Breaking News

Iphone bisa jaringan 5G

iPhone di Indonesia Mulai Bisa Akses Jaringan 5G

Para pengguna iPhone di Indonesia sudah menanti-nanti kehadiran jaringan 5G yang dinyatakan mampu menyediakan koneksi internet yang jauh lebih lancar dan bisa diandalkan. Sebenarnya, jaringan 5G ini sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2021.

Tapi lokasi atau titik penggunaannya masih benar-benar terbatas. Jadi belum banyak pengguna smartphone yang bisa menikmati jaringan baru ini. Tapi setidaknya para pengguna iPhone sudah bisa mencicipi jaringan 5G karena sudah tidak lagi dibatasi atau dikunci.

Jaringan 5G Pada iPhone di Indonesia

Apple sebenarnya sudah merilis iPhone 5G pada tahun 2020, sejak iPhone 12 diluncurkan. Saat ponsel tersebut masuk ke Indonesia, jaringan yang tertinggi hanya jaringan 4G saja. Hal ini wajar karena bahkan smartphone flagship Android juga terbatas pada jaringan 4G saja.

Sayangnya, jaringan 4G yang merupakan jaringan tertinggi terus berlanjut hingga Apple merilis iPhone 13 di Indonesia. Saat beberapa flagship Android sudah menyediakan ponsel dengan jaringan 5G, Apple masih bertahan dengan jaringan 4G, kenapa demikian?

Ternyata penyebabnya adalah belum ada operator di negara ini yang mampu membuka potensi paling tinggi untuk mengakses jaringan di iPhone 5G. Untungnya, carrier update iPhone di Indonesia sudah diperbarui sehingga jaringan 5G sudah bisa diakses.

Hadirnya Dukungan 5G di Carrier Update iPhone

Apa itu carrier update yang membuat iPhone terbaru mampu mengakses jaringan yang lebih tinggi, yaitu 5G? Carrier update ini baru saja diperoleh para pengguna, terutama yang menggunakan Telkomsel sebagai operator jaringannya.

Carrier setting update merupakan salah satu cara yang digunakan oleh pihak operator untuk memperbarui carrier network serta berbagai pengaturan lain yang bisa meningkatkan performa jaringan iPhone keluaran terbaru.

Apple juga menginformasikan bahwa carrier setting update bisa juga menambahkan berbagai dukungan fitur baru di iPhone di Indonesia seperti panggilan WiFi maupun update jaringan 5G. Dukungan baru inilah yang sudah didapatkan oleh para pengguna iPhone yang ada di Indonesia.

Jika Anda merupakan salah satu pengguna iPhone terbaru tapi belum mengetahui ini, jangan-jangan Anda melewatkan notifikasi tentang carrier update. Untuk mengakses pembaruan ini, Anda bisa membuka aplikasi Settings bawaan di ponsel iPhone Anda.

Kemudian buka bagian General dan cari bagian About. Saat mengakses menu-menu tersebut, pastikan Anda sudah terhubung ke internet. akan muncul instruksi atau pemberitahuan untuk memasang carrier update sehingga kemampuan mengakses jaringan 5G pada iPhone akan terbuka.

Cara Melakukan Carrier Update iPhone di Indonesia

Carrier update yang membawa dukungan fitur jaringan 5G hanya bisa ditemukan di iPhone generasi terbaru, yaitu mulai dari iPhone 12 hingga versi yang lebih tinggi. Dan operator yang mendukung carrier update ini baru operator Telkomsel. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur ini?

Carrier setting update hadir dalam bentuk notifikasi atau pemberitahuan. Pemberitahuan ini akan muncul otomatis di tampilan utama iPhone. Saat notifikasi ini muncul, pengguna wajib memilih tombol Update. Atau bisa juga melakukan update secara manual dengan mengikuti instruksi ini:

  1. Buka Settings yang ada di iPhone terbaru kemudian buka menu General dan cari menu About. Setelah itu buka pilihan Update Carrier Settings lalu tekan saja tombol Update untuk segera memulai proses pengunduhan pembaruan.
  2. Kemudian pengguna iPhone di Indonesia yang menggunakan kartu SIM Telkomsel akan bisa menggunakan jaringan 5G di iPhone 13 atau iPhone 12. Kode terbaru carrier update yang disediakan oleh Telkomsel dan telah mendukung jaringan 5G adalah 49.1.0.

Berbagai jenis ponsel dari Apple yang sudah memungkinkan untuk menggunakan layanan 5G antara lain iPhone 12 series (termasuk iPhone 12 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 mini, dan iPhone 12 Pro) dan iPhone 13 series (termasuk iPhone 13 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 mini, serta iPhone 13 Pro).

Cara Mengaktifkan Jaringan 5G iPhone di Indonesia

Setelah pengguna melakukan update Carrier Settings, masih ada hal lain yang perlu dilakukan oleh pengguna iPhone terbaru yang juga menggunakan kartu SIM Telkomsel. Pengguna iPhone perlu mengubah koneksi sehingga jaringan internetnya akan beralih dari 4G menjadi 5G. Caranya adalah:

  1. Jalankan kembali aplikasi Settings yang ada di iPhone 12 maupun iPhone 13. Kemudian cari menu Cellular. Selanjutnya akses pada bagian Voice & Data yang menyediakan berbagai pengaturan berkaitan dengan jaringan dan suara.
  2. Akan muncul berbagai pilihan pengaturan, seperti VoLTE, 4G, 5G Auto, serta 5G On. Pengguna perlu memilih 5G Auto agar perangkat iPhone bisa mengubah akses ke jaringan internet 5G secara otomatis.

Jika pengguna iPhone terbaru berada di daerah tertentu yang sudah mendukung jaringan internet 5G, maka iPhone tersebut akan secara otomatis mengaktifkan jaringan 5G. Dengan begitu pengguna iPhone di Indonesia tidak perlu lagi mengubah pengaturan jaringan berkali-kali.

Berbagai Operator yang Sudah Mendukung Jaringan 5G

Meskipun Telkomsel merupakan operator paling awal yang menyediakan dukungan jaringan 5G di Indonesia, saat ini sudah ada beberapa operator lain yang menyediakan dukungan serupa. Operator tersebut adalah XL Axiata dan Indosat Ooredoo Hutchison.

Setiap operator seluler menyediakan dukungan jaringan 5G di beberapa daerah yang berbeda. Perhatikan lokasi yang didukung oleh setiap operator seluler sehingga Anda bisa menggunakan jaringan 5G setiap kali berada di kota-kota tersebut.

TelkomselIndosat Ooredoo HutchisonXL Axiata
DKI JakartaJakartaJakarta
SurabayaSurabayaBandung
MakassarSoloYogyakarta
BaliMakassarSurabaya
BatamBalikpapanDepok
MedanBekasiMedan
SoloBogorBanjarmasin
BalikpapanTangerangMakassar
Bandung  

Pengguna iPhone di Indonesia, terutama di berbagai kota yang ada dalam daftar di atas bisa mulai mencicipi kuatnya jaringan 5G di ponsel Apple terbaru yang mereka gunakan. Jika Anda juga merupakan pengguna iPhone versi terbaru, pastikan untuk mencari tahu informasi lokasi jaringan 5G.

Operator XL Axiata misalnya, hanya menyediakan jaringan 5G di beberapa lokasi di suatu kota. Untuk bisa menikmati jaringan 5G tersebut, pengguna ponsel wajib menemukan lokasi yang didukung. Jika berada di luar lokasi tersebut, jaringan 5G tidak bisa digunakan.

Periksa Jaringan yang Didukung oleh iPhone

Meskipun sudah ada beberapa operator seluler yang menyediakan jaringan 5G, pengguna iPhone di Indonesia perlu mencari tahu apakah ponsel yang mereka gunakan sudah mendukung jaringan 5G dari beberapa operator seluler tersebut.

Bisa jadi, meskipun operator seluler lain sudah menyediakan jaringan 5G, ternyata perangkat iPhone baru mendukung jaringan 5G yang disediakan oleh Telkomsel. Dengan mencari tahu operator apa uang didukung oleh dukungan fitur carrier update iPhone, Anda tidak akan salah memilih operator.

Baca Juga: Begini Review iPhone 13, Masih Tertarik Ingin Membelinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.