Breaking News

Whataap

Cara Membuat WhatsApp Chatbot dan Optimalisasinya di Bidang Bisnis

WhatsApp Chatbot merupakan perangkat lunak otomatisasi berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dapat berjalan di platform WhatsApp. Aktivitas mengobrol dengan WhatsApp Chatbot dilakukan seperti halnya mengobrol biasa dengan orang sungguhan. Bagaimana cara membuat whatsapp chatbot.

Mungkin penggunaan WhatsApp Chatbot masih asing bagi sebagian pengusaha. Hal ini disebabkan oleh kurangnya informasi dan variasi metode komunikasi yang dapat dipilih. Sebagian besar pebisnis online memilih untuk menjual langsung di pasar yang menawarkan stand gratis dan semua fitur termasuk komunikasi dengan pelanggan. Lalu apa keuntungan yang diberikan oleh WhatsApp Chatbot?

Secara keseluruhan, penggunaan chatbot WhatsApp oleh perusahaan akan memperluas cakupan pasar, meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis, serta meningkatkan layanan pelanggan, yang akan memengaruhi kepuasan pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Lalu apa saja fitur WhatsApp Chatbot yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda? Jangan lewatkan uraian  berikut ini! 

Profitabilitas 

Karena semuanya lengkap dan otomatis, pengusaha dapat menghemat biaya lain, terutama biaya layanan pelanggan. 

Enkripsi End-to-End 

WhatsApp Chatbot menjamin kerahasiaan semua pesan masuk dan keluar, karena hanya pengguna yang dapat melihat isi pesan.

Layanan 24/7 

Chatbot WhatsApp bekerja 24 jam sehari (obrolan online), sehingga pelanggan bisa mendapatkan layanan saat mereka membutuhkannya. 

Konfigurasi WhatsApp Chatbot

Sistem pada bot WhatsApp dapat merekam data berupa minat pelanggan dan mengubahnya menjadi informasi tentang pelanggan, yang dapat digunakan untuk mengembangkan strategi promosi produk/jasa yang sesuai dengan minat pelanggan. 

Umpan Balik Otomatis 

Anda dapat menyesuaikan pesan apa pun sesuai dengan pertanyaan/persyaratan umum pelanggan dan mengirimkannya secara otomatis. Pelanggan tidak perlu membaca FAQ dengan seksama. Ini meningkatkan efisiensi layanan pelanggan. 

Broadcast and Blast 

Anda dapat menggunakan WhatsApp Broadcast dan WhatsApp Blast untuk mengirim pesan ke pelanggan dengan minat yang sama/serupa secara bersamaan. Pesan tersebut dapat berupa diskon, kupon pembelian, promosi produk/jasa terbaru, dll. 

Belanja Mudah 

Pembeli dapat dengan mudah melihat produk/layanan apa pun yang disediakan melalui katalog di akun WhatsApp penjual tanpa harus melihatnya di aplikasi lain. 

Dapatkan Umpan Balik 

Dengan kemampuan untuk berbagi foto dan video langsung di WhatsApp, tim support akan lebih mudah mendapatkan umpan balik langsung dari pelanggan. Umpan balik juga dapat disampaikan langsung ke pelanggan lain/pelanggan potensial untuk mendapatkan dan meningkatkan kepercayaan konsumen dalam bisnis.

Baca Juga :WhatsApp, Ada Fitur Baru Apa Lagi?

Lalu bagaimana cara membuat WhatsApp Chatbot? Simak uraian berikut ini!

Bergabung dengan WhatsApp Business API 

Langkah pertama adalah bergabung dengan program API WhatsApp Business, yang dirancang untuk perusahaan menengah dan besar. 

Anda juga harus menyertakan nama lengkap perusahaan, URL situs web, dan informasi perwakilan perusahaan dalam dokumen proposal Anda. Setelah informasi ditinjau dan disetujui, Anda dapat menggunakan API WhatsApp Business. 

Desain Dialog 

Langkah selanjutnya adalah mendesain dialog untuk chatbot Anda. Saat mendesain, pastikan chatbot Anda dapat menjawab pertanyaan dan dengan mudah menyarankan solusi kepada pelanggan. Anda juga perlu merancang dialog untuk menjawab pertanyaan yang mungkin tidak dapat dijawab oleh robot. 

Membuat Bot Obrolan atau Chatbot

Membuat bot obrolan membutuhkan sedikit keterampilan khusus, tetapi jika Anda tidak memiliki keterampilan ini, Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi untuk membuat bot obrolan. 

Beberapa perusahaan juga menyediakan banyak chat robot dengan fitur berkualitas tinggi dan harga yang lebih murah.

Uji WhatsApp Chatbot Anda 

Uji chatbot WhatsApp Anda untuk menemukan kekurangan yang perlu diperbaiki atau menambahkan sesuatu yang dapat meningkatkan kinerja Chatbot. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa WhatsApp Chatbot yang diluncurkan akan berkualitas tinggi dan membuat layanan pelanggan Anda lebih positif. 

Dengan banyaknya keunggulan chatbot WA dalam bisnis online di atas, Anda juga harus mengetahui cara menggunakan chatbot WA untuk memaksimalkan bisnis online Anda. Berikut ini beberapa langkah melakukan optimalisasi WhatsApp Chatbot di bidang bisnis :

Masukkan semua informasi tentang perusahaan Anda, misalnya: 

Kembangkan semua jawaban untuk Pertanyaan yang Sering Diajukan (Frequently Asked Questions) dari prospek/pelanggan. Ini akan sangat membantu Anda dan tim support bisnis Anda.

Perhatikan fitur broadcast dan blast dari chatbot WhatsApp, karena hal ini dapat mendorong pelanggan lama Anda untuk membeli lagi. Ketahui promosi mana yang relevan dan menarik. Gunakan informasi dalam data yang direkam oleh sistem WhatsApp Chatbot

Jangan lupa untuk menggunakan fungsi berbagi foto dan video pelanggan. Semakin banyak komentar positif yang Anda dapatkan, semakin besar kemungkinan calon pelanggan Anda tertarik untuk mencoba produk/jasa yang Anda berikan. 

Aplikasi WhatsApp Chatbot yang unggul dan inovatif telah ditemukan di berbagai belahan dunia. WhatsApp Chatbot juga sering digunakan dalam bisnis untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan, mengumpulkan umpan balik, dan menghadirkan tim support yang kompeten.

Berikut beberapa contoh penerapan WhatsApp Chatbot pada bisnis yang inspiratif dan inovatif :

NiceHop 

NiceHop adalah perusahaan perjalanan yang menggunakan chatbot WhatsApp untuk mengirimi Anda rekomendasi perjalanan yang dipersonalisasi. Chatbot NiceHop WhatsApp ini dapat menemukan penawaran yang memenuhi spesifikasi pelanggan. 

Chatbot WhatsApp ini juga dapat memberi pelanggan opsi untuk melihat penawaran yang tersedia untuk hari itu. Selain itu, bot obrolan ini memiliki fitur yang bagus, sehingga pelanggan dapat dengan mudah berbicara dengan bot. 

SnapTravel 

Merupakan agen perjalanan yang mengintegrasikan WhatsApp Chatbot ke dalam bisnisnya. Agen perjalanan menggunakan WhatsApp Chatbot untuk memberikan rekomendasi real-time yang dipersonalisasi dan eksklusif berdasarkan permintaan pelanggan. Misalnya, seorang pelanggan mencari hotel yang menawarkan Wi-Fi gratis di area New York City. Pelanggan hanya perlu memasukkan informasi ini, dan chatbot SnapTravel akan segera mengirimkan tanggapan dengan tautan rekomendasi.

NLP (Natural Language Processing)

Natural Language Processing (NLP) juga memungkinkan chatbot untuk mengurai input alami, yang berarti bahwa pelanggan dapat memasukkan kueri dengan kata-kata mereka sendiri. 

Chatbot juga sangat sensitif terhadap spesifikasi atau filter tertentu yang mungkin ingin dilihat pelanggan dalam rekomendasi khusus.

HeyPatch 

HeyPatch adalah aplikasi untuk belajar bahasa Inggris dari bahasa Spanyol. Perusahaan rintisan ini memberikan peluang unik untuk menerapkan chatbot WhatsApp. 

Pertama, mereka menggunakan WhatsApp Chatbot untuk karyawan perusahaan klien. Chatbot ini dapat memperkenalkan metode pengajaran HeyPatch, dan juga memungkinkan mereka untuk memesan kursus di HeyPatch.

Kids DXB 

Kids DXB adalah perusahaan yang berbasis di Dubai. Perusahaan ini menyediakan berbagai kegiatan pendidikan, permainan, dan olahraga kepada anak-anak, seperti perkemahan liburan, pesta ulang tahun, dan berbagai pelatihan olahraga. Kids DXB WhatsApp Chatbot  dapat memberikan informasi lengkap tentang semua layanannya. Dengan mengunjungi asisten robot obrolan ini, pelanggan dapat menemukan informasi detail tentang perkemahan, membuat permintaan khusus untuk pesta ulang tahun, memperbarui informasi anak, dan banyak lagi. 

Nah, sepeti itu cara membuat WhatsApp chatbot.

Leave a Reply

Your email address will not be published.