Breaking News

Keunggulan dan Manfaat Jika Menggunakan LSI Keyword

Saat ini, google melalui robot indeknya mulai merubah struktur algoritmanya dengan mempertimbangkan relevansi konten yang disajikan. Lalu, bagaimana caranya agar konten bisa relevan dan disukai oleh mesin robot indek dari google? Selain memperhatikan kata kunci utama, Anda harus memperhatikan yang namanya kata kunci turunan atau lebih dikenal dengan Latent Semantic Indexing (LSI) Keyword atau lebih mudahnya kita sebut LSI.

Berbicara masalah optimasi website menggunakan search engine optimization (SEO) memang tidak ada habisnya. Banyak strategi yang bisa dilakukan untuk bisa mengoptimasi website bisnis agar bisa berada di halaman satu pencarian.

Untuk beberapa pemula yang baru saja terjun di dunia SEO mungkin akan sedikit kaku dalam menganalisis dan memilih kata kunci. Biasanya akan melakukan optimasi kata kunci utama yang mana persaingannya sangat tinggi. Terlebih lagi, mengenai konten yang ditulis di website mungkin bisa kurang relevan dan daya bacanya kurang. Sehingga, ada peluang di mana situs web tersebut bisa muncul dan tidak dihalaman utama.

Lalu apakah LSI Keyword itu?

LSI Keyword itu merupakan kata-kata atau frasa yang dianggap relevan oleh mesin pencarian seperti google secara semantik. Contohnya konten tentang “digital marketing”, kemudian kenapa bisa muncul “content marketing”, “marketing online”, “social media optimization”? Hal tersebut karena dalam satu konten mengandung kata-kata tersebut dan frasa atau kata kunci tersebut relevan dengan tema dan kata kunci utama digital marketing.

Seperti Apa Kinerja LSI Itu?

Pembahasan kinerja LSI disini secara umum, agar para pejuang SEO bisa dengan mudah memahaminya. Berikut ini adalah proses yang terjadi:

  1. Google memiliki robot indek tulisan yang berfungsi untuk mencari berbagai macam persamaan dari kata-kata yang digunakan di dalam situs web. Contohnya adalah kata digital. Digital ini memiliki banyak makna jika ditemani kata pendamping seperti digital marketing, digital printing, digital agency, digital copier.
  2. Kata-kata yang merupakan persamaan tersebut oleh mesin google akan digolongkan berdasarkan topik yang banyak dibicarakan. Melalui frekuensi pencarian dan relevansi konten yang ditulis di berbagai macam website. Google akan menggolongkan secara semantik persamaan kata yang terindek. Contohnya digital marketing akan berhubungan dengan content creative, online marketing, digital content, digital agency dan yang berhubungan dengan pemasaran digital. Kemudian untuk digital printing akan dihubungkan dengan aktivitas percetakan, foto copy dan aktivitas penerbitan buku.
  3. Mesin indek akan mengklasifikasikan digital yang berhubungan dengan strategi pemasaran dan digital yang berhubungan dengan aktivitas percetakan. Kemudian, LSI keyword tersebut akan digunakan untuk membedakan mana yang termasuk digital dalam bidang pemasaran dan mana yang termasuk digital dalam dunia percetakan.

Baca Juga : 10 Teknik SEO untuk Mangkring di Halaman Pertama

Apa Saja Manfaat dari LSI Keyword?

LSI Keyword ini pada dasarnya membantu para pemain SEO atau pelaku bisnis online memperoleh kata kunci turunan. Yang mana dalam melakukan optimasi tidak hanya terpaku pada kata kunci utama yang akibatnya menjadikan sebuah penalty. Berikut adalah beberapa manfaat jika kamu mau memanfaatkan LSI Keyword tersebut.

Kualitas Konten Menjadi Meningkat

Sepeti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk mencapai sebuah relevansi konten dengan kualitas yang bagus. Mesin indek Google akan mengidentifikasi konten dengan persamaan atau turunan kata kunci yang cukup. Hal ini diharapkan ketika melakukan sebuah pencarian, kata kunci turunan tersebut bisa memberikan klu kepada pencari informasi. Seperti contohnya fashion. Fashion akan menampilkan beberapa kata kunci turunan seperti “baju anak kekinian”, “heels elegan”, “kaos remaja murah” dan turnan lainnya tentang fashion. Karena memiliki banyak turnan inilah google menganggap bahwa konten kamu sangat membantu orang dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Penilaian konten relevan walaupun kata kunci tidak massive

Algoritma terbaru dari google melalui Hummingbird menunjukkan bahwa kata kunci utama yang dilampirkan di dalam konten sudah bukan menjadi kriteria paling utama dalam rangka optimisasi sebuah situs web, walaupun kata kunci tersebut sangat vital. Revelansi dan juga readability atau kemampuan konten untuk dibaca menjadi hal yang melengkapi website bisa berada di halaman nomor satu google. Sehingga, dengan bantuan LSI keyword, mempermudah pemain SEO untuk merangkai kata karena banyak pilihan kata yang membantu kata kunci utama dalam menjelaskan topik dalam situs web.

Mempermudah pengguna internet menemukan konten

LSI Keyword yang merupakan turunan kata kunci memang sangat membantu sekali bagi kita yang ingin berlomba-lomba memperebutkan posisi pertama di halaman google. Dalam satu topik bahasan kita memiliki beberapa kata kunci turunan maka akan semakin mudah orang tersebut menemukan. Sebagai contoh mudahnya kita menggunakan kata kunci “SEO”, maka akan muncul persamaan atau turunan seperti “jasa seo”, “kursus seo”, “jasa seo murah”, “paket seo”. Jika kita membahas mengenai jasa optimasi seo, maka turunan kata kunci yang kita pakai tersebut oleh google juga akan dimunculkan ketika orang mencari menggunakan persamaan kata kunci tersebut. Jadi semakin banyak orang untuk mudah menemukan website kita melalui kata kunci turunan.

Berpeluang mendapatkan peringkat bagus

Mesin pencarian bisa memberikan peringkat yang bagus untuk situs web kamu karena banyak istilah yang disampaikan di dalam konten yang disajikan tersebut. Singkatnya LSI Keyword ini menambah content friendly untuk setiap pengguna yang melakukan pencarian. Sehingga dengan tingkat kemudahan pencarian tersebut peringkat website kamu bisa naik.

Oke, dari beberapa manfaat LSI Keyword yang sudah disebutkan sebelumnya, bisa kamu praktikan guna optimasi menjadi lebih maksimal dan menghindari adanya penalty yang diberikan oleh google. Biasanya penalty yang diberikan oleh Google karena kita terlalu banyak atau terlalu sering menggunakan kata kunci yang sama adalah hilangnya eksistensi website kita di halaman google untuk sementara. Biasanya akan hilang selama 1 sampai 3 hari. Jadi, kamu bisa praktikan sekarang. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published.