Breaking News

google analytics

Apa itu Google Analytics? Mengenal Google Analytics untuk Pemula

Google Analytics adalah web analytics tool yang harus dimiliki setiap pemilik situs web. Tool ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi berbagai macam data mengenai kinerja situs Anda, mulai dari traffic web dan bahkan untuk mengetahui seperti apa perilaku pengunjung situs Anda.

Sebagai bisnis yang sedang berkembang, tidak diragukan lagi Anda akan memasang iklan di mana pun Anda bisa. Banyak bisnis menggunakan posting tamu di blog, iklan online berbayar, Twitter, Facebook, dan beberapa platform lainnya. “Menempelkan” tangan Anda ke dalam pot sebanyak mungkin dalam hal iklan adalah praktik bisnis yang baik.

Sekarang, katakanlah dalam empat kampanye pemasaran media sosial yang berbeda Anda memposting seratus kali minggu ini di 15 platform berbeda. Anda melihat popularitas halaman web Anda melonjak.

Satu-satunya masalah adalah ini: Anda tidak tahu strategi mana yang menghasilkan semua aktivitas! Saat Anda beriklan di 15 platform yang berbeda, kenyataannya adalah bahwa biasanya hanya satu atau dua dari platform tersebut yang benar-benar menghasilkan banyak lalu lintas p

engunjung . Di sisi lain, banyak dari mereka mungkin memberi Anda lebih sedikit lalu lintas daripada yang pantas Anda dapatkan.

Jika Anda ingin menjadi efisien, Anda perlu tahu dari mana lalu lintas Anda berasal. Jawabannya adalah dengan menggunakan Google Analytics.

Dalam artikel singkat ini, kita akan melihat dasar-dasar cara kerja Google Analytics sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya.

Apa itu Google Analytics?

Apakah Anda dibingungkan oleh Google Analytics? Kabar baik: Anda tidak sendirian. Google Analytics memang terkenal rumit.

Google Analytics adalah tool gratis yang memiliki kekuatan untuk mengubah strategi pemasaran online Anda secara total. Anda hanya memerlukan sebuah akun Google untuk memulai.

Apakah Google Analytics gratis?

Pertanyaan menarik yang pasti ada di pikiran kita semua.

Ada versi Google Analytics gratis dan berbayar yang disebut Analytics 360. Bagi Anda pelaku usaha kecil dan menengah kemungkinan akan mendapatkan semua fitur yang Anda butuhkan dari versi gratis. Akan tetapi bagi pelaku usaha besar atau perusahaan, Anda perlu melakukan upgrade ke versi berbayar.

Jika Anda masih ingin melakukan upgrade mungkin harus mengeluarkan biaya yang tidak murah. Biaya berlangganan Analytics 360 dimulai dari 150.000 USD per tahun, dan biaya ini masih bisa bertambah seiring perkembangan situs web Anda. Setelah dikonversi ke Rupiah, mungkin Anda harus mengeluarkan anggaran sekitar 200 juta setiap bulannya.

Melihat biaya Analytics 360 yang tinggi akan membebani banyak pelaku bisnis. Namun, jika Anda menjalankan usaha besar dan memiliki anggaran untuk layanan dan agen atau analis internal untuk mengelola operasi analitik Anda, pertimbangkan untuk berinvestasi.

Apa yang Dilakukan Google Analytics?

Terlepas dari masalah biaya, tentunya kita semakin penasaran apa saja yang dapat dilakukan Google Analytics.

Google Analytics adalah tool luar biasa yang memiliki banyak fungsi, tetapi pada dasarnya, tool ini memberi Anda cara cepat dan mudah untuk mengetahui semua metrik penting terkait situs web Anda, seperti berapa banyak pengunjung yang Anda terima selama periode waktu tertentu, berapa banyak dari mereka adalah pengunjung “unik”, dan bahkan distribusi geografis mereka.

Cara Google Analytics menyediakan metrik ini sebagian besar otomatis, yang merupakan berita bagus bagi pemilik situs web sibuk yang memiliki ribuan tugas situs web lain yang harus dilakukan dan tidak punya banyak waktu untuk mendedikasikan diri untuk mengumpulkan data.

Sebenarnya ada begitu banyak yang ditawarkan alat ini sehingga satu-satunya batasan Anda yang sebenarnya, dalam hal metrik situs web yang penting, adalah imajinasi Anda.

Hal-hal lain yang dapat Anda temukan menggunakan Google Analytics meliputi:

  • Metrik media sosial Anda, misalnya analisis lalu lintas pengunjung yang berasal dari media sosial yang terhubung dengan situs web Anda.
  • Apakah situs Anda mudah dinavigasi di perangkat seluler atau tidak.
  • Situs lain mana yang tertaut ke situs Anda dan berapa banyak lalu lintas yang Anda peroleh dari situs tersebut.
  • Jumlah lalu lintas yang Anda hasilkan dari situs lain dibandingkan dengan kueri mesin telusur seperti Google dan Bing.
  • Google Analytics dapat membantu Anda mengukur efektivitas strategi pemasaran digital yang Anda lakukan dengan menunjukkan perincian dari mana lalu lintas berasal sehingga Anda dapat mengidentifikasi target utama untuk aktivitas pemasaran Anda.
  • Anda bahkan dapat mengetahui kemana pengunjung Anda pergi setelah mereka meninggalkan situs Anda, misalnya situs-situs yang mereka kunjungi setelah melakukan kunjungan ke situs Anda.
  • Membantu Anda menentukan tingkat konversi, misalnya persentase pengunjung yang menjadi pelanggan yang membayar atau melakukan pembelian pada situs Anda.
  • Anda dapat menerapkan metrik tersebut untuk membantu Anda mengidentifikasi jumlah pengunjung yang mendaftar ke daftar email Anda.
  • Membantu Anda merampingkan desain dan pengkodean situs web Anda untuk meningkatkan waktu muat, intinya agar situs web Anda dapat dimuat dengan lebih mudah dan cepat dari sisi pengunjung.

Kenapa Anda Memerlukan Google Analytics?

Pemahaman yang kuat tentang pelanggan sangat penting untuk setiap kampanye pemasaran yang sukses. Perjalanan pelanggan pada dasarnya adalah proses yang dilalui pelanggan dari interaksi pertama mereka dengan merek Anda hingga yang terakhir. Ini melibatkan tahapan berikut:

  • Akuisisi: Tahapan ini melibatkan proses membangun kesadaran merek di antara pengguna yang tertarik.
  • Perilaku: Tahapan ini termasuk proses meningkatkan keterlibatan untuk membuat orang berinteraksi dengan bisnis Anda.
  • Konversi: Tahapan ini melibatkan pengubahan prospek tersebut menjadi pelanggan yang membayar atau melakukan pembelian melalui situs Anda.

Secara keseluruhan Google Analytics melakukan tugas dalam analisis saluran pemasaran, dan pelacakan serta pengukuran metrik. Google Analytics memungkinkan Anda menangkap semua data dengan mudah sehingga Anda dapat melihat upaya pemasaran mana yang berhasil dan mana yang tidak. Ketika Anda memiliki analitik digital yang mudah diakses, Anda sekarang dapat membuat keputusan bisnis yang lebih tepat.

Informasi yang diambil oleh Google Analytics tersedia dengan mudah di berbagai laporan yang dapat Anda temukan dalam antarmuka pengguna. Anda kemudian dapat menganalisis laporan ini untuk lebih memahami pelanggan Anda saat mereka memasuki saluran pemasaran Anda dan pergerakan mereka pada rentang waktu tersebut.

Google Analytics pada akhirnya akan membantu Anda membuat keputusan strategis terbaik untuk bisnis Anda. Jadi kenapa selama ini Google mengumpulkan data penggunanya? Salah satunya adalah untuk sumber data Google Analytics.

Setelah membahas apa itu Google Analytics secara singkat, jadi kesimpulannya, apakah Google Analytics penting? Jawabannya adalah “Iya”, terutama bagi anda yang memanfaatkan situs web sebagai platform usaha, atau hanya sekedar ingin membangun situs web populer yang memiliki banyak pengunjung. Mulailah dengan Google Analytics gratis dan mulai kembangkan situs web Anda.

Baca Juga: Google Analytics untuk Digital Marketing, Bantu Kembangkan Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published.