Breaking News

kota internet tercepat

Kota di Indonesia dengan Internet Terkencang

Era digital mengubah semua elemen kehidupan kita. Gaya hidup masyarakat pun ikut berubah. Di mana, semua kegiatan sekarang bisa dilakukan secara online. Maka dari itulah, koneksi internet sangat penting. Terutama, internet dengan kecepatan tinggi karena dapat memperlancar berbagai aktivitas online. Rupanya, ada kota-kota di Indonesia dengan internet terkencang. Di berbagai kota ini, Anda bisa menikmati koneksi internet yang melesat cepat. Mari simak dalam ulasan berikut.

Internet Tercepat di Indonesia Bukan di Jakarta

Meskipun menjadi ibukota negara, tapi Jakarta bukanlah kota yang memiliki sambungan internet paling cepat di Indonesia. Jadi, di Indonesia, kota yang menyediakan koneksi internet paling cepat adalah Tangerang, Banten. Sedangkan, Jakarta menempati posisi kedua dan menjadi runner up.

Fakta tersebut berdasarkan laporan dari perusahaan Speedtest, Ookla. Mereka mencantumkannya dalam laporan terbaru yang bertajuk “Speedtest Global Index”. Menurut laporan Ookla tersebut, Tangerang punya kecepatan download atau unduhan rata-rata 24,69 Mbps, lalu kecepatan upload atau unggahan 14,85 Mbps, dan latensi 28 ms. 

Setelah itu, baru di bawahnya atau yang menempati urutan kedua adalah Jakarta, dengan rata-rata kecepatan download 23,94 Mbps, lalu kecepatan upload 13,23 Mbps, dan latensi 30 ms.

Kemudian, di bawah Jakarta terdapat Bekasi yang memiliki rata-rata kecepatan download 23,48 Mbps, kecepatan upload 14,09 Mbps, dan latensi 24 ms. Selanjutnya di urutan keempat ada kota Depok dengan kecepatan download 23,07 Mbps, kecepatan upload 14,19 Mbps, dan latensi 26 ms. Sedangkan, posisi kelima ditempati oleh Makassar dengan kecepatan download 22,37 Mbps, kecepatan upload 14,19 Mbps, dan latensi 49 ms.

Posisi Urutan Kecepatan Internet Indonesia di Dunia 

Selain kota-kota dengan internet tercepat, Ookla juga menganalisis hal-hal lainnya yang masih berkaitan dengan kecepatan internet, khususnya di beberapa negara di dunia selama kuartal II tahun 2021. Indonesia juga termasuk di antaranya. Berdasarkan laporan tersebut, terungkap urutan kota yang memiliki kecepatan internet paling tinggi di setiap negara.

Sedangkan, untuk internet kabel atau internet fixed broadband, Indonesia menempati urutan ke-116. Di mana, kecepatan download mencapai 26.17 Mbps, sedangkan kecepatan upload sampai 15,27 Mbps, dan untuk latensi 19 ms.

Berdasarkan urutannya, berikut 10 kota di Indonesia yang memiliki sambungan internet tercepat, menurut hasil riset Speedtest dari Ookla:

1. Tangerang

Menurut laporan ini, kecepatan mobile internet di Indonesia menempati urutan ke-104 di seluruh dunia. Posisi ini menunjukkan bahwa Indonesia naik sebanyak delapan peringkat apabila dibandingkan dengan periode yang sebelumnya. Tercatat bahwa Indonesia punya rata-rata kecepatan download sampai 22,14 Mbps, dan kecepatan upload 12,61 Mbps, dengan latensi 36 ms.

Kecepatan download (Mbps): 24,69

Kecepatan upload (Mpbs): 14,85

Latensi (ms): 28

2. Jakarta

Kecepatan download (Mbps): 23,94

Kecepatan upload (Mpbs): 13,23

Latensi (ms): 30

3. Bekasi

Kecepatan download (Mbps): 23,48

Kecepatan upload (Mpbs): 14,09

Latensi (ms): 24

4. Depok

Kecepatan download (Mbps): 23,07

Kecepatan upload (Mpbs): 14,19

Latensi (ms): 26

5. Makassar

Kecepatan download (Mbps): 22,37

Kecepatan upload (Mpbs): 11,58

Latensi (ms): 49

6. Bandung

Kecepatan download (Mbps): 20,54

Kecepatan upload (Mpbs): 13,45

Latensi (ms): 31

7. Semarang

Kecepatan download (Mbps): 20,29

Kecepatan upload (Mpbs): 11,75

Latensi (ms): 35

8. Surabaya

Kecepatan download (Mbps): 19,99

Kecepatan upload (Mpbs): 11,59

Latensi (ms): 34

9. Medan

Kecepatan download (Mbps): 12,28

Kecepatan upload (Mpbs): 11,42

Latensi (ms): 44

10. Palembang

Kecepatan download (Mbps): 19,23

Kecepatan upload (Mpbs): 14,69

Latensi (ms): 42

Kita menyadari betapa pentingnya koneksi internet. Terutama, untuk melakukan berbagai aktivitas online. Mungkin, ada sebagian orang yang berpikir kalau koneksi internet lancar saja sudah cukup. Namun, sambungan internet sebenarnya akan jauh lebih baik kalau kecepatannya tinggi. Bukan hanya untuk kegiatan sehari-hari seperti browsing untuk produktivitas, atau streaming hiburan. Namun, terutama untuk bisnis Anda. 

Apalagi, internet sekarang menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan dari semua bisnis di berbagai bidang. Maka dari itu, supaya bisnis Anda berjalan lebih lancar, dibutuhkan koneksi internet yang cepat. 

Baca Juga : Tips Mempelajari Internet Marketing Secara Mudah untuk Pemula

]

Berikut keuntungan koneksi internet cepat untuk bisnis Anda:

Meningkatkan Kecepatan

Salah satu keuntungan utama internet cepat adalah kecepatan itu sendiri. Kalau karyawan perusahaan Anda perlu waktu berjam-jam sehari untuk mengunduh dokumen, melayani pelanggan atau browsing untuk riset, ini bisa menurunkan produktivitas. Bahkan, menurut Small Business Trends, kerugian internet yang lelet bisa mencapai ribuan dollar jika diakumulasikan.

Sinyal Lebih Kuat

Internet cepat juga memberikan sinyal yang kuat. Jadi, sinyal internet ini tetap kuat meskipun jarak dari WiFi router untuk jaringan hotspot-nya. Kalau sinyalnya lemah, karyawan yang berada jauh dari pusat WiFi tersebut akan kesulitan mengakses internet.

Peningkatan Keamanan

Keamanan online kini menjadi prioritas untuk semua bidang bisnis. Salah satu keuntungan internet cepat, yaitu Anda bisa memonitor kamera CCTV dan sistem keamanan secara virtual, kapan saja dan dari mana saja. Sirkuit internet yang cepat juga menyediakan perlindungan lebih aman dari kriminal cyber atau cybercrime, khususnya kalau Anda tidak menggunakan jaringan kabel internet.

Mendukung Banyak User

Sambungan internet cepat juga akan mendukung lebih banyak orang untuk bekerja online di saat bersamaan. Bahkan, apabila karyawan hanya ada sedikit, tapi internetnya lambat, ini bisa ikut memperlambat pekerjaan bahkan layanan ke customer. Jadi, internet yang cepat membantu pekerjaan agar bisa dikerjakan banyak orang, di banyak perangkat sekaligus, seperti laptop dan komputer.

Mengurangi Stres

Hampir semua orang pasti merasa frustrasi apabila harus bekerja dengan koneksi internet yang lambat. Bukan hanya harus menunggu lama untuk mengunduh dari website, tapi internet lambat juga meningkatkan kecemasan bahwa pekerjaan takkan bisa selesai tepat waktu. Sambungan internet yang cepat memudahkan para karyawan untuk bekerja secara bersamaan, dan nyaman melakukan kolaborasi, seperti obrolan pekerjaan di chat room atau konferensi. Jadi, kondisi lingkungan kerja lebih stabil dan terasa tenang.

Menghemat Biaya

Semua hal yang disebutkan di atas bisa membuat biaya meningkat. Khususnya apabila koneksi internet lelet. Maka dari itu, tujuan paling utama dan terpenting dari koneksi internet cepat, adalah memangkas biaya. Ketika karyawan bisa bekerja lebih cepat dengan waktu lebih singkat, kekhawatiran berkurang dan produkivitas juga bertambah. Ini sangat menguntungkan bisnis Anda, dan bahkan semua bisnis lainnya. 

Awalnya, biaya untuk memasang internet dengan koneksi cepat mungkin cukup tinggi. Namun, produktivitas yang meningkat sehingga ikut menaikkan pendapatan bisnis, akan sepadan dan bahkan memberikan balik modal serta keuntungan untuk Anda.

Jadi, itu tadi ulasan tentang kota di Indonesia dengan internet terkencang. Anda juga telah membaca berbagai keuntungan yang didapat dari koneksi internet cepat untuk bisnis Anda. Cari tahu strategi marketing digital lainnya bersama Maxsol. Maxsol siap memberikan solusi terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.