Breaking News

Pahami Lima Matrik Dasar Facebook Ads Agar Tidak Melulu Boncos

Sebuah dinamika yang tidak terlupakan dalam dunia bisnis adalah dalam strategi pemasaran digital yang diterapkan. Mengapa demikian? Saat ini banyak sekali platform pemasaran digital yang dipakai oleh pelaku bisnis. Tujuan untuk membantu meningkatkan bisnis lebih signifikan daripada terobosan yang sebelumnya dilakukan. Ada beberapa contoh strategi pemasaran digital yang saat ini sudah banyak diterapkan oleh para pelaku bisnis seperti strategi pemasaran organik optimisasi media sosial dan search engine optimization (SEO). Kemudian untuk strategi yang berbayar seperti Google Ads, Facebook Ads dan TikTok Ads. Khusus untuk Strategi SEM Facebook Ads, perlu dipahami lima matrik dasar.

Jika berbicara masalah strategi organik, semua tahu bahwa teknik ini membutuhkan beberapa tahap dan proses yang cukup lama. Sedangkan untuk yang berbayar, ini ibaratkan sebuah suplemen penunjang agar bisnis bisa lebih banyak dikenal dikalangan luas pengguna internet.

Percaya atau tidak, salah satu metode pemasaran digital berbayar yang saat ini masih banyak digunakan adalah Facebook Ads. Hal ini karena Facebook memiliki beberapa tujuan periklanan yang disesuaikan dengan langkah bisnis pada umumnya.

Brand Awareness

Tujuan dari periklanan ini adalah untuk Anda yang baru saja memiliki bisnis baru baik itu di produksi barang atau layanan. Cara ini sangat efektif untuk Anda yang ingin melakukan pengenalan brand produk atau jasa Anda melalui media sosial Facebook.

Reach

Untuk tujuan iklan yang satu ini adalah mengutamakan seberapa banyak iklan dapat tampil dan dilihat audience facebook. Jadi dengan menggunakan strategi kampanye ini, pelaku bisnis bisa mendapatkan tayangan iklan dengan harga yang murah dan jangkauan yang banyak. Terkadang setiap orang yang menjadi target, dalam 1 minggu bisa melihat iklan yang tayangkan sebanyak 2 sampai 3 kali tayangan.

Traffic

Strategi campaign ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki website di dalamnya berisi penawaran produk atau jasa dan ingin disebarluaskan di media sosial facebook. Selain penyebarluasan, di sini Anda akan banyak memperoleh kunjungan dari audience yang klik iklan Anda menuju ke website. Untuk Anda yang saat ini memiliki toko online dan ingin mendapatkan kunjungan yang banyak, maka Traffic adalah cara yang tepat untuk mendapatkannya.

Engagement

Jika Anda ingin sekali mendapatkan like, comment dan postingan iklan yang dibagikan (share), maka engagement bisa dijadikan solusi untuk tujuan Anda. Sebelumnya engagement ini banyak dikenal sebagai Page Post Engagement (PPE). Iklan yang Anda tayangkan dengan cara ini diharapkan mendapatkan timbal balik keterlibatan audience untuk mau menyukai post. Dengan memberikan pendapat melalui komen dan membagikan postingan iklan yang menampilkan produk atau jasa yang akan ditawarkan.

Video Views atau Penayangan Video

Penayangan video ini sempat menjadi salah satu tujuan iklan yang favorit. Di samping memberikan konten yang menghibur, audience akan dibuat penasaran dari 3 detik awal tentang produk apa yang dijual. Namun perlu adanya pengemasan video yang menarik sehingga membuat audience menonton sampai selesai.

Lead Generation atau Pengumpulan Prospek

Strategi ini sangat berguna sekali untuk Anda yang ingin mendapatkan data dari calon pelanggan. Data akan didadapatkan melalui registrasi sebuah perlombaan, seminar atau kontes yang ingin dilaksanakan dalam rangka demo produk Anda.

Conversion atau Konversi Iklan ke Penjualan

Ini adalah salah satu strategi yang menjadi salah satu aspek favorit para pemain internet marketing. Mengapa demikian? Dengan menggunakan konversi ini, pelaku bisnis dapat dengan mudah melakukan pelacakan ketertarikan pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Tujuh strategi kampanye di Facebook tersebut adalah yang umum banyak dipakai oleh pegiat bisnis online melalui Facebook Ads. Lalu, untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman konsep dalam beriklan. Ada baiknya Anda memahami beberapa matrik penting yang bisa dijadikan sebagai key performance indicator (KPI) sehingga Anda menjadi lebih paham kapan iklan harus dihentikan dan kapan iklan bisa dijalankan kembali melalui tahap evaluasi.

Lima Matrik Dasar Facebook Ads

Result

Matrik hasil ini akan menunjukkan hasil dari iklan yang sedang Anda jalankan saat ini. Jika Anda menggunakan strategi iklan PPE, maka akan mengetahui ada berapa banyak interaksi yang ada di iklan. Seperti traffic yang mana mengedepankan kunjungan melalui klik tautan, maka hasil akan menunjukkan data yang masuk ke iklan Anda.

Cost per Result

Biaya per hasil atau CPR menunjukkan hasil dari total biaya iklan yang dipakai saat itu juga dibagi dengan hasil yang masuk. Mudahnya seperti ini, Anda menggunakan strategi traffic yang mana hasil ditekankan kepada klik tautan iklan menuju website. Jika dalam satu hari ternyata sudah ada 500 orang klik tautan dan biaya saat itu juga sudah menunjukkan nilai Rp 50.000,- maka biaya per hasilnya adalah 50.000/500 yang artinya biaya per hasil klik tautan iklan adalah Rp 100,-. Matrik ini sangatlah penting, karena jika CPR nya mahal, dan iklan Anda terus berjalan, yang ada biaya yang dipakai untuk beriklan akan semakin banyak pula.

Baca Juga : Digital People, Facebook Telah Luncurkan Podcast!

Link Click

Matrik bagian ini sebenarnya adalah bagian dari matrik yang biasa dipakai untuk kampanye Traffic dan Conversion. Klik tautan ini menunjukkan seberapa banyak audience atau calon pelanggan yang melakukan aksi “klik” link iklan yang diarahkan ke luar halaman facebook, contohnya website, landing page, atau marketplace.

View Content

Nah, untuk Anda yang mungkin belum familiar dengan matrik ini. Pada dasarnya ini digunakan untuk strategi iklan jika Anda memiliki toko online yang ingin dikunjungi dan audience dapat langsung membeli produknya. Fungsi lain dari melihat halaman website atau toko online dengan cara membandingkan seberapa banyak orang yang melakukan klik link dibandingkan dengan orang yang masuk berkunjung ke website atau toko online. Standar indikator bahwa iklan Anda menarik dan tepat sasaran adalah ada setidaknya 75% orang berkunjung ke website Anda. Misal ada 100 orang klik tautan, maka matrik view content ini setidaknya menujukkan ada 75 orang lihat halaman website.

Click Through Rate Link-Click (CTR Link-Clik)

Ini adalah bagian dari matrik krusial disamping CPR. Di mana Anda baru bisa mengambil keputusan apakah ingin melanjutkan iklan atau stop iklan untuk mengevaluasi lebih lanjut. CTR Link-Click ini mengindikasikan seberapa besar orang yang melakukan klik tautan iklan dibandingkan dengan jumlah audience yang melihat iklan tersebut. Jika impresi tayang iklan adalah 5000 kali dan klik link iklan anda ada 50, maka 50/5000 X 100% sehingga CTR Link-Click nya 1%. Angka tersebut termasuk dalam kategori iklan yang cukup bagus. Standar iklan tersebut bagus atau tidak dilihat dari CTR Link-Click dengan minimal rasio 1%.

Nah seperti itu ulasan mengenai matrik dasar Facebook Ads. Jangan lupa selalu evaluasi campaign setiap beriklan, sehingga Anda dapat menentukan apakah metode yang Anda gunakan sudah tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.