbangan Ketika ingin membelinya, antara lain:

1. Baterai Tidak Bisa Diupgrade

Meski chipsetnya sudah diupgrade menjadi lebih baik, begitu juga dengan RAM serta kapasitas penyimpanan daya baterainya, namun ternyata semuanya tidak bisa diupgrade lagi. Jadi sudah paten. Kapasitas baterainya berukuran sebesar 4.400 mAh dan dilengkapi dengan teknologi pengisian fast charging pada kabel 25 W.

Sedangkan bila tanpa kabel, teknologi fast chargingnya hanya memakan daya sebesar 15 W saja. Tentu saja ini menjadi kelemahan bagi ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold4 ini. Karena tidak bisa lebih besar baterainya.

2. Kamera Tidak Diupgrade 

Seperti yang telah diketahui bila ponsel terdahulunya memiliki kamera depan berukuran sebesar 4 Mp aperture f/1.8 pada bawah layer utamanya. Selain itu juga memiliki sensor kamera depan pada bagian cover screen berukuran sebesar 10 MP aperture f/2.2. Namun ternyata kameranya tersebut sama dengan ponsel terdahulunya. Yaitu Galaxy Z Fold3. Jadi bisa dibilang bahwa kameranya tidak diupgrade lagi.

Itu tadi adalah plus minus dari ponsel lipat ini. Selebihnya bila Anda tertarik ingin menggunakan ponsel ini untuk kegiatan sehari-hari, maka hp ini sangat membantu sekali. Karena meski memiliki beberapa kekurangan, namun tetap saja masih ada beberapa kelebihan dari ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold4 yang patut diperhitungkan.

Baca Juga : Serunya Ponsel Samsung Galaxy Z Fold4 5G dengan Fitur Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *