Breaking News

Aplikasi Edit Video Terbaik

Aplikasi Edit Video Terbaik untuk YouTuber, Gratis!

Seorang YouTuber perlu totalitas dalam menyediakan konten bagi para penonton setianya. Ada berbagai aplikasi edit video terbaik yang bisa digunakan oleh setiap YouTuber untuk menciptakan konten dengan kualitas yang bagus dan dalam menghasilkan konten yang menarik.

Berbagai aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk mengedit video bisa didapatkan secara gratis. Tapi ada juga software yang mengharuskan YouTuber untuk membayar biaya langganan atau melakukan pembelian. Gunakan yang gratis terlebih dahulu dan cari tahu seperti apa hasilnya.

Pilihan Aplikasi Edit Video Terbaik Versi Gratis

Tidak semua YouTuber bisa membeli aplikasi yang harganya cukup tinggi. Untungnya, ada banyak aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis dan mampu mendukung para YouTuber yang masih baru untuk menciptakan berbagai video menawan. Beberapa rekomendasi aplikasinya ada di bawah ini.

Adobe Premiere Pro

Hampir seluruh konten kreator pasti sudah kenal dengan Adobe dan produk-produknya yang berkualitas. Premiere Pro merupakan salah satu buatan Adobe yang sudah digunakan oleh banyak editor video dan YouTuber. Aplikasi yang satu ini dibuat untuk para profesional.

Di dalam aplikasi edit video terbaik yang satu ini, terdapat banyak sekali fitur yang berkualitas dan bisa mendukung aktivitas video editing oleh para YouTuber. Fitur editing dalam aplikasi ini sangat lengkap. Anda bisa mengedit berbagai video mulai dari yang resolusinya rendah hingga video VR.

Tapi jika Anda masih baru dalam dunia YouTube dan video editing, maka diperlukan banyak sekali latihan agar bisa menggunakannya dengan lancar.

Adobe Premiere Elements

Pilihan lain yang bisa dipertimbangkan masih merupakan produk dari Adobe, yaitu Premiere Elements. Dibandingkan dengan aplikasi edit video terbaik yang sebelumnya, software yang satu ini mempunyai tampilan yang lebih sederhana serta jauh lebih mudah untuk digunakan.

Meskipun begitu, video yang diedit dengan menggunakan Premiere Pro tetap terlihat keren dan menarik. Fitur dalam aplikasi ini juga sangat lengkap. Ada AI yang akan mempermudah Anda dalam melakukan pengeditan video secara otomatis. Berbagai macam efek visual juga tersedia di dalamnya.

Overlay, slow motion, bounce back, timelapse, serta double exposure adalah beberapa efek visual yang bisa Anda temukan dalam software ini. Ada juga fitur yang sangat berguna yaitu fix action cam footage yang bisa memperbaiki guncangan di video.

Aplikasi edit video terbaik Filmora

Wondershare menyediakan setidaknya dua aplikasi video editor yang bisa digunakan oleh para YouTuber. Salah satunya adalah Filmora yang dirancang untuk digunakan di laptop atau PC dan versi lainnya adalah FilmoraGo yang bisa Anda gunakan untuk mengedit video di perangkat seluler.

Kedua aplikasi tersebut bisa digunakan dengan sangat mudah oleh pemula dan bisa digunakan dengan gratis. Meskipun tampilannya cukup sederhana, ada banyak sekali fitur lengkap yang bisa digunakan oleh para YouTuber.

Anda bisa mengedit berbagai video dengan resolusi hingga 4K. Terdapat 100 lebih template serta efek transisi yang akan membuat konten tampak semakin menarik. Ada juga fitur EasyMode untuk mempermudah Anda memahami cara menggunakan tools editing.

Aplikasi yang disediakan oleh Wondershare ini mempunyai ukuran yang sangat ringan sehingga saat digunakan tidak akan mengalami crash.

DaVinci Resolve

Aplikasi edit video terbaik untuk YouTuber yang berikutnya adalah DaVinci Resolve yang bisa digunakan secara gratis di berbagai jenis perangkat, seperti Linux, MacOS, dan Windows. Meskipun gratis, aplikasi yang satu ini hadir dengan fitur yang sangat lengkap.

Misalnya saja, Anda akan menemukan motion graphic, visual effect, color corrector, serta audio mixing dalam aplikasi gratis ini. DaVinci Resolve juga mendukung proses pengeditan video dengan resolusi hingga 8K. software yang satu ini sangat andal untuk melakukan pengeditan video hingga film.

Aplikasi edit video terbaik Corel

Video editor Corel Video Studio juga termasuk salah satu software yang dikenal luas oleh para YouTuber. Aplikasi yang satu ini hadir dengan fitur yang cukup lengkap untuk melakukan berbagai proses pengeditan. Corel Video Studio juga sangat cocok untuk para YouTuber pemula.

Tampilan software yang lebih sederhana serta mudah untuk digunakan membuat para pemula bisa mempelajari cara menggunakannya dengan lebih cepat. Dibalik kesederhanaannya, Corel menyediakan banyak sekali fitur editing tingkat lanjut.

Di dalamnya, Anda akan menemukan VR dan 4K video editing, motion tracking, serta berbagai macam efek video yang lainnya untuk membuat video Anda tampak jauh lebih cantik. Mengenai fitur pengeditannya, ada banyak sekali template yang bisa digunakan.

Misalnya saja ada template opening, penambahan transisi video, efek, background musik, serta filter dalam jumlah yang cukup banyak. Aplikasi edit video terbaik yang satu ini hanya bisa digunakan di perangkat komputer saja.

iMovie

Para pengguna perangkat iOS bisa mempertimbangkan aplikasi video editor yang satu ini. iMovie adalah sebuah aplikasi video editor yang ditawarkan oleh Apple. Aplikasi ini hanya bisa digunakan di perangkat yang sistem operasinya adalah iOS.

Anda bisa melakukan sinkronisasi dengan mudah di berbagai perangkat Apple yang Anda miliki dan gunakan. Di dalam iMovie, tersedia banyak sekali template filter, tema, background, efek audio, serta soundtrack yang bisa dipilih dan digunakan sesuka hati.

Bahkan Anda juga bisa menciptakan video trailer keren dari berbagai macam template dengan memanfaatkan pilihan animasi yang sangat mempesona.

Aplikasi edit video terbaik Shotcut

Kemudian ada software yang bernama Shotcut. Banyak YouTuber yang menggunakan software ini di perangkat Linux, MacOS, atau Windows yang mereka milik. Software yang satu ini sebaiknya Anda coba jika Anda sudah memahami berbagai dasar dalam pengeditan video.

Fitur yang dibawa oleh Shotcut bisa jadi tidak selengkap berbagai software yang disebutkan sebelumnya. Tapi software yang satu ini terbilang sangat mumpuni untuk melakukan berbagai proses pengeditan video tingkat lanjut.

Ada banyak sekali alat pengeditan dasar dalam aplikasi Shotcut yang bisa digunakan, seperti misalnya trim, cut, filter, pengaturan kecepatan, serta berbagai jenis efek. Aplikasi yang satu ini mendukung fitur multi track editing. Yang paling penting, Shotcut merupakan aplikasi edit video terbaik dan gratis.

Vimeo Create

Para YouTuber yang masih pemula sebaiknya mempertimbangkan aplikasi Vimeo Create. Aplikasi yang satu ini berbasis web sehingga tidak memerlukan pemasangan aplikasi. Vimeo Create adalah software yang paling cocok bagi para pemilik PC dengan spesifikasi rendah.

Tampilan interface aplikasi ini sangat mudah digunakan dan cukup sederhana. Tersedia banyak sekali template yang bisa digunakan sebagai dasar untuk mengedit video. Anda juga bisa memanfaatkan koleksi gambar dan foto yang bebas royalty saat mengedit video.

Selain delapan pilihan di atas, masih banyak aplikasi edit video terbaik lainnya yang bisa dipakai secara gratis. Contohnya saja ada Pinnacle Studio, KineMaster, VivaVideo, dan lain sebagainya. Pilih salah satu yang sangat sesuai dengan perangkat yang akan digunakan.

Baca Juga : Ingin Tahu Cara Jadi Youtuber Pemula Modal HP? Ini Panduannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.