Breaking News

SEM

Mengenal SEM, Strategi Terbaik Tingkatkan Kunjungan Website

SEM atau Search Engine Marketing dikenal sebagai salah satu strategi terbaik untuk meningkatkan kunjungan website. Simak berbagai informasi mengenai SEM di sini.

Digitalisasi di berbagai aspek tentunya berpengaruh juga terhadap strategi marketing dalam bisnis. Jika dulu iklan melalui media massa atau televisi menjadi cara terbaik mendapatkan pelanggan, kini semuanya beralih ke dunia digital. Itulah yang menjadikan digital marketing makin diminati, termasuk juga pengaplikasian SEM dalam meningkatkan kunjungan ke sebuah website. 

Pengertian SEM

SEM atau Search Engine Marketing merupakan teknik digital marketing yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website di mesin pencari, melalui iklan pay per click atau PPC. Meningkatkan visibilitas website memang bisa dilakukan melalui SEO atau Search Engine Optimization dan juga content marketing. Namun dengan menggunakan SEM yang notabene berbayar, maka website yang dipromosikan akan memperoleh kolom iklan teratas pada mesin pencari. Dengan SERPs atau search engine results pages yang tinggi, maka makin mudah juga orang menemukan sebuah website.

Kelebihan SEM

Dibandingkan jenis teknik digital marketing lain, SEM menawarkan fleksibilitas baik dalam hal budget maupun target yang ingin dicapai. Kelebihan dari SEM antara lain:

  • Meningkatkan brand awareness dan brand equity dari produk serta jasa yang dipasarkan.
  • Meningkatkan visibilitas sekaligus traffic website
  • Bisa menargetkan pembaca yang memang sudah memiliki ketertarikan terhadap brand Anda.
  • Dapat meningkatkan target pembaca.
  • Bisa menyasar target berdasarkan lokasi dan  bahasa yang digunakan.
  • Memberikan keuntungan yang kompetitif.
  • Memberikan return of investment atau ROI yang lebih tinggi dibanding jenis media iklan lainnya.

Cara Kerja SEM

Pertama-tama, pengiklan harus memilih keyword sesuai dengan iklan yang diinginkan. Keyword ini harus relevan dengan audiens, produk, atau jasa yang diiklankan. Setelah itu, pengiklan menentukan budget maksimum per klik atau cost per click (CPC) untuk setiap iklan yang ditampilkan. Setiap kali ada pembaca yang mengetikkan keyword tersebut di mesin pencari, maka iklan yang memenangkan pertarungan SEM yang akan muncul di urutan teratas mesin pencari. 

Pemenang SEM ini bergantung pada kualitas wording pada iklan, bid CPC tertinggi, dan juga beberapa faktor lainnya. Jika iklan Anda yang nantinya diklik, maka Anda akan dikenakan biaya sesuai dengan budget yang telah ditentukan di awal.

Langkah Sukses Aplikasikan SEM

Meski dianggap bisa memberikan hasil lebih cepat dibandingkan SEO, namun tak berarti juga SEM akan langsung berhasil dalam sekali coba. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengaplikasikan SEM, antara lain:

Tetapkan target dengan jelas

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan SEM tidak berhasil adalah kurang tepat sasarannya keyword dengan goal yang ingin dicapai. Sebelum menetapkan budget untuk SEM, pastikan terlebih dahulu goal apa yang ingin dicapai, misalnya brand awareness atau hal lainnya.

Lakukan strategi yang efektif

Ketahui dengan baik audiens, kenali juga kebutuhan dan kesukaan mereka. Ketika Anda bisa memahami tersebut dengan baik, maka lebih besar kemungkinan SEM akan berhasil. Hal ini juga sangat membantu menetapkan keyword dan wording yang tepat untuk iklan.

Gunakan keyword research tools

Sekilas Anda mungkin mengetahui keyword apa saja yang cocok dengan target iklan. Namun Anda tetap membutuhkan keyword research tools yang bisa mengembangkan kata kunci dengan lebih baik. Melalui tools ini, Anda bisa menemukan keyword yang conversion rate dan click through rate atay CTR tinggi, dan keyword dengan korelasi tinggi antara conversion rate dan CTR.

Dalam hal keyword, ada beberapa kategori yang perlu Anda ketahui:

  1. Branded keyword atau keyword yang berhubungan dengan istilah perusahaan Anda, seperti nama produk atau tagline. 
  2. Product atau service keyword, yang meliputi variasi kata dari produk atau jasa Anda. 
  3. General keyword, terdiri dari istilah umum yang banyak digunakan pengguna mesin pencari yang masih berhubungan dengan produk atau jasa yang Anda jual. 
  4. Affinity keyword atau istilah yang memiliki kaitan cukup jauh dengan produk atau jasa Anda, namun masih ada di lingkup yang sama. Contohnya jika Anda menjual alat memasak, maka keyword berupa nama resep masih bisa digunakan.
  5. Longtail keyword adalah istilah yang tidak berkorelasi negatif dengan produk Anda dan nantinya akan dinegasikan atau difilter. Dengan kata lain, pengguna mesin pencari yang mengetikkan negative keyword tidak akan menemukan produk Anda. Misalnya, jika Anda menjual jam tangan, lalu ada yang mengetikkan keyword jam tangan kw, maka produk Anda tidak akan muncul.

Kembangkan landing page

Selain keyword, landing page juga harus dioptimisasi sebab sangat menentukan apakah pembaca akan tetap berada di page tersebut atau justru langsung menutupnya. Pastikan link yang ada di landing page bisa diakses dan menuju ke halaman yang benar, lengkapi juga landing page dengan deskripsi yang nyaman dibaca dan jelas.

Teliti menulis ad copy

Ad copy atau wording pada iklan SEM harus mengandung keyword dan bisa menyampaikan maksudnya dengan baik agar mudah dipahami pembaca. Perhatikan apakah diksi sudah tepat, apakah setiap kata sudah ditulis dengan benar dan tidak typo, apakah ada istilah superlatif biasanya tidak boleh digunakan, dan lain sebagainya.

Ketika Anda sudah siap untuk memasang iklan SEM, lakukan dulu beberapa pengecekan akhir yang meliputi kategori kwyrod, URL di setiap keyword, landing page yang dituju, dan juga wording yang digunakan.

Kegiatan pasca SEM di-publish

Setelah SEM berhasil diluncurkan, bukan berarti tugas sudah selesai. Anda harus memonitor keberhasilannya. Jangan pernah lelah mencoba berbagai strategi berbeda untuk mengetahui efek yang dihasilkan.

Perhatikan juga apakah keyword yang dipilih dan digunakan sudah efektif untuk menjaring target audiens yang diinginkan. Seiring berjalannya waktu, Anda akan mengetahui mana saja keyword yang berhasil dan mana yang tidak. Semakin aktif sebuah keyword, maka harus lebih diperhatikan. Misalnya saja, satu keyword yang bisa menghasilkan hingga 100 klik per hari, lebih penting dibandingkan Anda mencari 100 keyword baru untuk satu bulan lamanya.

Pengukuran hasil SEM juga perlu dilakukan dengan baik. Jangan lupa untuk menghitung ROI dari setiap strategi yang Anda gunakan dan bandingkan hasilnya dengan jenis iklan lain. Ingatlah juga bahwa SEM seharusnya bergantung pada satu longterm keyword. Jangan terlalu sering mengganti keyword untuk target yang sama kalau ingin hasilnya lebih maksimal.

Anda sebaiknya juga menghindari beberapa kesalahan yang banyak terjadi dalam menggunakan SEM, misalnya saja tidak memasukkan keyword dengan benar, wording yang tidak sesuai target audiens, atau tidak mengoptimalisasi pencarian versi mobile.

SEM tergolong teknik digital marketing yang mudah diterapkan oleh pemula sekali pun. Meski demikian, Anda pasti membutuhkan dukungan tim profesional untuk memperoleh hasil memuaskan. Maka dari itu, berkonsultasilah dengan Maxsol, yang sudah berpengalaman untuk mendapatkan strategi digital marketing terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.