Breaking News

desain web menginspirasi

Rekomendasi Desain Web yang Menginspirasi

Saat Anda berencana untuk membuat suatu situs web dengan desain yang menarik, perhatikan beberapa contoh desain web yang menginspirasi agar Anda bisa menciptakan yang terbaik juga. Ada banyak sekali website dengan desain keren yang bisa Anda kunjungi dan pelajari.

Gunakan berbagai situs web tersebut sebagai patokan ketika merencanakan desain situs web Anda sendiri. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan lebih banyak variasi desain serta sudut pandang dan mampu menciptakan desain situs web yang lebih istimewa.

Contoh Desain Web yang Menginspirasi dan Kreatif

Agar Anda tidak kebingungan memilih website yang bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi, di bawah ini ada beberapa website terbaik yang desainnya sangat menginspirasi. Kunjungi berbagai situs web ini dan cari tahu apa saja yang membuat situs web tersebut tampak menarik dan keren.

1. Crayon.Co

Situs web yang satu ini mengklaim dirinya sendiri sebagai suatu mesin pencari khusus desain website yang sangat komprehensif. Di situs web yang satu ini, pengunjung bisa mencari berbagai desain situs web berdasarkan kategori tertentu. Anda bisa memilih desain berdasarkan industri, level trafek, dan lainnya.

Ada fitur Inspire dalam situs web Crayon.co yang menawarkan berbagai contoh desain web yang menginspirasi. Berbagai contoh tersebut dikelompokkan berdasarkan score, popularitas, waktu update, serta jumlah trafiknya. Akses fitur Inspire ini secara gratis setelah melakukan pendaftaran.

2. UI Parade

Apapun jenis situs webnya, pasti membutuhkan berbagai desain yang mendetail. Beberapa desain yang diperlukan dalam pembuatan situs web adalah form sign up, form log in, navigasi, search box, serta ikon. Kalau Anda sedang mencari inspirasi tentang seluruh detail tersebut, kunjungi UI Parade.

3. Contoh desain web yang menginspirasi di CSS Design Award

Anda pasti sangat ingin memperoleh ide dari berbagai situs web yang terbaik. CSS Design Awards merupakan suatu platform yang memberikan penghargaan bagi berbagai desain web yang diciptakan oleh agensi, studio, dan freelance designer berskala internasional.

Penghargaan desain ini pertama kali diluncurkan pada 2010. Para penilainya bukan sembarang orang, melainkan para juri yang sudah profesional di bagian desain web. Anda akan menemukan nominasi serta  para pemenang website dengan desain terbaik di situs web ini.

Terdapat setidaknya tiga kategori para pemenang yang akan Anda temukan disini, yaitu Winner of The Year, Winner of the Month, serta Winner of the Day.

4. Webby Awards

Berbagai contoh desain web yang menginspirasi juga bisa Anda temukan di situs web resmi Webby Awards. Situs web penghargaan ini diadakan oleh IADAS atau International Academy of Digital Arts and Sciences. Penghargaan diberikan untuk berbagai macam kategori, termasuk salah satunya desainer web.

Berbagai situs web yang terpampang di situs web resmi Webby Awards bisa menjadi sumber inspirasi untuk menciptakan situs web yang paling menarik.

5. Favorite Website Awards

Masih ada satu lagi ajang penghargaan yang ditujukan bagi para desainer website, namanya FWA atau Favorite Website Awards. Ajang penghargaan ini mulai diselenggarakan pada tahun 2000. Para juri yang menilai ajang penghargaan ini adalah juri yang sudah sangat profesional.

Seperti halnya beberapa ajang penghargaan yang sebelumnya, Anda bisa menemukan banyak contoh desain web yang menginspirasi di FWA of the Day. Jadi setiap harinya akan ada situs web yang memenangkan penghargaan dan bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

6. Contoh desain web yang menginspirasi di Little Big Details

Butuh banyak inspirasi agar bisa menciptakan website dengan desain yang lebih mendetail? UI Parade bukan satu-satunya tempat untuk menggali berbagai ide. Salah satu situs web lain yang bisa Anda datangi adalah Little Big Details yang diciptakan oleh Floris Dekker.

Dekker sengaja membuat situs web ini untuk mengumpulkan berbagai inspirasi yang terbaik sehingga bisa meningkatkan user experience di situs web.

7. Bestwebsite.Gallery

Kunjungi juga situs web Bestwebsite Gallery yang menawarkan banyak sekali inspirasi menarik yang bisa Anda gunakan sebagai patokan saat akan menciptakan situs web milik sendiri. Di Bestwebsite Gallery ini Anda juga bisa memberikan suara atau voting untuk beberapa desain yang paling Anda sukai.

8. Beta List

Sebenarnya, situs web yang satu ini menawarkan daftar lengkap startup yang telah disubmit oleh para pengunjung situs web. Meskipun tidak secara spesifik menyediakan ide dan contoh desain yang terbaik, Anda tetap bisa menggunakan website ini untuk memperoleh inspirasi desain situs web startup yang terbaru.

9. From Up North

Berbagai contoh desain web yang menginspirasi juga bisa Anda temukan di From Up North. Bahkan situs web yang satu ini bukan sekedar website yang menawarkan berbagai desain menarik. Anda juga akan menemukan berbagai inspirasi mengenai desain UI, desain kemasan, maupun desain poster.

Situs web From Up North bisa menjadi situs web untuk memperoleh ide paket lengkap bagi perusahaan atau bisnis yang sedang mencari ide packaging dan berbagai keperluan promosi sekaligus.

10. Contoh desain web yang menginspirasi Awwwards

Situs web yang satu ini memilih berbagai desain website yang terbaik. Pemilihan desain yang terbaik dilakukan setiap hari. Untuk pemilihannya sendiri didasarkan pada aspek desain, kreativitas, usability, mobile, dan konten.

Menariknya lagi, para pengunjung yang datang ke situs web Awwwards boleh meninggalkan komentar ke berbagai situs web yang ditampilkan disana.

11. Site Inspire

Sesuai dengan namanya, Site Inspire adalah salah satu situs web paling bagus yang bisa Anda kunjungi untuk menemukan berbagai inspirasi desain situs web. Selain itu, Anda juga bisa mendaftarkan situs web milik pribadi di Site Inspire.

Tapi Site Inspire hanya akan menerima maksimal 200 submission saja setiap harinya. Kemudian Site Inspire akan memilih beberapa dari 200 situs web tersebut dengan standar simplicity dan cleanliness. Temukan desain yang paling menarik perhatian Anda berdasarkan banyak pilihan kategori yang tersedia.

12. CSS Nectar

Situs web CSS Nectar juga akan melakukan pemilihan terhadap satu situs web yang desainnya paling bagus. Pemilihan ini dilakukan setiap hari sehingga Anda bisa menemukan contoh desain web yang menginspirasi dan sangat menarik setiap harinya.

Berbagai situs web yang masuk ke website CSS Nectar akan dikelompokkan ke dalam berbagai kategori, seperti negara, fitur, serta warna. Anda bisa mengirimkan situs web pribadi ke CSS Nectar. Biaya yang dikenakan untuk submit situs web pribadi adalah 5 US Dollar.

13. Contoh desain web yang menginspirasi di Dribble

Dribble adalah komunitas khusus desainer yang memang dirancang sebagai wadah sehingga para desainer website bisa mengunggah karya mereka. Illustrators, graphic designers, web designer, typographer, icon artist, sampai logo designers boleh menggunakan situs web ini.

Jadi dengan berkunjung ke Dribble, Anda tidak hanya memperoleh berbagai inspirasi tentang desain website yang terbaik, tapi juga berbagai jenis desain lain yang Anda butuhkan untuk mengembangkan perusahaan.

Baca Juga: Alasan Pentingnya Website Maintenance untuk Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *