Breaking News

paypal diblokir

PayPal Diblokir ? Cari Tau Cara Mengatasinya

Banyak pekerja kreatif menggunakan PayPal sebagai sarana untuk bertransaksi dengan para pembeli dari negara lain. Artinya, tidak sedikit dari para pekerja kreatif yang membutuhkan tips saat PayPal diblokir. Pemblokiran PayPal dilakukan oleh Kominfo pada akhir bulan Juli yang lalu.

Penyebab dari pemblokiran ini adalah karena PayPal dan beberapa platform digital lainnya adalah karena penyelenggara platform digital tersebut belum melakukan pendaftaran pada sistem OSS-RBA. Lalu apa yang harus dilakukan oleh pengguna PayPal jika nanti aplikasi ini diblokir lagi?

Berbagai Tips Saat PayPal Diblokir

Sebenarnya, diblokirnya PayPal bukan akhir dari segalanya. Saat ini, PayPal sudah bisa diakses lagi oleh para penggunanya karena pemblokiran PayPal telah dibuka selama jangka waktu tertentu. Tapi bisa jadi di masa mendatang akan terjadi lagi pemblokiran PayPal.

Untuk mengantisipasi pemblokiran lagi, ada beberapa tips yang bisa diikuti oleh para pengguna PayPal. Berikut ini berbagai tips tersebut:

1. Menggunakan platform lain yang serupa

PayPal bukan satu-satunya platform keuangan yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi. Dalam melakukan transaksi internasional, ada beberapa platform digital yang bisa dijadikan pilihan. Seluruh pilihan di bawah ini bisa menjadi alternatif ketika PayPal mengalami pemblokiran permanen.

  • Xendit

Platform keuangan ini sudah memperoleh lisensi dari Bank Indonesia. Jadi Anda bisa memakainya dengan aman. Anda bisa menggunakan berbagai metode untuk bertransaksi secara online. Transfer bank, gerai ritel, kartu debit dan kredit, dan virtual account merupakan beberapa fitur yang disediakan oleh Xendit.

  • TransferWise

Tips saat PayPal diblokir yang berikutnya adalah menggunakan TransferWise. Platform ini juga sudah melakukan pendaftaran di Bank Indonesia dan telah beroperasi di Indonesia sejak 2020. Dalam hal exchange rate, pilihan mata uang, dan transparansi biaya, TransferWise lebih baik daripada PayPal.

  • Google Wallet

Tips saat PayPal diblokir lainnya adalah menggunakan Google Wallet yang sudah hadir di lebih dari 40 negara. Platform ini adalah metode pembayaran yang paling terkenal dan sering digunakan. Selain untuk melakukan transaksi online, Google Wallet juga bisa digunakan di merchant offline.

2. Kosongkan dana di PayPal sesegera mungkin

Mumpung masih bisa diakses, Anda sebaiknya segera membuka akun PayPal dan menarik semua dana di dalamnya. Jangan sampai Anda kehilangan seluruh dana dalam aplikasi tersebut jika terjadi pemblokiran PayPal secara permanen.

Pindahkan seluruh dana dalam aplikasi PayPal ke platform keuangan digital yang lain atau ke rekening bank lokal. Jika sewaktu-waktu Kominfo melakukan pemblokiran lagi, Anda sudah tidak perlu mengkhawatirkan dana.

3. Tips saat PayPal diblokir: hindari VPN

Karena terjadi pemblokiran, banyak pengguna PayPal yang memaksakan diri untuk mengakses PayPal dengan menggunakan VPN secara gratis. Ada beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya menghindari pemakaian VPN gratis ini, yaitu:

  • Sekitar 75% platform VPN gratis hadir dengan tracking library sehingga bisa mengakses riwayat atau history aktivitas online yang Anda lakukan. Hal ini berarti data PayPal Anda belum tentu aman.
  • Kurang lebih 38% dari platform VPN gratis sebanyak 283 aplikasi mengandung malware yang bisa membahayakan keselamatan ponsel dan data Anda.
  • Aplikasi VPN juga sebenarnya bisa menyebabkan kecepatan internet Anda semakin lambat sehingga Anda justru merasa tidak nyaman dalam mengakses berbagai aplikasi yang memerlukan koneksi internet stabil.
  • Ada terlalu banyak iklan yang bermunculan saat aplikasi VPN dijalankan. Demi kenyamanan Anda, ikuti tips saat PayPal diblokir yang satu ini, yaitu dengan tidak menggunakan aplikasi VPN gratis.

Ada satu lagi akibat yang bisa jadi Anda rasakan dengan menggunakan aplikasi VPN secara gratis, yaitu saldo Anda akan ditahan oleh PayPal dan bahkan akun PayPal bisa diblokir. Hal ini karena PayPal akan mendeteksi adanya IP negara yang berbeda saat Anda mengaksesnya menggunakan VPN gratis.

4. Menggunakan Cloudflare atau DNS Google

Tips saat PayPal diblokir yang jauh lebih aman untuk dicoba adalah dengan menggunakan Cloudflare atau DNS Google. Kedua pilihan ini bisa digunakan jika suatu saat nanti PayPal tiba-tiba mengalami pemblokiran lagi dan dana Anda masih belum dipindahkan dari platform keuangan tersebut.

Ada beberapa cara yang sangat aman untuk dilakukan dalam mengakses PayPal saat mengalami pemblokiran, yaitu:

  • Memakai Cloudflare (1.1.1.1) atau DNS Google (8.8.8.8).
  • Mengaktifkan TFA atau two factor authentication pada akun Anda.
  • Kalau diperlukan, bisa juga menggunakan aplikasi VPN, tapi yang sudah terjamin keamanannya dan terpercaya, bukan yang gratis dan berbahaya.

Setelah mengikuti ketiga cara di atas, akun PayPal Anda akan bisa diakses dengan mudah dan tidak akan terkena pemblokiran. Cara ini jauh lebih aman daripada memakai layanan aplikasi VPN gratis. Kalau Anda memutuskan untuk menggunakan platform lainnya saja, lakukan penarikan dana dari PayPal.

Tips Saat PayPal Diblokir: Tarik Dana Sekarang Juga

Salah satu hal penting yang wajib dipahami oleh para pengguna PayPal adalah bagaimana caranya melakukan penarikan dana dari akun PayPal. Para pengguna sebaiknya mempertimbangkan untuk menarik dan memindahkan dana dari PayPal agar tidak merugi jika terjadi pemblokiran.

Pelajari beberapa cara melakukan penarikan saldo PayPal dan segera lakukan penarikan dana. Berikut ini beberapa cara untuk menarik dana dari akun PayPal.

Tarik dana menggunakan aplikasi PayPal

Pertama, Anda perlu masuk atau login ke rekening PayPal terlebih dahulu. Kemudian buka bagian PayPal Balance untuk kemudian memilih menu Withdraw Money. Selanjutnya pilih kartu debit atau rekening bank yang akan Anda gunakan sebagai penerima dana aau saldo dari PayPal.

Tips saat PayPal diblokir yang berikutnya adalah mengetikkan nominal dana yang akan dikirimkan ke rekening tersebut. Terakhir tinggal klik saja tombol Transfer.

Melalui situs web resmi PayPal

Anda juga bisa melakukan penarikan dana atau saldo PayPal melalui situs web resmi di paypal.com. Cara ini bisa digunakan dengan menggunakan laptop atau PC. Kunjungi dulu halaman utama situs web resmi PayPal disini kemudian masuk ke akun PayPal yang Anda miliki.

Kemudian buka menu My PayPal dan klik pada pilihan Transfer Funds yang terdapat di Saldo PayPal. Menu ini bisa Anda temukan di sebelah kiri. Tips saat PayPal diblokir yang berikutnya adalah memilih kartu debit atau rekening bank yang akan menjadi penerima.

Ketikkan nominal saldo atau dana yang akan Anda tarik. Kemudian klik pada tombol Transfer agar proses pemindahan dana bisa segera dilakukan sebelum PayPal mengalami pemblokiran.

Pahami beberapa aturan pemindahan dana

Saat mempelajari tips saat PayPal diblokir: pemindahan dana diatas, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami. Beberapa bank yang menerima dana PayPal menerapkan biaya admin. Kalau bank gagal memproses penarikan dana, dana akan dikirimkan kembali ke rekening PayPal Anda.

Proses pengembalian dana ke rekening PayPal ini juga akan dikenakan biaya pengembalian dana. Proses penarikan tidak bisa dibatalkan.

Baca Juga : Pengertian PSE Kominfo Atau Penyelenggara Platform Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published.