Breaking News

Search Engine Marketing

Praktik Search Engine Marketing untuk Tingkatkan Pemasaran Digital

Search Engine Marketing (SEM) mungkin bagi sebagian orang akan terdengar menakutkan. Pasalnya hal ini menyangkut dengan proses pengiklanan yang berbayar.

Namun sebenarnya SEM hanyalah sebuah praktik untuk mempromosikan bisnis secara digital. Praktik tersebut seperti melakukan analisis kata kunci, iklan berbayar, rujukan dari search engine, dan lainnya.

Menggunakan SEM sebenarnya bukan untuk menemukan pelanggan. Melainkan supaya pelanggan bisa menemukan akun bisnis. Dan tentunya harapannya bisa sampai melakukan transaksi terhadap suatu produk bisnis tersebut.

Jadi SEM akan sukses jika pelanggan melakukan riset secara online. Pelanggan mencari suatu solusi dari permasalahannya. Kemudian bisnis Anda muncul sebagai suatu solusi yang membantu mereka.

Pengertian Search Engine Marketing atau SEM

Search Engine Marketing merupakan taktik digital marketing yang membantu meningkatkan performa web pada hasil pencarian. Namun untuk menggunakan layanan SEM pengguna harus melakukan pembayaran.

Berbeda dengan Search Engine Optimization (SEO) yang tidak perlu membayar untuk melakukan optimasi website. Meski demikian SEO memerlukan waktu yang cukup lama untuk membuat situs Anda bisa nangkring di halaman pertama.

Kalau menggunakan SEM tidak butuh waktu lama untuk bisa terpampang di halaman utama pencarian. Pengguna bisa melihat situsnya terpampang pada halaman pertama search engine hanya dalam hitungan jam/hari.

Sistem kerja SEM adalah pengiklan akan melakukan pemasangan iklannya menggunakan kata kunci yang relevan. Sehingga ketika ada orang yang hendak melakukan riset online dengan kata kunci tersebut, web Anda bisa terlihat.

Jika hanya sekadar melihat, maka Anda tidak akan terkena biaya iklan. Pasalnya proses pembayaran dari SEM ini menggunakan sistem pay per click (PPC). Yang artinya pengiklan akan membayar apabila ada orang yang mengklik situs websitenya.

Salah satu contoh hasil pencarian yang websitenya menggunakan layanan SEM bisa orang lihat pada meta tag. Di meta tag yang muncul pada pencarian akan ada tanda Ad atau iklan. Jadi, itulah yang menandai website memakai SEM atau tidak.

Manfaat Menggunakan Search Engine Marketing

Setelah mengulas informasi terkait pengertian SEM, berikut akan kami bahas secara detail terkait dengan manfaatnya. Apa alasannya pemilik website harus menggunakan layanan SEM? Mari simak informasi berikut ini.

1. Membantu Meningkatkan Konversi Website

Menggunakan Search Engine Marketing bisa membantu untuk meningkatkan konversi website. Tentunya hal ini akan terjadi jika pengguna bisa membidik kata kunci yang tepat. Yaitu kata kunci yang mengarah ke fokus pembelian.

Misalnya Anda menjual produk jaket kulit, maka bisa melakukan iklan menggunakan keyword jual jaket kulit. Sehingga ketika pelanggan melakukan pencarian pada kata kunci tersebut halaman Anda akan muncul.

Mayoritas para pencari, akan melakukan klik pada posisi pertama di hasil pencarian. Nah, dengan begitu kemungkinan besar para pencari akan melihat halaman tersebut untuk melakukan pembelian. Sehingga konversi website meningkat.

2. Hasil Nangkring di Halaman Utama Lebih Cepat

Tentunya untuk hasil bisa berada di halaman utama pencarian akan lebih cepat dari pada teknik SEO. Pasalnya iklan tersebut berbayar sehingga bisa membuat hasil pencarian akan lebih maksimal.

Bahkan pengguna bebas untuk melakukan pengiklanan kapan saja. Namun masa nangkringnya tergantung pada biaya yang pengiklan keluarkan. Tentunya jika memakai SEO maka pengguna harus menggunakan taktik dan memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Apalagi untuk menyaingi kompetitor lain yang lebih dahulu. Pasti memerlukan waktu hingga berbulan-bulan. Atau bahkan bisa bertahun-tahun, tergantung dari bagaimana Anda berusaha.

3. Dapat Menentukan Sasaran Market

Menggunakan Search Engine Marketing bisa membantu pengguna untuk menentukan target market secara spesifik. Langkahnya adalah menggunakan Google Ads.

Strategi SEM ini akan membantu menargetkan audiens menyesuaikan dengan sasaran iklan. Sehingga pengguna bisa membuat konten iklan secara lebih tepat untuk target marketnya.

Bahkan pengguna bisa menentukan jadwal iklan muncul, lokasi, jenis kelamin, hingga usia. Tentunya hal ini bisa membuat iklan lebih efektif. Tentunya hal ini tidak bisa Anda lakukan jika hanya menggunakan teknik SEO saja.

4. Bisa Mengatur Biaya Pengiklanan

Meskipun berbayar tidak perlu takut akan kehilangan banyak dana. Karena menggunakan SEM ini bisa menentukan anggaran sendiri. Berapa dana yang hendak pengguna keluarkan untuk beriklan.

Biayanya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tentunya menggunakan layanan iklan SEM akan jauh lebih terjangkau daripada menggunakan iklan konvensional.

Apalagi SEM juga menggunakan berbagai strategi agar iklan bisa semakin efektif. Di zaman perkembangan digital seperti saat ini, beriklan secara online akan lebih efektif daripada secara offline.

Beriklan di salah satu mesin pencarian yang memiliki pengguna hampir seluruh dunia adalah cara yang tepat. Meski demikian, jangan terburu-buru menggunakan SEM. Perlu memahami terlebih dahulu beberapa hal penting yang berkaitan dengan SEM.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan SEM dan SEO untuk Pilih Strategi Bisnis Terbaik

Praktik Beriklan di Google Menggunakan SEM

Sesudah berkenalan dengan Search Engine Marketing, berikut ini akan kami bagikan langkah selanjutnya. Yakni praktik beriklan di Google memakai SEM, berikut langkah-langkahnya.

1. Melakukan Riset Kata Kunci

Lakukan pencarian kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda yang biasa audiens gunakan untuk mencari produk. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan alat pencarian kata kunci.

Banyak tools yang tersedia, dari produk Google sendiri ada Google Keyword Planner. Sedangkan tools lainnya seperti Ubbersuggest, Keywordtool.io, dan banyak lagi lainnya.

Pastikan mencari kata kunci yang berpotensi untuk orang beli. Selain itu tentukan juga kata kunci yang efektif dengan cost per click (CPC).

2. Optimasi Mesin Pencarian

Melakukan teknik SEO merupakan cara yang tepat untuk membuat situs website milik Anda muncul secara organik. Tentunya menggunakan kata kunci yang sesuai dengan target bisnis tersebut.

Meskipun menggunakan SEM, namun Anda tetap harus memperhatikan teknik SEO dalam beriklan. Pasalnya teknik SEO inilah yang nantinya akan membantu website bisa bertahan lebih lama.

Apalagi jika dana iklan Anda sudah habis, pasti tidak akan selamanya bukan untuk terus menggunakan SEM. Jadi SEO dan SEM bisa saling berkaitan untuk membantu meningkatkan performa website.

3. Membuat Konten Iklan

Jika sudah silakan lakukan pembuatan konten yang sesuai dengan kata kunci yang sudah Anda risetkan. Menggunakan konten yang berkualitas tentunya akan membantu bisnis segera naik ke peringkat atas dengan organik.

Jadi, ketika layanan SEM sudah habis konten Anda tetap bisa naik secara alami. Pastikan juga konten tersebut menarik perhatian orang. Jadi bisa memperhatikan cara membuat konten yang berkualitas.

Misalnya dari segi judul konten, isi konten, dan lainnya bisa pengguna buat sedemikian agar menarik. Jangan lupa arahkan iklan ke halaman situs Anda yang relevan.

4. Melakukan Transaksi Pembayaran

Karena bukan layanan gratis, maka Anda perlu merancang anggaran untuk biaya iklan. Untuk sistem pembayaran menggunakan metode pay per click untuk melakukan penawaran tempat iklan pada pencarian.

Jika sudah maka bisa menentukan kapan jadwal iklan tersebut akan tayang. Seperti hari, jam, dan berapa jumlah klik yang bisa orang klik setiap harinya.

4. Membuat Penargetan

Menggunakan SEM bisa menentukan target secara spesifik. Jadi, tentukan target market bisnis. Seperti lokasi yang bisa melihat iklan, usia target iklan, jenis kelamin, dan sebagainya. Hal ini akan membuat iklan lebih tepat mengenai sasaran.

4. Menyesuaikan Copywriting Iklan dan Landing Page

Pastikan copywriting iklan bisnis Anda sesuai dengan landing page. Sehingga para target market akan percaya terhadap brand tersebut. Misalnya jika memberikan diskon pada iklan, maka pastikan halaman landing page juga memberikan diskon.

Sehingga tidak membuat para pelanggan menjadi bingung dan meragukan situs Anda.

5. Menggunakan Pengujian A/B

Salah satu hal yang bisa pengguna nikmati dengan memakai SEM adalah dapat melihat hasil dengan cepat. Sehingga bisa melakukan dua strategi yang berbeda yang namanya testing A/B. Cara ini berguna untuk menentukan iklan mana yang lebih efektif.

Itulah beberapa informasi terkait dengan Search Engine Marketing yang bisa Anda gunakan untuk beriklan secara online. Tetap pahami seluk beluk SEM terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.