Breaking News

eror 404

Error 404 Not Found: Apa Maksudnya dan Cara Mengatasinya?

Error 404 not found merupakan salah satu jenis gangguan yang paling sering terjadi pada situs web. Gangguan yang satu ini wajib diperhatikan dengan serius karena bisa memberikan dampak buruk terhadap usability situs web. Semakin sering terjadi gangguan, semakin buruk dampaknya.

Tingginya jumlah gangguan ini bisa membuat pengalaman para pengunjung situs web menurun dan menjadi negatif. Para pengunjung situs web pun akan meninggalkan situs web tersebut dan mengakses situs web lain yang bisa menyediakan pengalaman yang lebih baik.

Apa Sebenarnya Error 404 Not Found Itu

Gangguan error 404 ini merupakan suatu peringatan yang akan muncul saat browser gagal menemukan file atau halaman yang ingin diakses. Penyebabnya bermacam-macam, bisa berupa konten yang menghilang, mengalami kerusakan, atau sudah diubah.

Pesan yang muncul bisa jadi berasal dari script situs web milik Anda. Atau, faktor lain yang bisa jadi mengakibatkan munculnya pesan ini adalah server hosting yang digunakan untuk menyimpan file situs web. Lalu apa solusi yang bisa membantu menyelesaikan permasalahan ini?

Solusi untuk Permasalahan Error 404 Not Found

Gangguan error yang satu ini tidak bisa diatasi secara langsung. Memang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan ini. Tapi sebelum menerapkan berbagai cara tersebut, pastikan untuk membuat cadangan seluruh data yang ada di situs web Anda.

Lakukan hal ini agar seluruh data penting yang ada tidak menghilang seandainya terjadi suatu kesalahan ketika mengatasi gangguan error. Setelah selesai membuat cadangan data situs web, segera ikuti berbagai cara mengatasi gangguan error berikut ini.

1. Pastikan penulisan URL sudah benar

Alasan paling sepele terjadinya gangguan error ini adalah kesalahan dalam pengetikan atau penulisan URL. Karena penyebabnya sangat sepele, maka Anda memerlukan solusi yang sepele juga. Periksa pengetikan URL pada address bar dan pastikan tidak ada kesalahan pengetikan.

Kesalahan pengetikan yang mengakibatkan error 404 not found bisa jadi hanya berupa huruf yang terulang, kesalahan dalam penulisan ekstensi, maupun kesalahan penulisan tanda baca. Jika penulisan URL sudah tepat tapi gangguan masih terjadi, coba solusi berikutnya.

2. Refresh atau reload halaman

Cara lain yang sangat mudah untuk mengatasi masalah error 404 ini adalah dengan melakukan refresh atau reload halaman situs web Anda. Untuk melakukannya, cukup pencet tombol F% yang terdapat di keyboard komputer atau PC Anda.

Pilihan lainnya adalah dengan mengklik ikon refresh yang ada di bagian kiri dari address bar. Dengan melakukan ini, seharusnya permasalahan error 404 sudah bisa teratasi. Jika ternyata masalah masih saja muncul, coba cara ketiga di bawah ini.

3. Atasi error 404 not found dengan bersih-bersih

Membersihkan history dan cache browser adalah satu cara lain yang wajib dicoba. Browser yang Anda gunakan akan menyimpan seluruh jejak penelusuran dalam bentuk cache. Browser menyimpan jejak penelusuran bukan tanpa alasan.

Dengan menyimpan jejak penelusuran, browser akan mampu bekerja dengan lebih efisien karena tidak perlu mengunduh berbagai informasi yang sama secara berulang-ulang. Cache juga menyimpan halaman error 404 not found sehingga Anda pun akan berulang kali melihat tampilan error tersebut.

Itulah sebabnya Anda perlu melakukan penghapusan history dan cache di browser agar tampilan error tidak muncul lagi. Cara melakukan penghapusan bisa dipelajari di bawah ini.

  • Buka aplikasi web browser yang sering Anda gunakan kemudian buka Settings dan pilih menu History. Anda juga bisa langsung memencet kombinasi tombol Ctrl dan H di keyboard.
  • Selanjutnya klik pada pilihan clear browsing data kemudian pilih rentang waktu data yang akan Anda hapus.
  • Centang pada pilihan browser history serta pada bagian cached images and files lalu langsung saja klik pada tombol clear data.

4. Atasi error 404 not found dengan reset permalink

Penyebab paling umum munculnya gangguan error 404 ini adalah proses penampilan permalink pada WordPress. Ada berbagai pilihan untuk menunjukkan permalink, mulai dari permalink dengan nomor hingga permalink judul postingan. Cara mereset permalink ada di bawah ini.

  • Buka pengaturan permalink terlebih dahulu dengan cara membuka dashboard WordPress kemudian mengklik pada menu Settings kemudian memilih Permalinks.
  • Kembalikan jenis permalink ke permalink plain untuk sementara waktu. Pilih default plain kemudian klik Save. Halaman pengaturan pun akan dimuat ulang.
  • Kemudian kembalikan pengaturan permalink menjadi pengaturan yang sebelumnya Anda gunakan. Klik Save lagi dan struktur permalink pun akan berhasil direset.

Akses lagi situs web yang tadinya error. Seharusnya setelah permalink direset, maka gangguan error tersebut akan bisa teratasi dan situs web pun bisa dijalankan dengan lancar.

5. Restore file .htaccess di WordPress

Cara lain untuk mengatasi error 404 not found adalah dengan menggunakan file .htaccess. Biasanya, error yang terjadi mengakibatkan kegagalan akses dashboard WordPress. Kalau ini terjadi, maka Anda tidak akan bisa menggunakan dashboard untuk mereset permalink.

Untungnya, ada cara lain yang bisa digunakan untuk melakukan reset permalink, yaitu dengan memakai file .htaccess. Cara menggunakan file tersebut untuk melakukan reset permalink adalah:

  • Buka situs web Anda menggunakan FTP. Anda juga bisa memakai aplikasi khusus seperti FileZilla dengan tujuan mengakses situs web Anda.
  • Langkah selanjutnya untuk mengatasi error 404 not found adalah membuka folder root WordPress yang didalamnya berisi instalasi WordPress. Direktori ini biasanya ada di folder www atau public_html. Anda juga bisa menamainya dengan nama situs web Anda.
  • Buka dan masuk ke dalam folder tersebut kemudian temukan file .htaccess. kalau Anda akan memakai FileZilla, klik kanan file yang dimaksud lalu pilih View/Edit.
  • FileZilla pun akan segera mengunduh file yang dimaksud. Lalu buka file tersebut dengan memanfaatkan text editor lalu simpan file .htaccess tersebut.
  • Hindari perubahan apapun kalau Anda tidak memahami atau tidak yakin dengan kemampuan coding. Yang perlu Anda lakukan adalah mengubah .htaccess yang lama dengan file .htaccess default. Proses reset permalink secara manual telah berhasil dilakukan.

6. Menonaktifkan plugin dan tema

Plugin atau tema yang bermasalah juga bisa mempengaruhi struktur URL situs web dan mengakibatkan munculnya error 404 not found. Bisa jadi, hanya dengan menon aktifkan tema dan plugin, masalah error 404 bisa teratasi dengan mudah. Ada du acara untuk menonaktifkan tema dan plugin.

Cara yang pertama adalah dengan menon aktifkan tema serta plugin melalui dashboard. Nonaktifkan seluruh plugin yang ada dan periksa apakah error 404 masih muncul. Jika ternyata error sudah tidak muncul lagi, maka salah satu plugin tersebut adalah sumber masalahnya.

Cara lain untuk menonaktifkan plugin adalah dengan menggunakan FTP. Tapi karena cara ini lebih sulit untuk dilakukan, sebaiknya gunakan cara yang pertama untuk mengatasi permasalahan error 404 not found. Ini merupakan solusi terakhir yang bisa dicoba dan biasanya merupakan yang paling efektif.

Baca Juga :Alasan Pentingnya Website Maintenance untuk Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published.