Breaking News

Sretegi pengoptimalan digital

Ini Pentingnya Strategi Pengoptimalan Digital Bagi Perusahaan

Di era saat ini, hampir semua orang terkoneksi secara digital. Bukan hanya dalam aspek komunikasi namun juga pekerjaan dan berbagai hal yang menyangkut gaya hidup. Mulai dari memesan tiket dan hotel untuk traveling, membayar tagihan, bahkan melakukan pembukaan rekening semuanya sudah bisa dilakukan secara online. Pola hidup digital semacam ini akan terus terjadi, terlebih lagi sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam 2 tahun ke depan akan muncul ratusan juta aplikasi baru, yang jumlahnya bisa menyamai pengembangan aplikasi dalam 40 tahun terakhir.

Bisa dibayangkan, artinya manusia akan lebih tergantung pada sistem digital dibandingkan manual. Hal ini tentu saja harus dicermati oleh para pemilik bisnis, sebab secara tidak langsung perilaku konsumen juga akan mengalami perubahan. Menyediakan aplikasi digital bukan lagi merupakan pilihan, namun sebuah kewajiban bagi para pemilik bisnis jika ingin usahanya tidak kalah saing dengan yang lain. Itulah mengapa, penting sekali memahami mengenai strategi pengoptimalan digital bagi perusahaan.

Mengapa Harus Menggunakan Strategi Pengoptimalan Digital?

Sebagai pemilik usaha, Anda mungkin tahu bahwa adanya aplikasi digital akan membantu meningkatkan penjualan dan memberikan pilihan belanja yang lebih beragam untuk konsumen. Namun di balik sebenarnya ada lebih banyak lagi fungsi aplikasi yang akan memberikan dampak besar bagi bisnis. Hal-hal semacam ini hanya bisa diketahui jika Anda melakukan strategi pengoptimalan digital.

Tanpa adanya strategi ini, Anda mungkin memilih atau menciptakan aplikasi tanpa pertimbangan khusus. Bahkan tidak jarang perusahaan yang memanfaatkan platform gratisan untuk membuat aplikasi tanpa menyadari bahwa konsumen mereka belum tentu cocok dengan fitur yang ditawarkan. Hanya sekedar menceburkan diri ke dalam dunia digital melalui aplikasi bukanlah hal yang tepat untuk meningkatkan bisnis. Anda harus melangkah lebih jauh lagi, dan memastikan setiap aspek digital yang dilakukan benar-benar memiliki imbas yang positif untuk keuntungan usaha.

Kunci dari Peningkatan Bisnis adalah Mempertahankan Konsumen

Saat ini, banyak pemilik usaha yang berfokus pada aplikasi-aplikasi untuk menarik pelanggan baru, misalnya melalui sistem cashback atau juga diskon. Tapi perlu Anda ketahui, mencari pelanggan baru bukanlah jawaban dalam meningkatkan level bisnis. Sebab tak ada gunanya mendapatkan 100 konsumen baru dalam sehari jika keesokan harinya atau minggu berikutnya tak satu pun dari konsumen tersebut yang kembali.

Alih-alih mencari konsumen baru, Anda harusnya mempertahankan konsumen yang sudah ada. Pastikan konsumen melakukan pembelian berulang dan berubah menjadi pelanggan, maka secara tidak langsung keuntungan pun akan meningkat. Hal semacam ini salah satunya bisa dicapai melalui strategi pengoptimalan digital yang tepat. Dengan menganalisis kelebihan produk serta menggabungkannya dengan keinginan konsumen, Anda bisa menciptakan sebuah sistem ataupun aplikasi yang dapat memberikan kepuasan maksimal.

Penting sekali untuk memastikan konsumen merasa nyaman menggunakan sistem digital yang Anda tawarkan. Sebab sekali saja mereka mendapatkan pengalaman yang buruk, maka mereka akan meng-uninstall aplikasi dan kecil kemungkinan untuk mengunduhnya kembali. Selain aplikasi, komunikasi digital dengan kosumen juga bisa dilakukan melalui pembuatan konten media sosial atau menciptakan website yang menyuguhkan informasi terbaru dan dibutuhkan konsumen.

Baca juga : Crypto, Mata Uang Digital yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Cara Menerapkan Strategi Pengoptimalan Digital

Untuk menerapkan strategi pengoptimalan digital, pertama Anda tentu harus memahami karakter konsumen. Seperti apakah konsumen yang ada saat ini? Apakah kebanyakan merupakan generasi muda yang sudah akrab dengan duni digital atau justru orang paruh baya yang lebih suka melakukan segala sesuatunya secara manual? Memahami hal ini sangat penting sebagai landasan untuk menciptakan sistem mampun aplikasi yang lebih user friendly.

Kedua, tonjolkan kelebihan produk agar selaras dengan sistem digital yang Anda jalankan. Kemudahan pesan kue ulang tahun di hari yang sama misalnya, atau pilihan untuk mengombinasikan menu sendiri tanpa batas, bisa menjadi beberapa contoh nilai plus dari bisnis makanan yang jelas akan menarik minat konsumen. Ditambah dengan sistem digital yang tepat, kelebihan tersebut akan lebih mudah dirasakan oleh konsumen sehingga merasa pun tertarik untuk melakukan pembelian berulang.

Ketiga, miliki tim yang ahli di bidang digital marketing. Kalau tidak memungkinkan untuk merekrut tim khusus, entah karena alasan biaya atau kurangnya SDM, Anda bisa bekerja sama dengan pihak lain. Misalnya, untuk Anda yang ingin melakukan campaign di media sosial, maka bisa bekerja sama dengan desainer dan juga copy writer. Untuk menghasilkan foto produk yang menjual, maka carilah fotografer yang profesional. Ingin membuat platform untuk menjual produk secara online, berarti kerja sama harus dilakukan dengan web developer. Kalau Anda ingin meningkatkan brand awareness secara lebih efektif, gunakan jasa para influencer untuk mempromosikan produk melalui media sosial mereka.

Jika ingin strategi digital dijalankan dengan lebih maksimal, maka Anda bisa bekerja sama dengan digital agency. Dengan cara ini, mulai dari strategi yang dilakukan, proses pelaksanaan, hingga hasilnya akan dilaporkan secara berkala sehingga Anda pun bisa lebih fokus dalam hal produksi. Kelebihan bekerja sama dengan pihak yang sudah sangat memahami dunia digital adalah Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih tepat sasaran tanpa harus membuat waktu dan tenaga, serta biaya.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menerapkan Strategi Pengoptimalan Digital

Jika tidak diterapkan dengan seksama, strategi digital tidak akan memberikan hasil yang memuaskan. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama berkaitan dengan pemilihan sistem atau aplikasi yang akan digunakan.

Pastikan sistem/aplikasi user friendly

Dalam hal ini, jika sistem atau aplikasi yang dipilih sulit untuk dijalankan, maka akan menurunkan kepuasan konsumen. Pastikan juga menyesuaikan interface sistem dan aplikasi dengan latar belakang konsumen.

Bekerjasamalah dengan digital agency yang profesional

Anda mungkin ingin menekan biaya sehingga mencari digital agency yang menawarkan harga lebih rendah. Hal ini tidak sepenuhnya keliru, namun pastikan hasil kerjanya profesional dan sesuai dengan permintaan.

Siapkan diri untuk menerima masukan

Jika Anda bukan orang yang memahami dunia digital, maka buka diri untuk menerima masukan dari para profesional. Hindari memaksakan kehendak karena para profesional lebih memahami cara kerja sistem atau aplikasi dan bagaimana hasilnya nanti.

Lakukan pengecekan secara berkala

Sebuah sistem atau aplikasi memang bisa berjalan dengan otomatis. Tapi di sisi lain, respon pengguna adalah hal yang harus dicek dan direspon secara berkala. Dengan cara ini, Anda jadi bisa mengetahui apa saja hal yang kurang dan bisa memperbaikinya di kemudian hari.

Strategi pengoptimalan digital sangatlah penting untuk dilakukan, agar bisnis Anda bisa lebih maju dan mendapatkan kepercayaan pelanggan sehingga tak kalah saing dengan yang lain. Jika membutuhkan bantuan para profesional, Anda bisa berkonsultasi dengan Maxsol yang akan mewujudkan komunikasi digital terbaik sesuai dengan keinginan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.