Breaking News

aplikasi telemedicine gratis untuk isoman

Platform Telemedicine Gratis Khusus Isoman

Lonjakan jumlah pasien Covid-19 akhir-akhir ini semakin meningkat, terutama untuk pasien tanpa gejala (OTG) atau gejala ringan. Hal tersebut mendorong pemerintah untuk membuka layanan konsultasi secara gratis dengan bekerjasama dengan 11 platform telemedicine.

Perlu diketahui telemedicine atau layanan konsultasi online didefinisikan sebagai praktik yang tujuannya untuk memberikan pelayanan kesehatan secara jarak jauh. Dimana seorang dokter di satu tempat dapat menggunakan teknologi komunikasi untuk melayani pasien yang berada di tempat yang lain.

Layanan ini dikhususkan untuk pasien yang menjalani isolasi mandiri (Isoman). Berupa konsultasi secara virtual dapat diakses dimanapun dan kapanpun tanpa harus Rumah sakit. Sehingga dapat mengurangi resiko penularan virus.

Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan mengatakan, bahwa layanan telemedicine hanya khusus untuk masyarakat yang terinfeksi Covid-19 dengan tingkat keparahan ringan dan tanpa gejala dengan rincian kondisi saturasi masih 95 persen ke atas, tidak ada sesak dan tidak komorbid.

Adapun 11 platform telemedicine yang disediakan Kemenkes untuk menangani pasien Covid-19 dengan gejala ringan adalah sebagai berikut :

1. Alodokter

Alodokter adalah platform kesehatan digital yang berdiri sejak tahun 2014. Pihaknya mengklaim terdapat lebih dari 26 juta pengguna aktif setiap bulannya, serta lebih dari 30 ribu dokter yang bergabung. Semua informasi kesehatan yang tersedia di alodokter disusun dalam bahasa Indonesia yang mudah dimengerti dan ditinjau oleh tim dokter yang kompeten.

Alodokter menyediakan 5 fitur utama yaitu: chat bersama dokter, buat janji konsultasi dengan dokter dan/atau mencari rumah sakit pilihan, artikel kesehatan terlengkap dalam bahasa Indonesia, perlindungan kesehatan tambahan dengan Proteksi alodokter serta serta kemudahan untuk berbelanja kebutuhan kesehatan.

2. YesDok

YesDok dirancang untuk efisiensi yang akan menghemat waktu dan uang Anda untuk kunjungan dokter yang tidak perlu.

Baik itu untuk Orang sibuk mencari jawaban yang sangat kredibel untuk masalah kesehatan health, mengenai pendapat sebelum dan sesudah operasi serta Membantu pertolongan pertama saat darurat.

Layanan yang ditawarkan YesDok adalah Layanan 24 Jam, adanya ringkasan history konsultasi, pengiriman obat dan informasi artikel lengkap.

3. GetWell

GetWell termasuk sebagai 11 platform telemedicine gratis yang khusus pasien isoman. Lewat aplikasi ini nantinya pasien Covid-19 dapat berkonsultasi dan diberikan obat secara gratis. Selain itu, GetWell memberikan layanan homecare, swab, PCR dan lainnya.

4. Good Doctor

Good Doctor adalah Aplikasi ini menjadi satu di platform yang digunakan oleh pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan, pada pasien Covid-19 yang tengah isoman di rumah.   

Beberapa fitur disematkan dalam platform ini seperti chat dengan dokter, membeli produk kesehatan dan dapat terhubung dengan asuransi yang dimiliki. Nantinya pada pasien Covid-19 yang bergejala ringan dan isoman di rumah, dapat mengakses aplikasi ini untuk konsultasi medis dan mendapatkan obat-obatan secara gratis.

Baca Juga : Mengenal Bisnis Startup, Apa Bedanya dengan Bisnis Konvensional?

5. Halodoc

Aplikasi Halodoc memberikan layanan untuk konsultasi dengan dokter, membeli produk kesehatan dan menyediakan layanan lab home untuk Anda. Meliputi swab, rapid, dan antigen test. Hasil akan dikirimkan langsung ke aplikasi Halodoc Anda.

6. Milvik Dokter

Dengan Aplikasi MILVIK Dokter, Anda memiliki akses ke konsultasi telepon berkualitas dengan salah satu praktisi medis berlisensi kami di ujung jari Anda – 7 hari seminggu, 24 jam sehari.

Anda akan mendapatkan nasihat medis tentang topik terkait kesehatan seperti kesehatan pria atau wanita, perawatan kesehatan anak, penyakit, kebugaran dan nutrisi, kesehatan mental, konseling kehamilan, penyakit kronis dan infeksi.

Fitur pada aplikasi itu juga dapat memberikan rekomendasi dokter atau rumah sakit, serta hitungan biaya berobat di dalam hingga ke luar negeri.

7. KlikDokter

Sejak berdiri dari tahun 2008, KlikDokter menjalankan visi dan misi menyediakan komunikasi, informasi, edukasi medis untuk masyarakat medis dan non-medis. 

Aplikasi KlikDokter.com memberikan layanan medis dan kesehatan dengan beberapa fitur unggulan seperti layanan live chat 24 jam, artikel dengan topik kesehatan dan tentang kesuburan. Tentunya juga memberikan layanan konsultasi dan obat secara gratis terhadap pasien isoman.

8. KlinikGo

KlinikGo adalah  perusahaan yang menyediakan layanan O2O (Offline to Online) di bidang kesehatan. Dengan terus bertambahnya permintaan atas layanan kesehatan yang mudah dijangkau, KlinikGo hadir sebagai sebuah solusi untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pemeriksaan kesehatan di berbagai mitra fasilitas kesehatan serta memiliki layanan khusus Pasien Korona (Corona Care).

9. Link Sehat 

Hampir sama dengan platform telemedicine lainnya. Link Sehat bersama dengan pemerintah memberikan layanan dan obat gratis untuk penderita covid mulai tanpa gejala sampai gejala ringan.

Dalam Aplikasi ini, Anda bisa melakukan layanan konsultasi dengan dokter, membuat janji untuk tes covid atau tes kesehatan lainnya.

Baca Juga : Pengaruh COVID-19 Terhadap Perilaku Konsumen Digital di Indonesia

10. ProSehat

ProSehat hadir untuk mempermudah keluarga modern mendapatkan layanan kesehatan terpercaya mulai dari panggil dokter untuk Imunisasi dan Vaksinasi ke rumah, Rapid Test, panggil fisioterapi, cek lab, pembelian makanan sehat, alat kesehatan, multivitamin, sampai jamu herbal dll yang lengkap.

Aplikasi ini dapat digunakan oleh pasien Covid-19 gratis, pemerintah juga akan memfasilitasi pasien agar dapat berkonsultasi dan mendapatkan obat lewat aplikasi secara gratis.

11. SehatQ

SehatQ adalah aplikasi kesehatan dan kebugaran untuk pengelola kesehatan keluarga. Anda bisa berbicara dengan dokter terpercaya, membuat janji dengan dokter sesuai kebutuhan dan jadwal. 

Anda dapat membaca informasi kesehatan dari sumber yang telah direview oleh dokter medis, dan belanja kebutuhan kesehatan Anda dengan berbagai metode pembayaran.

Jadi itulah 11 platform telemedicine gratis untuk pasien Covid-19 yang isoman di rumah, supaya bisa mendapatkan layanan konsultasi langsung dokter hingga pengiriman obat secara gratis tanpa harus ke Rumah Sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.