Breaking News

Fitur terbaru windows 11

Fitur Terbaru Windows 11 dan Spesifikasi Minimal untuk Instalasi

Setelah Windows 10 malang melintang di dunia komputer, akhirnya Microsoft meluncurkan petualangan baru bernama Windows 11. Sistem operasinya kali ini menghadirkan banyak fitur baru yang lebih fresh untuk para pengguna setianya.

Bahkan menurut salah satu acara yang diadakan pada tanggal 24 Juni 2021 yang lalu, Satya Nadella menyebutkan bila sistem operasi ini dijamin siap memberikan pengalaman baru yang lebih seru untuk para pelanggan setianya. Karena ada banyak perubahan besar siap menanti di dalamnya.

Tidak hanya tampilannya saja yang terlihat semakin modern, sistem operasi ini juga memiliki sejumlah perlengkapan baru, lengkap dengan sistem perlindungan di dalamnya yang dijamin jauh lebih aman dari tipe sebelumnya.

Baca Juga : Alasan Pentingnya Website Maintenance untuk Bisnis

Daftar Fitur Terbaru Windows 11

Bagi pengguna Windows yang tertarik untuk mencobanya bisa langsung mencoba Windows 11 sejak tanggal 28 Juni 2021 kemarin lewat program Microsoft Insider. Namun tentu saja dibutuhkan persyaratan minimum sistem yang lebih rumit dari tipe sebelumnya. Di bawah ini adalah daftar fitur terbaru Windows 11 yang dihadirkan, antara lain:

1. Desain Tampilan

Supaya pengguna bisa lebih mudah, berkreasi, dan produktif saat menggunakannya, maka Microsoft dengan sengaja menghadirkan tampilan interface yang user friendly. Salah satunya tersedia tombol start menu pada tengah taskbarnya yang bernama dock. Sehingga pengguna bisa lebih mudah mencari menu yang dibutuhkan.

Selain itu, ada juga Cloud dan Microsoft 365 yang merupakan opsi tambahan untuk menggantikan Live Tiles pada start menu. Tujuannya adalah supaya pengguna lebih mudah emgnakses berkas terbarunya tanpa mengecek perangkat apa yang dipakai sebelumnya.

Sehingga pengguna bisa lebih mudah saat belajar, bermain, dan bekerja dalam sekaligus menggunakan banyak jendela aplikasi yang terbuka bersamaan. Karena Windows 11 ini memiliki daya fleksibilitas yang cukup tinggi saat mengelola tampilannya pada fitur Snap apps side by side.

2. Snap Layouts, Groups, and Desktops

Microsoft menghadirkan beberapa dukungan terbaru bernama Snap Layouts, Snap Groups, dan Desktops. Sehingga dengan fiturnya tersebut membuat pengguna lebih mudah menyelesaikan banyak tugas sekaligus secara teratur.

Fitur baru ini akan memudahkan pengguna dalam mengelola jendela Windows. Dengan begitu tampilannya menjadi lebih teratur dan lebih mudah menemukan menu yang dibutuhkan. Kaena pengguna juga bisa membuat beberapa layar sekaligus pada setiap bagiannya.

Itulah kenapa dengan memanfaatkan Windows 11 ini membuat komputer atau laptop bisa berubah menjadi desktop khusus untuk belajar, bekerja, bermain game, serta mencari hiburan sesuai kebutuhan penggunanya sendiri.

3. Terintegrasi dengan Microsoft Teams Chats

Salah satu fitur paling menarik dalam Windows 11 adalah kemudahan dalam berkomunikasi secara langsung dengan pengguna yang lainnya. Karena sistem operasi ini mengintegrasikan fitur Microsoft Teams Chats pada docknya.

Sehingga setiap pengguna bisa terhubung dengan keluarga, teman, dan rekan kerja lebih mudah. Baik itu melalui percakapan audio, pesan, atau panggilan video langsung lewat layanan komunikasi Microsoft Teams Chats tersebut.

Bahkan untuk orang yang belum memasang aplikasi Microsoft Teams ini masih bisa dihubungi dengan menggunakan dukungan two-way SMS secara langsung. Sehingga lebih fleksibel saat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

4. Didukung dengan Teknologi Game Terbaru

Sistem operasi ini juga mendukung beberapa teknologi terbaru untuk bermain game, seperti auto HDR, Direct Storage, dan juga DirectX12 Ultimate. Berikut penjelasan selengkapnya tentang masing-masing teknologi tersebut, antara lain:

  • DirectX 12 Ultimate – Dengan menggunakan teknologi ini membuat Anda bisa bermain game menggunakan frame rate yang tinggi. Sehingga dapat memberikan pengalaman yang lebih mengesankan.
  • DirectStorage – Berkat teknologi ini membuat Anda bisa bermain game lebih lancar karena mengadaptasi dari XboX Velocity Architecture dalam Xbox Series X|S. Itulah kenapa kartu grafisnya menjadi lebih cepat tanpa memberikan beban kepada kinerja CPU.
  • Auto HDR – Tampilan sistem operasi ini sangat menakjubkan karena ada peningkatan HDR otomatis yang membuat range warnanya lebih lengkap, luas, dan vivid daripada generasi sebelumnya seperti SDR (Standard Dynamic Range).

5. Terdapat Widgets

Fitur ini kembali dihadirkan pada dock Windows 11 lengkap dengan sistem kecerdasan buatan serta Microsoft Edge. Sehingga pengguna bisa lebih mudah mengakses semua informasi yang dibutuhkan.

Dalam hal ini pengguna bisa memanfaatkannya untuk mencari tahu berbagai macam informasi seperti cuaca, susunan jadwal pada Calendar, Microsoft to Do, foto, berita, halaman web, dll. Semuanya bisa dicek lewat Microsoft Edge.

6. Microsoft Store Update

Selain memiliki tampilan yang lebih ringan, ada juga pembaruan lainnya seperti banyaknya aplikasi yang dihadirkan melebihi dari versi sebelumnya. Sehingga Anda bisa menemukan produk dan konten yang dibutuhkan lebih mudah lewat fitur seperti collection dan juga curated story.

7. Bisa Digunakan untuk Menjalankan Aplikasi Android

Menariknya lagi adalah Windows 11 juga didukung dengan teknologi yang memudahkan Anda untuk bisa memasang, sekaligus menjalankan aplikasi android secara langsung tanpa bantuan dari emulator.

Bahkan di akhir tahun 2021 mendatang, rencananya Microsoft akan secara langsung mendistribusikan aplikasi android lewat Microsoft Store secara resmi, dimana laman unduhannya akan dilempar ke dalam Amazon Appstore.

Baca Juga : Jenis Implementasi Sistem Informasi Manajemen di Dalam Perusahaan

Spesifikasi Minimal yang diperlukan untuk install Windows 11

Berdasarkan informasi dari situs resminya, Microsoft memberikan persyaratan atau ketentuan khusus untuk dapat menginstal sistem operasi ini pada PC atau laptop. Setidaknya Anda harus memenuhi persyaratan minimal di bawah ini bila ingin menikmati fitur terbaru Windows 11. Berikut adalah spesifikasi minimalnya, antara lain:

  1. Processor – Setidaknya prosesor PC atau laptop Anda sudah didukung dengan kecepatan minimal 1 GHz dengan 2 core atau lebih. Itupun harus berarsitektur sebesar 64 bit.
  2. RAM – Ukuran minimal RAM yang support dengan sistem operasi ini adalah 4 Gb.
  3. Penyimpanan (Storage) – Setidaknya jumlah ruang penyimpanannya minimal 64 Gb dengan kapasitas HD atau SSD. Jadi lebih besar dari itu lebih baik.
  4. Firmware System – Pastikan BIOS komputer yang digunakan mendukung UEFI serta memiliki boot yang aman.
  5. TPM (Trusted Platform Modul) – Minimal TPM yang di motherboard harus versi 2.0. Anda bisa mengecek versinya dengan mengetik menu search pada start windows, kemudian ketik “tpm.msc”.
  6. Kartu Grafis – Dibagian ini minimal harus support dengan DirectX 12 serta driver WDDM 2.0.
  7. Monitor – Supaya bisa menampilkan gambar lebih baik, sebaiknya resolusi monitornya minimal harus HD 720P dengan diagonal selebar 9 inch dan juga 8 bit warna.
  8. Internet – Untuk versi Home membutuhkan koneksi internet ketika akan mengatur devicenya pertama kali. Selain itu versi Home S mode juga membutuhkan internet untuk download dan update.

Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk bisa mencoba sistem operasi ini, maka silahkan gunakan bantuan aplikasi khusus milik Microsoft. Yaitu menggunakan PC Health Check. Sehingga Anda tahu apakah laptop atau PC milik Anda support atau tidak bila menggunakan Windows 11.

Leave a Reply

Your email address will not be published.