Breaking News

whatsApp Terkena Hack

Apa yang Harus Dilakukan Ketika WhatsApp Terkena Hack?

WhatsApp sudah menjadi aplikasi wajib yang pasti dimiliki oleh setiap pengguna ponsel. Sayangnya, beberapa pengguna mengalami masalah yang berkaitan dengan WhatsApp, yaitu akun WhatsApp terkena hack. Kalau hal ini terjadi, langkah apa yang perlu dilakukan?

Pihak-pihak yang jahat bisa meretas akun aplikasi pesan, seperti WhatsApp, dan menggunakannya untuk menipu orang lain atau melakukan tindakan apapun yang bisa merugikan orang lain. Jika akun WhatsApp diretas, ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk mengatasi masalah ini.

Ciri Akun WhatsApp Terkena Hack

Apa tandanya akun WhatsApp Anda sudah dihack atau diretas oleh orang lain? Anda perlu memahami ciri akun WA yang sudah dihack sehingga bisa mengantisipasi jika terjadi peretasan dan menyelamatkan kembali akun Anda tersebut. Beberapa tanda akun WA terkena hack adalah:

  • Anda sedang tidak membuka aplikasi WhatsApp, tapi saat dilihat dari akun WhatsApp orang lain akun Anda ternyata sedang online. Hal ini menandakan bahwa ada perangkat lain yang mengakses akun WhatsApp Anda.
  • Pesan yang masuk ke aplikasi WhatsApp terbaca sendiri padahal Anda belum membuka pesan tersebut. Bisa jadi ada pengguna lain yang sudah membuka dan membaca isi pesan yang masuk ke akun WhatsApp Anda.
  • Tanda lain WhatsApp terkena hack adalah akun Anda mengirimkan pesan sendiri ke orang lain padahal Anda tidak mengetik apa-apa, bahkan tidak menggunakan aplikasi WhatsApp. Ada pihak lain yang mengirimkan pesan tersebut tanpa sepengetahuan Anda.
  • Akun Anda tiba-tiba logout sendiri dan tidak lagi terdaftar di WhatsApp yang terpasang pada ponsel Anda. Hal ini menunjukkan bahwa ada orang lain yang memasukkan akun tersebut ke aplikasi WhatsApp yang ada di perangkat lain.
  • Akun WhatsApp yang Anda miliki tiba-tiba tidak bisa diakses lagi. Kalau ini terjadi, sudah pasti akun WhatsApp terkena hack dan Anda harus berusaha mendapatkannya kembali agar akun Anda tidak disalahgunakan untuk merugikan orang lain.

Jika akun WhatsApp Anda diambil oleh orang lain, bisa jadi pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut akan menghubungi kontak WhatsApp Anda dan melakukan penipuan atau hal lain yang lebih buruk lagi. Bagaimana cara menyelamatkan akun WhatsApp yang terlanjur diretas?

Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Apabila akun WhatsApp sudah terbukti terkena peretasan, tenangkan diri dan lakukan sesuatu untuk merebut kembali akun tersebut. Jika tidak segera diselamatkan, akun Anda bisa digunakan untuk tujuan yang berbahaya. Cara pertama untuk menyelamatkan akun WhatsApp terkena hack adalah:

  1. Menghapus pemasangan atau menguninstall aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel Anda. Akun WA yang dibajak biasanya akan langsung keluar dari aplikasi utamanya dan tidak bisa digunakan lagi.
  2. Buka App Store atau Play Store, kemudian unduh lagi aplikasi WhatsApp, pasang di ponsel Anda, lalu jalankan aplikasi WhatsApp tersebut. Login dengan memakai akun yang Anda miliki dengan memasukkan nomor ponsel yang sebelumnya sudah pernah didaftarkan.
  3. WhatsApp akan mengirimkan kode OTP. Masukkan kode tersebut ke aplikasi WhatsApp lalu seharusnya Anda sudah bisa mendapatkan akun WA milik Anda kembali. Setelah berhasil masuk di aplikasi ini, akun di perangkat lain manapun akan otomatis logout.

Dan setelah berhasil merebut kembali akun WhatsApp terkena hack, Anda perlu mengubah beberapa informasi agar kejadian semacam ini tidak mudah terulang lagi. Setidaknya Anda perlu menambahkan verifikasi dua langkah. Bagaimana caranya? Apa fungsinya?

Pentingnya Verifikasi Dua Langkah di WA

Di aplikasi WhatsApp terdapat fitur verifikasi dua langkah. Fitur ini memungkinkan Anda untuk login dengan dua langkah yang harus dilakukan secara terpisah. Langkah pertama adalah memasukkan OTP yang dikirimkan secara langsung oleh pihak WhatsApp.

Dan langkah yang kedua adalah memasukkan 6 digit PIN yang Anda buat sendiri. Verifikasi ganda seperti ini memungkinkan Anda untuk melindungi akun WhatsApp sehingga tidak bisa dengan mudah dibajak orang lain. Cara mengaktifkan verifikasi ganda bisa dipelajari disini:

  1. Buka aplikasi yang sudah berhasil diselamatkan dari WhatsApp terkena hack. Pilih Menu dan berbagai pilihan menu akan segera terbuka. Di ponsel Android, menu WhatsApp bisa ditemukan dengan mengklik 3 titik di kanan atas.
  2. Lalu pilih menu Settings untuk membuka semua pengaturan yang berkaitan dengan aplikasi dan akun WhatsApp. Akan muncul profil Anda dan berbagai pengaturan lainnya. Pilih pengaturan Account yang ada di bagian paling atas.
  3. Kemudian buka pilihan Two step verification yang ada di baris ketiga. Jika verifikasi ganda belum diaktifkan, pilih Enable. Kemudian tentukan 6 digit PIN yang tidak gampang ditebak oleh orang lain, terutama oleh orang yang kenal dengan Anda.
  4. Tapi kalau Anda ternyata sudah pernah mengaktifkan verifikasi ganda ini, pilih menu Change PIN dan perbarui PIN dengan 6 digit yang baru. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi akun WhatsApp terkena hack lagi.

Dengan mengaktifkan verifikasi ganda, siapapun yang berhasil memasukkan kode OTP akan terhalang oleh kode verifikasi 6 digit tersebut. Sehingga pihak manapun tidak bisa dengan mudah mengambil alih akun WA Anda lagi.

Pastikan untuk mengaktifkan verifikasi ganda atau mengubah PIN-nya segera setelah akun WA Anda berhasil didapatkan kembali. Dengan begitu pembajakan akun pun akan bisa langsung dicegah dan tidak akan terjadi lagi.

Cara Lain Menyelamatkan Akun WhatsApp terkena hack

Jika Anda sudah mencoba cara pertama di atas dan gagal mendapatkan akun WhatsApp yang dibajak oleh orang lain, masih ada solusi lain yang bisa dilakukan. Caranya adalah dengan mengirimkan laporan ke pihak WhatsApp bahwa akun Anda diambil alih oleh orang lain.

  • Kirimkan email ke support@whatsapp.com dan berikan informasi bahwa akun Anda hilang atau dicuri. Tuliskan Lost/Stolen di bagian subjek email.
  • Lalu masukkan informasi mengenai akun WhatsApp yang Anda miliki di kolom body email. Berikan juga pernyataan Anda untuk melakukan deaktivasi akun.
  • Email harus ditulis dalam bahasa Inggris sehingga pihak WhatsApp akan segera memahami maksud Anda dan langsung memberikan respon dengan cepat. Dengan begitu, akun WA Anda bisa segera dihapus secepat mungkin dan pembajak tidak sempat mengambil data.

Tujuan deaktivasi akun adalah untuk menghapus akun WA yang sudah diambil oleh orang lain dan tidak bisa Anda dapatkan kembali. Peretas pun tidak akan mempunyai akses terhadap akun tersebut. Cara ini bisa dilakukan kalau akun WhatsApp terkena hack dan PIN verifikasi diubah oleh pembajak.

Memang, semua history chat dan file apapun yang ada di WhatsApp akan menghilang. Tapi ini lebih baik daripada akun yang telah Anda gunakan selama bertahun-tahun disalahgunakan dan berakibat buruk bagi kontak yang tersimpan di akun WA Anda.

WhatsApp terkena hack memang merupakan masalah yang besar, apalagi kalau ada berbagai data penting dan banyak kontak di dalamnya. Anda perlu melakukan berbagai cara agar akun WA berhasil diselamatkan sebelum pembajak sempat bertindak jahat.

Baca Juga : Cara Membuat WhatsApp Chatbot dan Optimalisasinya di Bidang Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published.