Breaking News

trends2021

Pencarian Paling Populer di Google 2021, Apa Saja Sih?

Pencarian terpopuler Google 2021 telah diumumkan seperti pada tahun sebelumnya. Google merilis Year in Search 2021 pada penghujung tahun ini yang menawarkan berbagai informasi menarik.

Informasi tersebut berdasarkan tren sepanjang satu tahun berdasarkan pencarian terpopuler Google 2021 oleh pengguna internet di Indonesia. Topik seputar covid-19 dan event besar menghebohkan masih menjadi penguasa di pencarian Google selama 2021.

Daftar Pencarian Terpopuler Google 2021

Manajer komunikasi Google Indonesia, Feliciana Wienathan menyatakan bahwa daftar setahun search 2021 telah merangkum berbagai macam topik penelusuran paling populer selama satu tahun.

Menurutnya pengambilan tersebut bukan hanya dari daftar popularitas penelusuran saja. Melainkan juga yang terus trending sepanjang tahun daripada tahun sebelumnya. Nah untuk detailnya berikut adalah daftar pencarian terpopuler Google 2021.

1. Piala Eropa

Pagelaran piala Eropa yang seharusnya diselenggarakan tahun 2020 diundur menjadi tahun 2021. Hal tersebut karena dampak pandemi covid-19. Pagelaran Piala Eropa banyak dinantikan oleh masyarakat seluruh dunia.

Banyak masyarakat yang melakukan search kata kunci pencarian terkait dengan piala Eropa tersebut di sepanjang 2021. Yang mana kemenangan diraih oleh negara Italia.

2. Olimpiade Tokyo

Peringkat kedua pencarian terpopuler adalah event besar yang diselenggarakan tahun ini yakni Olimpiade Tokyo. Pada event besar Olimpiade Tokyo tersebut Indonesia berhasil meraih juara yakni dengan 5 medali, rinciannya adalah satu emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Event besar tersebut menghebohkan berbagai negara, utamanya masyarakat Indonesia. Sehingga menjadi populer di mesin pencarian.

3. BTS Meal

Masih ingat dengan populernya BTS Meal pada Juni 2021 lalu yang mengakibatkan McD sempat mendapatkan teguran. Jadi, banyaknya para penggemar K-POP tanah air menjadi salah satu ladang tersendiri bagi McD.

Mereka berkolaborasi dengan BTS untuk meluncurkan BTS Meal yang dijual dengan harga 45.455 rupiah. Antusiasme yang tinggi dari para ARMY julukan penggemar BTS membuat gerai McD kebanjiran pesanan.

Apalagi di tengah pandemi covid-19 yang menyebabkan banyaknya kerumunan masyarakat di tengah antrian BTS Meal tersebut. Bahkan masyarakat rela antri berjam-jam untuk hal tersebut.

4. Vaksin Covid-19

Proses vaksinasi covid-19 tahun 2021 memang sedang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia. Yang mana hal tersebut banyak menimbulkan pro kontra. Hal tersebut karena kebijakan pemerintah yang dianggap memaksa masyarakat untuk wajib vaksin.

Bahkan sepanjang tahun 2021 vaksin covid-19 masih terus berjalan dan hal tersebut juga berkaitan dengan puncak infeksi di Indonesia pada pertengahan tahun 2021 lalu.

5. Aplikasi Peduli Lindungi

Saat ini aplikasi tersebut menjadi sesuatu yang cukup penting untuk menggunakan layanan publik. Pada aplikasi tersebut, ada data vaksinasi yang bisa diidentifikasi menggunakan barcode, sehingga selama pembatasan kegiatan masyarakat di tengah pandemi, aplikasi ini digunakan oleh banyak tempat layanan publik. 

Dengan menggunakannya dapat mengidentifikasikan seseorang apakah sedang terkonfirmasi positif atau tidak, informasi yang tersaji di dalamnya juga cukup jelas terkait status seseorang.

6. Perpanjangan PPKM

Strategi pemerintah mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dilakukan secara berkala di tahun 2021. Hal tersebut menjadi trending akibat lonjakan virus covid-19 yang terjadi lagi.

Strategi tersebut selalu dievaluasi setiap dua minggu sekali oleh pemerintah dan terus mengalami perpanjangan. Bahkan hingga saat ini kondisi per daerah masih diberlakukan pembatasan sesuai kondisi masing-masing.

Masyarakat sebagian besar menganggap kebijakan pemerintah melakukan perpanjangan terus menerus adalah hal yang kurang profesional. Banyak sekali pernyataan, berita dan sebagainya mengenai kasus PPKM tersebut. Hal inilah yang menyebabkan keyword ini naik.

7. BPJS Ketenagakerjaan

Pencarian terpopuler Google 2021 selanjutnya adalah BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini berkaitan dengan adanya Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang cair kembali pada tahun 2021.

Meskipun besaran dari upah yang diterima oleh para pekerja nominalnya menjadi lebih sedikit daripada tahun sebelumnya. Yakni hanya sebesar 1 juta rupiah saja, yang sebelumnya adalah 2,4 juta rupiah.

Hal tersebut tidak menyurutkan masyarakat untuk mencari tahu tentang BSU dari BPJS Ketenagakerjaan ini.

Baxa Juga: Cara Menggunakan Google Trends, Strategi Konten Tingkatkan Performa

8. Prakerja.go.id

Program Pra Kerja yang menjadi suatu bantuan dari pihak pemerintah kepada kelompok masyarakat tertentu dengan berbagai persyaratan. Masyarakat mendapatkan bantuan perupa pelatihan sebesar 1 juta rupiah dan bantuan modal sebesar 2,4 juta rupiah.

Tambahan insentif 150 ribu rupiah apabila mau mengisi kuesioner. Pendaftaran kartu Prakerja sudah dimulai pada tahun 2020 lalu. Akan tetapi, pada tahun 2021 ini program tersebut masih berlanjut.

Tahun 2021 ini pendaftaran Kartu Pra Kerja terbagi dalam 10 gelombang. Antusias masyarakat untuk mengikuti program tersebut juga cukup tinggi.

9. Google Translate

Kata kunci tersebut merupakan salah satu layanan dari pihak Google untuk pengguna yang ingin menerjemahkan bahasa. Penggunaan yang simpel dan praktis serta tidak membutuhkan aplikasi alias bisa langsung ke penelusuran membuatnya banyak ditelusuri masyarakat.

10. Pencegahan Covid-19

Pencegahan covid-19 menjadi salah satu pencarian terpopuler Google 2021. Hal tersebut berkaitan dengan puncak infeksi pada pertengahan tahun lalu yang besar di negara Indonesia.

11. Elon Musk

Menariknya tokoh terkaya nomor satu di dunia ini menjadi trending sepanjang tahun 2021. Elon Musk seorang CEO Tesla memiliki kekayaan dengan jumlah fantastis menyebabkan banyak disorot oleh penduduk dunia.

Entah berbagai hal tentangnya sering menjadi trending. Seperti kejadian beberapa waktu lalu, yang mana David Beasley, Direktur Program Pangan Dunia (WFP) pada wawancaranya menyatakan hal tentang Elon Musk yang membuat gempar.

Pernyataannya saat itu adalah 2% kekayaan Elon Musk dapat membantu keperluan pangan kelompok masyarakat tertentu. Yang mana hal tersebut juga mendapatkan tanggapan dari Elon Musk bahwa pihaknya akan menyumbangkan hartanya jika David Beasley bisa menjamin hal tersebut.

12. Greysia Polii

Pencarian terpopuler Google 2021 selanjutnya adalah salah satu pemain bulutangkis Indonesia yang mendapatkan medali emas di ajang Olimpiade Tokyo. Ia bersama dengan Apriyani Rahayu merebut juara 1 setelah melawan dari pihak China.

Kemenangan tersebut mendapatkan sambutan baik dari masyarakat Indonesia dan pemerintah. Bahkan Anies Baswedan menggunakan nama keduanya sebagai nama dari gedung olahraga yang dibangunnya di Jakarta.

13. Resep Croffle

Menjadi salah satu menu makanan yang trending di masyarakat sehingga menyebabkan trending pada mesin pencarian. Croffle merupakan makanan yang berasal dari kulit pastry kemudian dibuat dengan mesin waffle yang dipadukan bersama toping bermacam-macam.

Pencarian resep croffle banyak dilakukan oleh masyarakat di tahun ini. Bahkan sudah banyak yang menjadikan croffle sebagai suatu bisnis menjanjikan di tengah kepopulerannya.

14. Squid Game

Merupakan salah satu Drama Korea yang trending di seluruh dunia sejak awal tayangnya. Bahkan karena drama ini banyak juga pihak yang melakukan pencarian terkait hal-hal mengenai game ini.

Mulai dari pencarian terhadap baju yang dikenakan, permainan, lokasi, dan sebagainya. Drama Korea tersebut menjadi salah satu trending yang merajai di tahun 2021 kategori film/series.

Demikianlah beberapa informasi penting terkait dengan pencarian terpopuler Google 2021. Adakah dari list tersebut yang pernah Anda gunakan untuk melakukan pencarian di tahun 2021 ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published.