Breaking News

Microsoft Rilis Aplikasi Android

Microsoft Rilis Aplikasi Android untuk Windows

Windows dan Android adalah dua jenis sistem operasi yang berbeda. Keduanya mempunyai aplikasi yang berbeda juga. Tapi saat ini Microsoft rilis aplikasi Android sehingga bisa digunakan di perangkat yang sistem operasinya adalah Windows.

Sudah ada beberapa aplikasi Android yang bisa mulai diakses di perangkat Windows. Sayangnya, untuk saat ini aplikasi Android tersebut baru bisa diakses oleh para pengguna PC dengan sistem operasi Windows 11, itupun yang berlokasi di Amerika Serikat.

Microsoft Rilis Aplikasi Android Ini untuk Windows 11

Sejak hari Rabu tanggal 16 Februari 2022, para pengguna Windows 11 yang ada di Amerika Serikat sudah mendapatkan akses ke preview atau pratinjau toko aplikasi yang dimiliki oleh Amazon, yaitu Amazon Appstore Preview.

Pengguna menemukan setidaknya ada 1000 aplikasi serta game Android yang bisa diunduh di Microsoft Store melalui Amazon Appstore. Beberapa aplikasi Android yang bisa diunduh oleh para pengguna Windows 11 meliputi Lords Mobile, Subway Surfers, Audible, dan Kindle Amazon.

Selain itu, Microsoft rilis aplikasi Android lain yang bisa diunduh oleh para pengguna Windows 11, seperti Khan Academy Kids, The Washington Post, Coin Master, Clash of Kings, Ring, Lego Duplo World, Spotify, Uber, Yahoo, dan yang lainnya.

Uji Coba Sudah Dilaksanakan

Pada bulan Oktober tahun 2021, Microsoft sudah pernah melakukan uji coba berbagai fitur yang dimiliki oleh aplikasi Android beta di perangkat Windows 11. Saat itu, jumlah aplikasi Android yang bisa dipasang di Windows 11 dibatasi hingga 50 aplikasi saja.

TechCrunch menginformasikan bahwa sebelumnya fitur tersebut hanya bisa digunakan oleh para pengguna Windows 11 yang sudah mengikuti program khusus Windows Insider Program. Kehadiran fitur baru tersebut membuat game dan aplikasi Android berjalan mulus di Windows 11.

Microsoft rilis aplikasi Android yang terasa seperti aplikasi untuk Windows. Dengan kata lain, saat aplikasi tersebut dijalankan, pengguna akan merasa seolah-olah aplikasi tersebut memang aplikasi Windows dan bukan aplikasi untuk sistem operasi lain yang dipaksakan ke Windows.

Teknologi Baru yang Dihadirkan oleh Microsoft

Kemampuan yang dimiliki oleh Windows dalam menjalankan aplikasi Android secara terintegrasi dan sangat mulus adalah kemampuan yang sepenuhnya baru. Selama ini, pengguna hanya bisa menggunakan aplikasi Android di Windows dengan memanfaatkan dual boot OS dan emulator.

Meskipun sudah menghadirkan teknologi terbaru, aplikasi Android tidak bisa langsung dipasang di Windows 11 dari toko aplikasi Microsoft Store. Pengguna harus menginstal aplikasi Android dengan mengunduhnya melalui Amazon Appstore.

Microsoft rilis aplikasi Android setelah bermitra dengan Intel dan Amazon. Kerja sama inilah yang menghadirkan game dan aplikasi Android secara native pada perangkat Windows 11. Untuk menginstal aplikasinya, pengguna Windows 11 perlu melakukan beberapa langkah.

  1. Pengguna harus melakukan pembaruan Microsoft Store terlebih dahulu. Cara untuk melakukannya adalah dengan membuka aplikasi Microsoft Store kemudian membuka bagian Library dan memilih menu Get Updates.
  2. Kemudian pengguna Windows 11 bisa mencari game atau aplikasi Android yang ingin dipasang di perangkat Windows 11. Contohnya adalah game Subway Surfers, ketikkan nama tersebut di bagian pencarian lalu tunggu sampai aplikasinya muncul.
  3. Karena Microsoft rilis aplikasi Android bersama dengan Amazon, pengguna perlu mengklik tombol Get from Amazon Appstore. Pengguna pun akan langsung dialihkan ke Amazon Appstore.
  4. Langsung klik tombol Install dan aplikasi Android yang diinginkan pun akan segera terpasang di PC Windows 11. Setelah proses pemasangan aplikasi selesai dilakukan, game Android tersebut bisa segera dimainkan di perangkat Windows 11 dengan leluasa.

Bagaimana dengan para pengguna setia Windows yang saat ini tidak berdomisili di Amerika Serikat? Apakah penantian untuk merasakan aplikasi Android masih harus dilanjutkan lagi? Ada cara khusus untuk bisa mencicipi preview aplikasi Android untuk Windows 11.

Microsoft Rilis Aplikasi Android untuk Pengguna Setianya

Secara resmi, Microsoft belum merilis aplikasi Android untuk pengguna Windows di negara-negara di luar AS. Tapi para pengguna setia Windows selalu mempunyai cara untuk mencicipi sesuatu yang belum dihidangkan di atas meja. Ada cara khusus untuk mencoba dukungan yang masih baru ini.

Beberapa pengguna Windows 11 yang berada di luar AS telah mencoba beberapa langkah yang ada di bawah ini dan berhasil menggunakan Amazon Appstore Preview. Anda juga bisa mencobanya dan membuktikan kebenarannya.

  1. Siapkan Windows 11 yang sudah menggunakan Build 22000.xxx serta sudah sesuai dengan persyaratan perangkat keras atau hardware requirements yang ditetapkan oleh Microsoft.
  2. Enable atau aktifkan virtualization di BIOS/UEFI sehingga semua aplikasi Android yang dirilis oleh Microsoft bisa dipasang di perangkat Windows 11 Anda.
  3. Atur PC Windows 11 ke region atau wilayah AS. Cara ini wajib dilakukan karena hanya PC yang berada di AS yang bisa mengakses Amazon Appstore Preview.
  4. Anda juga sudah harus bergabung dalam Insider Release Preview Channel untuk bisa mengakses dukungan fitur terbaru dari Microsoft ini.
  5. Gunakan Amazon Account khusus yang basisnya ada di AS sehingga Anda bisa mengakses serta menjalankan aplikasi Amazon Appstore tanpa kendala apapun.
  6. Masuk ke link Amazon Appstore untuk memberikan verifikasi bahwa perangkat Windows Anda telah siap untuk mengoperasikan aplikasi Android. Jika perangkat sudah memenuhi syarat, Amazon Appstore bisa dipasang di perangkat Windows 11 Anda.

Microsoft rilis aplikasi Android secara bertahap. Untuk saat ini, Indonesia belum bisa mengakses aplikasi Android di perangkat Windows. Tapi Anda bisa mencoba mengikuti instruksi yang ada di atas untuk mencuri start sebelum Amazon Appstore Preview bisa digunakan secara resmi di Indonesia.

Alasan Microsoft Rilis Aplikasi Android di Windows 11

Saat ini, pengguna Windows 11 dan Windows 10 di seluruh dunia ada kurang lebih 1,4 miliar. Pasar PC juga telah bertumbuh dengan sangat kuat, terutama sejak pandemi menyerang berbagai negara dan mengharuskan orang-orang untuk bekerja dan belajar dari rumah.

Microsoft mencari tahu faktor apa yang telah mendorong terjadinya perubahan struktural sehingga permintaan serta penggunaan PVC mulai meningkat. Ada setidaknya tiga tren yang akan bertahan lama salah satunya adalah peningkatan dalam pekerjaan serta pembelajaran hybrid.

Faktor lainnya adalah perubahan kebiasaan dalam hal hiburan serta perubahaan kebiasaan yang dialami konsumen dalam melakukan berbagai tugas sehari-hari. Microsoft juga melihat adanya peningkatan hingga enam kali lipat pada pengguna aplikasi Zoom, Microsoft Teams, dan Slack.

Sejak pandemi mulai merajalela, ada 70% lebih banyak orang yang menikmati konten di YouTube, Netflix, serta Hulu di PC Windows. Orang-orang juga mulai menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain game. Waktu yang dihabiskan untuk game meningkat sebanyak 35% sejak awal pandemi.

Peningkatan inilah yang melatarbelakangi Microsoft rilis aplikasi Android untuk digunakan di PC Windows. Dengan begitu, pengguna tidak perlu beralih ke perangkat lain untuk mengakses hiburan maupun sarana bekerja dan belajar.

Baca Juga: Fitur Terbaru Windows 11 dan Spesifikasi Minimal untuk Instalasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.