Breaking News

apa itu cdn

Apa Itu CDN dan Manfaatnya

Apa itu CDN? Pertanyaan ini biasanya tidak diajukan oleh mereka yang sudah sangat akrab dengan dunia website dan hosting. Tapi bagi beberapa orang yang masih baru mempelajari website dan hosting, CDN merupakan sesuatu yang masih sedikit asing.

Teknologi CDN banyak dipakai oleh para pengembang atau pengelola situs web dengan tujuan menjaga website agar tetap aktif dan stabil jika muncul suatu masalah. CDN sendiri merupakan singkatan untuk Content Delivery Network.

Cari Tahu Apa Itu CDN

CDN merupakan kumpulan server global yang posisinya ada di berbagai data center serta tersebar di banyak negara. Jaringan CDN mempunyai fungsi utama mengirimkan konten ke suatu situs web dari sebuah server. CDN melakukan peningkatan kecepatan pengiriman data.

Beberapa orang mengira bahwa menggunakan hosting yang sangat kuat saja sudah cukup. Misalnya, kalau Anda menggunakan dedicated server atau VPS, maka penggunaan CDN tidak akan terlalu berpengaruh dan tidak akan memberikan efek yang berarti.

Padahal, lokasi server merupakan faktor yang sangat krusial dalam melakukan peningkatan kecepatan suatu situs web, tidak peduli sebesar apa resource server yang dimiliki. Sebagai contoh, pengunjung Anda berada di India tapi server situs web ada di Amerika Serikat.

Jarak antara server dan pengunjung menyebabkan pengiriman konten menghabiskan waktu yang cukup lama. Dibutuhkan server CDN yang lokasinya ada di beberapa negara, misalnya di Singapura, Amerika Serikat, dan India, agar proses pengiriman konten bisa berlangsung dengan lebih cepat.

Kalau pengunjung situs web ada di India, server CDN akan mengirim konten dari salah satu lokasi yang paling dekat dengan negara tersebut. Bisa jadi, file akan dikirimkan dari server CDN yang lokasinya juga ada di India.

Manfaat Menggunakan Content Delivery Network

Selain memahami apa itu CDN, Anda juga wajib mencari tahu berbagai manfaat yang bisa diperoleh dengan menerapkan CDN di situs web Anda. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan, beberapa diantaranya adalah:

  • Mendapatkan banyak visitor

Salah satu alasan Kenapa banyak orang mempelajari apa itu CDN dan menggunakannya adalah karena CDN bisa menyimpan cache situs web di banyak server yang lokasinya ada di banyak negara. Saat ada pengunjung yang akan mengakses situs web Anda, CDN bisa mengarahkan pengunjung tersebut ke server terdekat.

Dengan cara ini, maka beban server pun akan bisa berkurang. Server tidak akan terbebani meskipun situs web Anda dikunjungi oleh banyak sekali visitor.

  • Situs web bisa diakses secara global

Selain memahami apa itu CDN, pahami juga bahwa penyedia CDN memiliki banyak sekali server yang lokasinya ada di berbagai belahan dunia. Hal ini memungkinkan para pengunjung dari berbagai belahan dunia bisa mengakses situs web yang Anda miliki.

Di beberapa negara, ada kebijakan atau peraturan yang memblokir akses pada suatu jaringan tertentu. Hal ini membuat para pengguna internet di negara tersebut jadi tidak bisa membuka situs web yang terdapat dalam list jaringan tersebut.

Tapi karena situs web Anda bisa diakses secara global, berbagai pengunjung dari negara-negara lain bisa tetap mengakses situs web Anda dan berpartisipasi dalam meningkatkan jumlah visitor.

  • Mengurangi pemakaian resource

CDN juga merupakan cara yang cukup efektif untuk mengurangi pemakaian resource seperti bandwidth dan disk space. Jaringan ini akan melakukan dan mengirimkan cache kepada pengunjung situs web dengan cara meminimalisir permintaan yang masuk ke server hosting.

Hal ini sangat bermanfaat bagi pemilik situs web yang hostingnya mempunyai sumber daya terbatas seperti pembatasan bandwidth. Selain pembatasan bandwidth,ada juga penyedia hosting yang menerapkan batasan terhadap RAM maupun disk space untuk hosting.

Apa Itu CDN Gratis

Setelah memahami apa itu CDN dan berbagai manfaat yang akan diperoleh dengan menggunakan CDN, Anda pasti tertarik untuk menggunakan CDN. Ada dua versi CDN yang bisa ditemukan di luar sana, yaitu CDN gratis dan berbayar. Beberapa rekomendasi CDN gratis antara lain:

  1. Cloudflare

CDN dari Cloudflare bisa digunakan secara gratis. Ada banyak sekali fitur yang bisa Anda temukan di CDN gratis yang satu ini, seperti SSL Certificate, DDoS Protection, serta Web Application Firewall. Fasilitas yang ditawarkan oleh layanan ini juga cukup bervariasi.

Cloudflare sendiri mempunyai banyak server yang terletak di banyak negara. Hal ini membuat proses loading situs web menjadi lebih cepat. Versi gratis CDN Cloudflare bisa digunakan dengan menggunakan konfigurasi yang mudah diterapkan dan cukup sederhana.

  • Incapsula

Seperti Cloudflare, Incapsula juga menyediakan reserve proxy yang dilengkapi dengan fasilitas CDN. Proses cache yang digunakan oleh Incapsula mempunyai opsi panel control dan machine learning. CDN ini juga diimbani dengan alat optimasi dan penyimpanan cepat.

Performa situs web pun bisa meningkat dengan efektif setelah pengeluaran untuk bandwidth diturunkan. Layanan CDN gratis dari Incapsula bisa digunakan selama 14 hari saja. setelah itu, pengguna perlu melakukan pembayaran untuk upgrade ke paket Bisnis atau paket Pro.

  • Jetpack Photon

Apa itu CDN Jetpack Photon? Sebenarnya, layanan ini merupakan layanan WordPress dan biasanya dipakai untuk menggunakan teknologi CDN khusus untuk gambar. Plugin Jetpack biasanya merupakan plugin bawaan yang ada di WordPress sehingga bisa langsung digunakan.

Yang perlu dipahami tentang apa itu CDN Jetpack adalah plugin ini hanya melakukan cache terhadap gambar saja. Artinya layanan ini sangat cocok untuk situs web yang nantinya akan menampilkan banyak gambar.

Layanan Content Delivery Network Berbayar

Selain layanan CDN yang bisa digunakan dengan gratis, ada juga layanan CDN yang sifatnya berbayar. Beberapa rekomendasi layanan CDN berbayar yang bisa Anda pertimbangkan antara lain:

  1. MaxCDN

Layanan ini merupakan pilihan yang paling tepat kalau situs web Anda menggunakan CMS (Drupal, Joomla, atau WordPress) dan mempunyai cukup banyak gambar. Semua performansi dan fitur di dalam aplikasi MaxCDN saat ini sudah diintegrasi dengan aman menggunakan StackPath.

  • CDN7 dan RackSpace

Apa itu CDN7 dan RackSpace? Keduanya merupakan layanan CDN berbayar yang tingkat efisiensinya cukup baik untuk situs web dengan konten streaming dan video. Dua layanan CDN ini menawarkan layanan yang bisa membantu penggunanya mengembangkan bisnis yang sesuai dengan keinginan.

  • jsDeliver

merupakan layanan penyedia CDN berbayar yang ditujukan untuk situs web dengan banyak JavaScript di dalamnya. Pengembang dan pengelola terbaru layanan jsDeliver ini adalah Prospect One. Meskipun tidak terlalu terkenal dibandingkan dengan layanan CDN lainnya, layanan ini cukup menarik untuk dicoba.

Apapun jenis situs web yang Anda kelola, pastikan untuk benar-benar memahami apa itu CDN, manfaat menggunakan layanan ini, dan apa saja rekomendasi yang tersedia. Hasilnya, situs web Anda pun akan lebih disukai oleh para pengunjung karena kecepatan aksesnya yang jauh lebih tinggi.

Baca Juga : Alasan Pentingnya Website Maintenance untuk Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published.