Breaking News

digital campaign

10 Contoh Digital Campaign Untuk Bisnis Baru

10 contoh digital campaign di bawah pastinya sangat penting bagi anda pelaku bisnis. Apalagi jika anda masih baru dalam bidang bisnis, digital campaign ini sangat penting agar anda mendapatkan posisi di hati konsumen.

Apalagi saat ini kita memahami bahwa hampir sebagian besar konsumen atau calon pembeli mengetahui produk maupun jasa melalui internet. Oleh karena itu kita harus gemar melakukan digital campaign dengan tepat.

10 Contoh Digital Campaign

Dengan mengetahui 10 contoh digital campaign di bawah pastinya anda akan lebih optimal menghasilkan profit. Anda juga harus memiliki output atau perhitungan mengenai digital campaign yang dilakukan. Beberapa brand besar memiliki cara dan kesabarannya masing-masing untuk mendapatkan pangsa pasarnya.

1. Search Engine Optimization

Pertama yang harus anda kuasai dan dilakukan adalah search engine optimization. Pengelolaan terhadap bidang ini mungkin anda mengeluarkan biaya tambahan. Apalagi anda yang memiliki sebuah website tentunya harus memperhatikan sitemap, isi konten dan juga backlink.

Terutama Anda harus memperhitungkan domain authority dan page authority agar nantinya bisa bersaing berada di ranking teratas. Dengan memiliki DA dan PA tinggi, terdapat peluang anda untuk bersaing dengan kompetitor lebih besar dengan pangsa pasar yang lebih tinggi.

2. Search Engine Marketing

Anda juga harus mempertimbangkan search engine marketing yang merupakan sebuah metode website berbayar dengan pemanfaatan Ads. Cara ini juga harus anda perhatikan agar nantinya bisa mendapatkan posisi terbaik dalam pemasangan Ads.

Penetapan utama adalah menyesuaikan kata kunci pencarian dan menetapkan tujuan anda. Bagi pelaku bisnis, harus mengetahui apa tujuan saat akan memasang sebuah iklan pada beberapa website melalui Ads. Anda pastinya juga bisa memanfaatkan jasa layanan dari pihak ketiga ataupun melakukan riset pribadi terhadap website incaran.

3. Social Media Marketing

Selanjutnya yang cukup penting adalah memainkan sosial media sebagai bentuk komunikasi secara langsung dengan para calon pembeli. Sosial media marketing ini sangatlah penting agar nantinya bisa ditutup dengan pembelian.

Sudah tidak perlu diragukan lagi, social media marketing ini sangat optimal dan memberikan banyak keuntungan bagi para pelaku kecil. Dengan begitu Anda yang ingin memulai bisnis harus memanfaatkan sosial media semaksimal mungkin.

4. Pay Per Click

Anda sudah bisa memulai digital campaign memanfaatkan PPC. Memasang iklan pada website tertentu dengan kata kunci yang telah anda tetapkan tentunya akan memberikan dampak yang besar terhadap merk anda. Selain itu, biaya iklan jenis ini tergolong lebih murah bila dibandingkan lainnya.

Menetapkan kata kunci paling sesuai serta nama brand dengan tepat tentunya akan memberikan awareness bagi para calon pembeli. Jadi anda harus benar-benar memperhatikan metode pemasangan iklan PPC sebagai salah satu cara menetapkan digital campaign.

5. Media sosial Ads

Banyak sekali media sosial yang saat ini bisa anda manfaatkan. Beberapa di antaranya yang masih ramai dipergunakan adalah Instagram, Facebook dan Twitter. Digital campaign dalam setiap media sosial ini sangat bervariasi tergantung dengan fitur dalam media sosial tersebut.

Sebut saja Twitter, anda memerlukan beberapa pihak ketiga yang bisa memberikan kita peluang untuk menciptakan trending. Sedangkan untuk Instagram Anda harus memilih influencer yang tepat dengan pangsa pasar yang terukur.

6. Template video Tik Tok

Ini juga bisa menjadi salah satu platform terbaik untuk Anda saat ini memulai bisnis dengan meningkatkan awareness atau tingkat pembelian melalui aplikasi Tik Tok. Kita bisa membuat template video tiktok dan beberapa challenge untuk bisa menentukan campaign yang tepat.

Memanfaatkan template video tiktok dengan optimal ini dan implementasikan dengan influencer tentu akan memberikan dampak yang besar. Apalagi jika terdapat sebuah feedback yang diberikan untuk user template video tiktok anda.

7. Endorse channel YouTube

Tidak bisa dipungkiri endorse channel YouTube juga memberikan salah satu dampak besar dalam perkembangan digital campaign. Beberapa youtuber yang memiliki tingkat penonton tinggi dan engagement semakin besar tentunya bisa jadi pilihan.

Dengan memberikan informasi mengenai produk Anda tentunya beberapa penonton channel YouTube tersebut bisa menjadi calon pembeli. Apalagi jika nantinya anda bisa mengemasnya dengan lebih menarik dengan konsep yang tepat.

8. Instagram influencer

Sebagaimana kita singgung sebelumnya, mirip dengan media sosial influencer, tentunya Instagram juga menjadi salah satu poin penting untuk diperhatikan. Instagram influencer juga merupakan salah satu cara terbaik untuk memasarkan produk Anda.

Yang terpenting Anda juga harus memperhatikan bagaimana jumlah follower, rasio engagement hingga feedback dari instagram influencer tertentu. Melakukan riset dalam hal ini sangatlah penting agar anda tidak salah dalam menetapkan digital campaign.

9. Direct email marketing

Mungkin bagi anda ini merupakan salah satu metode yang sudah cukup lama. Tetapi kenyataannya direct email marketing ini masih dilakukan oleh beberapa perusahaan besar. Setidaknya ini akan mengingatkan kepada pembeli ataupun calon konsumen tentang eksistensi brand anda.

Digital email marketing ini juga harus dikemas secara tepat. Agar nantinya bisa memberikan dampak yang besar hingga melakukan pembelian.

10. Influencer Marketing

Untuk Anda yang memiliki dana lebih tentunya bisa memiliki influencer marketing. Bekerjasama dengan influencer tertentu yang memiliki penggemar dan nama baik tentunya akan mempengaruhi merk anda.

Cara ini tentunya juga sangat direkomendasikan agar nantinya bisa terus mengembangkan bisnis dengan tepat. Selama influencer tersebut memiliki kredibilitas yang terus meningkat, begitu pula nama brand Anda juga akan ikut terangkat.

Dengan memahami 10 contoh digital campaign di atas, tentunya Anda bisa menetapkan bagaimana cara pengembangan bisnis yang tepat. Sehingga nantinya bisa mendapatkan hasil maksimal dalam bisnis yang dilakukan.

Bagaimana Memulai Digital Campaign?

Setelah mengetahui 10 contoh digital campaign tersebut, yang terpenting selanjutnya adalah menetapkan metode. Bagaimana cara implementasi Anda yang tepat agar bisa memberikan dampak maksimal pada calon pembeli. Yang secara harfiah tujuan akhirnya adalah melakukan penjualan terhadap produk ataupun jasa.

Berikut ini adalah tiga hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai digital campaign dengan tepat:

Mainkan isu terhangat

Anda bisa memainkan isu terhangat setelah menciptakan sebuah rencana dalam digital campaign. Beberapa isu terhangat yang terus terangkat ini akan memberikan attention lebih dari para calon pembeli.

Film memainkan isu yang hangat, merek juga akan memiliki tempat di hati konsumen. Dengan begitu keberadaan merk anda akan lebih dipahami dan diketahui oleh calon pembeli.

Ciptakan konsep

Menciptakan sebuah konsep pemasaran juga sangat penting. Dengan begitu Anda harus mengetahui dari mana hal tersebut dimulai dan diakhiri dengan tujuan seperti apa.

Menciptakan digital campaign secara tepat tentunya harus anda perhitungkan dengan realistis. Bagaimana kemampuan anda dan manajemen Dalam menggapai tujuan tersebut juga sangat penting. Dan menetapkan pilihan digital campaign yang tepat sebagai eksekusi juga perlu diperhatikan.

Pilih output anda!

Yang tidak kalah penting adalah memilih output atau feedback yang ingin didapat. Beberapa perusahaan menginginkan adanya peningkatan kepercayaan terhadap sebuah brand, atau bahkan meningkatkan tingkat loyalitas pembeli pada brand tersebut.

Banyak sekali maksud digital campaign yang ingin dicapai dan notabenenya menginginkan keuntungan atau menggapai sebuah tujuan tertentu. Maka dengan demikian anda harus tepat dalam menentukan pilihan karena akan mempengaruhi perspektif calon pembeli terhadap brand.

Setelah anda mengetahui beberapa poin penting diatas dan bagaimana proses implementasinya. Digital campaign yang baik tentunya harus memiliki tujuan dan proses implementasi yang realistis. Pastikan anda memahami dengan betul kebutuhan dengan memperhatikan 10 contoh digital campaign.

Baca Juga : Cara Membuat Brand Sendiri untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published.