Breaking News

Tren SEO yang Perlu Anda Pertimbangkan untuk Maksimalkan Bisnis

Tren SEO (Search Engine Optimization) akan terus mengalami perkembangan algoritma. Pada era teknologi seperti saat ini, SEO berperan penting terhadap perkembangan digital marketing.

Yang mana berkat SEO, bisnis bisa berada pada halaman pertama di mesin pencarian. Sehingga para calon pelanggan bisa melihat website bisnis tersebut. Tentunya targetnya bukan hanya sebatas itu saja, melainkan juga bisa sampai terjadi transaksi.

Google sebagai salah satu mesin pencari yang sampai saat ini orang gunakan di berbagai negara. Itulah kenapa Google terus melakukan perbaikan untuk mendukung penyempurnaan hasil pencarian.

Sehingga para pengguna internet bisa terbantu dengan berbagai layanan Google tersebut. Orang-orang menyebutnya dengan algoritma Google. Yang mana menjadi suatu ritual wajib bagi pengelola situs untuk mengoptimalkan websitenya.

Tren SEO 2021 Penting untuk Tingkatkan Performa Website

Teknik SEO merupakan salah satu yang perlu orang pahami agar bisa berada di halaman utama peringkat Google. Dalam hal ini ada tren SEO yang menjadi pedoman bagi para pengelola situs website.

Tren SEO selalu melakukan perkembangan dengan mengikuti algoritma mesin pencarian. Secara umum setiap tahun pengelola website harus update untuk melihat tren SEO terbaru.

Sehingga bisa membantu untuk mendongkrak rating dari suatu situs website. Namun sebenarnya algoritma Google terus mengalami perubahan signifikan hampir setiap harinya. Berikut ini beberapa tren dari SEO di tahun 2021 yang perlu Anda ketahui.

1. Core Web Vital Itu Penting

Metode Core Web Vital berguna untuk melakukan pengukuran Google terbaru. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan pada para pengunjung saat mengunjungi situs website.

Terkait kenyaman, Google mengukurnya dengan 3 faktor. Yaitu kecepatan halaman untuk melakukan respons, kecepatan membuka halaman, dan tata letak yang halaman gunakan.

Dalam melakukan pengukuran ini tentunya bisa pengelola website cek melalui tools yang Google sediakan, yaitu Pagespeed Insight. Tools ini tersedia secara gratis bagi para penggunanya.

2. Optimasi Google BERT Perlu

Bidirectional Encoder Representations from Transformers (BERT) merupakan algoritma yang Google terapkan sejak tahun 2018 hingga saat ini. Algoritma BERT memiliki peran untuk memahami kata kunci dengan hasil penemuan yang relevan.

Situs website yang banyak Google perhatikan merupakan situs yang mudah pengguna cari. Dan cara agar Google mengindeks situs Anda salah satunya menggunakan kata kunci yang relevan.

3. Wajib Riset Kata Kunci

Kata kunci adalah suatu kata singkat yang mewakili isi konten pada suatu halaman website. Selain itu kata kunci juga banyak orang gunakan untuk mencari sesuatu pada mesin pencarian.

Namun demikian tidak sembarangan menggunakan kata kunci. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kata kunci mana yang relevan dan cocok. Caranya bisa memakai tools yang tersedia di internet.

Misalnya Ubbersuggest, Keywordtool.io, dan banyak lagi lainnya. Sedangkan produk tools Google sendiri seperti Google Trends, Google Search Console, dan lainnya.

4. Konten Orisinil dan Unik

Hal yang sangat Google benci adalah adanya konten plagiat atau konten yang menjiplak. Jadi, rating suatu website bisa jatuh jika di dalamnya memuat konten duplikat atau konten menjiplak.

Pastikan untuk melakukan cek plagiarisme sebelum mengunggah konten ke website. Bisa menggunakan berbagai tools yang tersedia di internet ada yang gratis ada juga yang berbayar.

5. Pemasaran Video

Melakukan pemanfaatan pada konten video untuk pemasaran iklan merupakan suatu hal penting. Misalnya saja para influencer yang memasarkan sesuatu melalui video dan mereka unggah ke media sosial.

Menurut pandangan Google, situs website yang kontennya lengkap dengan video akan terkesan lebih menarik. Daripada melihat halaman yang hanya berisikan teks dan gambar saja.

6. Tren Pencarian Suara

Google Voice hadir sebagai teknologi canggih dari mesin pencarian Google. Hingga kini penggunaannya semakin meningkat. Dan perkiraannya akan semakin berkembang ke depannya.

Dalam menghadapi perkembangan pencarian suara ini Anda bisa memaksimalkan long tail keyword dan snippet.

Baca Juga : 10 Teknik SEO untuk Mangkring di Halaman Pertama

Market trend graphs and business analysis on smartphone. Hand holds phone. Infographic and statistics on screen. Landing page template

Tren SEO 2021 yang Berperan Penting di Tahun 2022

Perkembangan tren SEO akan terus mengalami perubahan menyesuaikan teknologi yang ada. Misalnya mayoritas pengguna internet kini berselancar menggunakan smartphone mereka.

Oleh sebab itu, perlu sekali mendesain website untuk bisa mobile friendly. Sehingga mereka yang menggunakan ponselnya untuk menjelajah dunia maya akan lebih nyaman.

Google yang terus melakukan pembaharuan tersebut membuat usaha praktisi SEO selama berbulan-bulan tidak berguna. Peringkat Search Engine Result Page (SERP) akan terus mengalami pergeseran jika tidak mengikuti perkembangan.

Sehingga banyak praktisi SEO terus terobsesi dengan pembaruan algoritma Google tersebut. Misalnya seperti pembaruan BERT, pembaruan Maverick, dan sebagainya. Yang mana hal tersebut membawa tren berbeda pada teknik SEO 2021.

Untuk itu pelajari tren pada SEO di tahun 2021 ini untuk mempersiapkan hal baru di tahun 2022. Jadi, mari membahas beberapa poin penting yang perlu Anda pertahankan terkait tren SEO tahun ini. Yang mana sebagai bekal untuk tahun 2022 mendatang.

1. Algoritma

Munculnya algoritma BERT membuat Google bisa memahami hubungan antara kata dan maksud kueri penelusuran. Bahkan BERT juga melayani pencarian berbasis suara.

Namun tentunya perlu Anda ketahui, bahwa teknologi akan terus berkembang. Dan tentunya BERT hanyalah permulaan. Perusahaan akan mengumumkan model baru dalam melayani penggunanya. Yang mereka sebut dengan Multitask United Model (MUM).

Hal tersebut merupakan pernyataan Prabhakar Raghavan, seorang Kepala Pencarian Google. MUM ini bisa menganalisis video, gambar, serta teks dari sebanyak 75 bahasa.

Sederhananya MUM ini merupakan model AI yang bisa memahami perasaan, maksud pengguna, konteks, abstraksi, dan bisa menjawab secara relevan. Namun hingga Agustus 2021 MUM masih pada tahap pengujian.

2. Language Model for Dialogue Applications (LaMDA)

Apabila membahas terkait tren dari SEO, tentunya pencarian suara merupakan hal yang perlu Anda optimalkan saat ini. Selama konferensinya Google meluncurkan LaMDA sebagai model pembelajaran mesin untuk melakukan dialog.

Jika MUM yang membedakan tujuan orang di balik kueri pencarian, maka LaMDA akan melakukan percakapan dan memberikan hasil dari apa yang pengguna berikan.

LaMDA merupakan sebagian dari strategi Google. Jadi, jika belum menggunakan strategi pencarian suara segeralah melakukannya.

3. Grafik Belanja

Pada masa kini, tren belanja online semakin marak masyarakat lakukan. Sehingga tidak mengherankan jika Amazon, Shopify dan lainnya mendapatkan hasil keuangan yang melampaui harapan.

Kemampuan Google dalam belanja online belum sekuat kompetitor lainnya. Sehingga masih kalah, dan saat ini tampaknya Google mulai menganggap hal tersebut secara serius.

Baru-baru ini grafik belanja mulai Google luncurkan untuk memahami serangkaian produk, merek, ulasan, dan sebagainya. Fungsi grafik belanja ini adalah secara real time yang membuat orang akan dengan mudah menemukan barang yang tersedia saat itu.

4. Pemasaran Video

Google mulai menampilkan berbagai cuplikan video dengan menggunakan waktu dan judul pada mesin pencarian. Mereka juga membuat momen penting yang secara otomatis berasal dari video mereka.

Video merupakan bagian bagus untuk suatu strategi SEO. Karena hampir sebagian besar masyarakat mengkonsumsi konten berupa video. Sehingga video akan berperan penting dalam memberikan peringkat pada SERP.

6. Core Web Vitals

Melakukan pengoptimalan halaman menggunakan kata kunci serta membangun backlink adalah cara mendapatkan peringkat SERP. Namun kini hal tersebut bukan satu-satunya hal penting.

Karena salah satu yang menjadi faktor peringkat kini tergantikan dengan pengalaman halaman. Yakni serangkaian pengalaman yang pengguna rasakan ketika berinteraksi dengan halaman website.

Hal penting yang paling menonjol adalah Core Web Vitals. Yakni sebagai alat ukur kecepatan untuk memuat suatu halaman. Sebagaimana yang sudah informasi sebelumnya berikan terkait Core Web Vitals.

Itulah beberapa informasi terkait tren SEO yang bisa Anda pahami. Dengan informasi tersebut, maka manfaatkan hal tersebut untuk membedakan situs Anda dengan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.